Istri Nabi Muhammad

5 min read

istri nabi dari seorang budak

Istri Nabi Muhammad – Nabi Muhammad diberikan keistimewaan boleh beristri lebih dari 4. Banyak terjadi kontrofersi terkait jumlah istri Nabi Muhammad. Namun menurut pendapat ulama yang kuat, jumlah istri nabi ada sebelas.

Istri-istri nabi Muhammad merupakan para wanita-wanita yang mulia. Oleh karna itu semua istri nabi mendapatkan gelar ummul mu’minin (ibu dari wanita-wanita yang beriman).

Mereka semua bisa menjadi suri tauladan bagi setiap para wanita. Lalu siapa saja istri nabi Muhammad? Mari kita simak artikel ini bersama-sama.

Istri Nabi Muhammad

Istri Nabi Muhammad
sumber: solopeduli.com

Juwairiyah binti Al-Harits

Juwairiyah binti Harits bin Abi Dhirar bin Aidz bin Khuzaimah, adalah nama asli beliau. Sebelum menikah dengan Nabi. Juwairiyah merupakan janda dari Musafi’ bin Shafwan, yang wafat di perang Muraisi.

Akhirnya Juwairiyah menjadi salah satu tawanan bani Mushtalig. Kemudian Juwairiyah menikah dengan Nabi.

Berkah menikah dengan Nabi, para sahabat membebaskan semua tawanan yang berasal dari bani Musthaliq. Kemudian bani Musthaliq memeluk agama Islam.

Pada tahun 56 H, siti Juwairiyah binti Harits wafat di kota Madinah. Ketika pemerintahan dipegang oleh Muawiyah.

Khadijah Al-Qubra

Nama asli beliau adalah Khadijah binti Khuwailid bin Asad Al-Quraisyiyah. Lahir pada tahun 68 sebelum hijrah. Bertemu dengan nabi nasabnya. pada kakek yang nomer 7 yaitu,Ibnu Kilab.

Siti Khatijah sudah terkenal memiliki kemuliaan, baik dari segi prilaku, ataupun nasab. Sebelum menikah dengan nabi, siti Khatijah merupakan wanita janda yang telah ditinggal wafat oleh dua suaminya yaitu; Oteaq Al-Makzomy dan Abi Haleh Al-Tamimy.

Khadijah termasuk istri nabi yang pertama. Beliau menikah dengan nabi pada usia 40 tahun sebelum nabi diangakat menjadi Rasul. Pada waktu itu, nabi masih berumur 25 tahun.

Nabi termasuk orang yang paling setia kepada siti Khadijah, karna nabi tidak menikah lagi sampai Khadijah wafat.

Bahkan diceritakan sampai siti Aisyah merasa cemburu kepada siti Khatijah, walaupun beliau sudah wafat.

Siti Aisyah berkata :

saya tidak pernah merasa cemburu kepada istri-istri Nabi, melebihi kecemburuanku kepada Khatijah”

Karna seluruh keturunan nabi, lahir dari rahim Siti Khadijah, kecuali Ibrahim yang lahir dari Mariyah Al-Qibthiyah.

Zainab binti Jahsyi

Beliau merupakan istri dari Zaid bin Haritsah salah satu anak angkat Nabi.  Ketika Zaid wafat maka menikalah Zainab dengan Nabi pada tahun 5 H.  dengan mahar 400 dirham.

Kemudian Zainab wafat pada tahun 20 H. Lalu dimakamkan di Baqi’.

Nabi Muhammad berkata :

Tidak memuliakan wanita kecuali orang yang mulia, dan tidak menghina seorang wanita kecuali orang yang tercela
Baca juga: Nama Hari Kiamat

Dapat kita lihat bahwa Nabi Muhammad menikahi semua istrinya semata-mata bukan karna hawa nafsunya. Akan tetapi ada perintah langsung dari Allah yang maha Esa.

Karna di waktu itu ada pemberdayaan janda, tawanan perang, maka Nabi menikahi agar semua wanita mendapatkan perlindungan.

Istri Nabi Muhammad dari Seorang Budak

Istri Nabi Muhammad dari Seorang Budak
sumber: doc.pribadi

Hafshah binti Umar bin Khattab

Sebelum menikah dengan Nabi, Hafshah merupakan wanita janda dari seorang suami Khunais bin Khudzafah. Khunais wafat ketika setelah perang badar, setelah terkena luka yang sangat parah.

Hafshah mempunyai sebuah julukan Shawwamah (wanita yang rajin puasa) dan Qawwamah (wanita yang rajin sholat malam).

Menikah dengan Nabi, ketika tahun ke-3 hijriyah, waktu berumur 21 tahun. Dan wafat ketika berusia 63 tahun di masa pemerintahan Utsman bin Affan, pada tahun tahun 45 H.

Saudah binti Zam’ah

Saudah lahir dari seorang ibu, As-Syamus binti Abdi Wud. Merupakan sepupu dari Abdullah, ayah Nabi. Saudah merupakan seorang janda yang memiliki 6 orang putra.

Saudah menikah dengan Nabi, setelah siti Khadijah wafat, ketika Saudah berumur 55 tahun. Ketika sudah tua jata tidur malamnya diberikan kepada siti Aisyah. Dengan harapan bisa menjadi istri Nabi sampai ke-surga.

Pada tahun 45 H, Saudah binti Zam’ah wafat di kota madina.

Ummu Salamah

Ummu Salamah binti Abi Umayyah bin Al-Mughirah Al-Makhzumiyyah nama asli beliau. Ummu Salamah lahir dari seorang wanita yaitu; Atika binti Amir bin Rabi’ah.

Menikah dengan Nabi ketika berumur 28 tahun. Pada tahun 4 H. Dengan mahar seekor kuda dan alat penggiling.

Ummu Salamah wafat pada tahun 61 H, ketika beliau berumur 85 tahun. Pada masa, pemerintahan Yazid bin Muawiyah.

Ummu Habibah

Ummu Habibah lahir dari seorang wanita yaitu; Shafiyah, nama asli beliau adalah Ramlah binti Abi Shafiyah bin Harb. Habibah merupakan sepupu dari Khalifah  Utsman bin Affan.

Beliau menikah dengan Nabi ketika suaminya wafat di Habasyah, dengan mahar sebesar 400 dinar. Dan pada usia 36 tahun, tahun 7 H.

Mariyah Al-Qibtiyah

Mariyah Al-Qibtiyah, merupakan budak yang dihadiahkan oleh Raja Mesir kepada Nabi Muhammad. Atas jawaban surat Nabi, yang mengajaknya supaya masuk agama Islam.

Dari rahim Mariyah Al-Qibtiyah lahir seorang putra yaitu, Ibrahim bin Muhammad. Pada masa Umar bin Khattab Mariyah wafat.

Maimunah binti Harits

Nama aslinya, Maimunah binti Harits bin Buhair bin Hazm. Menikah dengan Nabi pada tahun 7 H, dengan mahar 400 dirham, Mimunah termasuk wanita yang menghibahkan jiwanya kepada Nabi. Kemudian wafat pada tahun 51 H.

Shafiyah binti Huyaiy bin Akhtab

Pada tahun ke 7 H, Nabi menikah dengan Shafiyah. Ketika orang Islam menakluklukan Bani Nadzir. Shafiyah menjadi salah satu tawanan Bani Nadzir. Kemudian Nabi menikah dengan Shafiyah dengan mahar membebaskan Shafiyah dari perbudakan.

Shafiyah merupakan wanita janda, dari dua orang laki-laki yaitu. Salman bin Masykam ketika kafir, dan Kinanah bin Abil Haqiq ketika masuk Islam.

Pada tahun 50 H, Shafiyah wafat dan dimakamkan di pemakaman Baqi’ sama seperti isti-istri Nabi yang lainnya.

Zainab binti Khuzaimah

Menikah dengan Nabi ketika suaminya wafat di perang uhud. Pada tahun 3 H. Beliau mendapatkan julukan ummul masakin (ibunya orang-orang miskin). Karna sering bergaul dengan orang-orang miskin dan sangat belas kasih kepadanya.

Pada buan rabiul akhir, tahun 4 H. Zainab wafat lalu dimakamkan di pemakaman Baqi’.

Istri Nabi Muhammad yang Masih Perawan

istri nabi yang perawan
sumber:islamida.com

Aisyah binti Abu Bakar

Abdillah Aisyah Ash-Siddiqoh binti Abu Bakar Ash-Shiddiq, merupakan nama asli Siti Aisyah. Aisyah merupakan anak dari Abu Bakar, beliau menikah dengan nabi pada usia 6 tahun. Dan berkumpul dengan Nabi pada usia 9 tahun.

Mahar yang diberikan nabi kepada Aisyah sebanyak 400 dirham. Dan beliau menjadi satu-satunya istri nabi yang masih perawan.

Bahkan Aisyah merupakan istri Nabi yang paling pandai, bisa dikatakan wanita terpandai di antara para wanita lainnya. Beliau wafat pada tahun 57 H, tanggal 17 Ramadhan, dan dimakamkan bersama Nabi Muhammad di Baqi’.

Nama-nama Anak Nabi Muhammad

Nama-nama Anak Nabi Muhammad
sumber: doc.pribadi

Ibrahim bin Muhammad

Ibrahim lahir dari rahim seorang wanita yaitu, Mariyah Al-Qibtiyah.  Pada tahun 8 hijriyah, nama Ibrahim merupakan salah satu leluhur bangsa arab yaitu; NABI Ibrahim As.

Abdullah bin Muhammad

Abdullah merupakan anak Nabi yang kedua dari istri Khatijah Al-Qubra. Abdullah memiliki julukan Thayyib (Baik) dan Thahir (bersih dan murni). Dengan harapan menjadi orang orang baik. Tetapi pada tahun 615 M. Abdullah wafat.

Qasim bin Muhammad

Abul Qasim merupakan julukan Nabi Muhammad, yang diambil dari anaknya yang sulung yaitu; Qasim bin Muhammad. Pada tahun 605 M, sebelum berumur 2 tahun Qasim wafat, lalu dimakamkan di Mu’alla Makkah.

Nama memang memilki arti yang mengandung do’a di dalamnya. Oleh karna itu, sebagai orang tua kita harus memberikan nama yang baik kepada anak-anak kita. Agar anak kita senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah Swt.

Fatimah Az-Zahra

Fatimah Az-Zahra merupakan wanita yang mempunyai sifat kemuliaan, bahkan memliki kriteria yang sama dengan nabi Muhammad.

Fatima sendiri artinya; Berseri, merupakan do’a dari nabi Muhammad agar fatima memiliki hati dan wajah yang berseri. Dan  menjadi contoh bagi semua wanita yang ada di bumi ini.

Ruqayyah binti Muhammad

Ruqayyah lahir ke bumi pada tahun 603 H, sebelum nabi muhammad diutus menjadi seorang Rasul. Ruqayyah mendapatkan sebuah gelar yaitu; Dzat Al-Hijratain.

Kemudian Nabi menikakan Ruqayyah dengan Kholifah Utsman bin Affan. Keduanya sama-sama hijrah ke Habasyah. Dari pernikahan tersebut lahirlah seorang anak yang bernam; Abdullah.

Zainab binti Muhammad

Zainab lahir kedunia pada tahun 23 tahun sebelum hijrah. Lalu ketika dewasa Nabi menikakan Zainab dengan Abu Al-Ash bin Rabi’. Lahir seorang anak dari Zainab bernama, Umamah.

Ummu kulsum binti Muhammad

Setelah Ruqayyah wafat, lalu Nabi menikakan Ummu Kulsum dengan Khalifah Utsman bin Affan. Dzu nurain (pemilik dua cahaya) merupakan julukan Khalifah utsman bin Affan, merupakan keistimewaan yang tidak dimiliki sahabat lainya.

Nama-nama Ibu Susuan Nabi

Nama-nama Ibu Susuan Nabi
sumber: doc.pribadi

Halima As-Sa’diyah

Diceritakan di dalam kitab Bhuhori Muslim. Bahwa halima mempunya air asi yang subur.

Kemudian semua orang-orang menghampiri Halima. Agar semua anaknya, bisa meminum air asi Halima, tetpai Halima menolak semuanya.

Kecuali nabi Muhammad yang tidak ditolak oleh Halima, karna nabi Muhammad adalah anak yatim. Maka Halima menerima untuk menyusuinya. Sejak itulah Halima menjadi ibu susuan nabi Muhammad.

Ummu Aiman

Nabi muhammad pernah menyusu kepada Ummu Aiman, kurang lebih 3 samapi 7 hari. Akhirnya nabi Muhammad menikahkan Ummu Aiman, dengan anak angkatnya Nabi yaitu; Zaid bin Haritsah.

Tsuwaibah

Disaat nabi Muhammad lahir kedunia. Kemudian Abu Lahab membebaskan budaknya yang bernama Tsubaibah, karna merasa senang dengan kelahiran keponakannya. Diriwayatkan bahwa Tsuwaibah, menyusui nabi Muhammad selama 7 hari.

Akhir kata

Demikian artikel yang saya tulis hari ini semoga menjadi manfaat bagi semua teman-teman yang sudah meluangkan waktunya membaca artikel ini.

Barang kali dari teman-teman ada yang mau ditanyakan tentang istri-istri Nabi Muhammad. Bisa langsung kirim melalui from komentar di bawah ini.

Terahir dari saya, diharapkan dari semua teman-teman kritik dan sarannya, yang sudah membaca artikel ini.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *