Arti Ahlan Wa Sahlan

5 min read

arti ahlan wa sahlan

Arti Ahlan Wa Sahlan – Hari ini di Indonesia ungkapan bahasa Arab sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan bukan hanya kalangan santri yang mengucapkan bahasa Arab, namun juga di kalangan masyarakat muslim.

Jika ada pertanyaan kepada kalian mengenai apa Arti Ahlan Wa Sahlan Bihudurikum? Apa jawaban ahlan wa sahlan ya ukhti? Apa jawaban ahlan wa sahlan untuk wanita?.

Dengan itu, kalian tidak usah bingung lagi. Karna pada kesempatan kali ini duniapondok akan membahas tuntas tentang arti ahlan wa sahlan beserta jawabannya. Mari kita simak bersama-sama.

Tulisan Arab Ahlan Wa Sahlan Wa Marhaban

tulisan arab ahlan wa sahlan
sumber: cf.shopee.co.id

Dalam kamus besar KBBI telah dijelaskan, bahwa kalimat ahlan wa sahlan biasanya digunakan ketika menyambut tamu yang datang.

Arti dari ahlan adalah keluarga sedangkan wa sahlan artinya mudah, sehingga apabila di gabungkan artinya menjadi keluarga yang mudah. Sebelum teman-teman melanjuti artikel ini, maka alangkah baiknya baca dulu arti astagfirullah di link tersebut.

Namun arti tersiratnya adalah selamat datang. Munkin arti ini yang di maksud adalah semoga kalian berada di keluarga yang mudah. Adapun tulisan arab ahlan wa sahlan sebagai berikut.

أَهْلاُ وَسَهْلاُ

Walalupun kebanyakan orang Indonesia mengartikan Ahlan wa sahlan sebagai selamat datang. Namun ternyata arti ahlan wa sahlan lebih luas dari hanya sekedar ucapan selamat datang. Adapun lirik ahlan wa sahlan sebagai berikut.

Apa Arti Ahlan Wa Sahlan

Apa Arti Ahlan Wa Sahlan
sumber: youtube.com

Lalu apakah arti ahlan wa sahlan? Sabagaimana yang telah saya singgung di atas. Bahwa lafad ahlan wa sahlan apabila digabungkan artinya menjadi saya menerima kalian sebagai bagian dari keluarga kami. Serta kami menerima kalian dengan mudah.

Dari arti di atas kita bisa menyimpulkan. Bahwa arti dari lafad ahlan wa sahlan mendekati arti silahkan, jangan sungkan-sungkan, anggaplah rumah sendiri.

Jadi apabila kita mengucapkan ahlan wa sahlan kepada orang yang datang kepada kita. Artinya kita sudah rela menerima serta menganggap tamu tersebut sebagai keluarga sendiri.

Makna sebagai saudara menunjukkan, bahwa lafad ahlan wa sahlan menggambarkan rasa persaudaraan. Sedangkan wa sahlan menggambarkan sikap tolong menolong serta saling meringankan beban terhadap sesama. Sebagaimana Rasulullah mengajarkan kepada umatnya tentang menjaga persaudaraan.

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ فِي الدُّنْيَا يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ عَلَى مُسْلِمٍ فِي الدُّنْيَا سَتَرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

Artinya:

Barang siapa yang melapangkan satu dunia dari seorang mukmin, maka Allah akan melapangkan darinya satu kesusahan di hari kiamat.

Dan barang siapa yang memudahkan urusan orang yang sedang kesulitan di dunia. Maka Allah akan memudahkan darinya kesulitan di dunia dan akhirat.

Dan barang siapa yang menutup aib saudaranya di dunia, maka Allah akan tutup aibnya di dunia dan akhirat. Dan sesungguhnya Allah selalu ada di dalam pertolongan seorang hamba, selama hamba ada di dalam pertolongan saudaranya.

Arti Ahlan Wa Sahlan Bikum

Arti Ahlan Wa Sahlan Bikum
sumber: youtube.com

Arti ahlan wa sahlan bikum adalah doa yang diucapkan orang Arab kepada tamunya. Sehingga orang Arab memaknai lafad ini sebagai beriku.

أَهْلاُ artinya sekarang kalian telah menjadi keluarga saya. Sedangkan وَسَهْلاُ artinya mudah-mudahan Allah memudahkan segala urusan kalian.

Jadi mulai sekarang teman-teman harus mengucapkan lafad ahlan wa sahlan kepada tamunya, jangan gunakan kalimat welcome atau selamat datang. Karna itu merupakan kebiasaan yang digunakan oleh orang Arab.

Jawaban dan Balasan Ahlan Wa Sahlan

Jawaban dan Balasan Ahlan Wa Sahlan
sumber: media.com

Jawaban ahlan wa sahlan hampir sama dengan balasan assalamualaikum. Namun ahlan wa sahlan harus direspon dengan jawaban sesuai dengan orang yang mengucapkan ahlan wa sahlan.

Maksudnya adalah untuk laki-laki dan wanita jawabannya hampir sama. Lalu apa jawaban ahlan wa sahlan untuk wanita? Jawabannya hampir sama dengan laki-laki Cuma hanya beda dhamir. Nah agar kalian tidak salah lagi, mari disimak bersama-sama.

  • Jawaban Ahlan Wa Sahlan Untuk Laki-Laki

Jika ada seorang laki-lak yang mengucapkan ahlan wa sahla kepada kalian, maka kalian harus jawab dengan lafad ini.

أَهْلاُ بِكَ (Ahlan bika).

Artinya: Selamat datang juga kamu laki-laki.

  • Jawaban Ahlan Wa Sahlan Untuk Wanita

Namun jika yang mengataka ahlan wa sahlan kepada kalian adalah wanita, maka kalian harus menjawab dengan lafad.

أَهْلاُبِكِ (ahlan biki)

Artinya: Selamat datang kamu wanita.

  • Jawaban Ahlan Wa Sahlan Untuk Umum

Adapun jawaban ahlan wa sahlan kepada orang banyak seperti tamu, maka kalian harus menjawab dengan lafad.

أَهْلاُبِكُمْ (ahlan bikum)

Artinya:

Selamat datang semua kalian semua

Nah itulah jawaban ahlan wa sahlan yang benar. Jadi hanya dhamir saja yang digantikan, maka kalian harus menyesuaikan siapa yang datang laki-laki atau wanita.

Baca Juga : Arti Subhanallah

Perbedaan Ahlan Wa Sahlan dan Marhaban

sumber: .pinimg.com

Quraish Shibah telah menjelaskan, bahwa dalam kaidah bahasa Arab selamat datang diucapkan dengan perkataan ahlan wa sahlan dan marhaban. Sehingga Beliau meluruskan lagi perbedaan antara ahlan wa sahlan dan marhaban.

Kata marhaban merupakan kata yang sudah ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Yang mana kata ini diartikan sebagai penghormatan dalam menyambut tamu.

Sedangkan kata ahlan wa sahlan belum tertulis di dalam KBBI. Apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia, maka artinya adalah selamat datang. Namun secara etimologi ahlan wa sahlan dan marhaban memiliki perbedaan yang mendasar.

Frasa marhaban diambil dari kata rahb yang artinya lapang/luas. Dari asal kata yang sama, maka muncullah kata yang memiliki arti selamat datang.

Sehingga dari kata tersebut. Kata marhaban memiliki arti selamat datang kepada para tamu yang diterima dengan penuh lembut, lapang dada, dan penuh kegembiraan. Maka dari itulah, dipersiapkan baginya ruangan yang luas.

Namun sebagian ulama mendahulukan kata marhaban dari pada kata ahlan wa sahlan. Karna kata tersebut memang lebih tepat apabila digabungkan dengan bulan Ramadhan. Sehingga menjadi kalimat Marhaban Ya Ramadhan.

Kalimat مَرْحَباُ ياَرَمَضَانَ memiliki arti kami menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan, serta kami mempersiapkan diri dalam mengasuh jiwa kami.

Akhir Kata

Itulah penjelasan artikel tentang arti ahlan wa sahlan. Semoga artikel ini bisa menjadi manfaat serta menjadi tambahan ilmu untuk kita semua. Namun sebelum teman-teman mengakhiri akrtikel ini, maka alangkah baiknya baca juga arti masya Allah di link tersebut.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, maka kalian bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Kalian juga bisa mengunjungi artikel kami yang lain masih seputar tentang agama, di situs dunia pondok.

Tulisan Arab Innalillahi

NH_Ariff
5 min read

Tulisan Arab Bismillah

NH_Ariff
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *