√ 9 Keutamaan Membaca Al-Qur’an Beserta Dalilnya [Menakjubkan]

4 min read

keutamaan membaca al-qur'an

Keutamaan Membaca Al-Qur’an – Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Supaya menjadi pedoman hidup bagi semua orang Islam. Walaupun yang mengambil manfaat hanyalah orang-orang yang bertaqwa.

Tetapi bagi kita yang malas membaca Al-Qur’an, jangan putus asa dalam mengambil manfaat dari Al-Qur’an. Karna masih banyak keutamaan membaca Al-Qur’an, yang perlu kita ketahui.

Untuk itu Duniapondok kali ini, ingin menjelaskan Keutamaan Membaca Al-Qur’an. Secara lengkap beserta dalilnya. Sebelum kita membaca Al-Qur’an, alangkah baiknya kita mengenal Tanda Baca Al-Qur’an terlebih dahulu.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Dalam Hadits

kemulian Al-Qur'an
sumber: muslim.or.id

Banyak di dalam hadits nabi Muhammad yang menjelaskan tentang keutamaan membaca Al-Qur’an. Tetapi Duniapondok, ingin menjelaskannya sebagian saja.

Mengangkat Derajat Orang Tua

mengangkat derajat orang tua
sumber: liputan6.com

Salah satu keistimewaan, bagi orang-orang yang sering membaca Al-Qur’an. Dapat mengangkat derajatnya orang tua di akhirat nanti. Bahkan orang tuanya diberi mahkota, oleh Allah yang maha Esa.

Sebagaimana nabi Muhammad bersabda:

“Barang siapa membaca Al-Qur’an lalu mengamalkannya. Maka orang tuanya akan dipakaikan mahkota di hari kiamat, yang cahayanya lebih indah dari cahaya matahari.

Tetapi untuk meraih pangkat tersebut kita harus berusaha dengan susah payah, dalam memperbanyak membaca Al-Qur’an. Baik satu minggu sekali hatam, atau satu bulan.

Untuk itu, Duniapondok akan memberikan solusinya Tata Cara Hatam Al-Qur’an. Agar kita bisa hatam, dalam waktu yang sangat singkat.

Membangun Pikiran Positif

keutamaan membaca al-Qur'an
sumber: tribunnew.com

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an menerangkan banyak ilmu dan hikmah yang positif. Oleh karna itu disaat kita membacanya, tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi pikiran kita menjadi lebih positif.

Maka kita harus membacanya setiap hari. Agar bisa menjadi kebiasaan, yang dilakukan  dalam diri kita. Apabila kita ingin menjadi keluarga Allah.

Sebagaimana nabi Muhammad bersabda:

Bahwasannya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. Para sahabat bertanya, siapa mereka wahai nabi Muhammad? Keluarga Allah adalah ahli Al-Qur’an, (HR. Ahmad dan Ibnu Majah.

Al-Qur’an Petunjuk Yang Benar

keutamaan membaca Al-Qur'an
sumber: lazcilacap.com

Al-Qur’an menjelaskan kisah-kisah orang terdahulu, agar orang setelahnya bisa belajar darinya. Bahwa semua ayat yang ada dalam Al-Qur’an, merupakan keputusan dari Allah yang maha Esa.

Oleh karna itu, barang siapa yang ingkar kepada Al-Qur’an, akan dibinasakan oleh Allah. Tetapi barang siapa yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Maka Allah akan selalu memberikan jalan kepadanya.

Karna satu-satunya jalan yang lurus adalah Al-Qur’an. Dengan Al-Qur’an, lisan tidak akan bohong. Barang siapa beramal dengannya, pasti dapat pahala. Dan barang siapa berhukum kepadanya, pasti akan adil.

Sebagaimana para jin menjelaskan:

“Saya (para jin) mendengarkan Al-Qur’an penuh dengan keajaiban. Maka saya beriman kepada Al-Qur’an, karnamenunjukan ke jalan yang lurus”

Tidak Pernah Rugi

tidak pernah rugi
sumber; dakwahposter blogspot.com

Sebagian orang banyak yang malas dalam membaca Al-Qur’an. Ada yang merasa tidak punya waktu, ada yang tidak sanggup belajar Al-Qur’an, karna sulit dalam membacanya.

Padahal membaca AL-Qur’an sangat mudah, mendatangkan banyak kebaikan. Dan tidak pernah rugi bagi setiap orang yang membaca Al-Qur’an. Karna Al-Qur’an merupakan sebaik-baiknya ucapan

Sebagaimana nabi Muhammad bersabda:

“Sesungguhnya paling baiknya ucapan, adalah (Al-Qur’an) dan sebaik-baiknya petunjuk adalah nabi Muhammad. Dan seburuk-buruknya urusan adalah perbuatan yang diada-adakan”

Bersama Para Malaikat

keutamaan membac Al-Qur'an
sumber: kiblat.net

Orang yang tidak lancar dalam membaca Al-Qur’an, akan mendapatkan dua pahala. Yang pertama karna sebab membacanya, dan kedua karna telah bersusah payah.

Selain mendapatkan pahala, para ahli Al-Qur’an juga akan senantiasa bersama para malaikat. (Tetap dalam lindungan Allah).

Sebagaimana nabi Muhammad bersabda:

“Orang yang lancar membaca Al-Qur’an, akan selalu bersama para Malaikat. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan tidak lancar, maka mereka akan mendapatkan dua pahala”

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Dalam Islam

keutamaan dalam islam
sumber: muslim.or.id

Diantara keutamaan membaca Al-Qur’an yaitu, bentuk kepedulian islam dalam memuliakan para ahli Al-Qur’an. mereka diberikan sebuah kemuliaan dan dihormati. Insya Allah akan saya bahas dibawah ini.

Dapat Menenangkan Hati

menenangka hati
sumber: youtube.com

Salah satu cara agar kita selalu ingat kepada Allah, dan mendapatkan ketenangan dalam hati kita.  Yaitu dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat 13 ayat 28:

Artinya:

Orang-orang yang beriman, hatinya akan menjadi tentram ketika mengingat Allah. Ingatlah, hanya mengingat Allah hati ini menjadi tentram.

Selain kita mendapatkan ketenangan dari setiap ayat yang kita baca. Al-Qur’an juga menjadi obat, segala penyakit kejiwaan yang ada dalam hati kita.

Sebagimana dijelaskan dalam surat Al-Isra’ ayat 82:

Mendapatkan Penghormatan di Masyarakat

kemualiaan ahli al-qur'an
sumber: youtube.com

Salah satu keutamaan bagi para ahli Al-Qur’an. Yang selalu mengamalkan isiny, Allah akan mengangkat derajatnya dimana saja mereka berada.

Sebagaimana nabi Muhammad bersabda:

“Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat seseorang karna Al-Qur’an. dan akan merendahkan juga karna Al-Qur’an”

Diangkat Menjadi Pemimpin Safar

menjadi keluarga allah
sumber: wortpress.com

Dikisahkan bahwa disaat nabi Muhammad, ingin mengutus beberapa orang. Kemudian nabi Muhammad meminta dari mereka, agar membaca Al-Qur’an di hadapan nabi Muhammad.

Ketika itu ada anak muda yang mempunyai banyak hafalan Al-Qur’an. Maka nabi Muhammad bertanya kedapa anak tersebut, surat apa saja yang kamu hafal? Saya hafal surat Al-Baqarah. Maka nabi Muhammad bersabda, Berangkatlah, kamulah ketuanya.

Oleh karna itu, kita jangan takut dalam mempelajari Al-Qur’an. Meskipun hanya mempelajari surat Al-Baqarah,

Walaupun terkadang ada orang yang berkata. Demi Allah, tidak ada sesuatu yang menghalagi saya. Dalam mempelajari surat Al-Baqarah, selain karna takut tidak bisa mengamalkannya.

Sebagaimana Nabi Muhammad bersabda:

“Pelajarilah Al-Qur’an kemudian bacalah. Maka sesungguhnya perumpamaan Al-Qur’an bagi setiap orang yang mempelajarinya, kemudian membacanya. Seperti kantong yang penuh dengan minyak wangi, yang mana wanginya semerbak ke setiap tempat. Dan barang siapa yang mempelajari Al-Qur’an. kemudian tidur, (tidak mengamalkannya) seperti kantong yang terisi minyak wangi, namun terikat”

Diangkat Menjadi Imam

keutamaan membaca Al-Qur'an
sumber: atsar.id

Sudah tidak diragukan lagi, bagi setiap orang yang suka membaca Al-Qur’an. tentang bacaannya, karna mereka sudah belajar tentang Hukum Bacaan Mad.

Oleh karna itu, semua ahli Al-Qur’an sudah pantas menjadi imam di dalam sholat. Mereka lebih di dahulukan dari pada yang lain.

Sebagimana Nabi Muhammad bersabda:

“Hendaknya yang menjadi imam suatu kaum, adalah orang-orang yang paling banyak Hafalan Al-Qur’annya”

Keutamaan Membaca Surat Ikhlas

keutamaan surat al-ikhlas
sumber.yufidtv.com

Semua ayat yang ada dalam Al-Qur’an mempunyai keistimewaan masing-masing, diantaranya surat Al-Ikhlas. Dikisahkan dari Anas bin Malik Nabi Muhammad bersabda;

“Bahwa para Malaikat turun kepada Nabi Muhammad ketika Nabi berada di tabuk”

Lalu Jibril berkata kepada Nabi: Wahai nabi Muhammad Muawiyah bin Muawiyah Al-Muzani telah meninggal dunia. Wajib bagi kita semua mensholatinya, maka nabi menghiraukan itu.

Lalu jibril mengepakkan sayapnya ke tanah, maka tidak tersisa dari pepohonan dan perbukitan kecuali tunduk. Maka diangkat tempat tidur nabi, agar bisa melihat Muawiyah

Maka nabi mensholatinya, dan dibelakang nabi ada dua shaf. Setiap shafnya ada seribu Malaikat, maka nabi bertanya? Dengan apa Muawiyah mendapatkan kedudukan ini. Jibril berkata, karna kecintaannya kepada surat Al-Ikhlas. Muawiyah membacanya disaat bepergian atau tidak. Dalam keadaan berdiri atau duduk. Dan membacanya setiap hari.

Akhir Kata

Pembahasan tentang Keutamaan Membaca Al-Qur’an, cukup sampai di sini teman-teman. Semoga apa yang saya tulis, bisa bermanfaat bagi semua teman-teman. Walaupun masih banyak lagi tentang Keutamaan Membaca Al-Qur’an.

Barang kali ada yang mau ditanyakan dari teman-teman. Tentang Keutamaan Membaca Al-Qur’an, bisa kirim langsung di bawah kolom komentar, di bawah ini.

Juga diharapkan dari teman-teman kritik dan sarannya. Masalah Keutamaan Membaca Al-Qur’an, agar Duniapondok bisa memperbaiki lagi.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *