Keutamaan surat Al-waqiah

5 min read

keutamaan surat al-waqiah

Keutamaan Surat Al-Waqiah – Alhamdulillah setelah kemarin saya menjelaskan tentang pengertian Al-Qur’an. Kali ini akan menjelaskan tentang keutamaan surat Al-Waqiah.

Surat Al-Waqiah merupakan salah satu surat yang ada dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya, mempelajari, dan mengamalkan.

Nabi Muhammad telah menganjurkan kepada umatnya agar selalu membaca surat Al-Waqiah setiap malam. Tapi pada akhir zaman ini banyak yang meninggalkan Al-Qur’an, sehingga enggan untuk membacanya.

Lalu kenapa sih membaca surat Al-Waqiah itu sangat dianjurkan di setiap mala? Apa saja sih keutamaan membaca surat Al-waqiah?. Nah, betul ini dia keutamaan-keutamaan membaca surat Al-Waqiah, mari simak bersama-sama.

Surat Al-Waqiah Mp3

Hadits Tentang Surat Al-Waqiah

  • من قرأ سورة الواقعة كل ليلة لم تصبه فاقة

Man Qara’a suuratal waqi’ata kulla lailatin lam thusibhu faaqatun.

Artinya:

Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah setiap malam, maka tidak akan menimpa kemiskinan

Hadist tersebut diriwayatkan oleh Abu Syuja.

  • علموا نساءكم سورة الوقعة فانها سورة الغنى

A’llimuu  nisaa akum suuratal waaqi’ata fainnahaa suuratal nginaa.

Artinya:

Barang siapa yang mengajari surat Al-Waqiah kepada wanita kalian, maka sesungguhnya itu adalah surat kekayaan.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Ad-Dailami.

  • من قرأ سورة الواقعة كل ليلة لم تصبه فاقة أبدا

Man qara a suuratal waqi’ata kulla lailatin lam thusibhu faa qatun abadan.

Artinya:

Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah setiap malam, maka tidak akan menderita kemiskinan selamanya-lamanya.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan Ibnu Asakir.

  • سورة الواقعة سورة الغنى فاقرؤوها وعلمواها أولادكم

Suuratal waa’qi’ata suuratal nginaa faqqrauuhaa wa’allimu haa awlaadhakum.

Artinya:

Surat Al-Waqiah adalah surat kekayaan, maka bacalah surat itu serta ajarkanlah kepada anak-anak kalian

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Murdawaidh.

Keutamaan Surat Al-Waqiah

Keutamaan Surat Al-Waqiah
sumber: okezone.com

Dalam surat Al-Waqiah terdapat 96 ayat. Sedangkan surat Al-Waqiah sendiri merupakan surat ke-56 dalam Al-Qur’an yang terletak di dalam juz 27.

Oleh karna itu, pada kesempatan kali saya akan menjelaskan secara lengkap apa saja keutamaan surat Al-Waqiah. Diantaranya sebagai berikut.

Terhindar Dari Sikap Lalai

Salah satu keutamaan surat ini adalah bisa menghindari dari sikap lalai. Sebagaimana dalam sebuah riwayat hadits dari Ubay bin Ka’ab bahwa Nabi Muhammad pernah berkata:

Barang siapa yang membaca surat Al-waqiah, maka ia akan dicatat sebagai orang yang tidak lalai

Mengetahui Ahli Surga

Barang siapa yang rajin membaca surat ini, maka akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat. Hal ini sebagaimana dalam hadist Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Artinya:

Barang siapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah. Dan barang siapa yang ingin melihat neraka dan sifatnya, maka bacalah surat As-Sajadah.

Hadits ini diambil dari kitab Tsawabul A’mal halaman 117.

Memiliki Wajah Yang Bercahaya

Dalam hal ini Imam Muhammad Al-Baqir pernah berkata:

Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, maka dia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.

Jadi barang siapa yang rajin dan tekun dalam membaca surat ini, walaupun tidak mengetahui artinya. Maka akan memiliki wajah yang bercahaya seperti cahaya bulan purnama.

Tidak Akan Ditimpa Kefakiran

Terkadang.

Hal tersebut diambil dari sebuah pertanyaan Abdullah bin Mas’ud bahwa Nabi Muhammad pernah berkata:

Artinya:

“Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah, maka ia tidak akan tertpimpa oleh kefakiran selamanya”

Dari hadits tersebut, Nabi Muhammad telah mengajarkan kepada umatnya, bahwa jika kita selalu istiqomah dalam suatu pekerjaan. Maka insya Allah, Allah akan mengabulkan apa yang kita inginkan, contohnya seperti kekayaan.

Namun perlu dicatat, bahwa kekayaan yang didapat merupakan kehendak Allah, bukan karna kerasnya kerja kita. Oleh karna itu, kita harus menyeimbangkan antara ikhtiar dan doa sebagai kuncinya.

Akan Mendapatkan Cinta Allah

Bagi kalian yang ingin mendapatkan cinta Allah, maka rajin-rajinlah membaca surat Al-Waqiah. Dalam hal ini sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Imam Ja’far Ash-Shadiq bahwa:

Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah pada setiap malam jum’at, maka dia akan dicintai oleh Allah dan manusia. Sehingga dia tidak akan mendapatkan kesengsaraan, kefakiran, dan penyakit dunia.

Surat ini merupakan bagian dari para sahabat Amirul Mukminin yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak bisa ditandingin oleh apapun.

Namun yang lebih baik jika kalian mengakaji serta membaca semua surat yang ada di dalam Al-Qur’an, karna semuanya memiliki faedah.

Selalu Ingat Tentang Kematian

Kematian merupakan rahasia Allah yang tidak kita ketahui, baik itu berakhir husnul khatimah atau sebaliknya.

Oleh karna itu, agar kita selalu menjaga iman kita serta melindungi diri kita dari kekafiran. Maka hendaklah membaca surat Al-Waqiah dengan hati yang terbuka. Agar kita selalu mengingat tentang kematian. Dengan itu, kita bisa mempersiapkan diri sebelum ajal menjemputnya

Akan Dipermudah Hajatnya

Dalam kitab Khazinatul Asrar Qubra hal 360 dijelaskan salah satu keutamaan surat ini dalah bisa memudahkan hajat dan melancarkan rezeki. Hal ini sebagaimana yang telah dikatakan oleh Imam Jafar:

Barang siapa yang membaca surat ini di waktu pagi ketika hendak keluar dari rumah untuk mencari nafkah. Maka Allah akan mempermudah rezekinya serta mendatangkan hajatnya.

Kemudian barang siapa yang membacanya di waktu pagi dan sore. Maka dia tidak akan kelaparan, kehausan, serta tidak takut terhadap orang yang memfitnahnya. Sehingga fitnahnya akan kembali lagi kepada orang itu.

Mengetahui Keadaan Ahli Surga

Dengan membaca surat ini, maka kita bisa mengetahui keadaan manusia yang sedang berada di surga dengan segala kenikmatanya.

Oleh karna itu. Bagi kalian yang ingin masuk surga tentunya akan semakin kuat keinginannya, ketika mengetahui keadaan yang ada di surga. Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan oleh Masruq.

Siapa yang ingin mengetahui cerita tentang orang-orang yang terdahulu, cerita ahli surga, ahli neraka, serta penduduk dunia dan akhirat. Maka bacalah surat Al-Waqiah.

Mempermudah Keluarnya Ruh

Membaca surat yasin ketika sakaratul maut merupakan suatu yang mashur dalam masyarakat, sebagaimana dalam hadits.

لقنوا موتاكم سورة يس

Artinya:

Bacakanlah surat yasin kepada orang yang mati.

Namun surat Al-Waqiah tidak ketinggalan juga. Ternyata surat ini apabila dibacakan kepada orang yang sakaratul maut, maka insya Allah akan semakin memudahkan keluarnya ruh dari jasad.

Mengajarkan Tentang Tauhid

Dalam surat ini memang tidak langsung menjelaskan tentang rezekim kekayaan, dan sebagainya. Namun dalam surat ini mengajarkan tentang tauhid, agar kita selalu percaya serta yaqin bahwa semua ini telah diatur oleh Allah. Salah satunya dalam urusan rezeki.

Kandungan Surat Al-Waqiah

Kandungan Surat Al-Waqiah
sumber: blogunik.com

Kandungan surat ini pada umumnya menjelaskan tentang hari kiamat, sebagaimana yang saya jelaskan di atas.

Namun apabila diperinci lebih dalam lagi, maka terdapat beberapa kandungan yang ada di dalam surat ini. Diantaranya sebagai berikut:

  • Terdapat tiga golongan manusia yang yang nanti dihadapan Allah, serta sebab-sebab mengapa mereka mendapat balasan tersebut.
  • Menjelaskan tentang kekuasaan Allah, serta sebagai bukti kepada manusia bahwa Allahlah yang menciptakan alam semesta.
  • Anjuran memperbanyak amal kebaikan serta mempersiapkan diri menuju hari pembalasan.
  • Menjelaskan tentang proses kematian, sehingga manusia bisa mengambil pelajaran bahwa semua makhluk yang bernya akan merasakan kematian.

Keistimewaan Surat Al-Waqiah

Keistimewaan Surat Al-Waqiah
sumber: youtube.com

Setelah kita mengetahui keutamaan dan kandungan surat Al-Waqiah. Ternyata surat Al-Waqiah mempunyai keistimewaan juga loh. Hal ini saya ambil dari kitab Mausu’ah Fadha’il Suar Wa Ayatil Qur’an, bahwa keistimewaan surat Al-Waqiah diantaranya sebagai berikut:

  1. Surat Yang Sering Dibaca Nabi Muhammad

Dalam sebuah riwayat Ibnu Mas’ud bahwa Nabi Muhammad sering menggabungkan dua surat dalam satu rakaat shalat. Sehingga dua surat tersebut disebut dengan surat An-Nazhair.

Adapun diantara surat tersebut adalah surat Al-Waqiah. Untuk  lebih jelasnya lagi bisa kita lihat lagi dari riwayat Iqlimah. Bahwa Nabi Muhammad biasanya membaca surat Al-Waqiah dan surat Al-Qalam dalam satu rakaat.

2. Surat Yang Menyita Perhatian Nabi Muhammad

Dalam sebuah riwayat hadits dari Abu Ahwas, bahwa Abu Bakar As-Shidiq pernah bertanya kepada Nabi Muhammad. Ya Rasulallah surat apa yang membuat Engkau menjadi tua? Nabi menjawab, yaitu surat Hud, Al-Waqiah, Al-Mursalat, An-Naba’ dan At-Takwir.

Pertanyaan di atas apabila dilihat dari segi tekstual memang mengandung arti yang negatif. Namun yang dimaksud oleh Abu Bakar bukan itu.

Tapi yang dimaksud adalah kiasan Nabi Muhammad yang begitu perhatianya terhadap surat Al-Waqiah. Penjelesan ini saya ambil dari kitab Faidh Al-Qadir Al-Munawy.

Karna memang surat ini menjelaskan tentang peristiwa penting, yaitu keadaan manusia  ketika hari kiamat. Sehingga besar perhatianya beliau seakan-akan membuat Nabi Muhammad mendekati masa kiamat tersebut.

Dalam hal ini kita bisa menyimpulkan, bahwa Nabi Muhammad telah mengajarkan kepada kita agar senantiasa menghayati isi kandungan surat ini.

Demikianlah penjelasan tentang keutamaan surat Al-Waqiah, semoga bisa menjadi tambahan ilmu kepada teman-teman semua. Apabila ada kesalahan dalam artikel ini teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Sekian terima kasih.

Jangan lupa bantu share.

Ayat Tentang Bersyukur   

NH_Ariff
15 min read

Pengertian Al-Qur’an

NH_Ariff
13 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *