Kandungan Surat Al-Falaq

3 min read

Kandungan Surat Al-Falaq – Al-Alaq merupakan surat yang ke-20 yang turun kepada Nabi Muhammad, termasuk surat yang ke -113 dalam Al-Qur’an.

Surat Al-Alaq merupakan surat yang ada dalam juz 30, yang mana surat ini termasuk dalam surat makkiyah (surat yang diturunkan di kota Mekkah).

Kenapa sih membaca surat Al-Alaq sangat di anjurkan sebelum tidur. Apa sih kandungan surat Al-Falaq ini? Nah betul, ini dia kandungan yang ada dalam surat Al-Alaq.

Isi Kandungan Surat Alaq

Isi Kandungan Surat Alaq 
sumber: salamdakwah.com

Surat Al-Falaq menjelaskan tentang perlindungan dari segala bentuk kejahatan. Dalam tafsir Ibnu Katsir surat Al-Falaq bisa dijadikan sebagai meminta perlindungan (ist’aadzah) kepada Allah dari segala kejahatan. Baik dari kejahatan manusia, jin, dan sebagainya, adapun isi kandungannya sebagai berikut.

  1. Nabi Muhammad dalam keseharianya sebelum tidur, selalu membaca tiga surat salah satunya surat Al-Falaq. kemudian setelah membaca tiga surat tersebut. Nabi meniupkan ke telapak tangannya serta mengusapkan keseluruh tubuhnya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kita mengamalkan bacaan surat ini sebelum tidur, agar terhindar dari segala kejahatan.
  2. Surat ini telah menegaskan bahwa sihir itu ada, dengan itu manusia harus meminta perlindungan hanya kepada Allah. Bukan kepada yang lain.
  3. Surat Al-Falaq juga menegaskan bahwa sifat dengki itu akan membawa kepada keburukan, sehingga bisa mengarahkan kepada kejahatan. Karna itu, kita harus menghindarinya serta meminta kepada Allah agar dijauhkan dari sifat tersebut.
  4. Dalam surat ini Allah yang maha Esa disebut dengan Rabbul falaq yaitu tuhannya pagi, subuh, dan seluruh alam. karna itu, Allah bisa menyingkirkan kesulitan dan kejahatan serta bisa membelah kegelapan malam dengan terangnya siang.
  5. Kejahatan yang ada di dalam surat ini ada tiga, kejahatan sihir, kejahatan orang yang dengki, dan kejahatan di waktu malam. oleh karna itu, kita harus selalu meminta perlindungan kepada Allah.

Surat Al-Falaq mp3

Surat Al-Falaq Latin

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ۙ

Qul a’uudzu birabbil falaq

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ ۙ

Min syarri maa khalaq

وَمِنْ شَرِّ غَا سِقٍ اِذَا وَقَبَ ۙ

Wa min syarri ghaasiqin idza waqab

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِ ۙ

Wa min syarrin naffaasaati fil uqad

وَمِنْ شَرِّ حَا سِدٍ اِذَا حَسَدَ

Wa min syarri haasidin idza hasad

Arti Surat Al-Alaq

  1. Katakanlah (Muhammad) aku berlindung kepada Allah yang menguasai fajar (subuh).
  2. Dari kejahatan makhluk yang Allah ciptakan.
  3. Serta dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita.
  4. Dan dari kejahatan para wanita-wanita penyihir yang telah meniup pada buhul-buhul talinya.
  5. Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.

Nama lain Surat Al-Falaq

Surat ini selain disebut surat Al-Falaq ternya memilki banyak nama lho mau tau teman-teman mari kita simak bersama-sama.

Surat Al-Falaq dan An-Nas dikenal dengan sebutan Al-Mu’awwidzatain yaitu dua surat yang menuntun para pembacanya agar selalu mendapatkan perlindungan dari Allah. Sehingga Al-Falaq disebut Al-Muawwidzah Al ula sedangkan An-Nas Al Mu’awwizah Ats-Tsaani.

Juga surat Al-Falaq disebut dengan Al-Muqasyqisyatain, yaitu dua surat yang bisa membebaskan manusia dari kemunafikan.

Namun nama surat ini yang sangat terpopuler di kalangan kita dengan sebutan Al-Falaq diambil dari ayat pertama, yang artinya yang terbelah.

Tafsir Surat Al-Falaq

Tafsir Surat Al-Falaq
sumber: initu.id

Ayat 1 Surat Al-Falaq

Kata الْفَلَقِ  menurut kebanyakan ahli tafsir artinya subuh. Sedangkan menurut Ibnu Abbas neraka jahannam, dan sebagian lain juga mengatakan lembah di neraka jahananam. Namun pendapat yang terkuat adalah pendapat yang pertama sebagaimana dalam surat Al-An’am ayat 96.

فَا لِقُ الْاِ صْبَا حِ ۚ وَ جَعَلَ الَّيْلَ سَكَنًا وَّا لشَّمْسَ وَا لْقَمَرَ حُسْبَا نًا  ۗ ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِ

Faaliqul ishbaab wa ja’alal laila sakanaw wasy syamsa wal qamara husbaanaa, dzaalika taqdiirul aziizil adzm.

Artinya:

Allah telah menyingsingkan pagi serta menjadikan malam untuk beristirahat, juga menjadikan matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketetapan dari Allah yang Maha perkasa serta Maha mengetahui

Dalam ayat ini Allah telah menegaskan kepada Nabi Muhammad dan umatnya, agar selalu meminta perlindungan kepada Allah. Karna hanyalah Allah yang bisa menyelamatkan seorang hamba dari marabahaya.

Meminta perlindungan di sini merupakan salah satu bentuk ibadah yang hanya boleh dipersembahkan kepada Allah. Maka jika ada seorang hamba yang meminta perlindungan kepada selain Allah, maka telah jatuh dalam kesyirikan.

Ayat 2 Surat Al-Falaq

Banyak perbedaan pendapat juga dalam hal ini, tapi menurut Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan. Bahwa kejahatan yang dimaksud dalam ayat ini adalah kejahatan dari seluruh makhluk.

Namun menurut Imam Hasan Al-Bashri kejahatan ini adalah berlindung dari neraka jahannam serta dari Iblis dan keturunya. Sehingga tafsiran inidisebut oleh Imam Al-Qurthuby dalam kitab Al-jami’liahkamil Qur’an.

Ayat 3 Surat Al-Falaq

Kata غَا سِقٍ menurut Imam mujahid artinya adalah malam. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa maksudnya malam adalah malam apabila telah gelap gulita.

Sehingga Imam Syaikh Asy-Syatiri menguatkan terhadap pendapat yang mengatakan bahwa غَا سِقٍ artinya malam. Sebagaimana dalam surat Al-Isra’ ayat 78.

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰ نَ الْـفَجْرِ ۗ اِنَّ قُرْاٰ نَ الْـفَجْرِ كَا نَ مَشْهُوْدًا

Aqimish shalaata lidzulukisy syamsi ila ngasakil laili wa qur’aanal fajr inna qur’aanal fajri kaana masy huudaa.

Artinya:

Dirikanlah shalat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam serta dirikanlah shalat subuh. Sungguh malaikat subuh itu disaksikan oleh Malaikat

Ayat ini sangat menegaskan kepada kita agar selalu berlindung dari kejahatan malam secara khusus, karna biasanya kejahatan banyak terjadi di malam hari.

Ayat 4 Surat Al-Falaq

Kata النَّفّٰثٰتِ adalah tukang sihir wanita, karna kebanyakan yang menjadi tukang sihir adalah para wanita. Melalui ayat ini Allah memerintahkan agar selalu berlindung dari perbuatan tersebut, karna selain syirik juga termasuk dosa besar.

Sehingga bagi setiap orang yang terjerumus dalam hal ini, maka akan cekaka nanti di hari kiamat. Semoga kita semua dihindari dari perbuatan tersebut.

Ayat 5 Surat Al-Falaq

Ayat 5 Surat Al-Falaq
sumber: suaramuslim.com

Dalam ayat ini Allah menegaskan kepada kita agar selalu berlindung dari perbuatan dengki atau hasad. Karna dengki merupakan kebencian terhadap nikmat Allah yang ada pada orang lain. Sehingga orang yang dengki sangat menginginkan hilangnya nikmat tersebut.

Bagi setiap pendengki Jika  melihat ada seseorang mendapatkan kenikmatan, maka hatinya langsung muncul rasa tidak suka.

Hampir dari semua ayat ini menjelaskan tentang kejahatan, karna kejahatan sangat beraneka ragam di zaman milenial ini. Salah satu bentuk kesempurnaan agama Islam adalah kita diajarkan agar selalu melindungi diri dari semua kejahatan.

Jika seandainya umat Islam mengerti serta mengamalkan ayat ini, maka niscaya mereka akan terselamatkan dari berbagai kejahatan.

Alhamdulillah sampai di sini pembahasan tentang kandungan surat Al-Falaq, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kesalahan dalam artikel ini, maka teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini, sekian terima kasih.

Jangan lupa bantu share.

Keutamaan surat Al-waqiah

NH_Ariff
4 min read

Pengertian Al-Qur’an

NH_Ariff
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *