Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab

2 min read

surat Al-Lahab

Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab – Nama surat ini diambil dari kata Al-Lahab. Terletak pada ayat ke tiga yang artinya api yang bergejolak. Surat ini terdiri dari lima ayat, termasuk surat yang ke 111 dalam Al-Qur’an.

Ayat ini menjelaskan tentang nasib salah satu paman Nabi Muhammad yaitu Abu Lahab. Beserta istrinya yang sudah diancam dengan siksa api neraka.

Sebelum teman-teman membaca artikel ini lebih lanjut. Alangkah baiknya baca dulu ayat tentang zina, barang kali bisa menjadi tambahan ilmu untuk teman-teman.

Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab

Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab
sumber: youtube.com

Surat Al-Lahab menceritakan tentang sosok seorang manusia yang bernama Abu Lahab, beliau termasuk salah satu paman Nabi Muhammad. Nama aslinya adalah Abdul Uzza ibn Abdul Muthalib.

Nama Uzza mengambil dari sebuah berhala yang disembah-sembah pada masa jahiliyah, lalu mengapa beliau dipanggil Abu Lahab.? Nah betul, karna beliau memiliki wajah yang teramat putih.

Latar belakang beliau, Abu Lahab peminum khamar, tegas, kasar, gampang marah, mempunyai hati keras, dan sebagainya. Lalu apa sebabnya turun ayat ini, mari kita simak bersam-sama?

Surat ini merupakan ancaman terhadap Abu Lahab, yang telah menyakiti Nabi Muhammad. Bahwa beliau akan masuk neraka dengan siksaan yang pedih. Sebagaimana dalam sebuah hadits.

Suatu hari Nabi Muhammad sedang mengajak orang-orang untuk masuk Islam. Lalu dari belakang ada laki-laki berwajah cerah, rambutnya kepang, katanya juling, lalu berkata; Sesungguhnya dia Muhammad adalah pemeluk agama baru lagi berdusta. Maka turunlah surat Al-Lahab yang mengancam, bahwa beliau akan kekal di dalam neraka.

Bunyi Surat Al-Lahab

تَبَّتْ يَدَاۤ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّ ۗ
Tabbat yadaa abii lahabiw wa tabb

مَاۤ اَغْنٰى عَنْهُ مَا لُهٗ وَمَا كَسَبَ ۗ
Maa agnaa ‘an hu maaluhu wa maa kasab

سَيَصْلٰى نَا رًا ذَا تَ لَهَبٍ ۙ
Sayashlaa naaron dzata lahab

وَّا مْرَاَ تُهٗ ۗ حَمَّا لَةَ الْحَطَبِ ۚ

Wamra’atuhu hammaalatal hatbab

فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ

Fii jiidihaa hablum mim masadd

Surat Al-Lahab mp3

Arti Surat Al-Lahab Latin

  1. Binasakah kedua tangan Abu Lahab dengan sebenar-benarnya binasa
  2. Tidaklah berguna baginya harta serta apa yang apa dia usahakan
  3. Kelak dia akan masuk kedalam api neraka yang bergejolak
  4. Dan juga begitu pula istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah)
  5. Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal

Tafsir Surat Al-Lahab

Tafsir Surat Al-Lahab
sumber: youtube.com

Ayat 1 Surat Al-Lahab

تَبَّتْ يَدَاۤ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّ ۗ

Menurut Ibnu Katsir dalam kitabnya, bahwa ayat pertama ini menunjukan celakanya Abu Lahab yang sudah nyata akan binasa serta rugi.

Kata تبت terdiri dari dua huruf yaitu ta’ dan ba’. Dalam penggabungan dua huruf ini mengandung arti akan berakhir dengan kebinasaan. Sedangkan يدا memiliki arti kedua tangan, dalam kalimat  ini berbentuk majazi. Yaitu yang binasa bukan hanya tangan Abu Lahab saja, tapi semua anggota tubuhnya binasa.

Nama Abu Lahab mengisyaratkan bahwa ia akan dibakar dengan api yang bergejolak di neraka nanti, sesuai dengan nama Lahab.

Ketika Abu Lahab mati teman-temannya tidak ada yang mau menguburkannya, karna takut apabila menyentuh akan tertular. Akhirnya jasadnya dibiarkan sampai tiga hari sehingga tempat tidurnya dijadikan kuburan.

Inilah kebinasaan Abu Lahab yang bisa disaksikan di dunia. Lalu apa yang menyebabkan Abu Lahab meninggal dunia? Nah betul dia mati karna ditimpa penyakit lepra.

Ayat 2 Surat Al-Lahab

مَاۤ اَغْنٰى عَنْهُ مَا لُهٗ وَمَا كَسَبَ ۗ

Pada zaman jahiliyah semua orang berbangga-bangga dengan harta dan anak-anaknya, salah satunya Abu Lahab.

Bahkan dia pernah berkata, apabila yang dikatakan Muhammad ini benar. Maka saya nanti di hari kiamat akan menebus diriku dari adzab dengan harta dan anak-anakku. Sungguh pantas orang ini mendapatkan siksaan yang pedih.

Kata اَغْنٰى memiliki arti lampau. Jadi arti dari kalimat ini adalah tidak berguna harta dan usaha Abu Lahab di masa depan.

Jadi apa yang dikatakan Abu Lahab di atas hanyalah angan-angan saja. Apa yang ia miliki baik harta, keturunan, dan tahta semuanya tidak akan bisa menolongnya di hari kiamat.

Aya 3 Surat Al-Lahab

سَيَصْلٰى نَا رًا ذَا تَ لَهَبٍ

Ayat ini menjelaskan bahwa api yang menyala sudah tidak memiliki asap lagi. Ini menunjukan betapa pedihnya siksaan yang diberikan kepada Abu Lahab.

Ayat 4 Surat Al-Lahab

وَّا مْرَاَ تُهٗ ۗ حَمَّا لَةَ الْحَطَبِ

Kalimat حَمَّا لَةَ الْحَطَبِ memiliki arti lain yaitu pembawa isu dan fitnah. Yang dimaksud pembawa kayu bakar dalam ayat ini adalah istrinya Abu Lahab. Jadi yang masuk ke dalam neraka bukan hanya Abu lahab saja, tapi juga istrinya. Lalu siapa nama istrinya itu? Nah betul, Ummu jamil nama aslinya yaitu Arwah binti Hart bin Umayyah.

Istrinya Abu Lahab memiliki julukan hammaalatal khatab, yang artinya pembawa kayu bakar. Maka dari itu kelak akan disiksa dalam api neraka.

Ayat 5 Surat Al-Lahab

فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ

Ayat ini menceritakan betapa hinanya dia. Ibnu Jarir menjelaskan bahwa istri Abu Lahab memiliki sebuah kalung yang sangat mewah dan mahal. Kemudian dia berkata:

Sesungguhnya saya akan jual kalung ini untuk biaya memusuhi Muhammad. Maka Allah akan membalasnya dengan tali yang dikalungkan di lehernya dari api neraka

Kalimat جِيْدِ artinya leher, kalimat ini sering digunakan untuk menggambarkan keindahan leher seorang wanita ketika dihiasi dengan kalung. Sedangkan مَّسَد artinya tali yang terbuat dari sabut, tali ini berasal dari pohon yang tumbuh di kota Yaman.

Itulah penjelaskan singkat tentang asbabun nuzul surat Al-Lahab, semoga bisa menambah wawasan kepada teman-teman semua.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, bisa teman-teman kirim komentar di kolom di bawah ini. Agar duniapondok bisa berkarya lebih bagus lagi.

Jangan lupa bantu share.

Keutamaan surat Al-waqiah

NH_Ariff
4 min read

Pengertian Al-Qur’an

NH_Ariff
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *