Keistimewaan malam lailatul qadar

7 min read

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar – Malam ini hanya bisa dijumpai satu tahun sekali. Sehingga setipa muslim pasti menginginkan malam penuh kemulian ini.

Allah telah menakdirkan malam tersebut menjadi malam yang istimewa, berbeda dengan malam-malam lainnya.

Oleh karna itu, di malam ini Allah turunkan surat Al-Qadar yang di dalamnya terdapat informasi. Bahwa ada satu malam yang lebih baik dari seribu malam.

Adapun malamnya disebut dengan malam lailatul qadar. Tahukah teman-teman di malam ini mempunyai banyak keistimewaan loh. Mau tahu ngak, ini dia keistimewaan malam lailatul qadar

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar
sumber: headtopics.com

Malam Penuh Ampunan

Barang siapa yang menghidupkan malam lailatul qadar, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Hal tersebut sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad.

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
 “Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R Al Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad)

Dari hadits tesebut Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani menjelaskan, bahwa yang dimaksud dengan kata (ايمانا) adalah membenarkan janji Allah. Yaitu, Allah akan memberikan pahala kepada setiap muslim yang menghidupkan malam lailatul qadar. Sehingga hal tersebut bisa menjadi salah satu keistimewaan malam lailatul qadar.

Malam Turunya Al-Qur’an

Keistimewaan malam lailatul qadar yang kedua yaitu. Telah dijelaskan Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Abbas. Bahwa Allah menurunkan Al-Qur’an secara utuh dari Lahul Mahfud ke Baitul Izaa yang berada di langit dunia.

Yang turun pada malam lailatul qadar adalah Al-Qur’an. Sehingga Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad secara terpisah melalui Malaikat Jibril, sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.

Inilah keistimewaan malam lailatul qadar yang kami ambil dari tafsir Al-Qur’an 14;403.

Malam Turunya Malaikat

Pada malam lailatul qadar banyak para Malaikat yang turun ke bumi. Turunya Malaikat di malam ini, menandakan turunya rahmat dan berkah. Hal tersebut sebagaimana dalam surat Al-Qadar ayat 4.

تَنَزَّلُ الْمَلٰٓئِكَةُ وَا لرُّوْحُ فِيْهَا بِاِ ذْنِ رَبِّهِمْ ۚ مِّنْ كُلِّ اَمْرٍ ۛ

Artinya:

Pada malam itu turunlah para Malaikat dan ruh Malaikat Jibril, dengan izin Allah untuk mengatur semua urusan.

Para ahli tafisr menafsirkan. Bahwa yang dimaksud dengan الروح adalah Malaikat Jibril, dalam ayat ini Malaikat Jibril diistimewakan, karna kemualiannya.

Turunya Malaikat sama seperti ketika ada orang yang sedang membaca Al-Qur’an. Sehinga mereka melingkari serta meletakkan sayapnya kepada para penuntu ilmu.

Malam Penuh Kebaikan

Keistimewaan malam lailatul qadar yang ke-empat yaitu telah dijelaskan dalam hadits bahwa Nabi Muhammad bersabda:

إِنَّ هَذَا الشَّهْرَ قَدْ حَضَرَكُمْ وَفِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، مَنْ حُرِمَهَا فَقَدْ حُرِمَ الْخَيْرَ كُلَّهُ، وَلَا يُحْرَمُ خَيْرَهَا إِلَّا مَحْرُومٌ
“Sesungguhnya bulan Ramadhan ini telah menghampiri kalian. Dan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang dari menjumpainya, maka sungguh dia telah terhalang dari seluruh kebaikan. Dan tidaklah terhalang dari menjumpainya kecuali orang-orang yang merugi.”

Dari hadits tersebut Nabi Muhammad menunjukan kepada umatnya betapa pentingnya malam lailatul qadar. Sehingga di malam ini seluruh kebaikann diperuntukan kepada orang yang bersungguh-sungguh dalam beribadah.

Adapun bagi-orang-orang yang menghiraukan malam ini, mereka akan menjadi orang yang sangat rugi, karna ridak mendapatkan apa-apa. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah.

Malam Yang Mulia

Pada malam terahir bulan Ramadhan umat Islam disarankan untuk memperbanyak melaukan ibadah di dalamnya.

Karna Allah telah menjelaskan, bahwa malam lailatul qadar adalah malam yang mulia. Sehingga sesuatu yang mulia berarti sangatlah baik ketika mengejarnya.

Malam 1000 Bulan

Keistimewaan malam lailatul qadar yang ini merupakan keistimewaan yang sangat luar biasa. Sehingga malam ini disebutkan lebih baik dari pada 1000 bulan, hal ini sebagaimana dalam surat Al-Qadar ayat 3.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍ ۗ

Artinya:

Malam kemulian itu lebih baik dari pada seribu bulan

Namun dalam hal ini para ulama berbeda pendapat. Bahwa yang di maksud lebih baik dari 1000 bulan adalah bagi setiap orang yang melakukan shalat di malam itu. Selain itu, amalan-amalan kebaikan juga memiliki keistimewaan yang sama.

Malam Penuh Kesejahteraan

Pada malam itu, umat Islam tidak hanya diliputi oleh keberkahan saja, tapi juga dengan kesejahteraan. Sehingga lailatul qadar menjadi malam yang sangat indah bagi umat Islam.

Adapun bagi orang yang menghidupkan malam ini, maka akan mendapatkan kedamaian hati, dijauhkan dari setan, dan dibebaskan dari kerusakan.

Malam Penuh Keberkahan

Malam lailatul qadar disebut juga sebagai malam penuh keberkahan, karna di malam itu rahmad dan keberkahan Allah turun. Hal ini sebagaimana dalam surat Ad-Dukhan ayat 6.

رَحْمَةً مِّنْ رَّبِّكَ ۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ ۙ

Artinya:

Sebagai rahmad dari tuhanmu, sungguh Allah Maha mendengar, Maha mengetahui

Terbukanya Pintu Langit

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad bersabda:

Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan bulan yang diberkahi, Allah wajibkan kepada kalian untuk berpuasa di dalamnya. Pada bulan itu dibukalah pintu-pintu langit serta ditutuplah pintu-pintu neraka Jahim

Inilah salah satu keistimewaan bulan Ramadhan yang di dalamnya terdapat malam lailatul qadar, malam tersebut hanya dipenuhi dengan keberkahan.

Dengan itu, umat Islam harus menjalankan ibadah di malam ini dengan ikhlas, agar bisa mendapatkan kesejukan di dalam hatinya.

Malam Dicatatnya Takdir Tahunan

Malam ini merupakan malam dimana seluruh takdir tahunan akan dicatat oleh Allah. Sebagaimana dalam surat Ad-Dukhan ayat 4.

فِيْهَا يُفْرَقُ كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ ۙ

Artinya:

Pada malam itu telah dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.

Tapi perlu teman-teman ketahui, bahwa takdir tahunan tersebut tentu saja sudah didahuluhi oleh penulisan dan ilmu Allah. Keterangan tersebut kami ambil dari keterangan dari Imam Nawawi dalam syarh Muslim.

Namun dalam kitab tafsirnya Ibnu Katsir menjelaskan. Bahwa di malam lailatul qadar akan dicatat secara rinci di Lauhul Mahfud mengenai penulisan takdir dalam setahun.

Sehingga takdir tersebut akan ditunjukan kepada Malaikat, agar mereka melakukan tugasnya yang telah diperintahkan untuknya. Itulah kelebihan malam lailatul qadar

Tanda yang mendapatkan lailatul qadar

Tanda yang mendapatkan lailatul qadar
sumber: guegabut.com

Banyak tanda-tanda orang yang mendapatkan lailatul qadar, walaupun kepastian mendapatkan lailatul qadar hanyalah milik Allah.

Biasanya orang yang mendapatkan malam lailatu qadar akan semakin mulia akhlaknya, semakin kuat akidahnya, dan semakin rajin dalam menikmati ibadahnya. Adapun tanda-tandanya sebagai berikut.

  • Melihat seluruh makhluk bersujud kepada Allah
  • Bisa mendengar suara Malaikat
  • Merasakan kekhusuan yang luar bisa serta merasakan kedamaian
  • Terkabulkan semua doa-doanya
  • melihat semua dengan terang dikegelapan malam

Cara Mendapatkan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Cara Mendapatkan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar
sumber: youtube.com

Iktikaf Di Masjid

Abu Said telah menceritakan tentang iktikaf Nabi Muhammad di masjid yang ketika itu masih tergenang air dan berlantaian tanah. Sebagaimana dalam hadits.

Saya melihat Kening Nabi Muhammad ada bekas lumpur pada pagi hari bulan Ramadhan”

Dengan itu beriktikaf di masjid pada bulan Ramadhan menjadi salah satu cara agar bisa mendapatkan malam penuh berkah ini.

Berdoa Dengan Sungguh-sungguh

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan malam lailatul qadar. Maka harus mempunyai keyakinan yang kuat serta berharap bahwa Allah akan mengambulkan doa apa yang dipanjatkan. Sebagaimana di dalam hadits.

“Wahai Rasulullah,” tanya Aisyah, “Bagaimana menurutmu andai aku mendapatkan Lailatul Qadar? Doa apa saja yang harus aku baca?” Beliau bersabda, “Ucapkanlah, Ya Allah! Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Mulia, dan Engkau menyukai ampunan. Maka ampunilah aku.” [HR Tirmidzi]

Perbanyak Membaca Al-Qur’an

Bulan Ramadhan merupakan bulan turunya Al-Qur’an, maka sudah sepantasnya kita memperbanyak membacanya, dengan tujuan semata-mata karna Allah yang Maha Esa.

Sehingga dengan amalan tersebut bisa menjadi pahala ibadah 1000 bulan, jika tepat mendapatkan malam lailatul qadar.

Perbanyak Bershadaqah

Amalan yang satu ini bisa dikatakan paling mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kalian bisa memberikan makanan kepada orang yang sedang bertadarrus pada malam sepuluh akhir bulan Ramadhan.

Namun jangan lupa untuk selalu diniatkan hanya karna Allah, agar pahalanya tetap dihitung sebagai pahala untuk menghidupkan malam lailatul qadar.

Perbanyak Berdzikir

Selain membaca Al-Qur’an dan bershadaqah, kalian juga bisa memperbanyak membaca dzikir untuk mendapatkan malam lailatul qadar.

Adapun dzikir yang dibaca bermacam-macam mulai dari tahmid, tahlil, dan tasbih sebanyak-banyaknya bisa 100 kali atau 1000 kali. Terserah kalian deh maunya berapa hehe. Barang kali ketika kalian membaca dzikri bertepatan dengan malam lailatul qadar, siapa tahukan.

Kapan Terjadinya Lailatul Qadar

Kapan Terjadinya Lailatul Qadar
sumber: ipnuippnupati.id

Banyak orang yang bertanya kapan waktu terjadinya lailatul qadar? Nah, poin pentingnya tidak ada yang tahu pasti. Karna jika waktunya pasti, maka kita hanya menunggu kapan waktu tersebut, kemudian melakukan ibadah di malam itu.

Namun perlu kita ketahui, bahwa ketidak pastian tersebut mengandung hikmah yang sangat besar. Yaitu, agar manusia selalu beribadah setiap malam Ramadhan dengan harapan mendapatkan kemulian lailatul qadar.

Meski demikian, Nabi Muhammad memberikan petunjuk kepada orang yang bersungguh-sungguh ingin mendapat lailatul qadar. Sebagaimana dalam hadits.

تحروا ليلة القدر في الوتر من العشر اللأواخر من رمضان

Artinya:

Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan.

Allah memang sengaja menyembunyikan malam ini, agar manusia mencarinya dengan sungguh-sungguh. Apabila waktu lailatul qadar dipastikan, maka bisa jadi manusia akan menyepelekan qiyamul lail dan i’tikaf. Adapun rahasia malam lailatul qadar bisa teman-teman lihat di link tersebut.

Doa Malam Lailatul Qadar

Doa Malam seribu bulan
sumber: ngelmu.co
اَللهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى
“Ya Allah Engkau Maha pemaaf serta Engkau mencintai orang yang meminta maaf, maka maafkanlah aku”

Demikianlah keistimewaan malam lailatul qadar, semoga bisa bermanfaat serta menjadi tambahan ilmu kepada teman-teman semua. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan serta kemulian malam lailatul qadar, amin. Namun sebelum teman-teman mengakhiri artikel ini, maka alangkah baiknya baca juga peristiwa 10 Muharram di link tersebut.

Apabila ada saran, tambahan, dan kritik silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung di situs kami, sekian sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Jangan lupa bantu share.

Pidato Isra Miraj

NH_Ariff
11 min read

Peristiwa 10 Muharram

NH_Ariff
6 min read

Keutamaan Bulan Sya’ban

NH_Ariff
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *