Tata Cara Sujud Syukur yang Benar

Tata cara sujud syukur – Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita dianjurkan sujud syukur. Baik dalam kondisi dan sebab-sebab tertentu.

Selama ini kita melakukan sujud ketika dalam shalat saja, karna memang sujud termasuk dari bagian shalat. Tapi dalam islam ada beberapa sujud yang perlu kamu ketahui, salah satunya sujud syukur. Sebelum membaca lebih lanjut lagi, alangkah baiknya baca dulu tentang bacaan sujud tilawah.

Bersyukur tidak hanya dilakukan ketika mendapatkan kesenangan saja, tetapi juga saat terhindar dari marabahaya. Sudah kewajiban kita sebagai manusia, bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Dalam artikel kali ini dunia pondok akan menjelaskan secara lengkap mengenai tentang tata cara sujud syukur. Mulai dari niat, bacaan, dan hikmah sujud syukur.

Pengertian Sujud Syukur

Sujud syukur merupakan sujud yang dilakukan hanya satu kali ketika seseorang baru saja mendapatkan kenikmatan dari Allah.

Baik terlepas dari sebuah kesengsaraan, mendapatkan hadiah, terselamat dari bencana, dan sebagainya.

Keterangan tersebut dijelaskan oleh Syaikh Abdurrahman Al-Jazairi dalam kitab fiqih empat Madzhab. Sujud syukur hanya boleh dilakukan di luar shalat, beda dengan sujud tilawah.

Meskipun ada banyak cara untuk bersyukur kepada Allah, maka tidak ada salahnya kita belajar tentang tata cara sujud syukur.

Mengapa kita harus bersujud syukur? Karena hal tersebut sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad atas nikmat Allah yang diberikan kepadanya.

Hukum Sujud Syukur

Para ulama berpendapat bahwa hukum melakukan sujud syukur adalah sunnah, sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad.

Artinya:

Bahwa apabila Nabi Muhammad mendapatkan sebuah sesuatu yang disenangi, atau diberi kabar gembira. Maka beliau sujud sebagai tanda rasa syukur kepada Allah.

Karna hukum sujud syukur merupakan sunnah maka boleh dilakukan ataupun tidak. Tetapi apabila dilakukan, maka kita akan mendapatkan sebuah pahala.

Imam Bukhari berpendapat tentang sujud ini. Bahwa Kaab bin Malik melakukan sujud syukur ketika menerima kabar bahwa taubatnya diterima oleh Allah.

Berdasarkan hadits di atas Nabi Muhammad selalu melakukan sujud syukur ketika mendapatkan kabar gembira.

Lalu bagaimana tata cara sujud syukur sesuai sunnah mari kita baca artikel ini sampai selesai, apabila kamu ingin mengetahuinya.

Syarat Sujud Syukur

Alangkah baiknya sebelum mengetahui tentang Niat dan tata cara sujud syukur, kita mengetahui dulu syarat sujud syukur.

Sujud syukur tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan, karena sujud ini merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah.

Mengapa kita harus bersyukur? Karena manusia tidak bisa hidup tanpa kasih sayang dan rahmat Allah yang maha Esa. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita selalu bersyukur kepadanya.

Adapun syarat sujud syukur sesuai sunnah diantara:

  • Dalam Keadaan Suci

Sebelum melakukan sujud syukur hendaknya kita harus suci, baik suci dari hadats kecil dan besar. Tempat dan baju yang digunakan harus suci dari najis.

Namun apabila melakukan sujud dengan keadaan tidak bersuci, maka hal tersebut tetap diperbolehkan dan sah. Tetapi lebih utama harus suci.

  • Menutupi Aurat

Karena sujud termasuk salah satu ibadah kepada Allah, maka seharusnya ketika melakukan sujud ini kita harus menutupi aurat. Karena sujud identik dengan agama Islam.

Bacaan Sujud Syukur

Inti dari bacaan sujud syukur adalah memuji Allah, lalu kapan disunahkan melakukan sujud ini? Coba scroll lagi ke atas. Adapun bacaanya sebagai berikut.

Artinya:

Maha suci Allah segala puji milik Allah. Tidak ada tuhan selain Allah dan tidak ada kekuatan kecuali atas izin Allah yang maha tinggi dan agung.

Selain membaca doa di atas kita juga boleh membaca tasbih, tahmid, dan tahlil. Tapi jangan sampai lupa selalu membaca doa setelah sholat agar bisa menyempurnakan shalatnya.

Artinya:

Maha suci Allah segala puji milik Allah tidak ada tuhan kecuali Allah, Allah maha besar.

Arti Bacaan Sujud Syukur

Arti dari doa tersebut adalah sebagai berikut ini:

Telah bersujud wajahku kepada dzat yang menciptakannya, membentuk rupanya, membuka pendengaran dan penglihatan. Maha suci Allah adalah sebaik-baiknya pencipta.

Doa ini memiliki arti yang indah bukan? Tak hanya artinya, hikmah dari doa ini juga amat besar yang sudah dijelaskan di atas.

Doa yang singkat dan simple ini juga menjadi kelebihan. Bahkan banyak orang Islam yang sudah mengamalkan doa tersebut ketika menghadapi suatu masalah, baik itu berupa masalah kecil atau besar.

Tata Cara Sujud Syukur

Sujud syukur sama seperti sujud tilawah hanya saja yang membedakan sujud ini hanya bisa dilakukan di luar shalat.

Lalu bagaimana tata cara sujud syukur? Bari kita pahami satu-persatu.

#1. Membaca Niat

Sudah tidak asing lagi, bahwa disaat melakukan suatu pekerjaan harus diawali dengan niat. Termasuk juga dalam melakukan sujud syukur, kita harus berniat.

#2. Bertakbir

Setelah membaca niat maka kita bertakbir, mengapa harus bertakbir? Karena dengan bertakbir kita akan ingat kebesaran Allah. Bahwa tidak ada tuhan di alam semesta ini kecuali Allah.

#3. Menghadap Kiblat

Seseorang yang tidak menghadap kiblat ketika shalat maka shalatnya dihukumi tidak sah, sama seperti sujud syukur harus menghadap kiblat.

#4. Bersujud

Dalam literatur agama Islam sujud yang boleh dilakukan di luar shalat hanya dua, sujud tilawah dan sujud syukur. Sujud syukur hanya dilakukan satu kali saja.

#5. Mengucapkan salam

Setelah bangkit dari sujud maka hendaknya mengucapkan salam dengan cara menghadap ke kanan dan kiri. Karna salam merupakan penutup dalam shalat.

Hikmah Sujud Syukur

Ketika melakukan sujud syukur maka membawa beberapa yang perlu kita ketahui. Terdapat banyak hikmah dalam sujud syukur diantaranya sebagai berikut:

#1. Mendapatkan Tambahan Nikmat

Jika bersyukur mendapatkan tambahan nikmat, maka mengingkari nikmat akan mendapatkan azab dari Allah.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7:

Artinya:

Apabila kamu bersyukur maka Allah akan menambahkan nikmat kepadamu, tetapi apabila mengingkari nikmat Allah, maka akan diazab sama Allah. Sesungguhnya Azab Allah sangatlah pedih.

#2. Bentuk Kepasrahan

Sujud merupakan sebuah ungkapan yang melambangkan kepasrahan manusia, kepada Allah yang maha Esa.

Jadi dengan melakukan sujud syukur manusia benar-benar mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah. Bentuk kepasrahan disini bukan menyerah, tetapi lebih kepada berserah diri kepada Allah.

#3. Merasa Rendah Diri

Sudah barang tentu dalam hidup ini kita harus memiliki sikap rendah diri. Karena sebagai manusia tidak ada yang bisa dibanggakan di hadapan Allah. Kecuali taqwa dan amal shaleh.

Maka sujud syukur yang kita dilakukan merupakan sebuah simbol rendah diri dihadapan Allah. Karna dalam posisi sujud dahi menyentuh tanah, badan dalam posisi paling rendah.

#4. Menghilangkan Sifat Sombong

Sesungguhnya sifat ini menjauhkan diri dari rasa bersyukur. Kemudian membuat manusia lupa bahwa apa yang diraihnya merupakan hasil dari kerja kerasnya sendiri.

Sifat sombong sangat dibenci oleh Allah karena sifat ini merupakan sifat yang tercela. Selain itu sifat ini membuat manusia merasa besar dari segala-galannya.

Maka untuk menghilangkan sifat sombong salah satunya dengan cara sujud syukur, yang dapat dijadikan sebagai penolong.

#5. Selalu Dekat Dengan Allah

Menjadi dekat dengan Allah tidaklah gampang manusia akan senantiasa merasa dekat dengan Allah.

Tetapi dengan sujud manusia akan menjadi dekat dengan Allah, dengan itu manusia akan merasa aman dari segala apapun.

Sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad:

Artinya:

Sedekat-dekatnya manusia dengan Allah, ketika sedang bersujud

Ketika kita sudah dekat dengan Allah maka sangat mudah untuk terkabulnya doa, karan mendapatkan bimbingan dan hidayah dari Allah.

Akhir Kata

Dalam setiap kesempatan jika kita mendapatkan sebuah kenikmatan atau musibah, maka sepatutnya kita selalu bersujud syukur sebagai bentuk terima kasih.

Demikianlah penjelasan tentang tata cara sujud syukur yang bisa diambil untuk mendapatkan pahala di akhirat nanti.

Sebelum mengakhiri artikel ini, maka alangkah baiknya teman-teman baca dulu hal yang membatalkan shalat, agar bisa menjadi tambahan ilmu.

Semoga artikel ini bisa menjadi manfaat kepada kita semua, juga diharapkan kepada semua teman-teman kritik dan sarannya.

Jangan lupa bantu share.