√ Pengertian Kitab, Suhuf, Dalil, Fungsi {Lengkap}

3 min read

Pengertian Kitab – Sebagai umat muslim, tentu kita diwajibkan untuk mempercayai kitab-kitab Allah. Kitab merupakan sebuah kumpulan-kumpulan firman Allah yang telah diturunkan kepada para Nabi dan rasul.

Selain Al-Qur’an kita harus mengenal juga kitab-kitab yang lain seperti injil, taurat, dan zabur. Oleh karna itu barang siapa yang sudah membaca Al-Qur’an, maka tentu mengenal kitab-kitab Allah yang lainnya.

Lalu apakah kalian semua sudah mengetahui apa pengertian kitab itu? Nah betul, disini kami akan membahas dengan tuntas mengenai kitab-kitab Allah dengan lengkap, mari kita simak bersama-sama.

Pengertian Kitab Allah

Sebagai umat muslim kita diwajibkan untuk menyakini kitab-kitab Allah, mengapa? Karna iman kepada kitab Allah termasuk rukun iman yang nomer tiga.

Kitab Allah merupakan sebuah kumpulan-kumpulan yang telah diturunkan oleh Allah kepada para Nabi dan Rasul. Adapun kitab-kitab Allah diantaranya sebagai berikut:

Pengertian Kitab Al-Qur’an

kitab Al-Qur'an
youtube,com

Membahas tentang pengertian Al-Quran secara lengkap tidak cukup dalam satu postingan, mengapa? karna terlalu luasnya isi Al-Qur’an. Oleh karna itu disini kami akan membahas secara singkat saja tentang pengertian Al-Qur’an.

Secara bahasa Al-Qur’an adalah suatu yang sering dibaca secara berulang-ulang. Sedangkan menurut istilah adalah firman Allah yang diturunkan khusus kepada Nabi Muhammad secara beransur-ansur. Serta memakai bahasa arab melalui malaikat Jibril sebagai mukjizat.

Kemudian disampaikan kepada umatnya agar bisa dijadikan  pedoman hidup. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 77 dan surat Al-Hijr ayat 9:

اِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَاِ نَّا لَهٗ لَحٰـفِظُوْنَ

Artinya:

Sesungguhnya kami telah menurunkan Al-Qur’an dan kami pula yang menjaganya

Pengertian Kitab Taurat

kitab taurat
muslim. or.id

Kitab Taurat merupakan salah satu kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Musa. Untuk dijadikan sebagai bimbingan serta petunjuk bagi Bani Israil. Kata Taurat berasal dari bahasa Ibrani yaitu Thora yang artinya intruksi. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 17:

Artinya:

Ada 10 Isi pokok dalam kitab taurat yang perlu kalian ketahui, yang mana isi tersebut berisi tentang keyakinan dan kebaktian. Diantaranya sebagai berikut:

  • Jangan berdusta
  • Jangan membunuh
  • Jangan berbuat cabul
  • Jangan mencuri
  • Hormati ibu bapakmu
  • Sebutkan nama Allah dengan penuh hormat
  • Sembahlah hanya kepada Allah
  • Jangan ambil barang orang lain

Pengertian Kitab Injil

kitab injil
bigcommerce.com

Kitab Injil pada intinya berisi tentang ajakan kepada umat Nabi Isa As, agar bisa hidup dengan zuhud. Yaitu dengan menjahui ketamaan duniawi dan menjahui kerakusan.

Kitab Injil termasuk kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Isa As, untuk dijadikan pedoman. Agar bisa meluruskan pandangan-pandangan orang yahudi yang bersifat materialistis.

Namun Injil yang ada pada zaman sekarang berbeda dengan Injil yang dirurunkan Allah kepada nabi Isa As.

Seorang kristen yang bernama Matius yang dulu menjadi pengikut Nabi Isa, kini telah memasukan karangannya kedalam kitab Injil.

Dengan itu mereka menamakan kitab Injil menurut pengarangnya, diantaranya Injil Marcion, Injil Mathias, Injil Ibrani dan sebagainya.

Pengertian Kitab Zabur

kitab zabur
korangratis.net

Zabur dalam bahasa Arab disebut dengan sebutan mazmur jamak dari lafad mazamir. Sedangkan menurut istilah adalah kitab yang Allah turunkan kepada Nabi Daud As. Adapun dalil kitab zabur sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al’Isra’ ayat 55.

وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِمَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ ۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيّٖنَ عَلٰى بَعْضٍ وَّاٰتَيْنَا دَاوٗدَ زَبُوْرًا

Artinya:

Dan Tuhan kamu lebih mengetahui siapa yang ada di langit dan dibumi. Sungguh kami telah memberikan kelebihan kepada para Nabi atas sebagaian yang lain, kemudian kami turunkan Kitab Zabur kepada Nabi Daud As.

Kitab ini diturunkan Allah hanya sebagai petunjuk jalan yang lurus bagi kaum Nabi Daud As. Selain itu, juga sebagai kabar gembira bahwa bumi ini diwariskan kepada hamba Allah yang sholeh. Serta memberi peringatan agar manusia tidak ada alasan dalam mengingkari adanya Allah.

Pengertian suhuf

kitab suhuf
khuszilkitab.com

Selain Al-Qur’an ada firman Allah yang perlu kalian ketahui yaitu suhuf, yang hanya terdiri dari beberapa lembaran saja. Lalu apakah kalian seudah mengetahui tentang pengertian suhuf? Nah mari kita simak bersama-sama.

Suhuf merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada para Nabi, namun tidak wajib untuk disampaikan kepada umatnya. Adapun para Nabi yang mendapatkan Suhuf diantaranya sebagai berikut:

  1. Nabi Musa memiliki 10 suhuf
  2. Nabi Adam memiliki 10 suhuf
  3. Nabi Ibrahim memiliki 30 suhuf
  4. Nabi Idris memiliki 30 suhuf
  5. Nabi Syits memiliki 60 suhuf

Jadi dapat kita simpulkan bahwa suhuf yang Allah turunkan kepada para Nabi berjumlah 140 suhuf yang perlu kita ketahui juga info lengkapnya bisa lihat di link ini. Adapun dalilnya bisa kita lihat di dalam surat Al-A’la ayat 19.

صُحُفِ اِبْرٰهِيْمَ وَمُوْسٰى

Artinya;

Suhuf merupakan kitab-kitab Nabi Ibrahim dan Nabi Musa

Perbedaan Kitab Dan Suhuf

perbedaan suhud dan kitab
doc.pribadi

Istilah kitab dan suhuf sudah banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an, kurang lebih dari 198 yang menjelaskan tentang kitab. Sedangkan suhuf kurang lebih disebut 6 kali dalam Al-Qur’an.

Lalu apa perbedaan kitab dan suhuf? Nah masalah pengertianya sudah kami bahas di atas, sekarang kami hanya membahas perbedaannya saja. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Suhuf tidak dibukukan, sedangkan Al-Qur’an dibukukan
  2. Isi kitab lebih lengkap dari pada isi suhuf
  3. Suhuf tidak wajib disampaikan kepada manusia, sedangkan kitab wajib disampaikan

Sampai disini sudah jelas tentang perbedaan antara kitab dan suhuf, semoga artikel ini bisa menambah wawasan ilmu kalian semua hehe. Untuk sebagai tambahan ilmu kepada teman-teman baca juga pengertian aqiqah di ling tersebut.

Fungsi Iman Kepada Kitab Allah

fungsi iman kepada kitab Allah
umroh.com

Kitab-kitab yang diturunkan kepada para Nabi dan rasul, ini ternyata mempinyai banyak fungsi dalam kehidupan di dunia. Adapun fungsi iman dari kitab-kitab Allah diantaranya sebagai berikut:

  1. Mendapatkan hidayah serta mendapatkan cahaya dalah kehidupan
  2. Mendapatkan tambahan ilmu kehidupan
  3. Mengetahui pelajaran yang ada di masa lalu serta hikmahnya
  4. Mendapatkan petunjuk dalam kehidupan
  5. Mengetahui pengertahuan tentang akhir akhir

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai tentang pengertian kitab. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu untuk teman-teman semua.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *