Doa Nabi Yusuf

7 min read

Doa nabi yusuf

Doa Nabi Yusuf – Alhamdulillah, setelah kemarin kita membahas doa ketika marah. Kali ini kita akan membahas tentang doa-doa yang diamalkan oleh Nabi Yusuf.

Nabi Yusuf merupakan anak ke 7 dari 12 saudara, lahir dari seorang ayah yang bernama Nabi Ya’qub. Dari 12 saudara tersebut hanyalah Nabi Yusuf yang memiliki keistimewaan yang luar biasa.

Salah satu keistimewaannya adalah diberikan oleh Allah wajah yang sangat tampan dan badan yang sangat tegap. Dari wajah yang rupawan membuat Nabi Yusuf dikejar-kejar oleh para wanita. Namun bukan hanya wajahnya saja yang rupawan, tapi hati Nabi Yusuf juga sangat baik.

Nabi Yusuf memiliki kunci sendiri agar selalu menampilkan aura wajahnya dengan optimal dan bercahaya. Nah ini dia doa yang sering dibaca oleh Nabi Yusuf, mari disimak bersama-sama.

Doa Nabi Yusuf

doa nabi yusuf
sumber: youtube.com

Nabi Yusuf merupakan salah satu Nabi yang diberikan ketampanan oleh Allah selain Nabi Muhammad.

Sebab ketampanannya Beliau dimusuhi oleh saudaranya, sehingga cobaan demi cobaan menghampiri Beliau. Akan tetapi Nabi Yusuf mampu melewati berbagai macam fitnah dengan doa-doanya. Adapun doanya sebagai berikut.

رب السجن احب الي مما يدعونني اليه والا تصرف عني كيدهن أصب اليهن واكن من الجاهلين

Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimmaa yadh’uunani ilaihi, wa illa tyasrif ‘anni kaidhahunna ashbu ilaihinna wa akum minal jaahiliin.

Artinya:

Wahai Allah, penjara lebih aku senangi dari pada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka. Maka aku akan cendrung memenuhi keinginan mereka, sehingga aku termasuk orang-orang yang bodoh.

Doa ini dibaca oleh Nabi Yusuf ketika Beliau sedang menghadapi sebuah ujian yang sangat berat. Yaitu ketika digoda oleh siti Zulaikha.

Dengan doa tersebut Nabi Yusuf bisa diselamatkan oleh Allah dari godaan Siti Zulaikha. Doa ini bisa kalian pakai, agar selalu terhindar dari godaan-godaaan hawa nafsu.

Doa Nabi Yusuf Penyeri Wajah

Salah satu cerita Nabi Yusuf yang sudah dikenal oleh banyak orang. Bahkan terdapat dalam Al-Qur’an yaitu kisahnya bersama Siti Zulaikha.

Zulaikha merupakan istri dari pembesar Mesir yang memiliki wajah yang sangat cantik. Tapi melihat Nabi Yusuf Zulaikha tidak tahan dengan ketampanannya.

Mendengar ketertarikan Zulaikha kepada pembantunya, maka Zulaikha diolok-olok oleh wanita Mesir. Sehingga Sulaikha mengundang para wanita Mesir untuk singgah kerumahnya, dengan sengaja beliau menghidangkan buah-buahan beserta pisau kepada para tamunya.

Ketika para tamu mengupas buah-buahan, maka Zulaikha memanggil Nabi Yusuf untuk sekedar melintas di tengah mereka.

Alhasil sebab ketampanan Nabi Yusuf para wanita tidak sadar, bahwa pisau yang mereka pegang telah melukai tangannya sendiri.

Nah di bawah ini salah satu rahasia amalan Nabi Yusuf yang bisa kalian baca. Agar dapat mengoptimalkan wajahnya sehingga bisa terlihat lebih darmawan. Adapun doanya sebagai berikut:

أللهم كما حسنت خلقي فحسن خلقي

Dari situlah Nabi Yusuf digambarkan, bahwa beliau dapat membuat para wanita tertarik atau terpikat ketika melihatnya. Doa ini bisa kalian pakai ketika sedang bercermin.

Doa Nabi Yusuf Latin

Saat ini sebagai modal dalam bergaul yang menjadi tolak ukur adalah penampilan yang keren. Penampilan tidak hanya menjadi perhatian kaum hawa saja, tapi juga para laki-laki. Nah kira-kira bagaimana dengan kalian?.

Dengan itu, bisa jadi doa Nabi Yusuf sangat cocok untuk kalian yang masih jomblo. Sehingga kalian bisa mendapatkan pandangan yang selama ini kalian idam-idamkan. Menjadikan wajahnya bercahaya dan badannya yang perkasa.

Doa ini juga bisa membuat para wanita terpesona ketika melihatnya, namun kalian harus mengusahakan mana yang tepat untuk kalian.

Untuk cara membaca doa ini bisa kalian menggunakan dengan bahasa Arab, bisa juga dengan latin. Sebagaimana yang akan kami tulis di bawah ini.

Allahumma kamaa hassanta khalqi fa hassin khuluqii.

Banyak dari kalangan manusia yang melakukan perawatan wajah, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Tujuannya hanya untuk mendapatkan penampilan yang menarik, wajah yang bercahaya, dan sebagainya. Namun mereka lupa dengan doa ini.

Arti Doa Nabi Yusuf

Doa ini tidak hanya menuntut kesempurnaan fisik saja, tapi juga bisa menyempurnakan akhlak kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Adapun arti doa Nabi Yusuf sebagai berikut.

“Wahai Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku, maka perindah pula akhlakku”

Doa ini juga mengacu pada ketampanan yang dipancarkan dari wajah Nabi Yusuf. Namun ada arti doa Nabi Yusuf yang kedua yang perlu kalian ketahui juga, berikut ini arti doanya.

Wahai Allah jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku. Dan bagi siapa yang melihatku akan menjadi kagum serta menjadi cinta kepadaku
Baca Juga: Doa Iftitah

Amalan Doa Nabi Yusuf

amalan doa nabi yusuf
sumber: mbahnasir.com

Doa-doa para Nabi memang sangat banyak jumlahnya, sebagian besar telah diabadikan di dalam Al-Qur’an salah satunya doa Nabi Yusuf. Nah, selain doa-doa di atas ada lagi amalan-amalan Nabi Yusuf lainnya, diantaranya sebagai berikut:

Surat Al-Waqiah Ayat 35-37

Cara mengamalkan surat Al-Waqiah ayat 35-37 niatkan dalam hati. Kemudia ambil air putih lalu baca surat Al-Fatihah 1 kali serta dibarengin surat Al-Waqiah ayat 35 sebanyak 7 kali.

Kemudian, setelah itu tiupkan pada air tersebut, amalan ini bisa kalian lakukan setelah shalat shubuh dan isya’. Adapun ayatnya sebagai berikut.

اِنَّاۤ اَنْشَأْنٰهُنَّ اِنْشَآءً ۙ

Innaa ansya’ naahunna insyaa’aa

Artinya:

kami menciptakan bidadari-bidadari itu secara langsung.

فَجَعَلْنٰهُنَّ اَبْكَا رًا ۙ

fa ja’alnaahunna abkaaraa

Artinya:

Kemudian kami jadikan mereka perawan-perawan.

عُرُبًا اَتْرَا بًا ۙ

‘Uruban atraabaa

Artinya:

Yang penuh cinta dan sebaya umurnya.

Doa Nabi Yusuf Ayat 4

Amalan Nabi Yusuf bisa digunakan untuk pemanis wajah. Hal ini terdapat dalam surat Yusuf ayat 4. Ayat ini sangatlah populer dikalangan para manusia. Bahkan ayat ini sering digunakan oleh para remaja agar bisa menjadi PD ketika lewat dihadapan para wanita. Adapun ayatnya sebagai berikut.

اِذْ قَا لَ يُوْسُفُ لِاَ بِيْهِ يٰۤاَ بَتِ اِنِّيْ رَاَ يْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّا لشَّمْسَ وَا لْقَمَرَ رَاَ يْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Idz qaala yuusufu li abiihi yaa abati inni ra aitu ahada. ‘Asyara kaukabaw wasy syamsa wal qamara ra aituhum lii saajidin.

Artinya:

Ingatlah ketika Yusuf berkata kepada ayahnya. Wahai ayahku! Sungguh aku bermimmpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan-bulan, aku lihat semunya sujud kepadaku.

Surat At-Thaahaa Ayat 39

Amalan Nabi Yusuf yang ini bisa digunakan bagi kalian yang sulit dalam mencari jodoh. Agar bisa menimbulkan rasa kasih sayang terhadap manusia.

Cara mengamalkannya sangatlah mudah, baca sebanyak tiga kali lalu tiupkan pada kedua telapak tangan. Kemudian usaplah pada wajah kita selesai deeh. Adapun ayatnya sebagai berikut.

 ۗ وَاَ لْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَـبَّةً مِّنِّيْ ۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

Wa alqaitu ‘alaika mahabbatam wa litushna’alaa ‘ainii.

Artinya:

Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dariku, agar kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku
Baca Juga: Doa Qunut

Doa Nabi Yusuf Dalam Sumur

Nabi Yusuf pernah dimasukan kedalam sumur oleh saudaranya sendiri, kejadian tersebut terjadi karna adanya rasa iri. Berkat pelantara doa di bawah ini beliau bisa keluar dari sumur tersebut.

اللهم اني أسألك باسمك المخزون والمكنون يابديع السموات والارض

Artinya:

Wahai Allah, sungguh saya memohon kepadamu dengan nama-Mu yang disimpan dan yang disembunyikan. Yang membuat beberapa langit dan bumi.

Ketika Nabi Yusuf berada di dalam sumur beliau membaca doa tersebut, kemudian Allah kasih jalan keluar kepadanya. Sehingga Beliau dikasih jalan menuju kerajaan Mesir, yang tidak disangka-sangka sebelumny.

Doa Nabi Yusuf Untuk Ketampanan

Sedikit sudah kami singgung mengenai ketampanan Nabi Yusuf. Dari sekian banyak perjalanan hidup yang telah dilalui oleh beliau. Ada beberapa amalan Nabi Yusuf yang dikenal dengan doa untuk ketampanan.

Doa Nabi Yusuf untuk ketampanan manfaatnya sangat banyak, tapi kita harus yaqin kepada Allah insya Allah manfaatnya akan terasa.

Amalan Nabi Yusuf ini hanya bisa menunjukan kasih sayang serta cinta. Namun tujuan yang terpenting dari doa ini adalah agar kita lebih dekat lagi kepada Allah.

Perlu kalian ketahui juga, bahwa doa atau amalan biasanya diciptakan oleh orang-orang sholeh seperti para wali dan ulama.

Orang-orang yang bisa membuat doa pasti saja bukanlah manusia sembarangan. Mereka merupakan orang-orang yang dipilih oleh Allah untuk bisa faham dalam memahami ayat-ayat Allah.

Begitu juga dengan Nabi Yusuf yang dipercayai mempunyai doa atau amalan. Sehingga Beliau dipercayai mempunyai kekuataan daya pikat yang diyaqini oleh para masyarakat. Adapun doanya sebagai berikut.

اللهم اجعلني نور يوسف على وجهي فمن رأني يحبني محبتني

Allahummaj ‘alni nuuru yuusufa ‘alaa wajhii faman ra aanii yuhibbunii mahabbatani.

Artinya:

Wahai Allah jadikanlah nur cahaya Nabi Yusuf atas wajahku, barang siapa yang melihatku dia akan menjadi kagum serta cinta kepadaku.

Kalian bisa membaca doa ini, sebagaimana Nabi Yusuf membacanya. Semoga bacaan doa ini bisa bermafaat untuk kita semua.

Doa Nabi Yusuf Menaikkan Seri Wajah

Dengan hadirnya doa dalam ikhtiar kita, kita diajarkan supaya tidak mudah putus asa dalam mencari jodoh.

Ada salah satu amalan Nabi Yusuf yang telah dijelaskan dalam surat Yusuf ayat 31. Doa ini dikenal agar dicintai oleh wanita. Adapun doanya sebagai berikut.

فَلَمَّا سَمِعَتْ بِمَكْرِهِنَّ اَرْسَلَتْ اِلَيْهِنَّ وَاَ عْتَدَتْ لَهُنَّ مُتَّكَـاً وَّاٰتَتْ كُلَّ وَا حِدَةٍ مِّنْهُنَّ سِكِّيْنًا وَّقَا لَتِ اخْرُجْ عَلَيْهِنَّ ۚ فَلَمَّا رَاَ يْنَهٗۤ اَكْبَرْنَهٗ وَقَطَّعْنَ اَيْدِيَهُنَّ ۖ وَقُلْنَ حَا شَ لِلّٰهِ مَا هٰذَا بَشَرًا ۗ اِنْ هٰذَاۤ اِلَّا مَلَكٌ كَرِيْمٌ

Artinya:

Ketika para wanita itu mendengar cercaan mereka, diundanglah wanita itu serta disediakan tempat duduk bagi mereka. Kemudian masing-masing mereka diberikan sebuah pisau untuk memotong jamuannya.

Kemudia dia berkata kepada Yusuf, keluarlah tampakkanlah dirimu kepada mereka. Ketika wanita-wanita itu melihatnya mereka terpesona kepada keelokan rupanya. Sehingga mereka tidak sadar melukai tangganya sendiri, seraya berkata.

“Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia, ini benar-benar Malaikat yang mulia”.

Apabila diantara kalian ada yang merasa sulit dalam mencari pasangan hidup, maka amalkanlah doa ini. Karna kebanyakan orang menyakini, bahwa ayat ini mempunyai keistimewaan yang sangat menakjubkan. Itulah doa Nabi Yusuf falamma.

Cara mengamalkannya cukup mudah, baca ayat ini setelah selesai shalat dengan istiqomah. Semoga amalanNabi Yusuf ini bisa membantui kalian yang sulit dalam mendapatkan jodoh. Juga gunakanlah doa ini dengan sebaik-baiknya.

Keitimiweaan Doa Nabi Yusuf

keistimewaan doa nabi yusuf
sumber: islamituindah.info

Berikut ini merupakan beberapa keistimewaan yang ada dalam amalan Nabi Yusuf. Sehingga apabila kita ikhlas dalam mengamalkannya, maka kita akan mendapatkan apa yang ada dalam kandungan doa tersebut. Adapun keistimewaanya sebagai berikut:

  • Merasa percaya diri
  • Disukai banyak orang.
  • Menjadi mudah dalam bergaul.
  • Terlihat menarik dalam dirinya.
  • Mudah dalam mendapatkan teman.
  • Wanita menjadi terpesona dengan ketampaan kalian.
  • Mudah dalam mencari pasangan hidup.

Manfaat Doa Nabi Yusuf

manfaar doa nabi yusuf
sumber: islamituindah.info

Setiap doa yang dipanjatkan tentu mempunyai nilai positif yang patut kita hargai. Salah satu contohnya adalah ketika kita berdoa dengan amalan Nabi Yusuf.

Namun perlu kalian ketahui juga, bahwa dalam memanjatkan doa kepada Allah, tujuannya hanya untuk mendapatkan ridho darinya. Sehingga kita bisa mendapatkan manfaat dari doa tersebut, maka semua itu pasti atas izin dari Allah.

Mendapatkan manfaat dari doa yang kita panjatkan, merupakan bonus atau hadiah dari Allah yang Maha Kuasa.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari doa Nabi Yusuf yang dapat kita peroleh, diantaranya sebagai berikut.

Dapat Mendekatkan Hubungan Suami Istri

Usia pernikahan yang sudah lama sering menimbulkan kebosanan, sehingga hal tersebut bisa menghancurkan hubungan rumah tangga.

Nah, dengan membaca doa Nabi Yusuf, kalian akan terlihat lebih menarik dihadapan pasangannya. Sehingga menimbulkan rasa cinta serta menumbuhkan kasih sayang.

Salah satu manfaat dari amalan Nabi Yusuf yaitu bisa memperbaiki hubungan suami isti. Dengan itu, bacalah doa Nabi Yusuf agar kalian selalu dicintai oleh pasangannya.

Kuat Dalam Menghadapi Ujian

Tidak ada manusia yang bisa bebas dari sebuah ujian. Karna tujuan adanya ujian adalah untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan seseorang.

Namun ujian yang Allah berikan kepada hambanya sesuai dengan batas kemampuan masing-masing. Sebagaimana yang telah dialami oleh para Nabi-nabi, salah satunya Nabi Yusuf.

Namun Beliau selalu membaca doa agar selalu kuat dalam mengahadapi ujian, yang Allah berikan kepadanya. Sehingga amalan Nabi Yusuf apabila dibaca secara rutin bisa memberikan kekuatan dalam menghadapi ujian.

Dijauhi Dari Musibah

Semakin sering membaca doa, maka semakin besar pula harapan kita. Sehingga doa menjadi senjata bagi orang Islam.

Sebagaimana yang dialami oleh Nabi Yusuf ketika digoda oleh Zulaikha, maka kemudian Beliau membaca doa agar terhindar dari musibah tersebut.

Kuat Dalam Melawan Hawa Nafsu

Wanita yang menggoda Nabi Yusuf memiliki wajah yang cantik serta tubuh yang mempesona. Sehingga setan terus menggoda dan merayu, agar Beliau terjerumus dalam kemaksiatan.

Namun dengan kekuatan doanya, Beliau mampu memberantas hawa nafsunya, juga Beliau lolos dari godaaan setan yang membujuknya.

Amalan Nabi Yusuf bisa kalian gunakan ketika hawa nafsunya sedang membara. Tujuannya agar Allah selalu melindungi kalian dari godaan setan.

Memiliki Wajah Yang Bercahaya

Manfaat manfaat Nabi Yusuf yang terakhir yaitu menjadikan wajahnya bercahaya tanpa harus memakai make up.

Kalian akan nampak lebih tampan dan cantik dari biasanya. Apabila kalian seorang pemimpin, maka kalian akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma. Sehingga orang yang memandang akan terpesona dengan aura yang kalian miliki.

Manfaat amalan Nabi Yusuf tersebut semuanya terjadi dengan izin Allah. Sehingga kita harus yaqin dengan ketetapan yang Allah berika kepada kita.

Demikianlah penjelasan tentang doa Nabi Yusuf. Semoga kita bisa mengamalkan doa ini, agar kita mendapatkan anugrah seperti Nabi Yusuf.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Sekian terima kasih.

Jangan lupa bantu share.

Doa Belajar

NH_Ariff
4 min read

Doa Ketika Marah

NH_Ariff
5 min read

Doa Qunut

NH_Ariff
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *