Pengertian Ceramah

4 min read

pengertian ceramah

Pengertian Ceramah – Ceramah merupakan suatu tujuan yang akan memberikan nasehat atau hikmah kepada para audiens.

kalian pasti sering mendengar ceramah di berbagai tempat, khususnya di majlis ilmu, semua orang pasti mengetahui apa itu ceramah?

Jadi ceramah termasuk salah satu dakwah yang menyampaikan nasehat-nasehat pilihan jalan menuju akhirat, serta senantiasa mengingat kepada manusia.

Lalu apakah kalian semua sudah mengetahui tentang pengertian ceramah? Nah itu, mari kita sama-sama simak artikel ini sampai selesai hehe.

Pengertian Ceramah

pengertian pidato
sumeber: theinsidemag.com

Ceramah merupakan suatu pidato yang disampaikan kepada semua jamaah, dengan tujuan agar mereka selalu ingat kepada Allah. Yang mana isinya memberikan nasihat, petunjuk, serta peringatan. Sampai sini sudah jelas,

Selain itu, ceramah sering dikenal dengan publig speaking, mengapa demikian? Karna ceramah termasuk dari keterampilan lisan.

Jadi hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa dengan keterbiasaan berbiacar di depan umum, maka kita dapat memberikan nasehat kepada orang-orang.

Namun bukan berarti semua informasi yang disampaikan melalui lisan tidak, ada juga bentuk ceramah yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Pengertian Ceramah Singkat

Pada pidato singkat ini, banyak batasan-batasan yang dikarang sesuai dengan keadaanya, seperti Maulid Nabi Muhammad.

Lalu ceramah singkat apa? Cerama yang bertujuan untuk memberikan petunjuk-petunjuk terhadap mustami’in yang bersifat khusus serta singkat.

Pengertian Ceramah Secara Umum

Dalam pidato umum semuanya bersifat menyeluruh, tidak ada batasan-batasan tertrntu dari audiens. Jadi materi yang disampaikan terserah da’i apa yang mau disampaikan.

Pengertian Ceramah Berdasarkan KBBI

Ceramah merupakan pidato yang dilakukan oleh seorang pembicara dengan tujuan ingin memberikan nasihat kepada orang yang mendengarnya.

Selain itu, pidato merupakan informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Dimana informasi tersebut sifatnya ingin menambah wawasan serta ilmu pengetahuan masyarakat.

Pengertian Pidato

Pidato merupakan suatu informasi dengan menggunakan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang orang banyak. Seperti contoh pidato agama.

Secara umum pidato hanya boleh dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi, serta pernyataan peristiwa penting yang harus disampaikan. Hal ini biasanya dibawa oleh seorang pemimpin, ulama, dan sebagainya.

Tapi pidato yang baik akan memberikan suatu kesan yang positif bagi setiap orang yang mendengarkan pidato tersebut. Kemampuan berbicar di dapan publik, akan membantu mencapai jenjang yang baik.

Perbedaan ceramah dan Pidato

Dalam pengertian di atas insya Allah teman-teman bisa menyimpulkan bahwa ceramah dan pidato ada perbedaan.

Ceramah merupakan kegiatan bicara di depan umum yang dilakukan dengan tujuan berdakwah, baik menyampaikan secara langsung, atau melalui media.

Sedangkan pidato merupakan kegiatan bicara di mukan umum yang dilakukan secara formal, baik tidak langsung atau langsung.

Pengertian Ceramah Menurut Ahli

ceramah menurut para ahli
sumber: akamaized.net

Selain definisi di atas, ceramah bisa juga sebagai tokoh berkarir yang berupa kegiatan yang memberikan informasi kepada siswa atau sebagainya.

Sehingga berbagai pengalaman, keberhasilan, hambatan dapat diketahui oleh nara sumber, pendapat ini dijelaskan oleh Dewa Ketut Sukardi pada tahun 1984. Adapun menurut para ahli diantaranya sebagai berikut:

Menurut Muhibbin Syah

Ceramah sangat efektif dalam mengatasi kelangkaan rujukan atau literatur yang sesuai dengan jangkauan daya faham siswa.

Metode ceramah dapat kita artikan sebagai satu-satunya yang paling ekonomis serta efektif dalam menyampaikan informasi, menurut beliau.

Menurut Sumantri M.Dkk

Pidato merupakan suatu metode yang paling banyak digunakan oleh para guru sehingga menjadi populer di kalangan guru. Hal tersebut menunjukan bahwa pidato ini mudah untuk digunakan dalam menyampaikan informasi.

Ilmu tanpa diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah
Baca Juga: Pengertian Kitab

Metode pidato dapat diartikan sebagai pelajaran bagi seorang dai. Dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada orang yang mendengarnya, Pendapat ini menurut Sumantri M.

Menurut M. Basyiruddin Usman

Pidato dapat diartikan sebagai cara dalam menyampaikan informasi bagi seorang guru melalui lisan, ketika diperlukan.

Metode pidatoo merupakan sebuah teknik dalam menyampaikan pesan dalam sekolahan yang sudah masyhur disampaikan oleh guru.

Menurut Dimyati Dkk

Bagi seorang guru harus memiliki keterampilan yang baik dalam menyampaikan informasi, dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Tapi faktanya dai itu, sangat dipengaruhi oleh krakteria dan kemampuan guru dari pengalaman-pengalaman hidupnya.

Bagus tidaknya ceramah ini dapat dipengaruhi oleh penampilan suara, prosedur, kelancaran, gaya bahasa, dan sebagainya. Sehingga para audiens lebih mudah dalam menyerap informasi yang disampaikan.

Menurut Dimyati ceramah merupakan sebuah interaksi belajar yang dilakukan secara lisan bagi seorang guru kepada muridnya, sampai sini sudah jelas.

Manfaat Ceramah

Manfaat Ceramah
sumber: anacilacap.com

Bagi seorang da’i yang sering memberikan nasihat di tempat majlis ilmu. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari apa yang telah disampaikannya, diantaranya sebagi berikut:

MEnambahkan Relasi

Kegiatan cermah yang disajikan untuk banyak orang akan membuat kalian berinteraksi dengan banyak orang. Dalam hal ini kalian bisa mendapatkan relasi yang munkin akan berguna untuk kepentingan yang akan datang.

Menambah relasi atau hubungan dengan banyak orang termasuk salah satu manfaat dari ceramah. Oleh karna itu, pastikan ceramah yang akan disampaikan mengandung nilai-nilai positif, serta tidak mengandung unsur sara.

Memberikan Motivasi dan Semangat

Menyampaikan ceramah juga dapat menjadi tempat untuk memberikan motivasi kepada orang lain. Tentunya motivasi yang diberikan agar bisa menjalani hidup dengan semangat dan tidak mudah menyerah.

Salah satu manfaatnya adalah dapat memberikan semangat dalam hidup, bagi setiap orang yang mendengarkannya.

Mengamalkan Ilmu dan Berbagi 

Bagi kalian yang sudah mempunyai ilmu, baik ilmu agama atau pengetahuan dapat kamu sajikan untuk dijadikan bahan ceramah.

Tempat kalian untuk mengamalkan ilmu atau berbagi. Ceramah tentu menjadi sebuah praktik dalam mengamalkan ilmu yang kalian dapatkan.

Memberikan Pengetahuan dan Informasi

Ceramah biasanya berisi tetang beragam informasi dan nasehat, yang dikutip dari berabagai sumber, diantaranya dari mas Alhadi Ibrahim.

Tapi kebanyakan ceramah yang disampaikan berisi tentang ilmu dan pengetahuan seputar keyakinan dan agama. Ini merupakan manfaat ceramah yang nomer empat.

Melatih mental dan Kemampuan Bicara

Ceramah yang kalian lakukan akan menjadi pusat perhatian para audiens, apalagi disampaikan di tempat umum. Kemampuan bicara yang baik dapat meningkatkan kualitas komunikasi.

Hal ini, tentunya akan melatih kemampuan berbicara di depan publik semakin baik. Jadi melatih kemampuan bicara termasuk manfaat dari ceramah.

Struktur Ceramah

Struktur pidato
sumber: youtube.com
  1. Pembukaan

Pada bagian ini seorang da’i harus memberikan salam pembuka, penghormatan, serta ucapan puji syukur kepada Allah.

2.  Isi Ceramah

Dalam isi ceramah seorang dai harus memberikan pandangan, ilustrasi, serta meteri yang sedang disampaikan oleh seorang penceramah.

Selain itu, da’i harus memberikan suatu gagasan yang bagus kepada audiens, baik mengambil dari hadist atau Al-Qur’an. Agar bisa diamalkan serta dikembangkan dalam subtopik.

3. Penutup

Hal ini merupakan bagian yang terahir dalam ceramah, seorang da’i harus menyimpulkan isi ceramah serta meminta maaf kepada semua audiens.

Tujuan Ceramah

Tujuan pidato
sumber: youtube.com

Ada banyak tujuan dari isi ceramah, diantaranya akan saya bahas di bawah ini dengan jelas.

  • Argumentatif

Hal ini akan meyakinkan pendengar mengenai suatu hal serta bisa mengambil dari isi ceramah tersebut.

  • Informatif

Tujuannya hanya untuk memberikan sebuah informasi kepada para pendengar serta mengenai suatu hal. Sehingga para pendengar dapat memahami serta bisa mengerti isi informasi dengan jelas.

  • Persuasif

Hal ini mengajak para pendengar agar supaya mengikuti apa yang telah disampaikan oleh da’i. Agar keyakinan audiens semakin bertambah untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian ceramah,semoga bisa menambahkan wawasan kepada semua teman-teman.

Saya ucapkan syukur alhamdulillah pelajaran hari ini sudah selesai, kami ucapkan terima kasih karna sudah mampir ke situs kami.

Apabila ada kekurangan dalam artikel ini teman-teman bisa kirim komentar di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *