Arti Syafakallah

4 min read

arti syafakallah

Arti Syafakallah -Sakit merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari, sehingga bisa melemahkan fisik dan psikis seseorang. Ia juga menandakan reaksi, bahwa tubuh sedang baik-baik saja.

Dengan itu, orang yang sakit biasanya membutuhkan pelipur hati. Karna Islam memberikan keistimewaan kepada orang yang sakit berupa penghapusan dosa.

Nah, salah satunya kata yang sering diucapkan kepada orang yang sakit yaitu kata syafakallah. Karna dalam ungkapan kata tersebut, mengandung doa kesembuhan.

Lalu apa sih sebenarnya arti lafadz syafakallah? Nah, berikut ini terdapat beberapa penjelasan mengenai arti syafakallah dan syafakillah. Mari kita simak bersama-sama.

Arti Syafakallah

arti syafakallah
sumber: fenham.id

Orang yang sakit pasti membutuhkan dukungan dari orang yang ada di sekitarnya. Sehingga Islam sangat menganjurkan kepada kita agar menjenguk serta mendoakan kepada saudara kita yang sedang sakit.

Karna doa yang sering diucapkan adalah doa syafakallah, maka kita harus mengetahui dulu arti syafakallah.

Arti yang terkandung dalam kata syafakallah dan syafakillah adalah semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu. Kedua kata tersebut memiliki arti yang sama. tapi penggunaannya yang berbeda.

Kata syafakallah biasanya digunakan untuk laki-laki, sedangkan kata syafakillah digunakan untuk kaum Hawa.

Jadi, apabila diartikan secara luas kedua kata tersebut merupakan ungkapan yang diucapkan kepada saudaranya yang sedang sakit.

Memang kaata syafakallah dan syafakillah merupakan doa yang sederhana, namun sangat berarti bagi orang yang sedang sakit.

Tulisan Arab Syafakallah

Dalam penggunaan bahasa Arab terdapat kata ganti yang disebut dengan dhomir. Sehingga penggunaan kata syafakallah dan syafakillah dibedakan sesuai dengan dhomir muttashil.

Jadi, apabila dhomir muttashil digabungkan dengan kata syafakallah dan kata syafakillah. Maka kata tersebut memiliki beberapa bentuk, diantaranya sebagai berikut.

شفاه الله

Syafahullah kata ini digunakan khusus untuk para laki-laki.

شفاها الله

Syafahallah, kata ini digunakan khusus untuk para wanita.

شفاهم الله

Syafahumullah, kata ini digunakan khusus untuk para mereka laki-laki.

شفاهن الله

Syafahunnallah, kata ini digunakan khusus untuk para mereka wanita.

شفاك الله

Syafakallah, kata ini digunakan khusus untuk kepada kamu laki-laki.

شفاك الله

Syafakillah, kata ini digunakan untuk kepada kamu wanita.

شفاكم الله

Syafakumullah, kata ini digunakan untuk kepada kalian para laki-laki.

شفاكن الله

Syafakuhunnallah, kata ini digunakan kepada kalian para wanita.

شفانا الله

Syafanallah, kata ini digunakan untuk kita.

شفاني الله

Syafaniillah, kata ini digunakan untuk saya (diri sendiri).

Jawaban Syafakillah

Bagi kalian yang sedang sakit, maka seharusnya bersyukur ketika mendapatkan doa syafakallah dari kerabat atau familinya. Karna masih ada orang yang peduli dengan kesembuhan kalian.

Lalu apa jawaban yang tepat untuk orang yang mendapatkan doa ini?. Nah, jawaban yang bisa diberikan tergantung dengan jenis kelamin orang yang mengucapkannya.

Untuk ucapan dari seorang laki-laki, maka bisa dibalas dengan kata جزاك الله خيرا yang artinya semoga Allah membalas kebaikanmu. Dan apabila yang mengucapkan adalah wanita. Maka jawaban yang digunakan جزاك الله خيرا jazakillah khairan yang artinya semoga Allah membalas kebaikanmu.

selain itu, jawaban lain yang bisa kalian gunakan untuk menjawab doa syafakallah adalah جزاكم الله خيرا كثيرا. Arti dari lafadz tersebut tidak jauh beda dengan yang di atas.

Jawaban ini juga bisa kalian gunakan ketika kalian tidak tahu siapa saja yang mengucapkan syafakallah kepada kalian. Karna lafadz ini ditujukan untuk umum. Itulah sebagian kata balasan syafakillah yang bisa kalian gunakan ketika mendapatkan doa syafakillah.

Awal Mula Kata Syafakallah

tulisan arab syafakallah
sumber: baca.co.id

Tentu kita selalu bertanya-tanya, sejak kapan kata syafakallah ini digunakan?. Berdasarkan dalam sejarah Islam, bahwa Nabi Muhammad sudah menggunakan kata syafakallah ini untuk para sahabatnya yang sakit.

Sepintas memang sederhana kata syafakallah, namun ucapan tersebut terkadang menjadi wasilah sembuhnya orang yang sakit. Mengapa demikian? Karna doa tersebut sudah digunakan oleh manusia yang agung.

Namun ada beberapa riwayat lain. Bahwa kata syafakallah masih belum diketahui dengan benar penggunaanya dalam doa yang diucapkan oleh Nabi Muhammad. Karna ucapan tersebut merupakan ucapan sehari-hari dari satu orang ke orang lain.

Walaupun banyak pendapat tentang doa syafakallah, tapi doa ini tidak dipermasalahkan untuk digunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kita sebagai umat Muslim, sudah seharusnya meneladani Nabi Muhammad dengan mengayomi saudara kita yang sedang sakit.

Sehingga kita bisa menggunakan doa syafakallah untuk saudara kita yang sedang sakit setelah kita mengetahui artinya. Dengan tujuan agar dia bisa segera sembuh.

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

keutamaan menjenguk orang sakit
sumber:

Bagi kalian yang sering menjeguk saudaranya yang sakit, ternyata kalian akan mendapatkan keutamaan. Diantara keutamannya sebagai berikut.

Mendapatkan Pahala

Amal kebaiakan yang pernah kalian lakukan, maka itu semua akan kembali kepada dirinya masing-masing.

Salah satunya ketika kalian menjenguk saudaranya yang sedang sakit, maka akan ada orang yang menjenguk ketika kalian sakit. Jadi tidak ada ruginya menjenguk saudara yang sakit.

Mendapatkan Tempat di Surga

Pahala yang begitu besar bagi kalian yang menjeguk saudaranya yang sedang sakit. Bahwa para Malaikat mendoakan perjalanan kalian. Hal tersebut, sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad.

Artinya:

Barang siapa yang menjeguk orang yang sakit, maka berserulah para penghuni langit (Malaikat). Kemudian berkata. Bagus kalian, bagus perjalananmu, serta kalian telah mempersiapkan tempat di surga.

Mendapatkan Doa Para Malaikat

Menjeguk orang yang sakit akan mendapatkan doa kebaikan dari 70.000 ribu Malaikat. Doa para Malaikat tentu sangat berharga bagi setiap orang.

Jadi, bagi kalian yang rela membuang waktunya demi menjenguk saudaranya yang sakit. Maka Malaikat akan ikut mendoakan serta memohon ampunan untuk kalian semua.

Mendapatkan Hikmah

Datang dalam menjenguk orang yang sakit, seakan-akan diingatkan atas kesehatan dan rahmat yang diberikan oleh Allah. Karna kita sebagai manusia terkadang lupa dengan nikmat yang Allah berikan.

Sehingga kita bersyukur ketika melihat orang yang sedang sakit, karna Allah masih memberikan nikmat berbentuk kesehatan.

Selain itu, menjeguk orang sakit akan mengingatkan terhadap dosa-dosa yang pernah dilakukan di dunia. Juga menjenguk orang sakit akan mengingatkan akan kematian.

Baca Juga: Arti Barakallah

Larangan Dalam Menjeguk Orang Sakit

larangan dalam menjenguk orang sakit
sumber: youtube.com

Ini merupakan hal yang sangat penting dalam menjenguk orang sakit. Hal ini harus kalian fahami ketika menjeguk orang yang sakit. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Terkalu lama saat menjeguk.
  2. Menjeguk di waktu istirahat.
  3. Berbicara sesuatu yang tidak penting.
  4. Datang dengan cara yang tidak sopan.
  5. Menceritakan penyakitnya kepada orang lain.

Lima poin ini harus kalian hindari saat menjenguk orang sakit. Karna hal tersebut sangat besar dampaknya bagi orang yang sedang sakit.

Demikianlah artikel tentang arti syafakallah, semoga artikel ini bisa bermanfaat serta menjadi tambahan ilmu untuk kita semua. Sebelum teman-teman mengakhiri artikel ini, maka alangkah baiknya baca juga arti alhamdulillah di link tersebut.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Sekian terima kasih.

Jangan lupa bantu share.

Tulisan Arab Innalillahi

NH_Ariff
5 min read

Tulisan Arab Bismillah

NH_Ariff
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *