Pengertian Ilmu Kalam

3 min read

pengertian ilmu kalam

Pengertian Ilmu Kalam – Para ahli pakar ilmu kalam menjadikan persoalan teologi sebagai pokok kajian.
Membahas tentang masalah ilmu kalam, pasti lebih mengarah serta menekankan pada suatu pemikiran. Supaya bisa mempertahankan agama Islam dari berbagai anacaman dan tantangan dari luar.

Sebelum kita mengetahui lebih dalam tentang ilmu kalam, alangkah baiknya baca dulu pengertian tentang filsafat ilmu. Sebagai tambahan wawasan kepada teman-teman hehe.

Para pakar ahli kalam telah menjelaskan tentang pengertian ilmu kalam. Lalu apa itu pengertian ilmu kalam? Nah, mari kita simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Ilmu Kalam

pengertian ilmu kalam
sumber: youtube.com

Secara umum ilmu kalam membahas suatu masalah atau topik tertentu. Secara bahasa ilmu kalam memiliki arti perkataan, sedangkan menurut istilah adalah suatu ilmu yang membahas mengenai Allah dan Rasulnya.

Selain itu, ilmu kalam juga sering di identikkan denga ilmu tauhid dan teologi

Apa Pengertian Ilmu Kalam

Ilmu kalam merupakan salah ilmu yang membahas tentang dasar-dasar agama Islam. Agar manusia tidak  salah dalam memahami Islam secara menyeluruh. Serta menjadi dasar untuk mengetahui perkembangan ilmu-ilmu lain.

Dengan itu, ilmu kalam menjadi hal yang cukup penting untuk dipelajari dalam zaman ini. Bagi mereka yang ingin memperdalam ajaran Islam.

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ulama

ilmu kalam menurut para ulama
sumber: headtopics.com

Menurut Al-Farabi

Al-Farabi telah menemukan ilmu kalam sebagai suatu ilmu yang membahas tentang ilmu  ketuhanan (ketauhitan). Beliau merupakan tokoh muslim yang sangat jenisu pada masa kejayaannya.

Selain membahas tentang ketuhanan ilmu juga membahas tentang sifat-sifat Allah serta eksistensi dan zat Allah. Mulai dari masalah sesudah mati yang berlandaskan dengan dokrin Islam serta masalah yang ada di dunia.

Menurut Ibnu Khaldun

Menurut ilmu khaldun ilmu kalam ini berpijak dari rukun iman yang harus dipercayai oleh semua orang muslim. Rukun iman ini harus dibuktikan dengan cara yang rasional, agar memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.

Ilmu Khaldun telah membahas bahwa ilmu kalam merupakan ilmu yang berisi alasan-alasan untuk mempertahankan kepercayaan iman. Dengan menggunakan dalil-dalil dari para salaf dan agli sunnah.

Menurut Syekh Muhammad Abduh

Menurut syekh Muhammad ilmu kalam adalah ilmu yang membahas tentang wujud Allah serta sifatnya.

Selain itu, ilmu kalam juga membahas tentang risalahnya para Nabi dan Rasul, serta segala sesuatu yang berhubungan dengan mereka.

Menurut Mustafa Abdul Raziq

Menurut beliau ilmu kalam adalah ilmu yang membahas aqidah seorang yang berasal dari argumen-argumen yang rasional. Serta sebagai ilmu yang sangat erat hubunganya dengan keyakinan iman.

Tujuan Ilmu Kalam

tujuan ilmu kalam
sumber: content.shopback.com

Pelajaran ilmu kalam memiliki arti strategis dalam pembentukan perabadan bangsa Indonesia dan penanaman aqidah. Adapun mempelajari ilmu kalam diantaranya sebagai berikut:

  1. Mewujudkan manusia agar selalu mempunyai akhlak yang mulia sebagai manifestasi dari ajaran dan ajaran nilai-nilai aqidah Islam.
  2. Meningkatkan kemampuan dalam berfikir, memahami, serta mengajarkan kepada para murid tentang ilmu kalam. Sehingga para murid menjadi muslim yang penuh tanggung jawab dan bijaksana dalam menjalani kehidupan di masyarakat.
  3. Menumbuhkan aqidah melalui pengetahuan kepada para masyarakat. Sehingga bisa menjadi manusia yang terus berkembang dalam ketaqwaan dan keimanan kepada Allah.

Keutamaan Mempelajari Ilmu Kalam

keutamaan ilmu kalam
sumber: doc.pribadi

Dalam mempelajari ilmu tentu kita tidak akan pernah sia-sia, parti ada keutamaanya. Lalu apa keutamaan dalam mempelajari ilmu kalam? berikut diantaranya:

Bisa Menerapkan Amalan Secara Konsisten

Tentu tidak akan mudah retak dibanding yang hanya sekedar menyakini tanpa dasar ilmu pengetahuan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Mempelajari ilmu kalam dalam agama Islam tentu akan membuat kita tetap istiqamah dalam menjalani perintah Allah. Mengapa kita bisa istiqamah? Karrna hal ini ini sudah diperkuat dengan ilmu dasar-dasar Islam sebagai pondasi keimanan.

Tidak Mudah Melenceng dari Ajaran Agama

Bagi manusia yang sudah mempelajari ilmu kalam tentu tidak mudah melenceng dari ajaran agama Islam. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 257.

اَللّٰهُ وَلِيُّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِ ۗ وَا لَّذِيْنَ كَفَرُوْۤا اَوْلِيٰۤــئُهُمُ الطَّا غُوْتُ ۙ يُخْرِجُوْنَهُمْ مِّنَ النُّوْرِ اِلَى الظُّلُمٰتِ ۗ اُولٰٓئِكَ اَصْحٰبُ النَّا رِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

Artinya:

Allah adalah pelindung bagi orang-orang yang beriman, dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya iman. Adapun orang-orang kafir pelindungnya adalah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan. Mereka adalah penghuni neraka, serta kekal di dalamnya

Bisa Memperkuat Dasar Pengetehuan Islam

Ilmu kalam merupakan ilmu yang harus sesuai dengan realita secara objektif. Dengan itu, mempelajari ilmu kalam kita dapat mengetahui dasar-dasar ilmu agama  Islam.

Jadi kita tidak perlu khawatir bahkan takut dalam permasalahan ketahuitan, jika memang linier dengan Al-Qur’an. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 52.

وَلَقَدْ جِئْنٰهُمْ بِكِتٰبٍ فَصَّلْنٰهُ عَلٰى عِلْمٍ هُدًى وَّرَحْمَةً لِّـقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

Artinya:

Sungguh kami telah mendatangkan Al-Qur’an kepada mereka yang kami jelaskan atas dasar pengetahuan. Sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-oran yang beriman.

Dalam ayat tersebut kita dapat mengetahui bahwa ada perbedaan antara orang Islam dan orang kafir. Yang tidak yaqin dengan hukum Allah.

Dari pembahasan di atas dapat kita simpulan bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang mempelajari tentang keyakinan seorang dengan tuhanya. Dengan menggunakan dalil Naqli dan pikiran.

Kesimpulan yang Bisa Kita Ambil

kesimpulan dalam belajar ilmu kalam
sumber: doc.pribadi

Dari pembahasan di atas dapat kita ambil kesimpulan, bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang mempelajari tentang keyakinan manusia dengan tuhannya. Dengan menggunakan dalil Naqli dan pikiran.

Sampai disini dulu pembahasan tentang pengertian ilmu kalam, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi tambahan ilmu untuk teman-teman.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, kami mohon maaf sebesar-besarnya, sekian terimah kasih.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *