Keutamaan Bulan Rajab

9 min read

Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya – Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah, atau sering disebut dengan bulan haram.

Pada bulan rajab sangat dilarang keras melakukan maksiat. Sehingga dibulan ini umat muslim diperintah, agar memperbanyak melakukan amal kebaikan.

Kenapa sih di bulan rajab dilarang keras melakukan maksiat, apa saja sih keutamaan bulan ini? Nah betul, ini dia keutamaan bulan rajab dan amalannya.

Keutamaan Bulan Rajab

keutamaan bulan rajab
sumber: rumahkeluargaindonesia.com

Ketahuilah bahwa bulan rajab merupakan bulan yang penuh berkah, beribadah di dalamnya terdapat pahala yang sangat besar. Adapun keutamaannya sebagai berikut:

Dihapus Dosanya Oleh Allah

Barang siapa yang berpuasa di hari pertamana bulan Rajab, maka dosa kita akan diampuni selama tiga tahun. Lalu barang siapa yang berpuasa di hari kedua, maka di hapus dosanya selama dua tahun. Dan apabila puasa dihari ketiga, maka dihapus selama satu tahun. Adapun niat puasa rajab sebagai berikut.

نويت صوم غد في شهر رجب  سنة لله تعالى

Sungguh keutamaan yang luar biasa yang sangat mudah kita dapatkan. Memang dalam beribadah kita tidak boleh menghitung pahala, namun jika kita menghitungnya untuk menambah semangat, maka sah-sah saja kan.

Diberi Minum Dari Sungai Surga

Pernah membayangkan ngak bagaimana surga itu? Iya tentu keindahanya jauh lebih indah dari keindahan dunia.

Nah disini, salah satu keutamaan bulan rajab adalah barang siapa yang berpuasa sehari di bulan ini. Maka akan dikaruniai sebuah minuman segar dari surga kelak di hari kiamat.

Sebagaimana dalam surga ada sebuah sugai yang namanya sugai rajab. Digambarkan rasanya jauh lebih manis dari madu, sedangkan airnya lebih putih dari susu. Sungguh sangat beruntunglah orang yang mendapatkan ini.

Bulan Penuh Ampunan

Pada bulan rajab umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca istighfar, serta bertaubat dari semua dosa.

Istighfarnya yang dibaca bermacam-macam, yang mana hal ini  akan kami jelaskan di bawah ini. Namun kalian jangan sampai melupakan sayyidul istighfar yang sudah disampaikan oleh Nabi Muhammad dalam hadits. Adapun bacaan istighfarnya diantaranya sebagai berikut:

  1. أستغفر الله العظيم
  2. أستغفر الله العظيم ألذي لااله الاهو الحي القيوم وأتوب اليه
  3. أللهم أنت ربي لا اله الا أنت خلقتني وانا عبدك وانا على عهدك ووعدك مااستطعت اعوذبك من شر ما صنعت ابوءلك بنعمتك علي وأبوء بذنتي فاغفرلي فانه لا يغفر الذنوب الا انت

Sayyidul istighfar ini biasanya dibaca tiga kali ketika pagi dan sore di bulan rajab. Selain itu ada satu amalan lagi yang harus kita baca di bulan ini yaitu.

أحمد رسول لله محمد رسول الله

Amalan tersebut dibaca di bulan rajab sebanyak 35X pada hari jum’at terakhir bulan rajab, ketika khutbah kedua sedang berlangsung. Hikmahnya, agar uang kita selalu ada selama satu tahun. Itulah keutamaan ibadah di bulan rajab

Banyak yang sudah melakukan amalan tersebut di bulan rajab, dan mereka mendapatkan hal itu terbukti. Dengan itu persiapkanlah diri kalian semua dalam menyambut bulan rajab.

Bulan Yang Dekat Dengan Ramadhan

Masuknya bulan Rajab dijadikan momentum oleh sebagian ulama untuk menyambut bulan Ramadhan, dengan sengenap persiapan terutama ruhiyah. Sehingga para ulama selalu membaca doa ini:

اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان

Artinya:

Ya Allah berkahilah kami dibulan Rajab dan syaban serta sampaikanlah kami dengan bulan Ramadhan.

Bulan Rajab merupakan bulan yang sangat dekat dengan bulan Ramadhan, hanya di pisah oleh bulan syaban. Sehingga banyak ulama terdahulu yang mempersiapkan diri dalam menyambut bulan Ramadhan sejak awal bulan Rajab.

Doa tersebut sudah tercantum dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi dan Imam At-Thabrani. Namun derajat haditsnya dhaif menurut Syaikh Albani. Selain itu, ada sejenis hadits dengan matan yang berbeda dalam riwayat Imam Ahmad yaitu.

اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبارك لنا في رمضان

Allahumma baarik lanaa fii rajabi wa sya’ban, wa baarik lanaa fii ramadhana.

Artinya:

Ya Allah berkahilah kami dibulan Rajab dan Syaban serta berkahilah kami pula di bulan Ramadhan

Oleh sebab itu, kita sebagai umat muslim perbanyaklah membaca doa tersebut di bulan Rajab. Dengan tujuan sebagai bentuk permohonan kepada Allah agar diberkahi di bulan Rajab, syaban, sehingga di pertemukan dengan bulan Ramadhan.

Bulan Penuh Berkah

Dalam bulan Rajab terdapat banyak keberkahan  di dalamnya, sehingga bulan ini di agungkan dalam Islam. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 36.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضَ مِنْهَاۤ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمَْ

Artinya:

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu menciptakan langit dan bumi. Diantaranya ada empat bulan haram, itulah ketetapan agama yang lurus. Maka janganlah kalian mendzalimi dirimu dalam bulan yang empat itu.

Adapun empat bulan haram diantaranya sebagai berikur, tiga bulan berturut-turut yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijah, dan Muharram. Sedangkan satu berpisah yaitu bulan Rajab yang terletak diantara jumadil akhir dan syaban.

Oleh karna itu, umat Muslim dilarang berbuat dhalim, baik pada dirinya sendiri maupun orang lain. Inilah salah satu bukti kesucian bulan Rajab yang menjadi salah satu dari keempat bulan haram.

Bulan Dikabulkan Doa

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan terkabulnya doa. Dengan itu perbanyaklah berdoa agar keinginan serta hajat kita tercapai, terutama pada saat shalat tahajud. Sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad:

Artinya:

Ada lima malam tidak akan tertolak di dalamnya doa-doa yaitu. Awal malam bulan Rajab, malam bulan Syaban, malam jum’at, malam iduf fitri dan adha.

Hadits tersebut diambil dalam kitab Al-Jam’ yang telah disampaikan oleh Imam As-Suyuti Radiayallahu ‘an.

Bulan Baik Untuk Berpuasa

Pada bulan Rajab sangat baik untuk melakukan bermacam-macam puasa sunah selama bulan ini. Hal ini sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Imam Abi Said Al-Khudri dalam kitab  Faisul Qadir.

(إن في الجنة نهرا يقل له رجب أشد بياضا من اللبن وأحلى من العسل من صام يوما من شهر رجب سقاه الله من ذلك النهر

Inna fil janna naharaan yuqalu lahu rajabu asyaddu bayaadan minal labani wa ahla minal ‘asali. Man shama yaumaan minas syahri rajabi, syaqaahullahi min dzalikan nahari.

Artinya:

Sesungguhnya di dalam surga ada sungai yang bernama sungai Rajab. Yang mana sungai ini lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Lalu barang siapa yang berpuasa satu hari saja di bulan ini, maka Allah akan meminumkan dari sungai tersebut.

Sehingga ada beberapa ulama salaf yang selalu berpuasa di semua bulan haram. Diantaranya Ibnu Umar, Imam Hasan Bashri, dan Imam Ishaq As-Suba’i.

Hadits Keutamaan Bulan Rajab

Hadits Keutamaan Bulan Rajab
sumber: glosarium.org

رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي

Artinya:

Rajab adalah bulan Allah, Syaban bulanku (Nabi Muhammad), sedangkan bulan Ramadhan adalah bulan umatku.

Hadits tersebut diambil dari kitab Kasyful Khafa’ halaman 423.

Hadits tersebut diambil dari kitab Tuhfatul Ahbab halaman 237.

فضل رجب على سائر الشهور كفضل القرأن على سائر الكلام, وفضل شعبان على سائر الشهور كفضلي على سائر اللأنبياء. وفضل رمضان على سائر الشهور كفضل الله على خلق أجمعين

Artinya:

Keutamaan bulan Rajab atas semua bulan, seperti keutamaan Al-Qur’an atas semua ucapan. Dan keutamaan bulan Syaban atas semua bulan, seperti keutamaanku (Nabi Muhammad) atas para Nabi. Sedangkan keutamaan bulan Ramadhan atas semua bulan, seperti keutamaan Allah atas seluruh makhluknya.

رجب شهر الزرع وشعبان شهرالسقي ورمضان شهر الحصاد

Rajab syahru zar’i wa sya’ban syahrus syaqyi, wa ramadhana syahru ummati.

Artinya:

Rajab adalah bulan untuk menanam, Syaban  adalah bulan untuk mengairi, sedangkan bulan Ramadhan adalah bulan untuk memanen

Hadits tersebut diambil dari kitab Al-Futuhatul Aliyyah sama seperti perkataan Habib Alawi bin Syihab. Itulah hadits tentang keutamaan bulan Rajab.

Amalan-amalan Bulan Rajab

Amalan-amalan Bulan Rajab
sumber: appletreebsd.com

Setelah kita mengetahui keutamaan bulan Rajab, berikut ada beberapa amalan-amalan khusus yang bisa kalian kerjakan di bulan Rajab. Mulai dari malam pertama bulan Rajab sampai malam terakhir bulan Rajab. Adapun amalannya sebagai berikut.

  • Puasa Rajab
  • Shalawat
  • Menyambung Silaturrahmi
  • Baca Al-Qur’an
  • Shalat Tahajud
  • Perbanyak Istighfar
  • Sedekah

Peristiwa Bulan Rajab Menurut Islam

Peristiwa Bulan Rajab Menurut Islam
sumber: dtberdaya.org

Keempat bulan yang sudah kami jelaskan di atas memiliki keutamaan-keutamaan yang tidak dimikili oleh bulan-bulan lainya.

Namun khusus pada bulan Rajab sendiri pernah terjadi peristiwa besar, sehingga dicatat dalam sejarah Islam. Adapun peristiwa besar tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Pembebasan Baitul Maqdis

Pembebasan Baitul Maqdis yang terletak di Palestina Yarussalem ini dilakukan oleh seorang pahlawan Islam bernama Salahhudiin Al-Ayyubi.

Salahudin berhasil membebaskan Baitul Maqdis melalui peperangan Heroik atau bernama perang Hattin, pada bulan Rajab tahun 583 H.

Sehingga Baitul Maqdis bebas dari cengkaraman pasukan salib. Inilah salah satu peristiwa besar yang terjadi di bulan Rajab.

Lahirnya Ali bin Abi Thalib

Ali merupakan anak dari paman Nabi yaitu Abi thalib. Beliau lahir pada bulan Rajab pada tanggal 13 Rajab 23 tahun sebelum Nabi hijrah ke Madinah.

Kemudian ketika besar Ali menjadi menantu Nabi setelah menikah dengan Siti Fatimah Az-Zahrah. Juga beliau menjadi orang yang pertama kali yang memeluk agama Islam dari segi anak kecil.

Terjadi Perang Tabuk

Perang Tabuk terjadi pada tanggal 19 Rajab tahun 9 H. Sehingga perang ini tercatat sebagai peristiwa yang terjadi di bulan Rajab.

Perang Tabuk merupakan peperangan antara umat Islam dengan Raja Kekaisaran Romawi. Ketika itu Nabi Muhammad membawa 30.000 pasukan untuk menghadapi Romawi di wilayah Syam.

Karna pasukan yang dibawa Nabi sangat banyak. Maka pasukan Romawi menjadi takut, sehingga pada akhirnya mereka mundur dengan meninggalkan Tabuk. Akhirnya umat Islam dapat memenangkan peperangan ini, sebelum berperang.

Berkat kemenangan ini, agama Islam menjadi kokoh di seluruh Jazirah Arab. Namun peperangan tersebut merupakan peperangan terakhir yang diikuti oleh Nabi Muhammad.

Peristiwa Isra Miraj

Isra adalah perjalan Nabi dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha. Sedangkan mijraj adalah kenaikan Nabi dari Masjidil Aqsha menuju Sidratul Muntaha di lanjut ke langit ketujuh.

Dua peristiwa hebat tersebut terjadi hanya dengan satu malam saja. Dengan itu, banyak yang meragukan peristiwa ini karna secara logika dianggap mustahil.

Namun hanya satu sahabat yang percaya peristiwa ini yaitu sahabat Abu Bakar. Akhirnya beliau dijulukin As-Shiddiq yaitu orang yang percaya.

Dalam peristiwa itu, Nabi mendapatkan oleh-oleh untuk umatnya, yaitu kewajiban menjalan shalat lima waktu. Untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang isra miraj bisa lihat di link tersebut

Runtuhnya Turki Ustmani

Turki Ustmani merupakan salah satu kekhalifahan besar yang ada dalam sejarah agama Islam, selain Dinasti Abbasiyah dan Umayyah.

Pada tahun 1924 M tanggal 28 Rajab Mustafa Kemal At-Tartuk mengahapus sistem kekhalifahan Turki Ustmani menjadi negara sekuler. Oleh karna itu, peristiwa tersebut tercatat dalam sejarah Islam.

Lahirnya Imam Syafi’i

Nama lengkap Imam Syafi’i adalah Abu Abdillah Muhammad bin Idris As-Syafi’i Al-Muttalibi Al-Qurashi. Beliau lahir pada bulan Rajab tahun 150 H, kemudian beliau menjadi ulama besar serta menjadi pendiri madzhab Syafi’i.

Hijrah ke Habsyah

Demi menghidari hal-hal yang tidak diinginkan oleh orang-orang Quraisy yang semakin begis dalam melakukan penyiksaaan. Maka Nabi Muhammad memerintah umat Islam untuk berhijrah ke Habsyah.

Wilayah Habsyah waktu itu dipimpin oleh seorang Raja yang bernama Najasy, sehingga berkat Raja tersebut umat Islam diterima di Habsyah. Hal tersebut terjadi pada tahun ke-5 bulan Rajab, sehingga peristiwa tersebut dicatat oleh dalam sejarah Islam. Itulah peristiwa atau keistimewaan bulan Rajab menurut Islam.

kesimpulan Keutamaan Bulan Rajab

kesimpulan Keutamaan Bulan Rajab
sumber: doc.pribadi

Demikianlah artikel tentang keutamaan bulan rajab dan amalannya, semoga bisa bermanfaat serta menjadi tambahan ilmu kepada teman-teman semua. Namun sebelum mengakhiri artikel ini, alangkah baiknya teman-teman baca juga keistimewaan malam lailatul qadar di link tersebut.

Apabila ada kesalahan dalam artikel keutamaan bulan rajab dan amalannya teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung di situs kami, sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya.

Jangan lupa bantu share.

Pidato Isra Miraj

NH_Ariff
11 min read

Peristiwa 10 Muharram

NH_Ariff
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *