Nama-nama Hari Kiamat

4 min read

nama nama hari kiamat

Nama-nama Hari Kiamat– Mempercayai adanya hari kiamat merupakan rukun iman yang ke lima. Sebagai orang Islam tentu kita harus iman kepada hari kiamat.

Karna tidak akan syah keimanan seseorang apabila tidak beriman kepada hari kiamat.

Dengan adanya hari kiamat kita akan selalu melakukan perbuatan kebaikan, dan terdorong menjahui perbuatan dosa. Karna semua perbuatan kita akan dicatat oleh Malaikat.

Pengertian Hari Kiamat

pengertian kiamat
sumber: majalahpendidikan.com

Hari kiamat merupakan hari akhir kehidupan di dunia, hari dimana orang-orang menuju kehidupan di akhirat yang kekal selama.

Hari kiamat tidak dapat kita prediksi kapan datangnya, karna hari kiamat merupakan rahasisa Allah yang tidak dapat diketahui oleh siapapun. Tetapi dengan itu, kita harus percaya adanya hari kiamat.

Walaupun kita tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat. Kita masih bisa mengetahui tanda-tanda hari kiamat, yang sudah dijelaskan oleh Nabi Muhammad Saw.

Nama-nama Hari kiamat

nama nama hari kiamat
sumber: youtube.com

Hari kiamat diawali dengan tiupan terompet sangsakala, oleh Malaikat Isrofil untuk menghancurkan bumi dan seluruh isinya.

Dengan mengingat hari kiamat, tentunya kita akan didorong untuk selalu melakukan amal kebaikan, dan menjahui perkara dosa. Karna semua apa yang kita lakukan, akan dicatat oleh Malaikat Atid dan Raqib.

Oleh karna itu, Duniapondok kali ini tidak akan membahas panjang lebar tentang hari kiamat. Tetapi hanya ingin memberitahukan kepada semua teman-teman, tentang Nama-nama hari kiamat.

Yaumul Qiyamah (Hari Kiamat)

hari kiamat
sumber: alikhlasmusholaku.com

Nama hari kiamat sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an, surat Al-Baqarah ayat 85:

ۚ فَمَا جَزَآءُ مَنْ يَّفْعَلُ ذٰلِكَ مِنْکُمْ اِلَّا خِزْيٌ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۚ
Artinya:

Maka tidak ada balasan yang pantas untuk orang yang berbuat demikian diantara kamu, selain kenistaan dalam kehidupan dunia

Kemudian pada hari kiamat orang-orang akan diberikan adzab yang pedih, dan Allah tidak pernah lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.

Yaumu Sa’ah (Hari penentuan)

hari penentuan
sumber: wajibbaca.com

Hari kiamat merupakan hari penentuan bagi semua manusia. Terjadinya kiamat sudah ditentukan oleh Allah secara akurat, tidak munkin ada kesalahan dan keliruan.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-An’am :

Artinya:

Sungguh telah rugi manusia yang telah mendustakan pertemuan dengan Allah. Sehingga apabila kiamat datang kepada manusia dengan tiba-tiba manusia berkata.

Alangkah besarnya penyesalan kami terhadap kelalaian kami tentang hari kiamat itu. Manusia sambil memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah amat buruklah apa yang manusia pikul itu.

Yaumul Fashl (Hari pemisah)

hari pemisah
sumber: harapanrakyat.com

Hari kiamat sering juga disebut dengan hari pemisah, menjadi pemisah antara orang kafir dan orang Islam. Semua manusia dikumpulkan menurut keyakinan agamanya masing-masing.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Ash-Shaffaf ayat 21:

هٰذَا يَوْمُ الْفَصْلِ الَّذِيْ كُنْتُمْ بِهٖ تُكَذِّبُوْنَ

Artinya:

Inilah hari pemisah yang kamu dustakan dulu

Yaumul Jaza’ (Hari pembalasan)

hari pembalasan
sumber: youtube.com

Hari kiamat merupakan hari pembalasan agama masing-masing. Artinya amal perbuatan yang berkaitan dengan agama, akan dipertanggung jawabkan. Kemudian yang menguasi di hari itu hanyalah Allah.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-Fatihah ayat 4:

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ ۗ

Artinya:

Yang mengusai di hari pembalasan yaitu Allah

Yaumul Ba’ats (Hari kebangkitan)

hari kebangkitan
sumber: youtube.com

Setelah bumi dihancurkan, kemudian Allah akan membangkitkan semua orang-orang yang ada dalam kubur. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Ar-Rum ayat 57.

فَيَوْمَئِذٍ لَّا يَنْفَعُ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مَعْذِرَتُهُمْ وَلَا هُمْ يُسْتَعْتَبُوْنَ

Artinya:

Maka pada hati itu tidak bermanfaat lagi permintaan maaf, bagi orang-orang yang dzalim. Sehingga mereka tidak pula diberi kesempatan bertaubat lagi

Maka inilah hari kebangkitan itu, tetapi kamu tidak pernah menyakininya.

Yaumul Jam’i (Hari berkumpul)

hari perkumpulan
sumber: simbahgugel.com

Setelah dibangkitkan, kemudian orang-orang akan dikumpulkan oleh Allah di padang Mahsyar. Dimana berkumpul seluruh manusia setelah dibangkitkan dari alam kubur.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-Kahfi ayat 47:

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَا لَ وَ تَرَى الْاَ رْضَ بَا رِزَةً ۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَا دِرْ مِنْهُمْ اَحَدًا ۚ

Artinya:

dan kami ingatkan pada hari ketika kami perjalankan gunung-gunung, sehingga engkau akan melihat bumi itu rata. Kemudian kami kumpulkan mereka seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorang pun dari mereka.

Hari ini merupakan hari berkumpulnya semua manusia. Mulai dari zaman Nabi Adam sampai manusia akhir zaman. Untuk ditanyakan seluruh amal perbuatanya selama hidup di dunia.

Yamul Mizan (Hari timbangan)

hari timbangan
sumber: goldenfirdaus.com

Yaumul Mizan merupakan hari penimbangan amal, yang sudah dilakukan manusia. Baik amal kebaikannya, dan amal buruknya. Semuanya ditimbang oleh Allah.

Sebagimana dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya’ ayat 47:

وَنَضَعُ الْمَوَا زِيْنَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَـفْسٌ شَيْـئًـا ۗ وَاِ نْ كَا نَ مِثْقَا لَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ اَتَيْنَا بِهَا ۗ وَكَفٰى بِنَا حٰسِبِيْنَ

Artinya:

Dan kami akan memasang timbangan yang tepat pada hati kiamat. Maka tidak seorangpun dirugikan walau sedikitpun, sekalipun hanya seberta biji sawi. Pasti kami datangkan pahala, dan cukuplah kami yang membuat perhitungan.

Walaupun amalan itu hanya seberat biji sawi, maka kami pasti akan membalaskan pahalanya, dan cukuplah kami sebagai pembuat perhitungan.

Yaumul Hisab (Hari perhitungan)

yaumul hisap
sumber: hasmi.com

Yaumul hisab merupakan hari perhitungan amal baik dan buruknya manusia, selama hidup di dunia.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-Mukminin ayat 17:

Artinya:

Pada hari ini semua manusia diberikan balasan dengan apa yang telah dikerjakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah, sungguh cepat hisapnya.

Kemudian manusia akan melewati jembatan sirat. Sirat merupakan jembatan yang menentukan manusia antara masuk surga dan neraka.

Barulah manusia akan menemukan tempatnya masing-masing yaitu; Surga dan neraka yang merupakan tempat terAkhir manusia.

Allah ciptakan surga dan neraka hanya untuk memberikan balasan kepada manusia selama hidup di dunia.

Tanda-tanda Hari Kiamat

sumber: historyofislami.com
  1. Keluarnya suatu binatang yang sangat besar dan aneh. Binatang tersebut bisa berbicara dengan manusia, dan memberikan kabar bahwa kiamat sebentar lagi akan datang.
  2. Terbenamnya matahari dari arah timur, dan terbitnya dari arah barat. Terjadi karna ada perubahan besar dalam susunan alam semesta.
  3. Keluarnya asab (dukhan) yang memenuhi langit dan bumi muncul sebelum kiamat datang. Asab tersebut terjadi selama 40 hari.
  4. Munculnya Dajjal, merupakan fitnah tersebesar yang menimpa orang-orang di akhir zaman. Dajjal mengaku sebagai tuhan, melalui kedua tangannya muncullah hal-hal yang luar biasa.
  5. Turunnya Nabi Isa As kebumi, ketika fitnah dajjal merajalela.

Macam-macam Hari Kiamat

macam macam hari kiamat
sumber: simbahgugel.com

Terjadinya kiamat merupakan peristiwa kehancuran yang sangat luar biasa yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Sedangkan kiamat ada dua macam, diantaranya:

Kiamat Kecil (Sugra)

kiamat kecil
sumber: bersamadakwah.net

Kiamat Sugra merupakan kiamat kecil, yang terjadi apabila manusia mengakhiri hidupnya di dunia, Seperti kamatian. Setiap manusia pasti akan mengalami kematian.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-Imran ayat 185:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَاِ نَّمَا تُوَفَّوْنَ اُجُوْرَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ

Artinya:

Setiap yang bernyawa pasti akan mati, dan sesungguhnya pahala kamu akan dibalas pada hari kiamat.

Manusia yang sudah mati, sebelum datangnya hari kiamat akan berada di alam barzakh. Merupakan tempat diantara dunia dan akhirat, sebagai tempat perkumpulnya manusia.

Kiamat Besar (Qubra)

tanda kiamat besar
sumber: headtopics.com

Kiamat kubra merupakan kiamat besar karna pada hari itu, dengan kuasa Allah alam beserta isinya akan hancur. Kiamat besar akan terjadi, tetapi dirahasiakan oleh Allah yang maha Esa.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat taha ayat 15:

اِنَّ السَّا عَةَ اٰتِيَـةٌ اَكَا دُ اُخْفِيْهَا لِتُجْزٰى كُلُّ نَفْسٍ بِۢمَا تَسْعٰى

Artinya:

Sungguh hari kiamat itu pasti akan datng, aku rahasiakan waktunya, agar setiap manusia dibalas sesuai dengan apa yang telah diusahakan.

Demikianlah artikel tentang Nama-nama Hari Kiamat, semoga dengan mengingat hari kiamat kita dapat melakukan amal kebaikan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat kepada kita semua. Walaupun masih banyak nama-nama hari kiamat, yang masih belum ditulis di artikel ini.

Barangkali dari teman-teman ada yang mau ditanyakan tentang nama-nama hari kiamat. Bisa langsung kirim di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *