√ 10 Pesantren Terbaik dan Tertua di Indonesia Bagus Menjadi {Santrinya}

5 min read

pesantren terbaik

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pondok pesantren terbaik, yang sudah berakar sejak dulu. Sehingga Pesantren Terbaik di Indonesia menyebar luas sampai keseluruh dunia.

Sebuah lembaga yang belajar ilmu dunia dan akhirat khususnya ilmu agama. Itulah pengertian pondok pesantren, jadi apabila kamu belajar di pesantren maka kamu akan mendapatkan dunia dan akhirat.

Tetapi sebelum membaca artikel ini, alangkah baiknya teman-teman membaca dulu tentang keutamaan menuntut Ilmu.

Adanya pesantren di Indonesia berawal ketika masuknya ajaran Islam yang dibawa oleh para wali songo.

Pesantren Terbaik di Indonesia

pesantren di indonesia
sumber: doc.pribadi

Banyak orang-orang yang salah dalam memahami istilah Pesantren sebagian berpendapat bahwa pesantren radikal, teroris, dan sebagainya.

Akhirnya pendapat tersebut dipatahkan oleh semua orang. Karna rata-rata petinggi yang ada di Indonesia, kebanyakan lulusan pondok pesnatren. Diantaranya Presiden ke4 yaitu Alm. Kh. Abdurrahman Wahid.

Pesantren merupakan salah satu wadah pendidikan yang memilki kurikulum, dan sistematika yang baik. Baik mempelajari ilmu dunia maupun ilmu akhirat, adapun nama-nama pesantren terbaik di Indonesia diantaranya:

Pesantren Al-Khairat

pesantren al-khairat
sumber:pasberita.com

Didirikan oleh Habib Idrus bin Salim Al-Jufri pada tahun 1963. Pesantren ini merupakan pesantren yang populer di Sulawesi, tempatnya berada di Palu.

Pesantren Al-Khairat memiliki berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari TK, SD, MI, SMP, SMA, MTS, dan MA. Hingga ke jenjang Universitas semua tersedia di pesantren Al-Khairat.

Sehingga pesantren Al-Khairat, menjadi salah satu gerbang dakwah Islam, di kawasan Timur Nusantara.

Selain belajar ilmu Agama, santri juga diajarkan berbagai seni. Mulai dari seni samrah dan Nasyid. Sehingga tidak heran jika alumninya menjadi seorang seniman yang handal.

Pesantren Musthafawiyah

pesantrenmusthafawiyah
sumber:ceramahmotifasi.com

Kyai Musthafa bin Husein bin Umar Nasution Al-Mandaily, yang telah mendirikan pesantren ini pada tanggal 12 November 1912. Yang berada di Desa Tanobato, Kabupaten Madailing Natal, Sumatera Utara.

Kemudian pesantren ini dipindah ke Desa Purba Baru karna pada tahun 1915 dilanda oleh banjir yang sangat besar.

Pendidikan yang ada di pesantren ini, mulai dari TK, sampai ke jenjang peruruan tinggi. Serta menerapkan program Tahfidz Al-Qur’an.

Pesantren Darun Najah

pesantren darunnajah
sumber:darunnajah.com

Merintis sejak tahun 1942, lalu diakui menjadi pesantren pada tanggal 1 April 1974. Didirikan oleh Kyai Abdul Manaf Mukhayyar, bersama dua sahabatnya yaitu; Kyai Qomaruzzaman, dan Kyai Mahrus Amin.

Yang mana pesantren ini berada di Jalan Ulujami Raya, Nomor 86, Kelurahan Ulujami, kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Pesantren ini memiliki sistem kurikulum yang terpadu. Sehingga semua santrinya memiliki jiwa yang ikhlas, mandiri, dan berperilaku sesuai dasar Al-Qur’an, dan sunnah.

Pesantren Al-Anwar

pesantren terbaik di indonesia
sumber: santriesalafie.com

Kyai Maimun  Zubair merupakan yang mendirikan pesantren Al-Anwar pada tahun 1967. Pesantren ini berada di Desa Karangmangu, Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

Pesnatren Al-Anwar di latar belangi dengan sebuah keinginan, supaya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar pesantren. Dan bisa melanjutkan kegiatan pengajian.

Pesantren ini menerapkan sistem pendidikan salafiyah. Pada sistem ini semua santri wajib mengikuti rutinitas kajian, kepada para Kyai, atau Ustad. Baik secara individu atau kelompok.

Pesantren Ihya Ulumudiin

pesantren ihya ulumuddin
sumber:ihyaulumuddin.com

Pesantren ini didirikan oleh Kyai, Badawi Hanafi, pada tanggal 24 November 1925. Berada di Desa Kesugian, Kabupaten Cilacap.

Setelah Kyai Badawi Hanafi wafat, maka pesantren ini diamanatkan kepada putranya yaitu; Kyai Chasbullah Badawi, dan Kyai Ahmad Mustholih.

Masyarakat yang ada di sekitar pesantren ini, masih banyak yang suka main judi, adu ayam, dan petilasan. Kemudian Kyai Badawi Hanafi berdakwah dengan tujuan, ingin mencerdaskan kehidupan masyarakat di zaman penjajahan.

Lalu memanfaatkan sebuah langgar peninggalan ayahnya. Yang dikenal dengan nama, langgar Dhuwur. Dari situlah pesantren Ihya Ulumudin berkembang pesat.

Pesantren Butet

pesantren butet
sumber.pesantrenbuntet.com

Pada tahun 1785, pesantren ini didirikan oleh Mufti Kesultanan Cirebon yaitu; Kyai Muqoyyim. Dan menjadi salah satu pesantren yang terkenal, serta menjadi pesantren tertua yang ada di Indonesia.

Kyai Muqoyyim terkenal dengan sifat yang sangat tawaddu’. Karna beliau tidak ikut campur dalam urusan masalah keraton. Beliau lebih memilih hidup di luar keraton, supaya bisa mengajar ilmu agama.

Pesantren Latansa

pesantren terbaik di Indonesia
sumber: santriesalafie.com

Pesantren Latansa didirikan oleh Kyai, Ahmad Rifa’i, yang berada di Cipanas, Lebak, Banten. Pesantren ini merupakan tempat Tafaqquh Fiddien. Karna jauh dari budaya dan pergaulan.

Pesantren ini memiliki sistem Variatif. Yang selalu memenuhi hajat para santrinya yang ingin memperdalam ilmu agama. Terutama masalah adab kepada Guru.

Juga pesantren ini menerapkan sistem manifestasi,  agar semua santrinya tidak hanya mengejar urusan duniawi. Akan tetapi tetap menanamkan nilai-nilai ukhrawi.

Pesantren Terbaik di Jawa Timur

pesanteren di jawa timur
sumber: doc.pribadi

Ingin memiliki anak yang sholeh merupakan dambaan semua orang tua, oleh karna itu apabila kita ingin memiliki anak yang sholeh. Maka seharusnya kita memasukan anak kita ke salah satu pesantren yang ada di Jawa timur.

Berikut 4 pesantren yang sudah terbukti prestasinya sampai terkenal ke macam negara.

Pondok Pesantren Lirboyo

pesantren terbaik di Indonesia
sumber: santriesalafie.com

Pesantren lirboyo berdiri pada tahun 1910. Didirikan oleh seorang ulama yang terkenal dengan kealimnya. Yaitu; Kh. Shoeh, lalu di lanjutkan oleh salah satu menantunya Kh. Abdul Karim.

Pesanteren ini berada di kota Kediri, kecamatan Mojoroto, propinsi jawa timur.

Singkat cerita tentang pondok pesantren Lirboyo. Bahwa pesantren ini, berkembang pesat, dan menjadi salah satu wadah pendidikan ilmu agama. Sebelum kemerdekaan RI.

Bahkan ketika terjadi perang di peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Pesantren Lirboyo mengirimkan santri-santrinya. Agar ikut berperan aktif dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pesantren Lirboyo dikenal dengan sistem Klasikal, yang sudah terbukti. Karna sudah banyak melahirkan tokoh-tokoh hebat. Baik dalam bidang agama, maupun social.

Pondok Pesantren Langitan

pesantren terbaik di indonesia
sumber: santriesalafie.com

Pesantren Langitan merupakan salah satu pesantren terbaik di Indonesia. Didirikan oleh seorang Ulama yang terkenal dengan kharismatik yaitu, Kh. Abdul Faqih, pada tahun 1852, terletak di Dusun Mandungan, Desa Widang, Tuban jawa timur.

Dari Pesantren Lagitan, lahirlah para ulama-ulama besar. Salah satunya adalah Kyai Kholil bin Abdul Latif Bangkalan Madura, yang telah menjadi ulama madura dan jawa.

Pondok Pesantren Gontor

pesantren gontor
sumber:pesantrengontor.com

Pesantren Gontor, merupakan pesantren modern yang berdiri pada tanggal 10 April 1926. Letaknya di ponorogo, jawa timur.

Pesantren ini merupakan pesantren terbaik di Indonesia yang didirikan oleh tiga bersaudara yaitu; Kyai Ahmad Sahal, Kyai Zainudin Fananie, dan Kyai Imam Zarkasy.

Sehingga dikenal dengan istilah Trimurti (tiga bersaudara). Pesantren Gontor termasuk salah satu innovator bagi pesantren modern lainnya.

Nama asli pesantren Gontor adalah Darussalam menjadi pesantren Modern karna terinspirasi dari Ahmad Funder Aligarh Muslim dari India. Kemudian melakukan modernisasi pada pendidikan Islam.

Karna sistem yang dipakai pesantren Gontor sangat baik, dan berjalan dengan sukses. Kemudian banyak Pesantren Modern lainnya, yang menerapkan sistem tersebut.

Diantara sistem yang diterapkan di Pesantren Gontor adalah berbicara dengan bahasa Arab, bahasa Inggris, setiap harinya. Itu sudah menjadi ciri khas Pesantren Gontor Darussalam.

Pondok Pesantren Sidogiri

pesantren terbaik di indonesia
sumber: ekonomimaju.com

Pesantren Sidogiri merupakan pesantren yang sangat populer di Indonesia. Yang berada di Pasuruan Jawa Timur. Karna didirikan oleh seorang bernama; Sayyid Sulaiman , yang berasal dari Cirebon Jawa Barat.

Walaupun pesantren ini berkembang pesat, dan terus eksis. Tetapi pesantren ini tetap mempertahankan sistem Salafiyah sampai zaman modern sekarang ini.

Selain itu pesantren ini terkena, karna sudah mandiri secara finansial. Karna banyak bisnis dan usaha yang dikembangkan. Diantaranya adalah Minimarket, BMT, (baitul mal wat tamwil) dan sebagainya.

Pesantren ini juga memiliki sistem pendidikan mulai dari Madrasah Diniyah sampai kejenjang Universitas yang dberi nama Tarbiyatul Mu’alimin.

Tingkatan Pendidikan di Pesantren

sumber:kompasiana.com

1. Al-Mubtadi

Biasanya pendidikan tersebut di tempuh sekitar 6 tahun. Semua santri dibimbing agar bisa mengusai dasar-dasar agama. Seperti, masalah ibadah, membaca Do’a, dan bisa memimpin tahlil. Dengan harapan santri bisa beribadah dengan baik, sesuai ajaran Nabi Muhammad.

2. Tsanawiyah

Merupakan tingkat menengah bagi para santri. Dimana sebagian pesantren membingbing santrinya agar mampu berkomunikasi dengan menguasai dua bahasa. Yaitu Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.

3. Aliyah

Tingkat aliyah biasanya ditempuh selama 3 tahun. Para santri dibimbing supaya bisa menguasi kaidah Ilmu Nahwu, dan Sharaf. Dengan harapan santri bisa membaca dan memahami kitab kuning.

Diantaranya ilmu-ilmu keagamaan; baik dalam Al-Qur’an, Hadits, Usul Fiqih, Tafsir, dan Akhlak.

Kegiatan di Pondok Pesantren

kegiatan di pesantren
sumber: radarcirebon.com

1. Sholat Berjamaah

2. Wajib Belajar Bersama (Musyawarah)

3. Sholat Tahajjud dan Dhuha

4. Belajar kitab salaf

5. Mengaji, Menghafal, dan Menyetor

6. Latihan Khitobiyah

7. Musyawarah atau Bahtsul Masail

8. Olah raga (ekstrakulikuler)

Dan masih banyak lagi kegiatan yang masih belum di tulis di artikel ini.

Akhir Kata

Semoga artikel yang saya tulis kali ini bisa menjadi wadah untuk para orang tua yang mau memasukan anaknya ke pesantren. Walaupun masih banyak lagi pesantren yang terbaik di Indonesia yang belum ditulis di artikel ini.

Jangan lupa kritik dan saranya dari teman-teman agar Duniapondok bisa berkarya lebih baik lagi.

Jangan lupa bantu share teman-teman.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *