Asbabun Nuzul Surat Al-Quraisy

3 min read

asbabun nuzul surat al-quraisy

Assalalmualaikum sahabat setia duniapondok.com, terima kasih telah kembali lagi di web kami. Setelah kemarin kita membahas ayat Al-Qur’an tentang jodoh, kali ini kita akan membahas asbabun nuzul surat Al-Quraisy.

Siapa sih disini yang tidak mengenal surat Al-Quraisy? Nah betul, pasti semua sudah tau dong hehe. Walaupun kalian sudah mengenal surat Al-Quraisy. Apakah kalian mengetahui sebab-sebab turunya surat ini? Nah so, mari kita simak bersama-sama.

Asbabun Nuzul Surat Al-Quraisy

Asbabun Nuzul Surat Al-Quraisy
sumber: ganaislamika.com

Surat Quraisy merupakan surat ke-106 dalam Al-Qur’an, yang mana surat ini terdiri dari 4 ayat dan termasuk dari surat Makkiyah.

Lalu mengapa surat ini dinamakan surat Quraisy ada yang tau teman-teman? Nah betul, dinamakan Quraisy diambil dari ayat yang pertama.

Quraisy merupakan salah satu suku terkuat serta paling ampuh di kota Mekah

Surat ini turun kepada Nabi Muhammad setelah surat At-Tin termasuk surat ke-29 yang turun kepada beliau.

Salah satu sebab turunya surat ini adalah untuk mengingatkan kepada orang-orang Quraisy atas nikmat yang Allah berikan kepadanya.

Diantara nikmatnya adalah nikmat keamanan, nikmat makanan, dan sebagainya. Dengan demikian banyaknya nikmat.

Jaminan keamanan di sini salah satu nikmat yang paling besar yang Allah berikan kepada kaum quraisy. Dengan itu, semestinya orang qurasiy harus menyembah Allah tanpa menyekutukannya, tapi kenyataanya tidak. Padahal Allah telah memuliakan orang quraisy sebagaimana dalam hadits.

Artinya:

Sesungguhnya Allah telah memuliakan orang Qinanah di atas Bani Ismail. Memuliakan Quraisy di atas Qinanah, memuliakan Bani Hasyim di atas Quraisy. Serta memuliakan Muhammad di atas Bani Hasyim.

Syaikh Imam Wahbab Az-Zuhaili menjelaskan dalm tafsir Munir tentang asbabun nuzul surat Al-Qurasiy, bahwa Nabi Muhammad pernah bersabada:

Artinya:

Allah telah memuliakan orang-orang Quraisy dengan tujuh hal diantaranya. Aku dari golongan mereka, kenabian ada pada mereka, hijabah, siqayah ada pada mereka

Allah telah menolong mereka dari pasukan gajah. Mereka menyembah Allah selama sepuluh tahun saat tidak ada golongan selain mereka yang menyembahnya. Sehingga Allah menurunkan satu surat dalam Al-Qur’an yang berbicara tentang mereka.” kemudian Nabi Muhammad membaca surat al-Quraisy.

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Baihaqi termasuk hadits hasan.

Bunyi Surat Al-Quraisy

لِاِ يْلٰفِ قُرَيْشٍ ۙ

Li’ilaafi quraiisy

اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَآءِ وَا لصَّيْفِ ۚ

Ilaafihim rihlatasy syitaa’i wash shaif

فَلْيَـعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِ ۙ

Falya’budu rabba hadzal baiit

الَّذِيْۤ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ

Alladzi ath’amahum ming juu’iw wa aamanahum min khauuof

Arti Surat AL-Quraisy

  • Karna kebiasaan kaum quraisy.
  • Yaitu kebiasaan mereka bepergiaan (berjalan) pada musim dingin dan panas.
  • Maka hendaklah mereka menyembah Allah pemilik rumah ini (ka’bah)
  • Yang telah memberikan makanan kepada mereka untuk menghilangkan rasa lapar serta mengamankan mereka dari rasa ketakutan.

Isi Kandungan Surat Al-QUraisy

Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam surat Al-Quraisy, salah satunya tentang peringatan Allah kepadanya. Adapun isi kandungan surat Al-Quraisy diantaranya sebagai berikut:

  1. Allah telah memberikan nikmat yang begitu banyak kepada penduduk quraisy. Maka dari hal tersebut, seharusnya wajib bagi mereka untuk menyembah ALlah.
  2. Orang quraisy bisanya melakukan perjalanan untuk berdagang pada musim dingin ke negara Syam dan Yaman. Sedangkan pada musim panas ke kota Thaif, Mekkah, dan Asir.
  3. Dalam perjalanan mereka mendapatkan jaminan keamanan dari para penguasa      negara yang mereka singgahi. Perjalanan mereka yang paling adalah perjalan ke    kota Yaman pada musim dingin.

Kemuliaan Suku Quraisy

Para penduduk quraisy telah melakukan hubungan dagang internasional setelah diceritakan dalam Al-Qur’an. Secara tidak langsung telah mendatangkan barang impor serta mengirimkan barang ekspor.

Pada musim panas orang quraisy mengambil dagangan berupa buah di Negara Syam untuk dijual di Yaman. Juga mengambil barang dagangan berupa gandum untuk bahan membuat roti.

Sedangkan pada musim dingin orang quraisy mengambil barang dagangan di negara Yaman berupa rempah-rempah, kain sutra, barang pecah, dan sebagainya. Semua barang itu dibawa ke Syam untuk dijual pada saat musim panas.

Kota Mekkah Al-Mukarramah sudah menjadi tempat tinggal orang quraisy, serta dijadikan  kota lintas dagagan antar negara.

Sehingga penduduk quraisy menjadi terkenal dalam hal dagangan dan menjadi turun-temurun. Sebab hal tersebut agama Islam bisa tersebar hingga berbagai macam negara.

Tafsir Surat Al-Quraisy

Tafsir Surat Al-Quraisy
sumber: initu.id

Tafsir Surat Al-Quraisy Ayat 1

Huruf ل pada kalimat ini menunjukan magna takjub, seakan-akan kagumlah kamu kepada kebiasaan kaum quraisy. Serta nikmat yang telah Allah berikan kepada mereka.

Ibnu Katsir telah menjelaskan dalam tafsir munir bahwa lafadأ يْلٰفِ  mengandung arti tradisi atau kebiasaan. Ada juga yang mengatakan bahwa quraisy adalah Fihr. Jadi yang benar adalah semua penduduk asli kota Mekkah adalah keturunan suku Quraisy.

Suku quraisy yang awalnya terpecah belah, lalu menyatu dalam satu barisan yang sangat kokoh, karna sebab hal tersebut.

Selain itu ada yang berpendapat bahwa quraisy berasal dari kata Qarasya قرش yang artinya mencari dan berusaha. Suku ini dinamakan qurasiy karna sangat ulet dalam hal dagang serta selalu mencari orang-orang yang butuh bantuan.

Tafsir Surat Al-Quraisy Ayat 2

Surat ini mempunyai hubungan dengan surat Al-fill. Surat Quraisy menjelaskan tentang nikmat  yang Allah berikan kepada kaum quraisy. Sedangkan surat Al-Fiil menjelaskan penghancuran pasukan gajah yang telah menyerang ka’bah, adapun tafsirnya sebagai berikut.

اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَآءِ وَا لصَّيْف

kata  رِحْلَةَ pada lafad ini memiliki arti bepergian ke suatu tempat yang jauh. Sehingga ayat ini menunjukan bahwa orang quraisy telah melakukan perjalanan dua kali setiap tahunnya, yaitu pada musim panas dan dingin.

Perjalanan tersebut diketuai oleh paman Nabi Muhammad yaitu Hasyim bin Abdi Manaf

Ketika kakek Nabi Muhammad menyampaikan kepada suku quraisy serta meminta-mita saling membantu. Setelah mendengar bahwa Bani Makhsum ada yang melakukan i’tifar.

Dari situlah mereka semua sepakat bahwa apa yang diperoleh si kaya akan dibagikan pula kepada si miskin. Munkin salah satu kebiasaan inilah yang dipuji oleh Allah.

Tafsir Surat Al-Quraisy Ayat 3

فَلْيَـعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِ

Orang quraisy seharusnya menyembah Allah tanpa menyekutukannya, karna Dialah yang telah menjadikan kota yang suci, aman, damai, dan sebainya. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat An-Naml ayat 91.

اِنَّمَاۤ اُمِرْتُ اَنْ اَعْبُدَ رَبَّ هٰذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِيْ حَرَّمَهَا وَلَهٗ كُلُّ شَيْءٍ وَّاُمِرْتُ اَنْ اَكُوْنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ ۙ

Artinya:

Sesungguhnya saya telah diperintahkan oleh Allah untuk negeri ini (Mekkah), yang tela menjadikan suci padanya dan baginya segala sesuatu. Sehingga saya diperintahkan agar termasuk orang-orang yang muslim.

Tafsir Surat Al-Quraisy Ayat 4

الَّذِيْۤ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ

Ada dua kenikmatan yang Allah berikan kepada orang quraisy dalam ayat tersebut, stabilitas keamanan dan kesejahteraaan ekonomi. Dua hal tersebut merupakan suatu yang sangat berharga bagi masyarakat.

Lalu mengapa Allah memberikan nikmat tersebut kepada kaum quraisy, ada yang tau jawabanya teman-teman?. Nah betul, karna Allah meletakkan rumahnya di kota tersebut (Mekkah). Seandainya Allah tidak meletakkan rumahnya, niscaya mereka tidak akan memperoleh kemudahan dan keistimewaan tersebut.

Demikianlah artikel tentang asbabun nuzul surat Al-Quraisy, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Khususnya kepada para santri.

Barang kali dari teman-teman ada yang mau ditanyakan tentang asbabun nuzul surat Al-Quraisy. Bisa kirim di kolom komentar di awah ini.

Keutamaan surat Al-waqiah

NH_Ariff
4 min read

Pengertian Al-Qur’an

NH_Ariff
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *