Tulisan Arab Bismillah

4 min read

tulisan arab bismillah

Tulisan Arab Bismillah – Saat kita melakukan aktifitas biasanya diawali dengan bacaan bismillah, dengan itu telah dianjurkan untuk membaca kalimat bismillah. Agar kita selalu dalam lindungan Allah yang Maha Esa.

Bismillah menjadi salah satu amalan dzikir yang memiliki banyak keutaman dalam agama Islam. Namun masih banyak orang yang belum mengamalkan kalimat ini dalam kehidupan sehari-harinya.

Padahal keutamaan tulisan arab bismillah sangatlah banyak, sehingga bacaan ini bisa membuka keberkahan bagi orang yang mengamalkannya.

Oleh karna itu, kali dunia pondok akan membahas tulisan arab bismillah, arti bismillah, dan keutamaan bacaan bismilllah. Mari kita simak bersama-sama sampai selesai.

Tulisan Arab Bismillah

Tulisan Arab Bismillah
sumber: i.pinimg.com

Bacaan bismillahirrahmanirrahim merupakan suatu kalimat yang sering digunakan sebagai pembuka segala sesuatu kegiatan. Seperti shalat, makan, dan sebagainya.

Sehingga kita menjadi terbiasa dalam memulai aktivitas dengan bacaan basmalah. Hal ini sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad.

كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه بسم الله فهو أبتر (أي نا قص البركة)

Artinya:

Setiap perkara yang tidak dimulai dengan bacaan bismillahirrahmanirrahim, maka perkara tersebut akan terputus. Artinya kurang keberkahannya.

Jadi kalimat bismillah menjadi sumber energi yang utama atas keselamatan, keberkahan, dan kebahagiaan hidup di dunia. Adapun tulisan arab bismillah sebagai berikut.

بسم الله الرحمن الرحيم

Tulisan Bismillah Latin

Dalam kitab Al-Qur’an tulisan bismillah disebutkan sebanyak 114 kali, 113 disebutkan di awal surat, kecuali pada surat At-Taubah.

Akan tetapi dalam surat An-Naml bacaan bismillah disebutkan sebanyak dua kali, pertama di awal surat yang kedua di pertengahan surat yaitu ayat 30.

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Adapun bacaan bismillah untuk memperlancar segala urusan, terutama urusan dalam agama Islam. Seperti menikah, lamaran, dan sebagainya, sebagai berikut.

Bismillahir rahmaanir rahiim.

Arti Tulisan Bismillah

Arti dari lafad bismillah adalah sebagai berikut ini:

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Lafad ini mempunyai arti yang indah bukan? Tak hanya artinya, manfaat dari lafad bismillah ini juga amat sangat besar.

Lafad yang singkat dan simple juga menjadi kelebihan. Lalu enapa banyak umat muslim yang mengamalkan lafad tersebut ketika menghadapi suatu masalah, baik itu masalah kecil ataupun besar.

Arti Bismillah Menurut Ahli

Para Ahli ilmu tafsir telah menjelaskan dengan lengkap mengenai makna yang terkandung dalam bacaan bismillah. Diantaranya sebagai berikut.

  • Makna pertama yang terdapat dalam kata bismillah adalah terdapat dua sifat kesempurnaan yang dimiliki oleh Allah. Yaitu Ar-Rahman dan Ar-rahim, yang artinya curahan rahmat yang dberikan di dunia. Dan curahan rahmad yang diberikan di akhirat.
  • Makna kedua yang ada dalam tulisan bismillah terdapat dalam kalimat بِ. Apabila kalimat ini dikaitkan dengan pertolongan Allah. Maka yang mengucapkan akan menyadari, bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan dengan selesai pasti karna ada pertolongan Allah.
  • Adapun makna ketiga yang ada dalam bacaan bismillah adalah menjadikan Allah sebagai sebab utama dalam semua perbuatan. Sehingga kalimat bismillah didahulukan di setiap hal.
  • Sedangkan makna yang keempat adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya dzat yang mempunyai sifat pujian. Sehingga orang yang mengucapkan kalimat bismillah, berarti telah mendeklarasikan nama termulia di alam semesta.

Itulah beberapa arti bismillah menurut para ahli tafsir yang harus kalian ketahui. Kami juga membahas tentang tulisan arab innalillahi jangan lupa untuk membacanya, supaya kalian tau arti innalillahi.

Keutamaan Membaca Bismillah

Keutamaan Membaca Bismillah
sumber: qazwa.id

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa lafad bismillah banyak mengandung keutamaan. Oleh karna itu, ada beberapa sumber yang sudah menyebutkan keutamaan lafad bismillah, diantaranya sebagai berikut.

Menyembuhkan Segala Penyakit

Salah satu keutamaan lafad bismillahirrahmanirrahim yaitu bisa menyembuhkan berbagai penyakit, namun hal ini harus didasari dengan arahan dokter dan ikhtiyar.

Bisa Mencerdaskan Akal

Lafad bismillah juga bisa mempertajamkan kecerdasan akal. Sehingga kita bisa mudah dalam menghafal bacaan atau materi yang telah diajarkan oleh guru.

Terhindar Dari Gangguan Setan

Selain di atas, bacaan bismillah juga bisa menghindarkan gangguan dari syaitan, terutama badan dan tempat tinggal kita. Sehingga kita aman dari berbagai gangguan syaitan dan jin.

Keistimewaan Kalimat Bismillah

keistimewaan kalimat bismillah
sumber: umroh.comr:

Nabi Muhammad telah mengajarkan kepada umatnya untuk membaca kalimat bismillah di setiap kali mengerjakan sesuatu. Karna dalam kalimat tersebut terdapat beberapa keistimewaan, diantaranya sebagai berikut.

Menjadi Perisai Dari Gangguan Syaitan

Syaitan dan bala tentaranya telah berjanji untuk selalu menjerumuskan manusia dalam mengerjakan amal ibadah. Namun syaitan bisa terperdaya ketika kita membaca kalimat bismillah. Hal ini sebagaimana dalam hadits Nabi.

“Barang siapa yang membaca (بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ) pada setiap hari di waktu shubuh dan sore sebanyak 3 kali maka tidak akan keburukan baginya perkara apa-pun”. (HR. At Tirmidzi).

Menjadi Pembuka Ketika Ibadah

Ibadah merupakan amalan yang setiap hari dikerjakan oleh umat Islam, seperti shalat, wudhu’ dan sebagainya. Namun apabila tidak diawali dengan bacaan bismillah, maka wudhu’nya tidak sah. Sebagaimana dalam hadits.

“Tidak sah wudhu seseorang yang tidak menyebut nama Allah (Bismillah)”.

Menjadi Pembuka Dalam Al-Qur’an

Allah telah membuka semua surat dalam Al-Qur’an dengan kalimat bismillah, kecuali di dalam surat At-Taubah. Ini menunjukkan betapa mulianya kalimat ini.

Macam-Macam Bacaan bismillah

Macam-macam Bacaan bismillah
sumber: youtube.com

Tulisan Arab Bismillah Sebelum Tidur

Kebiasaan Nabi Muhammad ketika hendak mau tidur, Beliau selalu membaca doa yang diawalai dengan tulisan bismillah. Adapun tulisannya sebagai berikut.

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا

Artinya:

Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, saya mati dan hidup.

Tulisan Arab Bismillah Sebelum Hubungan

Nabi Muhammad pernah bersabda dalam haditsnya. Bahwa barang siapa yang hendak menggauli istrinya dengan membaca bismillah. Kemudian Allah mentakdirkan dari hubungan tersebut seorang anak. Maka syaitan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya. Adapun bacaannya sebagai berikut.

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْناَ الشَيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَيْطَانَ ماَرَزَقْتَناَ

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah. Ya Alah jauhkanlah kami dari gangguan syaitan serta jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami (anak).

Tulisan Arab Bismillah Keluar Rumah

Nabi Muhammad pernah menjelaskan, bahwa barang siapa yang keluar rumah serta membaca kalimat bismillah. Maka dia akan mendapatkan petunjuk serta dijaga oleh Allah. Adapun bacaan lengkapnya sebagai berikut.

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Artinya:

Dengan nama Allah, saya bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Tulisan Arab Bismillah Masuk Rumah

Bagi setiap manusia yang masuk kerumahnya kemudian mengingat nama Allah serta membaca kalimat bismillah. Maka tidak ada tempat untuk syaitan di dalamnya. Adapun bacaan lengkapnya sebagai berikut.

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya saya memohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar. Dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.

Tulisan Arab Bismillah Ketika Membuka Baju

Aurat bani Adam bisa di tembus oleh syaitan, namun ada satu penghalang antara mata jin dengan aurat bani Adam, yaitu bacaan bismillah. Adapun bacaannya sebagai berikut.

بِسْمِ اللهِ اَلَّذِيْ لاَإِلهَ إِلاَّهُوَ

Artinya:

Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selainnya

Kisah di Balik Lafad Bismillah

Kisah Di balik Lafad Bismillah
sumber: i.pinimg.com

Suatu ketika terjadi percapakan antara syaitan yang kurus dan syaitan yang gemuk, kedua syaitan tersebut menceritakan tentang keadaannya masing-masing.

Setan kurus bertanya: Mengapa badanmu menjadi gemuk?

Setan gemuk langsung menjawab: Setiap menggoda manusia saya selalu berhasil. Sehingga saya bisa membuat manusia lupa dalam menyebutkan lafad basmallah di setiap pekerjaannya.

Apabila mereka keluar rumah, makan, minum, dan sebagainya, maka merekas tidak membaca bacaan basmallah. Sehingga mereka menjadi tungganganku dan menjadi pengikutku.

Lalu syaitan gemuk balik bertanya: Saya lihat kamu menjadi tambah kurus?.

Syaitan kurus langsung menjawab: Mereka tidak memberiku kesempatan dalam menggodanya, mereka selalu selamat dari godaanku. Setiap memulai sesuatu bacaan basmllah-lah yang menjadi pembuka pintu di setiap pekerjaannya.

Ketika masuk rumah, makan, minum, dan sebagainya mereka selalu membaca bacaan bismillah. Sehingga badanku menjadi seperti ini (kurus).

Kesimpulan Yang Bisa Diambil

Dari cerita di atas kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa pentingnya dalam membaca bismillah pada setiap kesempatan.

Demikianlah artikel tentang tulisan arab bismillah, semoga artikel ini bisa menjadi manfaat serta menjadi tambahan ilmu untuk teman-teman semua.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, maka teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung di situs kami.

Jangan lupa bantu share.

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tulisan Arab Innalillahi

NH_Ariff
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *