Ayat Tentang Bersyukur   

15 min read

ayat tentang bersyukru

Ayat Tentang Bersyukur – Alhamdulillah setelah kemarin kita membahas tentang pengertian Al-Qur’an, kali ini akan membahas ayat tentang bersyukur.

Rasa syukur merupakan bentuk pengakuan seorang hamba. Bahwa setiap nikmat yang diterimanya ada keterlibatan Allah dibalik itu semua.

Dengan itu sunggu sangat banyak karunia dan nikmat yang telah Allah berikan kepada hambanya, sehingga dikatakan dalam pepatah.

Seandainya air lautan dijadikan tinta untuk menulis nikmat Allah, sampai air lautan itu habis. Tentu belum cukup untuk bisa menulis semua nikmat Allah.

Dengan itu, sudah sepantasnya seorang hamba yang beriman untuk selalu bersyukur kepada Allah, yang telah memberikan itu semua. Lalu apa saja sih ayat tentang bersyukur dalam Al-Qur’an? Nah ini dia ayat-ayatnya, mari kita simak bersama-sama.

Pengertian Bersyukur

Pengertian Bersyukur
sumber: islamkafah.com

Sebelum teman-teman mengetahui tentang ayat-ayat bersyukur, maka alangkah baiknya mengetahui pengertiannya dulu. Bersyukur adalah suatu perbuatan yang bertujuan untuk berterimah kasih kepada Allah atas limpahan nikmat, rahmat, yang telah Allah berikan.

Selain itu ada yang mengatakan bahwa bersyukur merupakan bukti cinta dan ridha  seorang hamba kepada Allah.

Apabil ada kecintaan dan keridhaan seorang hamba dalam hati, maka dia akan selalu bersyukur kepada nya. Baik kecil atau besar nikmat yang diterimanya.

berbeda dengan orang yang sudah dikuasi oleh hawa nafsunya,walaupun sebesar apapun nikmat yang diterimanya. Maka dia tetap ingkat serta menafikan nama Allah di balik itu semua.

Ayat Tentang Bersyukur Kepada Allah

Ayat Tentang Bersyukur Kepada Allah
sumber: nasehatquran.com

Dalam Al-Qur’an banyak sekali ayat yang menerangkan tentang bersyukur, sehingga tersebar di beberapa surat Al-Qur’an. Adapun beberapa ayat tentang bersyukur diantaranya sebagai berikut:

Surat Al-Luqman Ayat 12

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا لُقْمٰنَ الْحِكْمَةَ اَنِ اشْكُرْ لِلّٰهِ ۗ وَمَنْ يَّشْكُرْ فَاِ نَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖ ۚ وَمَنْ كَفَرَ فَاِ نَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Artinya:

Dan sungguh telah kami berikan hikmah kepada Luqman yaitu bersyukurlah kepada Allah. Kemudian barang siapa yang bersyukur kepada Allah, maka sesungguhnya dia telah bersyukur untuk dirinya sendiri. Dan barang siapa yang ingkar, maka sesungguhnya Allah Maha kaya serta Maha terpuji.

Surat Al-baqarah Ayat 172

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا کُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ وَا شْكُرُوْا لِلّٰهِ اِنْ کُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki yang baik yang telah kami berikan kepada kalian, kemudian bersyukurlah kepada Allah. Jika kalian hanya menyembah kepadanya.

Ayat Az-Zumar Ayat 7

اِنْ تَكْفُرُوْا فَاِ نَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ ۗ وَلَا يَرْضٰى لِعِبَا دِهِ الْـكُفْرَ ۚ وَاِ نْ تَشْكُرُوْا يَرْضَهُ لَـكُمْ ِ

Artinya:

Apabila kalian kafir, maka sesungguhnya Allah tidak memerlukanmu, serta Allah tidak meridhai kekafiran hamba-hambanya. Jika kalian bersyukur, maka Allah akan meridhai kesyukuran itu.

Surat Al-Anbiya Ayat 80

وَعَلَّمْنٰهُ صَنْعَةَ لَبُوْسٍ لَّـكُمْ لِتُحْصِنَكُمْ مِّنْۢ بَأْسِكُمْ ۚ فَهَلْ اَنْـتُمْ شٰكِرُوْنَ

Artinya:

Dan Kami ajarkan kepada Daud cara membuat baju besi untukmu, guna melindungi kalian dalam peperanganmu. Maka apakah kalian bersyukur kepada Allah.

Surat Al-Baqarah Ayat 152

فَا ذْكُرُوْنِيْۤ اَذْكُرْكُمْ وَا شْکُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

Artinya:

Maka ingatlah kepadaku, akupun akan ingat kepadamu, dan bersyukurlah kepadaku serta janganlah kalian ingkar kepadaku

Surat Al-Luqman Ayat 14

وَوَصَّيْنَا الْاِ نْسٰنَ بِوَا لِدَيْهِ ۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِيْ عَا مَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِـوَا لِدَيْكَ ۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Artinya;

Dan Kami perintahkan kepada manusia agar selalu berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah serta menyapihnya dalam usia dua tahun. Maka bersyukurlah kepadaku dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepada akau kembalimu.

Ayat Tentang Anjuran Bersyukur

Ayat Tentang Anjuran Bersyukur
sumber: miro.medium.com

Surat Al-Kaustar Ayat 1

اِنَّاۤ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ ۗ

Artinya:

Sungguh kami (Allah) telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak

Surat Yasin Ayat 73

وَلَهُمْ فِيْهَا مَنَا فِعُ وَمَشَا رِبُ ۗ اَفَلَا يَشْكُرُوْنَ

Artinya:

Dan mereka memperoleh berbagai manfaat serta minuman darinya, mak mengapa mereka tidak bersyukur?.

Surat Al-Imran Ayat 145

وَمَا كَا نَ لِنَفْسٍ اَنْ تَمُوْتَ اِلَّا بِاِ ذْنِ اللّٰهِ كِتٰبًا مُّؤَجَّلًا ۗ وَ مَنْ يُّرِدْ ثَوَا بَ الدُّنْيَا نُؤْتِهٖ مِنْهَا ۚ وَمَنْ يُّرِدْ ثَوَا بَ الْاٰ خِرَةِ نُؤْتِهٖ مِنْهَا ۗ وَسَنَجْزِى الشّٰكِرِيْنَ

Artinya:

Setiap yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya.

Maka barang siapa yang ingin pahala dunia, niscaya Allah akan berikan kepadanya pahala dunia. Dan barang siapa yang ingin pahala akhirat, niscaya Allah akan berikan kepadanya pahala akhirat. Kemudian kami akan memberikan balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

Surat An-Nahl Ayat 114

فَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖ وَّا شْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ اِنْ كُنْـتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Artinya:

Maka makanlah dari apa yang telah Allah berikan kepadamu berupa rezeki yang halal dan baik. Kemudian syukurilah nikmat Allah, jika kalian hanya menyembah kepadanya.

Surat Saba’ Ayat 15

لَقَدْ كَا نَ لِسَبَاٍ فِيْ مَسْكَنِهِمْ اٰيَةٌ ۚ جَنَّتٰنِ عَنْ يَّمِيْنٍ وَّشِمَا لٍ ۗ کُلُوْا مِنْ رِّزْقِ رَبِّكُمْ وَا شْكُرُوْا لَهٗ ۗ بَلْدَةٌ طَيِّبَةٌ وَّرَبٌّ غَفُوْرٌ‏

Artinya:

Sungguh bagi kaum Saba’ ada tanda kebesan Allah di tempat kediaman mereka. Yaitu dua buah kebu di sebelah kanan dan kiri. Makanlah olehmu dari rezeki yang telah dianugerahkan Tuhanmu serta bersyukurlah kepadanya.

Negerimu merupakan negri yang baik dan nyaman serta Tuhanmu merupakan Tuhan yang Maha pengampun.

Surat Yasin Ayat 35

لِيَأْكُلُوْا مِنْ ثَمَرِهٖ ۙ وَمَا عَمِلَـتْهُ اَيْدِيْهِمْ ۗ اَفَلَا يَشْكُرُوْنَ

Artinya:

Agar mereka dapat memakan dari buahnya dan dari hasil usaha tangan mereka, maka mengapa mereka tidak bersyukur.

Surat Ali-Imran Ayat 123

وَلَقَدْ نَصَرَكُمُ اللّٰهُ بِبَدْرٍ وَّاَنْـتُمْ اَذِلَّةٌ ۚ فَا تَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya:

Dan sungguh Allah telah menolong kalian dalam perang Badar padaha kalian dalam keadaan lemah. Maka bertakwalah kalian kepada Allah agar kalian mensyukurinya.

Surat Al-Qamar Ayat 35

نِّعْمَةً مِّنْ عِنْدِنَا ۗ كَذٰلِكَ نَجْزِيْ مَنْ شَكَرَ

Artinya:

Sebagai nikmat dari Kami (Allah), demikianlah kami akan memberikan balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

Surat Al-Jadziyat Ayat 12

اَللّٰهُ الَّذِيْ سَخَّرَ لَـكُمُ الْبَحْرَ لِتَجْرِيَ الْفُلْكُ فِيْهِ بِاَ مْرِهٖ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ۚ

Artinya:

Allahlah yang menundukkan laut untukmu agar kapal-kapal dapat berlayar di atasnya dengan perintahnya. Kemudian agar kalian dapat mencari sebagian kerunianya serta agar kalian bersyukur.

Surat An-Naml Ayat 40

قَا لَ الَّذِيْ عِنْدَهٗ عِلْمٌ مِّنَ الْـكِتٰبِ اَنَاۡ اٰتِيْكَ بِهٖ قَبْلَ اَنْ يَّرْتَدَّ اِلَيْكَ طَرْفُكَ ۗ فَلَمَّا رَاٰ هُ مُسْتَقِرًّا عِنْدَهٗ قَا لَ هٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّيْ ۗ لِيَبْلُوَنِيْٓءَاَشْكُرُ اَمْ اَكْفُرُ ۗ وَمَنْ شَكَرَ فَاِ نَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖ ۚ وَمَنْ كَفَرَ فَاِ نَّ رَبِّيْ غَنِيٌّ كَرِيْمٌ

Artinya:

Seorang yang mempunyai ilmu dari kitab berkata, aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip. Maka ketika Nabi Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, dia pun berkata. Ini termasuk karunia tuhanku untuk mengujiku, apakah aku bersyukur atau mengingkari nikmatnya.

Barang siapa bersyukur, maka sesungguhnya dia besyukur untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan barang siapa yang ingkar, maka sesungguhnya tuhanku Maha kaya serta Maha Mulia.

Surat Al-Qashas Ayat 73

وَمِنْ رَّحْمَتِهٖ جَعَلَ لَـكُمُ الَّيْلَ وَا لنَّهَا رَ لِتَسْكُنُوْا فِيْهِ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya:

Dan dari rahmatnya, Allah jadikan untukmu malam dan siang agar kalian beristirahat pada malam hari. Serta agar kalian mencari sebagian karunianya (pada siang hari). Dan agar kalian kalian bersyukur kepadanya.

Surat Al-Anfal Ayat 26

وَا ذْكُرُوْۤا اِذْ اَنْـتُمْ قَلِيْلٌ مُّسْتَضْعَفُوْنَ فِى الْاَ رْضِ تَخَا فُوْنَ اَنْ يَّتَخَطَّفَكُمُ النَّا سُ فَاٰ وٰٮكُمْ وَاَ يَّدَكُمْ بِنَصْرِهٖ وَرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya:

Dan ingatlah ketika kalian (para Muhajirin) masih berjumlah sedikit lagi tertindas di bumi (Mekah). Dan kalian takut orang-orang Mekah akan menculik kalian, maka Allah memberi kalian tempat menetap Madinah.

Kemudian dijadikannya kalian kuat dengan pertolongannya serta diberinya kalian rezeki yang baik. Agar kalian bersyukur.

Hadits Tentang Bersyukur Nikmat Allah

Hadits Tentang Bersyukur Nikmat Allah
sumber: glosarium.org

Hadits Riwayat Abu Dawud

عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال لا يشكر الله من لا يشكر الناس

Artinyaa:

Tidaklah dianggap bersyukur kepada Allah orang yang tidak bersyukur kepada manusia.

Hadits Riwayat Muslim

عن ابي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أنظروا ألى من أسفل منكم ولا تنظروا الى من هو فوقكم فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله

Artinya:

Lihatlah orang yang berada di bawah kalian, jangan melihat orang yang ada di atas kalian. Maka itu lebih baik membuat kalian tidak mengkufuri nikmat Allah.

Hadits Riwayat Thabrani

قال لله تعالى يا ابن ادم انك ما ذكرتني شكرتني واذا ما نسيتني كفرتني

Allah berfirman dalam hadits Qudsinya:

Artinya:

Wahai anak Adam, bahwa selama kalian mengingat aku, maka berarti kalian mensyukuri aku. Dan apabila kalian melupakan aku, maka berarti kalian telah mendurhakai Aku.

Hadits Riwayat Ahmad dan Baihaqi

ومن لا يشكر الناس لا يشكر الله

Barang siapa yang tidak bersyukur kepada manusia, maka berarti tidak bersyukur kepada Allah.

Hadits Riwayat Bukhari

الطاعم الشاكر بمنزلة الصائم الصاب

Artinya:

Orang makan yang bersyukur adalah sama dengan orang yang berpuasa yang sabar

Hakikat Bersyukur

Hakikat Bersyukur
sumber: islamic-center.or.id

Barang siapa yang dapat merealisasikan rasa syukur yang hakiki, yang dibagun atas lima pondasi. Maka mereka adalah orang yang bersyukur dengan benar, adapun lima pondasi tersebut diantaranya sebagai berikut.

  1. Bukti cinta kepada Sang pemberi nikmat (Allah).
  2. Mengaku terhadap semua nikmat yang Allah berikan.
  3. Selalu memuji Allah atas segala nikmat.
  4. Tidak menggunakan nikmat yang Allah berikan kepada sesuatu yang dibenci oleh Allah.
  5. Merendahnya orang yang bersyukur dihadapan yang memberikan nikmat (Allah).

Dengan demikian, memuji dan menyebut-nyebut Allah. Merupakan bentuk pengakuan atas nikmat Allah dengan sikap rendah hati sehingga menyandarkan nikmat tersebut kepadanya.

Kemudian sebab itu, hati akan senantiasa mencintai Allah serta semua anggota badan, lisan, mulut, tak henti-henti menyebut naamanya.

Tata cara Beryukur

Tata cara Beryukur
sumber: youtube.com

Setelah kita mengetahui hakikat serta ayat tentang bersyukur, sekarang kita membahas bagaimana cara bersyukur yang benar.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mensyukuri nikmat Allah secara garis besar. Adapun mensyukuri nikmat ini dapat kita lakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

Syukur Dengan Lisan

Ketika hati seorang hamba sudah yaqin bahwa segala nikmat yang ia dapatkan bersumber dari Allah. Maka secara spontan lisannya akan mengucapkan Alhamdulillah.

Walaupun dia mendapatkan nikmatnya dari seseorang, tapi lisannya tetap memuji Allah. Karna dia yaqin bahwa orang tersebut hanyalah perantara yang Allah kehendaki untuk menyampaikan nikmat itu kepadanya.

Pada kalimat Alhamdulillah Al berfungsi sebagai istiqraq yaitu mengandung arti keseluruhan. Sehingga kata Alhamdulillah mengandung arti bahwa yang paling berhak menerima pujian hanyalah Allah.

Oleh karna itu, walaupun terkadang kita memuji seseorang karna kebaikannya, namun pada hakikatnya pujian tersebut harus ditujukan kepada Allah.

Syukur Dengan Hati

Bersyukur dengan hati bisa mengantarkan seseorang untuk menerima nikmat tersebut dengan penuh kerelaan tanpa keberatan. Baik nikmat itu kecil atau besar.

Syukur dengan hati harus dilakukan dengan menyadari sepenuhnya, bahwa nikmat yang didapatkan merupakan anugarah serta kemurahan dari Allah. Sebagaimana dalam surat An-Nahl ayat 53.

وَمَا بِكُمْ مِّنْ نّـِعْمَةٍ فَمِنَ اللّٰهِ ثُمَّ اِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فَاِ لَيْهِ تَجْئَرُوْنَ ۚ

Artinya:

Dan segala nikmat yang ada padamu datangnya dari Allah, kemudian apabila kalian ditimpa kesengsaraam. Maka kepadanyalah kalian meminta pertolongan.

Dengan itu, syukur ini akan melahirkan betapa besarnya kemurahan serta kasih sayang Allah, sehingga terucap kalimat pujian kepadanya.

Syukur Dengan Perbuatan

Bersyukur dengan perbuatan mengandung arti bahwa segala nikmat yang kita terima, harus digunakan dijalan yang benar. Seperti untuk beribadah kepada Allah, menolong orang dalam kesulitan, sebagaimana dalam hadits.

Nabi Muhammad telah menjelaskan  bahwa Allah sangat senang melihat nikmat yang diberikan kepada hambanya yang digunakan dengan sebaik-baiknya. Kemudian Nabi bersabada.

Sesungguhnya Allah senang melihat bekas nikmatnya pada hambanya

Maksud dari hadits tersebut adalah bahwa Allah sangat menyukai hambanya yang mengakui dan menampakan segala nikmat yang Allah berikan.

Maksud menampakan disini bukanlah pamer, tapi sebagai wujud syukur yang di dasari karenanya. Sebagaimana dalam surat Ad-Dhuha ayat 11.

وَاَ مَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Artinya:

Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah Engkau (Muhammad) nyatakan dengan benar.

Kesimpulan Yang Bisa Diambil

ayat tentang syukur
sumber: duniapondok.com

Dalam bersyukur ada sesuatu yang penting yaitu mengenali nikmat Allah. Sehingga mengetahui dan mengenal nikmat Allah merupakan di antara rukun terbesar dalam bersyukur.

Karna tidaklah munkin seorang bisa bersyukur, jika tidak merasakan nikmat Allah. Maka mengenal nikmat merupakan salah satu jalan mengenal sang pemberi nikmat.

Jadi jika seseorang sudah mengetahui siapa yang memberikan nikmat,  maka dia akan mencintainya. Sehingga cinta itu akan melahirkan terima kasih serta kesyukuran.

Nikmat Allah itu sangat luas sebagaimana yang sudah saya sampaikan di atas. Nikmat Allah bukan terbatas pada makanan dan minuman saja. Tapi seluruh gerak serta desak nafas kita merupakan nikmat yang tidak kita ketahui nilainya. Sebagaimana yang dikatakan oleh Abu Darda’

“Barang siapa yang tidak mengetahui nikmat Allah selain makanan dan minuman, maka pengetahuannya picik serta adzabnya telah menimpa”

Dengan itu, Bersyukur yang bersifat umum syukur tehadap nikmat pakaian, rumah, makanan, dan sebagainya. Adapun bersyukur yang bersifat umum adalah syukur atas keimanan dan kekuatan hati (syukur atas tauhid).

Demikianlah pembahasan ayat tentang bersyukur, semoga bisa bermanfaat serta menjadi tambahan ilmu kepada teman-teman semua. Terima kasih telah mampir di situs kami.

Jangan lupa bantu share.

Keutamaan surat Al-waqiah

NH_Ariff
5 min read

Pengertian Al-Qur’an

NH_Ariff
13 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *