Pengertian Hadits

2 min read

pengetian hadits

Pengertian Hadits – Hadits merupakan sumber hukum agama Islam yang nomer dua setelah Al-Qur’an. Apabila suatu hukum tidak dijelaskan di dalam Al-Qur’an, maka umat Islam akan mencarinya di dalam Hadits.

Hadits merupakan salah satu panduan yang sering digunakan oleh umat Islam, dalam melakukan berbagai kegiatan. Baik kegiatan yang berkaitan dengan dunia atau akhirat. Sebelum membaca lebih dalam lagi, alangkah baiknya teman-teman baca dulu tentang pengertian tasawuf di link tersebut.

Lalu apakah kalian semua sudah mengetahui tentang pengertian hadits? Nah, sudah tidak asing lagi. Mari kita sama-sama simak artikel ini sampai selesai hehe.

Pengertian Hadits

pengertian hadits
sumber: ahmadbinhanbal.com

Hadist adalah segala perkataan, perbuataan, ketetapan, persetujuan dan sebagainya yang bersumber dari Nabi Muhammad. Sehingga hal tersebut dijadikan sumber hukum dalam agama Islam, selain Al-Qur’an, ijma’ dan qiyas.

Dalam terminologi agama Islam, telah dijelaskan bahwa hadits merupakan sebuah catatan yang menulis tentang semua yang bersumber dari Nabi Muhammad.

Pengertian Sunah

Sunah menurut bahasa adalah suatu cara atau jalan yang bisa kita tempuh, baik itu tercela atau terpuji. Sedangkan menurut istilah ada beberapa penafsiran, diiantaranya sebagai berikut

  1. Sunah dalam ushul fiqih

Suatu hukum yang bersumber dari Nabi Muhammad selain Al-Qur’an, baik dari perkataan, perbuatan, dan sebagainya. Sehingga bisa dijadikan dalil dalam hukum Islam.

  1. Sunah dalam ilmu fiqih
Segala suatu apabila dikerjakan mendapatkan pahala, tapi apabila ditinggalkan tidak mendapatkan dosa
Baca Juga: Pengertian Kitab
  1. Sunah dalam ilmu hadits

Segala suatu yang bersumber dari Nabi Muhammad, baik sebelum diutus menjadi Nabi atau sesudahnya. Dalam definisi ini sunah merupakan sinonim dari Hadits hehe.

Pengertian Atsar

Atsar dalam bahasa memiliki arti bekas atau sisa tertentu. Sedangkan menurut istilah adalah suatu yang disandarkan kepada para sahabat dan tabi’in. Atau sinonim dari sunah dan Hadits.

Pengertian Khabar

Khabar merupakan suatu berita yang sering disampaikan oleh seseorang ke orang lain. Oleh karna itu, Khabar dikatakan lebih umum dari hadits.

Pengertian Hadits Menurut Para Ahli

hadits menurut para ahli
sumber: akamaized.net

Menurut para ahli pakar hadits dalam syarh Al-Bukhary bahwa hadits merupakan semua yang bersumber dari Nabi Muhammad. Baik sebelum diutus menjadi Nabi atau setelahnya.

Termasuk didalamnya segala macam keadaan beliau, baik yang diriwayatkan dalam sejarah, seperti kelahiran beliau, dan sebagainya.

Pengertian Hadits Menurut Etimologi

sumber: karangdurin.net

Secara terminologi hadits merupakan sebuah hukum atau ketetapan dalam agama Islam, yang bersumber dari Nabi Muhammad.

Pengertian Hadits Hasan

Hadits hasan merupakan salah satu hadits yang sanadnya bersambung dari awal sampai kepada Nabi Muhammad. Adapun syaratnya diantaranya sebagai berikut.

  1. Perowinya harus adil
  2. Kuat hafalannya
  3. Tidak ada illat dalam dirinya

Para ahli hadits dan ahli ushul fiqih semuanya menggunakan hadist hasan sebagai hujjah. Walaupun hadist hasan kekuatannya berada di bawah hadist shahih. Adapun contoh hadits hasan bisa kamu lihat di link tersebut.

Disamping itu hadits yang memiliki sifat dapat diterima sebagai hujjah disebut hadits maqbul. Tapi sebaliknya hadits yang tidak diterima disebut hadits mardud, sampai sini sudah jelas.

Pengertian Hadits Shahih

Hadits Shahih merupakan hadits yang perowinya dari orang-orang yang percaya, sehingga tidak ada keraguan di dalamnya. Adapun syaratnya sebagai berikut:

  • Para perowinya harus sejaman
  • Sanadnya harus bersambung mulai dari perowi yang pertama sampai yang terahir
  • Diriwayatkan oleh orang-orang yang adil, terpercaya.
  • Kuat hafalanya. Adapun contohnya hadits Shahih bisa kamu lihat di link tersebut.

Pengertian Hadits Dhaif

Hadits Dhaif sering kali disebut dengan hadits yang lemah, mengapa? Karna secara bahasa dhaif artinya lemah. Jadi apabila tidak terkumpul sifat-sifat yang menjadikannya diterima, maka hadits tersebut dinamakan hadits Dhaif.

Hadits ini banyak macamnya. Lalu bagaimana apabila diamalkan? Pertanyaan yang baik, mengamalkan hadits ini boleh, tapi tidak boleh untuk dijadikan hujjah.

Pengertian Hadits Mutawatir

Kata mutawatir dalam bahasa Arab memiliki arti beriring-iringan antara satu dengan yang lainya. Sedangkan menurut istilah adalah:

Suatu hasil tanggapan yang diriwayatkan oleh sejumlah besar rawi, yang mana menurut kebiasaan mustahil besar mereka bersepakat untuk dusta. Sehingga sanadnya seimbang dari awal sampai akhir, tidak ada kejanggalan. Sebelum teman-teman mengakhiri artikel ini, alamgkah baiknya baca juga pengertian ceramah sebagai tambahan ilmu.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian ilmu hadits, semoga bisa menjadi bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga menjadi tambahan ilmu bagi teman-teman semua.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *