√ 10 Tokoh Islam Dunia Paling Berjasa dari Dunia – Nusantara

4 min read

tokoh islam dunia

Tokoh Islam Dunia-Sepanjang sejarah banyak ditemukan ilmuan yang bermunculan dari orang Islam. Apalagi di era pertengan pada tahun (780-1258 M), yang mana Toko Islam Dunia menjadi salah satu kiblat ilmu pengetahuan.

Pada kejayaaan Islam, banyak ilmuan Islam dengan memberikan karya-karya terbaiknya. Bahkan pada waktu itu masjid bukan hanya untuk dijadikan tempat ibadah.

Tetapi dijadikan tempat mengkaji ilmu agama yang berhubungan dengan Al-Qur’an. Pada masa lalu tentu banyak Tokoh Islam Dunia. Yang sudah tercatat dari awal Islam hingga sekarang.

Dunia Pondok, akan membahas sebagian saja tokoh Islam yang sudah tercatat dalam sejarah Islam. Baik dari tokoh laki-laki ataupun wanita. Agar kita lebih dalam lagi mengetahuinya. Mari kita baca artikel di bawah ini.

Tokoh Islam Dunia di Bidang Medis

tokoh islam dunia
sumber:nonton.com

Banyak tokoh Islam yang patut kita teladani, yang sudah menemukan dalam bidang medis. Dan mereka sudah memberikan contoh yang baik, kepada orang-orang setelahnya.

Ibnu Zina

ahli di bidang kedokteran
sumber:nahdhatululama.com

Dalam sejarah, Ibnu Zina berasal dari persia yang dikenal di bidang Filsafat, Matematika, dan di bidang kedokteran. Berkat penemuan tersebut, kini dunia medis semakin berkembang dengan luas.

Bahkan para Dokter di negara Eropa, tetap berpedoman ke buku yang telah ditulis oleh Ibnu Zina. Yaitu; The Canon Of Medicine.

Ibnu Al-Nafis

tokoh islam ahli dalam bidang kesehatan
sumber:slideplayer.com

Ibnu Nafiz berasal dari Damaskus, yang telah menemukan teori pembunuh darah kapiler. Bahkan beliau dijuluki bapak fisiologi.

Ibnu Khaldun

Ibnu Khaldun merupakan ilmuan yang sudah menghafal Al-Qur’an sejak kecil. Beliau terkenal di dalam bidang ekonomi, historiografi, dan sosiologi. Dan mempuntai karya yang sudah terkenal yaitu; Muqaddimah.

Jabir Ibnu Hayyan

Jabir ahli dibidang kimia, beliau berasal dari Iran yang sudah menemukan nitrat, klorida, dan asam urat. Beliau mempunyai sebuah karya yang terkenal yaitu; Kitab Al-Rahmah, dan Kitab Al-Kimya.

Ibnu Khaitan

Ibnu Khaitan seorang ilmuan yang terkenal dibidang matematika, beliau juga berhasil membedah konsep cahaya.

Tokoh Islam Indonesia

tokoh dunia yang berpengaruh dalam islam
sumber:detik.com

Selain walisongo, tokoh Islam Indonesia tentu masih banyak lagi, seperti raja-raja Islam, yang sudah ikut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Tetapi saya tulis di artikel ini dua tokoh Islam Indonesia yang sudah ahli dalam berbagai bidang.

Buya Hamka

buya hamka
sumber:youtube.com

Pada tanggal 17 Februari 1908 beliau dilahirkan di sungai batang, Tanjung Raya, kabupaten Sumatra. Buya Hamka merupakan seorang Ulama yang ahli dalam bidang mufasir dan satra.

Pada usia 16 tahun beliau meninggalkan pendidikan di Thawalib, lalu menempuh perjalanan ke pulau Jawa. Setelah satu tahun di Jawa, lalu kembali lagi ke Medan.

Karna kemampuannya tidak bisa berbicara bahasa Arab. Hamka menempuh perjalanan lagi ke Mekkah, dengan tujuan memperdalam bahasa Arab, dan sejarah Islam. Disamping itu, beliau belajar sastra secara otodidak.

Setelah menikah dengan siti Khatijah Hamka menerbitkan buku Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, dan di bawah Lindungan Ka’bah. Supaya menjadi pedoman bagi semua masyarakat.

Nama Hamka terkenal sebagai sastrawan setelah menerbitkan buku tersebut. Ada karya yang dianggap sebagai karya monumental Hamka yaitu; Tafsir Al-Azhar.

Dengan keluasan ilmu pengetahuan. Hamka mendemonstrasikan ilmu agama dengan pengetahuannon keagamaan.

Bahkan Hamka satu-satunya orang yang bisa menerbitkan Tafsir Al-Azhar, kedalam bahasa Indonesia.

Buya Hamka berkata:

“Penemuan sains yang baru telah membantu kita cara memahami kebenaran Al-Qur’an”

Pada hari Jum’at, tanggal 24 Juni 1981, Hamka meninggal dunia dengan usia 73 tahun. Yang mana waktu itu dihadiri Presiden Soeharto dan Wakilnya, Adam Malik.

Quraish Shihab

quraish sihab
sumber:batutimes.com

Muhammad Quraish Shihab nama asli beliau, lahir pada tanggal 16 Februari 1944. Beliau berasal dari kabupaten Rebbang Sulawesi Selatan.

Quraish Shihab menjadi rektor kedua perguan tinggi yaitu, Universitas Muslim Indonesia (UMI), dan IAIN Ujung Pandang.

Dengan pemikirannya yang progresif, Quraish Shihab bisa menerbitkan banyak buku. Diantarnya; Tafsir AL-Manar, Filsafat Hukum Islam, dan Tafsir Al-Misbah.

Quraish Shihab berkata:

“Pendidikan merupakan perubahan bagi anak-anak muda”

Tokoh Islam Wanita

tokoh wanita islam
sumber:yufid.com

Bukan hanya laki-laki saja yang menjadi tokoh hebat dalam Islam. Untuk itu anda perlu mengenal juga tokoh-tokoh wanita yang sudah disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Sutayta Al-Mahamali

gambar wanita tegar
sumber:yufid.com

Sutayta berasal dari Baghdad, merupakan seorang wanita yang ahli dalam bidang matematika, beliau hidup sekitar 10 abad M.

Bahkan dengan keahlianya di bidang ini, para ulama pada zamannya banyak yang memujinya. Diantaranya Ibnu Katsir, dan Al-Jauzi.

Abu Abdullah Al-Hussein adalah ayah Sutayya, yang sudah menulis Kitab Fi Al-Fiqh, Salat Al-Idayn. Keahlian yang dimilki Sutayta tidak lepas dari bimbingan ayahnya yang sudah mengajarnya.

Selain itu Sutayta belajar ilmu matematika dari para ahli pada masa itu, di antaranya; Omar bin Abdul Aziz Al-Hashimi, dan Abu Hamzah bin Qasim.

Sebenarnya Sutayta sangat terkenal dengan multi talenta, beliau juga ahli dalam bidang syariah dan hadits.

Tetapi beliau lebih memilih menjadi ahli matematika, karna sudah menemukan aritmatika. Salah satu cabang yang mengkaji bilangan bulat melalui perkalian, pembagian, dan penjumlahan

Lalu Sutayta menjadi kutipan para ahli matematika pada masa itu, kemudian pada tahun 987 M, Sutayta sudah tutup usia.

Rufaidah binti Sa’ad

gambar dokter
sumber:sariasih.com

Rufaidah merupakan wanita pertama kali yang menjadi ahli pengobatan di dunia Islam. Beliau belajar langsung dari ayahnya yaitu; Sa’ad Al-Aslamy, yang sudah menjadi dokter di Madinah.

Dengan dibimbing langsung oleh ayahnya, Rufaidah menjadi ahli pengobatan. Walaupun waktu itu beliau tidak diberikan kepercayaan dalam melakukan amputasi ataupun operasi.

Bahkan beliau menjadi tim medis disetiap peperangan pada masa Rasulullah. Kemudian beliau mengajarkan kemampuannya ke wanita Islam lainnya.

As-Shifa binti Abdullah

gambar dokter
sumber:youtube.com

Nama aslinya adalah Layla, diberi nama As-Shifa karna ahli dalam bidang pengobatan (medis). Selain ahli dalam bidang pengobatan.

Beliau juga menjadi manager perdagangan Madina. Sebuah tanggung jawab yang sangat besar supaya semua bisnis yang dikerjakan masyarakat tetap konsisten dengan hukum-hukum Islam.

Tokoh Islam Modern

tokoh islam modern
sumber:hitsoria.id

Ada beberapa tokoh yang masuk dalam daftar tokoh Islma Modern, yang mana tokoh tersebut sudah melakukan pembaharuan.

Jamaludin Al-Afgani

gambar jamaludin al-afgani
sumber:youtube.com

Jamaludin Al-Afgani sudah menyumbangkan sesuatu terpenting di dunia Islam, yaitu; Mengilhami gagasannya untuk orang Islam yang ada di Mesir, Iran, dan India.

Beliau sudah mengangung pencapaian ilmu pengetahuan barat. Kemudian beliau ingin mendirikan sebuah universitas supaya bisa mengajarkan ilmu pengetahuannya di Turki.

Walaupun pada akhirnya beliau diusir dari negaranya, setelah menghadapi tantangan yang berat dari para ulama.

Muhammad Abdul Wahab

gambar muhammad abdul wahab
sumber:pecihitam.com

Beliau lahir pada tahun 1703 M, berasal dari Saudi Arabia. Pengetahuan yang ditemukan adalah ingin memperbaiki kedudukan umat Islam terhadap faham tauhid.

Karna faham tauhid, pada abad ke-13 sudah tersebar luas dengan bercampur aduk oleh ajaran-ajaran tarikat.

Abdul Wahab memiliki pokok-pokok penting dalam ajaran agam Islam. Bahwa yang harus disembah hanyalah Allah, barang siapa menyembah selain Allah maka dinyatakan syirik. Tetapi pemahaman beliau ditantang oleh ulama Ahlussunnah Waljamaah karna menyimpang.

Akhir Kata

Semoga yang saya tulis di dalam artikel kali ini. Bisa memberikan manfaat kepada semua orang yang sudah membacanya. Walaupun masih banyak lagi Tokoh Islam Dunia, yang masih belum ditulis di artikel ini.

Diharapkan juga kepada semua teman-teman, baik saran atau kritikannya. Bisa langsung kirim di bawah kolom komentar di bawah ini.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *