Tata cara Hatam Al-Qur’an

5 min read

tata cara hatam al-qur'an

Tata cara Hatam Al-Qur’an – Salam sejahterah kami ucapkan kepada semua teman-teman, terima kasih telah kembali lagi di situs kami.

Alhamdulillah setelah kemarin kita membahas hukum bacaan mad, kali ini kita akan membahas tata cara hatam Al-Qur’an dalam waktu singkat.

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang sangat ringan. Namun bisa mendapatkan pahala yang sangat besar ko’ bisa iya? Karna satu huruf dibalas sepuluh pahala oleh Allah yang maha Esa.

Sebagaimana Rasulullah bersabda:

Artinya:

Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah ( Al-Qur’an) maka baginya adalah satu pahala. Satu pahala akan diganjar sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan alif lam mim, satu huruf, namun alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. ( Hr-At-Tirmizi)

Tata cara Hatam Al-Qur’an

tata cara hatam Al-Qur'an
sumber: doc.pribadi

Al-Qur’an mempunyai 30 juz, 114 surat, dan 6.666 ayat. Tentu membaca Al-Qur’an sampai khatam, merupakan sesuatu yang sangat sulit bagi setiap orang.

Karna sebagian orang sulit untuk bisa istiqomah dalam menghatam Al-Qur’an.

Untuk itu Duniapondok kali ini, ingin membahas tata cara hatam Al-Qur’an. Yang bisa diterapkan di dalam kehidupan kita.

Sesuai Kaidah Tajwid

sesuai kaidah tajwid
sumber: doc.pribadi

Sebelum kita membaca Al-Qur’an, alangkah baiknya kita mengenal dulu Tanda Baca Al-Qur’an. Karna terkadang orang bisa membaca Al-Qur’an, tetapi tidak memperhatikan tanda bacanya.

Oleh karna itu, mari kita belajar tata cara hatam Al-Qur’an, sambil juga belajar ilmu tajwid. Yang membahas tentang hukum bacaan nun mati sampai selesai.

Membangun Niat yang Kuat

tata cara hatam Al-Qur'an
sumber: doc.pribadi

Rasulullah mengajarkan kepada kita semua selaku umatnya, agar senantiasa memiliki niat dan tujuan yang kuat. Agar bisa mencapai apa yang kita inginan.

Sebagaimana Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya, dan setiap orang mendapatkan apa yang iya niatkan. Maka barang siapa yang hijrah karna Allah dan Rasulullah, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasulullah. Siapa yang hijrahnya hanya untuk mencari dunia, maka akan mendapati dunia. Atau hijrahnya untuk wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada apa yang iya tujukan”

Membangun niat merupakan salah satu tata cara hatam Al-Qur’an, supaya kita bisa menghatamkan Al-Qur’an. Niat bisa saja pudar, bahkan sampai hilang. Terkadang seseorang sudah memulainya, tetapi berhenti di tengah jalan. Oleh karna itu, buanglah sifad malas yang ada pada diri kita.

Tanamkan niat dalam hati kita, supaya bisa menghatamkan Al-Qur’an hanya untuk mencari ridha Allah. Oleh karna itu, niatkanlah keistiqomaan ini dengan ikhlas dan tulus, supaya mendapatkan syafaat dari Al-Qur’an kelak di hari Kiamat.

Sebagaimana Rasulullah bersabda:

Bacalah Al-Qur’an, karna sesungguhnya Al-Qur’an datang di hari kiamat, menjadi syafaat bagi semua sahabatnya

Merancang Target Serta Kemampuan

merancang target dan kemammpuan
sumber: doc.pribadi

Merancang target, merupakan tata cara hatam Al-Qur’an yang ketiga. Setiap orang pasti mempunyai kemampuan membaca yang berbeda-beda. Hal tersebut, juga sangat berpengaruh dalam menghatam Al-Qur’an. Tugas kita, hanya bisa menyesuaikan kemampuan kita dalam membacan Al-Qur’an.

Atur target kita dalam membaca Al-Qur’an. Contohnya kita bisa menyelesaikan 1 lembar dalam waktu 5 menit. Jadi kita bisa dapat satu juz dalam waktu 50 menit.

Hal tersebut bisa berpotensi besar bagi kita, dalam cara hatamkan Al-Qur’an dengan waktu yang cepat.

Jadi caranya bisa kita atur sendiri sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Lalu apabila ada orang terbilang lambat dalam membaca AlQur’an, bisa targetkan 1 lembar dalam waktu 10 menit.

Kemudian target tersebut tinggal kita terapkan saja, satu hari berapa lembar. Dan jangan lupa, baca juga arti yang tergandung dalam setiap ayatnya, agar kita bisa menerapkannya di dalam kehidupan.

Disiplin dan Istiqomah

disiplin dan istiqomah
sumber: doc.pribadi

Diantara salah satu tata cara hatam Al-Qur’an, yang sangat diperhatikan, bagi setiap orang yang ingin menghatamkan Al-Qur’an adalah. Agar selalu bersemangat setiap waktunya, dan menggunakan waktunya hanya untuk membaca Al-Qur’an, agar selalu terjaga istiqomahnya.

Istiqomah membaca Al-Qur’an, merupakan salah satu amaliyah yang pernah dilakukan oleh orang-orang shaleh di masa lalu. Apalagi di bulan yang mulia (Ramadhan).

Insya Allah Duniapondok, akan membahas di artikel ini. Sebagian para ulama yang sudah menghatamkan Al-Qur’an dalam waktu singkat.

Baca Sesudah Sholat Fardhu

membaca setelah sholat fardhu
sumber: doc.pribadi

Tata cara hatam Al-Qur’an, salah satunya membaca Al-Qur’an, dengan cara ingin menghatamkan Al-Qur’an. Salah satunya membaca sesudah sholat. Insyaallah akan saya bahas di bawah ini, satu-persatu.

Pakai Al-Qur’an yang Standar

ilustrasi al-qur'an standar
sumber: gomuslim.com

Jika sebagian orang memang sering perjalanan jauh, sehingga tidak ada waktu dalam membaca Al-Qur’an. Alangkah baiknya, mulai sekarang membeli Al-Qur’an yang standar.

Al-Quran standar bisa dibawa kemana-mana. Dan juga bisa dibaca dimana-mana; Seperti di dalam mobil, pesawat bis, dan kereta.

Maka insyaallah Al-Qur’an standar ini, bisa membantu kita dalam menghatamkan Al-Qur’an. Selain itu, kita selalu di dalam lindungan Allah setiap waktunya.

Karna kita hidup di zaman yang milenial, yang mana teknologi semakin canggih dan berkembang.  Ada sesuatu yang lebih praktis selain Al-Qur’an standar. Yaitu aplikasi Al-Qur’an, kita bisa mendownoadnya di android.

Hatam Al-Qur’an harian

tata cara hatam Al-Qur'an
sumber: doc.pribadi

Satu hari hatam Al-Qur’an, merupakan sesuatu yang sangat berat bagi kita yang belum terbiasa. Apalagi kita sedang banyak kesibukan, seperti: pekerjaan kantor, rumah dan sebagainya.

Tetapi hal ini bisa dilakukan di bulan Ramadhan saja, bagi orang yang mempunyai kesibukan setiap harinya.

Jika kita ingin melakukan hal ini, maka kita harus mempunyai waktu khusus setiap harinya, setelah sholat. 10 menit saja,

Apabila kita membaca Al-Qur’an satu juz 10 menit. Maka kita butuh waktu satu jam setelah sholat, untuk membaca Al-Qur’an. Jadi selama bulan Ramadhan hanya butuh 5 jam setiap harinya, agar bisa hatamk Al-Qur’an setiap harinya.

Hatam Al-Qur’an Mingguan

cara hatam Al-Qur'an satu minggu
sumber: doc.pribadi

Satu minggu hatam Al-Qur’an, merupakan amaliyah yang sederhana. Hal ini kita bisa mengikuti cara yang sudah terkenal yaitu: Famy bi Syawq  (lisanku merindukan Al-Qur’an).

Jadi kita harus membaca Satu juz setiap sesudah sholat.

Hatam Al-Qur’an Bulanan

tata cara hatam Al-Qur'an Bulanan
sumber: doc.pribadi

Hatam Al-Qur’an dalam waktu satu bulan, merupakan waktu terlama yang dilakukan ulama salaf. Hal tersebut sudah dibahas oleh Imam An-Nawawi di dalam kitabnya At-Tibyan.

Tetapi bagi kita yang hidup di zaman milenial ini. Apabila kita ingin menghatamkan Al-Qur’an dalam waktu satu bulan. Ada beberapa cara yang harus kita pelajari, insya Allah sangat praktis dan mudah.

Pertama kita harus mentargetkan satu hari satu juz. Bagaimana cara mendapatkan satu juz dalam satu hari? Kita butuh waktu 5 menit saja.

Setiap sesudah sholat kita haus baca Al-Qur’an dua lembar saja. Sehingga apabila kita kalikan dengan sholat lima waktu 2×5= 10 maka kita sudah membaca Al-Qur’an satu juz dalam sehari.

Insyaallah cara tersebut bisa kita praktekan dalam kehidupan kita. Apabila kita ingin menghatamkan Al-Qur’an dalam waktu satu bulan.

Tiga cara menghatamkan Al-Qur’an tersebut, bisa kita lakukan dimana saja, seperti: Kantor, rumah, masjid, dan sebagainya.

Kisah Ulama Yang Menghatam Al-Qur’an

tata cara hatam Al-Qur'an
sumber: doc.pribadi

Abu Hanifah

Abu Hanifah merupakan salah satu ulama yang menghidupkan malamnya. Satu rakaat sholat, dengan menghatamkan Al-Quran.

Diterangkan dalam kitab Al-Manhaj:

“bahwasannya Abu Hanifah telah menghatamkan Al-Qur’an, ditempat meninggalnya 7 ribu kali”

Habib Abdullah Ba’alawy

Ketika beliau menetap di Makkah, disaat menunaikan sholat tarawih di bulan Ramadhan. Habib Abdullah menunaikan sholat tarawih, hanya dua rakaat saja. Tetapi beliau hatamkan Al-Qur’an di dalam dua rakaat tersebut.

Imam syafi’i

“Imam Syafi’i menghatamkan Al-Qur’an setiap harinya satu kali hataman. Dan disaat bulan Ramadhan Imam Syafi’i bisa hatamkan Al-Qur’an 60 kali hataman selama Ramadhan”

Habib hasan bin sholeh al-bahr

Habib Sholeh merupakan orang yang ahli ibadah. Setiap hari yang beliau lakukan adalah, membaca satu kali hatam dalam satu rakaat. Dan membaca surat Al-Ikhlas 9 ribu kali dalam satu rakaat yang lain.

Do’a Hatam Al-Qur’an

doa setelah hatam Al-Qur'an
sumber: doc.pribadi

Orang islam tentunya mempunyai kebiasaan menghatamkan Al-Qur’an. Dan tata caranya sudah saya jelaskan di atas, dengan praktis.

Tetapi jangan lupa setelah kita hatam Al-Qur’an, alangkah baiknya kita membaca do’a hatam Al-Qur’an.

Sebagaimana Rasulullah Bersabda:

Apablia seseorang hatam Al-Qur’an, maka alangkah baiknya mengumpulkan keluarga dan anak-anaknya, lalu berdo’a untuk kebaikan mereka

Artinya:

Ya Allah sayangilah kami dengan sebab Al-Qur’an, dan jadikanlah Al-Qur’an untuk kami sebagai pemimpin. Petunjuk dan rahmat. Ya Allah, ingatkanlah kami akan ayat-ayat Al-Qur’an yang kami lupa. Ajarilah kami tentang isi Al-Qur’an, yang tidak kami ketahui, dan berilah kami nikmat bisa membacanya di malam hari. Dan jadikanlah Al-Qur’an sebagi hujjah wahai Tuhan semesta alam.

Akhir Kata

Alhamdulillah munkin pembahasan tentang tata cara hatam Al-Qur’an cukup sampai disini, semoga bisa menjadi tambahan ilmu untuk teman-teman. Hususnya kepada orang yang ingin menghatamkan Al-Qur’an.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Semoga tetap istiqamah dalam menyebarkan syiar-syiar agama Islam.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *