√ 10 Pengertian Tasawuf Secara Umum {Lengkap}

2 min read

pengertian tasawuf

Pengertian Tasawuf – Ajaran tasawuf memang dianggap berasal dari berbagai pengaruh ajaran agama, atau sebagian dari ilmu filsafat. Pada akhirnya diadobsi serta disesuaikan dalam konsep Islam.

Memang tasawuf tidak terdapat secara eksplisit dalam rukun Islam. Tapi tasawuf termasuk dari bagian perkembagan ajaran Islam dari para sufi.

Untuk itu, terdapat pro kontra dalam hal ini, agar kalian tidak salah faham dalam memahami hal ini. Maka alangkah baiknya pelajari dulu tentang pengertian ilmu tasawuf.

Pengertian Tasawuf

pengertian tasawuf
sumber: bacaanmadani.com

Menurut wikipedia tasawuf adalah ilmu yang mengetahui tentang bagaimana cara menyucikan jiwa, serta menjernihkan akhlak. Agar bisa memperoleh kebahagiaan yang abadi serta membangun dhahir dan batin.

Pengertian Tasawuf Falsafi

Secara istilah dapat kita ketahui bahwa tasawuf falsafi merupakan kajian terhadap tuhan, manusia, dan sebagainya. Yang menggunakan akal dan metode rasio.

Banyak istilah yang diungkapkan oleh tokoh-tokoh aliran ini yang tidak bisa dimengerti, kenapa? Karna aliran dalam tasawuf ini terkesan tidak jelas.

Selain itu, tawasuf ini merupakan sebuah aliran yang menggabungkan antara visi rasional dan visi mistik. Sehingga tasawuf ini tidak bisa dikatakan sebagai tasawuf yang murni, karna menggunakan pendekatan rasio dan fikiran.

Lalu dari mana asal tasawuf ini? Nah, betul tasawuf ini merupakan hasil dari pemikiran para tokoh-tokoh filosofi.

Pengertian Tasawuf Akhlaqi

Orientasi dari tasawuf ini adalah untuk mencari hakikat kebenaran yang dapat mengantarkan manusia agar bisa mencapai tingkatan makrifat.

Lalu apa makrifat itu? Makrifat merupakan bersatunya manusia dengan Allah dengan menggunakan metode dan cara tertentu. Sebagaiaman dalam surat Asy-Syams ayat 7-8.

وَنَفْسٍ وَّمَا سَوّٰٮهَا ۖ
Artinya:

Demi jiwa yang penyempurnaan ciptaanya
Baca Juga: Pengertian Kitab

فَاَ لْهَمَهَا فُجُوْرَهَا وَتَقْوٰٮهَا ۖ
Artinya:

Maka dia mengilhamkan kepadanya jalan kejahatan dan ketaqwaan

Tasawuf akhlaqi bisa juga disebut dengan tasawuf sunni. Sehingga banyak dikembangkan oleh para ulama Salafussalih.

Pengertian Tasawuf Amali

Tasawuf ini lebih menekankan terhadap cara-cara mendekatkan diri kepada Allah yang maha Esa. Baik melaui amalan batiniah atau lahiriyah. Tasawuf amali merupakan kelanjutan dari tasawuf akhlaqi yang lebih fokus kepada pensuciyan jiwa

Selain itu ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa tasawuf amali merupakan ajaran yang dianut oleh para pengikut tarekat. Sehingga apabila dilihat dari amalan yang dipelajari terdapat 3 amalan di dalamnya diantarnya:

  • Ilmu syaria’t
  • Thariqat
  • Makrifat

Pengertian Tasawuf Kontempoler

Tasawuf kontempoler merupakan pola pikir baru yang berorientasi pada pemecahan-pemecahan kemasyarakatan dalam kehidupan di zaman modern. Sehingga tasawuf ini mencoba untuk melepaskan diri dari segala pelabelan yang negatif

Selain itu, tasawuf kontempoler merupakan tasawuf yang mengkaji dan memahami pemikiran-pemikiran tasawuf yang ada pada abad ke-20.

Pengertian Tasawuf Menurut Filosofi

menururt para filosofi
sumber; warnetbiznet. blogspot

Selain pengertian di atas, ada beberapa pendapat yang telah dijelaskan oleh para filosofi mengenai tentang ilmu tasawuf, berikut diantaranya:

Ruwaili bin Sulaimi Lc

Ilmu tasawuf merupakan ilmu yang dibawa oleh orang-orang yang menganut agama Islam. Tapi pada dasarnya bukan mengikuti ajaran Nabi Muhammad. ini menurut beliau

Dr. p. Van De Woestijne

Menurut beliau tasawuf juga dapat digolongkan ke dalam dunia asketis atau mistis dalam ajaran agama Islam. Sehingga menjadi paham mistik dalam agama Islam, sebagaimana Yoga di India dan Taoisme di Riongkok.

Dr. H. Abubakar Aceh 

Secara perlahan-lahan tasawuf mempengaruhi aliran-aliran yang ada di dalam agama Islam. Menurut beliau ilmu ini merupakan aliran mistik yang pada awalnya berasal dari alirang mistik pada awal masehi.

Pengertian Tasawuf Klasik

tasawuf klasik
sumber: santricendekia.com

Terdapat banyak penjelasan mengenai ilmu tasawuf dari berbagai para sufi, diantaranya akan saya jelaskan di bawah ini:

Menurut Sahal Al-Tustury

Ilmu tasawuf harus ditunjukan untuk terus menerus ada koneksi serta membagun kecintaan yang mendalam kepada Allah yang maha Esa. Selain itu, Ilmu ini akan menjadi sebagai terputusnya hubungan dengan manusia.

Menurut Imam Junaid

Ilmu tasawuf juga menjadi sebagai sifat mulia yang akan meninggalkan sikap-sikap yang rendah. Ini adalah pendapat ulama sufi yang berasal dari Baghdad.

Menurut Ahmad Zorruq

Dengan memperdalam ilmu tasawuf kita harus memiliki kaitan agar bisa memperbaiki amalan, serta menjaga sesuai dengan batasan syariah Islam.

Menurut beliau ilmu tasawuf adalah ilmu yang dapat memperbaiki hati serta menjaga diri agar tidak bermaksiat kepada Allah.

Menurut Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili

Sebagai seorang sufi beliau mengartikan tasawuf sebagai proses praktek serta latihan diri melalui cinta yang dalam. Agar selalu beribadah kepada Allah, Syekh Abul Hasan adalah seorang sufi yang berasal dari afrika.

Kesimpuan yang Bisa Diambil

kesimpulan dalam ilmu tasawuf
sumber: doc.pribadi

Pada awal memasuki tasawuf seseorang harus berkonsentrasi agar bisa menghindari dari akhlak yang tercela dan buruk. Kemudian terus konsisten dalam mewujudkan akhlak yang baik.

Menurut sebagian para ahli sufi, untuk bisa masuk kedalam tasawuf tentu harus membutuhkan mental dan aspek lahiriyah yang siap.

Demikianlah artikel ini semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan bisa menjadi sebagai tambahan ilmu untuk teman-teman semua.

Apabila ada kesalah dalam artikel ini, bisa teman-teman kirim saran di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *