Pengertian Filsafat Ilmu

4 min read

tujuan ilmu kalam

Pengertian Filsafat ilmu – Filsafat merupakan suatu ilmu pengetahuan yang menjadi pengerak dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu ini bersifat ekstensi yang memiliki arti sangat erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat dan bangsa.

Melalui filsafat, cara pandang atau keabsahan orang harus bersifat ilmu, sementara objek dari filsafat itu harus mempunyai ilmu pengetahuan.

Sebelum sampai pada pengertian filsafat ilmu, maka terlebih dahulu dideskripsikan pengertian agama sebagai tambahan wawasan kepada kalian semua.

Pengertian Filsafat Ilmu

pengertian filsafat ilmu
sumber; warnetbiznet. blogspot

Filsafat berasal dari kata Yunani yaitu philo yang memiliki arti cinta dan shopia yang artinya bijaksana. Maka ilmu filsafat sering disebut sebagai ilmu yang mencintai kebenaran dan kebijaksanaan.

Dapat disimpulkan bahwa filsafat ilmu merupakan pengetahuan campuran dimana pemekaran dan eksitensinya bergantung pada hubungan timbal balik. Serta saling berpengaruh antara ilmu dan filsafat.

Selain itu, ilmu filsafat merupakan ilmu yang menyelidiki dan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu.

Pengertian Filsafat Ilmu Secara Etemologi

Ilmu filsafat secara etemologi sangat beragam, sebagian ahli filsuf menjelaskan filsafat sesuai dengan kecenderungan pemikirannya sendiri.

Filsafat merupakan suatu pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran yang asli, hal ini menurut pendapat dari seorang plato.

Salain itu, filsafat merupakan suatu ilmu pengetahuan meliputi kebenaran yang terkandung dalam ilmu logika, ekonomi, politik, metafisika, dan etika.

Baca juga: Pengertian Wakaf

Pendapat tersebut, lain halnya dengan pendapat Al-Farabi bahawa filsafat merupakan ilmu pengetahuan tentang alam maujud. Bagaimana hakikat yang sebenarnya.

Pengertian Filsafat Ilmu Secara Teoritis

Filsafat teoritis merupakan bagian filsafat yang membicarakan tentang hukum dan aturan-aturan yang bersangkutan dengan masalah-masalah. Antara lain sebagai berikut:

  1. Antropologi (Filsafat manusia)
  2. Logika
  3. Kosmologi (Alam semesta)
  4. Ontologi dan Metafisika

Pengertian Filsafat Ilmu Alamiah

Seperti yang telah dikemukakan bahwa yang menjadi objek dalam bidang alamiah adalah semua materi dalam alam semesta.

Ilmu alamiah sudah meneliti sumber daya alam yang mengatur segala sesuatu yang terjadi di alam semesta. Seorang ilmuan juga harus menemukan jawaban atas pertanyaan yang berhubungan dengan alam semesta.

Tapi filsafat yang tidak dapat diverifikasi tidak akan memiliki nilai alamiah, walaupun filsafat itu memiliki nilai yang baik. Baik dalam segi pandangan atau pikiran manusia.

Dampak yang penting dalam metode ilmiah adalah menentukan filsafat yang berfungsi sebagai dasar acuan ilmiah.

Pengertian Filsafat Ilmu Budaya

Berbicara masalah ilmu filsafat budaya tentu tidak pernah lepas daru sumber ilmu kebudayaan tersebut. Dalamm hal ini ada dua kata yang saling berkaitan baik secara historis kelahiran dan substansial.

Apabila dibandingkan dengan pengertian kebudayaan dan filsafat, maka keduanya bertemu dalam hal berfikir.

Budaya adalah cara berfikir dan filsafat cara berfikir dengan logis, universal, dan sistematis. Jadi dapat disimpulkan bahwa filsafat itu mengendalikan cara berfikir kebudayaan. Oleh karna itu, perbedaan kebudayaan dapat dikembalikan kepada perbedaan filsafat.

Pengertian Filsafat Ilmu Ekonomi

Ekonomi Islam tentu lebih dikenal dengan ekonomi Islam, yang kini tumbuh dan berkembang dengan pesat. Tentunya situasi ini membawa kabar baik bagi umat Muslim.

Ekonomi Islam merupakan dasar-dasar umum ekonomi yang disimpulkan berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist

Filsafat ekonomi merupakan sebuah konsep tiga dimensi yang berdasarkan:

  1. Filsafat manusia
  2. Filsafat Tuhan
  3. Filsafat alam

Selain itu, filsafat ekonomi memiliki dasar sebuah system ekonomi yang dibentuk berdasarkan tujuan yang hendak dicapai. Sehingga memiliki paradigna nyata dengan nilai etis, logis, dan estika Islam. Yang bisa berfungsi di pusat ekonomi seseorang.

Pengertian Filsafat Ilmu Hukum

Filsafat hukum memiliki suatu objek hukum yang dibahas secara mendalam sampai pada inti hakikatnya. Filsafat hukum merupakan salah satu cabang dari filsafat etika atau tingkah laku yang mempelajari hakikat hukum.

Apabila kalian ingin menarik pengertian filsafat ilmu, maka terlebih dahulu mempelajari tentang hukum itu sendiri.

Karna sampai sekarang ini belum ditemukan pengertian dari hukum itu secara universal. Mengapa demikian? Karna pendapat para ahli filsafat hukum, berbeda-beda sesuai dengan sudut pandang mereka sendiri.

Filsafat hukum sering mempersoalkan tentang pertanyaan-pertanyaan yang bersifat dasar dari hukum, hakikat hukum, serta dasar-dasar dari kekuatan dari hukum.

Pengertian Filsafat Ilmu Menurut Para Ahli

filsafat menurut para ahli
sumber: filsafatisme.com

Menurut Hasbullah bakry

Makhluk hidup yang ada di dunia baik itu manusia atau alam semesta. Agar bisa menghasilkan sebuah pengetahuan tentang bagaimana alam dapat dicapai sejauh pikiran manusia. Serta bagaiamana seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.

Menurut beliau filsafat merupakan suatu ilmu yang meneliti secara mendalam tentang ketuhanan

Menurut Fuad Hasan

Dengan adanya jalan penjajahan yang radikal itu, filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulan yang universal.

Beliau salah satu guru besar psikologi UI telah menjelaskan bahwa ilmu filsafat merupakan suatu ikhtiar radikal. Artinya manusia harus memulai dari radiksnya suatu gejala, baik dari akarnya suatu hal yang hendak dimasalahkan.

Menurut Robert Ackerman

Menurut beliau filsafat ilmu sudah jelas bukan suatu kemandirian cabang ilmu dari praktek ilmiah secara aktual. Tapi dalam suatu segi adalah, tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah yang dibandingkan terhadap kriteria dari pendapat tersebut.

Menurut Peter Caws

Filsafat telah melakukan dua macam hal:

  1. membangun teori-teori tentang manusia dan alam semerta, serta menyajikan sebagai landasan-landasan bagi tindakan dan keyakinan.
  2. Filsafat memeriksa secara kritis segala hal yang dapat disajikan sebagai suatu landasan bagi tindakan dan keyakinan. Dengan harapan pada penghapusan kesalahan.

Menurut The Liang Gie

Alam dan manusia yang bertujuan hanya untuk mencari hakikat kebenaran saja. Jadi lebih dari 350 pengertian ilmu filsafat dapat kita simpulkan bahwa pemikiran yang sedalam-dalamnya yang bebas meneliti mengenai ketuhanan.

Manfaat Filsafat Ilmu

manfaat ilmu filsafat
sumber: syianoo.com

Filsafat ilmu telah menjelaskan berbagai masalah, diantaranya konsep ilmiah. Dalam mempelajari ilmu filsafat, tentu akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan diantaranya:

Mengajarkan Untuk Berpikir Logis

Ini juga lebih baik untuk manfaat bersosialisasi dengan orang lain, agar selalu berpikir dengan logis dan cerdas.

Dalam mempelajari ilmu filsafat tentu akan membantu para ilmuan untuk bisa berpikir rasional dan logis. Sehingga setiap metode ilmiah yang dikembangkan harus dapat dipertanggungjawabkan.

Memberikan Kesadaran Manusia

Dengan memiliki ilmu yang bermanfaat, dapat membantu organisasi dalam menyamakan kedudukan manusia.

Mempelajari ilmu filsafat dapat membantu kita dalam menyadari akan hakikat hidup sebagai manusia. Dimana kita memiliki hubungan dengan alam, orang lian, bahkan tuhan.

Meningkatkan Cara Berpikir

Dengan berpikir cermat dan kritis, maka seseorang dapat terhindar dari sikap solipsistik atau menganggap bahwa pendapatnya yang paling benar.

Jadi mempelajari ilmu filsafat dapat membuat seseorang berpikir dengan cerdas, khususnya para ilmuan.

Memperluas Pola Pikir

Salah satu manfaat dalam mempelajari ilmu fisafat, akan membuat seseorang menjadi sadar tentang keterbatasan dirinya. Sehingga tidak lepas dari konteks sosial kemasyarakatan.

Jadi seorang ilmuan akan terlalu asyik dalam dunia ilmiahnya sendiri, sehingga terkadang lupa dengan hal yang ada di sekitarnya.

Menyelaikan Masalah Dengan Bijak

Mempelajari filsafat akan membantu kita dalam melihat berbagai persoalan yang ada. Sehingga manusia dapat mengetahui, bagaimana langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jadi dalam memecahkan masalah bisa mengambil langkah yang bijak, agar permasalahan bisa terpecahkan. Sehingga persoalan yang terjadi dapat diselesaikan dengan bijaksana.

Kesimpulan yang Dapat Kita Ambil

kesimpulan belajar filsafat
sumber: olympics30.com

Setelah kita membahas tentang pengertian filsafat ilmu. Dapat kita simpulkan bahwa filsafat memiliki hubungan yang sangat erat dmenemukan kebenaran suatu hal melalui pikiran manusia.

Dalam mencari solusi dari sebuah masalah itu, tentu harus memberikan argumentasi serta memberikan alasan yang tepat dalam sebuah solusi.

Jadi filsafat bukan hanya dilakukan untuk percobaan, tapi harus dengan cara mengutarakan masalah secara persis.

Itulah beberapa pengertian tentang ilmu filsafat secara umum, semoga bisa bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu kepada kalian semua.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, bisa teman-teman kirim langsung di kolom komentar di bawah ini. Sekian terimah kasih sampai berjumpa kembali.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *