33+ Rekomendasi Usaha Rumahan yang Menjanjikan untuk Dijalankan

7 min read

Rekomendasi Usaha Rumahan
Rekomendasi Usaha Rumahan – Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk memiliki usaha yang dibuat oleh dirinya sendiri. Namun, biasanya hal ini terkendala dengan ide bisnis yang masih belum cocok untuk dilakukan. Nah, dengan kemajuan internet, saat ini banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan. Berikut beberapa rekomendasi usaha rumahan yang menjanjikan dan dapat kamu jalankan secara santai di rumah. Rekomendasi Usaha Rumahan

Menjadi Seorang Dropshipper

Rekomendasi usaha rumahan pertama untuk kamu adalah menjadi seorang dropshipper. Ya, bisnis ini memang sedang ramai diperbincangkan untuk saat ini. Hal ini karena modal untuk usaha ini relatif murah, bahkan nyaris tidak ada. Sebagai dropshipper, kita tidak perlu memiliki stok barang di tempat kita. Dalam usaha ini, kita hanya bertugas menjadi perantara saja antara supplier dan konsumen. Jika kamu mendapatkan pesanan, kamu hanya perlu melanjutkan ke supplier, biarkan supplier yang mengirim pesanannya. Bukan hanya modal yang digunakan minim, namun juga usaha ini dapat dilakukan di rumah dengan waktu yang fleksibel. Kalian tak perlu seharian untuk mengerjakan bisnis ini. Bahkan, hal ini bisa untuk mengisi waktu luang kamu. Perkiraan modal yang perlu kamu siapkan diawal hanyalah laptop, smartphone dan kuota internet saja. Berikut estimasi lengkap modal awal kamu:  
  1. Smartphone / laptop = 2-5 jutaan
  2. Koneksi internet 30an Giga Perbulan = 200 an Ribu

Estimasi Omset

Jika kamu mampu untuk menjual 1 produk per hari, dengan selisih harga antara supplier dan yang kamu jual adalah 50rb, maka keuntungan yang bisa kamu dapat adalah: = 1 x 30 x 50.000 = 1.500.000 Hal ini jika kamu hanya mampu menjual 1 produk per harinya. Bagaimana jika 10, 20, atau 50 per harinya? Silahkan hitung sendiri.

Bagaimana Mencari Supplier Dropship?

Sebagai tahap awal, kamu dapat mencari produk dropship di beberapa marketplace yang ada di Indonesia saat ini. Biasanya, toko-toko online disana menyediakan juga layanan sebagai dropshipper. Jika dirasa sudah mampu dan memahami pasar, kamu juga dapat mencari langsung secara offline untuk produk kamu. Tak perlu jauh-jauh, kamu juga dapat mencari usaha-usaha yang ada di sekitar kamu, yang sekiranya mampu dijadikan produk yang akan kamu jual.

Cara Jualannya Gimana?

Berikut beberapa tahap yang bisa kamu lakukan diawal
  1. Riset dan cari produk yang sekiranya akan kamu jual nantinya.
  2. Setelah dapat, kamu bisa cari supplier produk tersebut di marketplace atau e-commerce yang ada.
  3. Jika sudah mendapatkan supplier, kamu dapat mempromosikan produk tersebut di media sosial kamu, blog pribadi kamu, ataupun forum-forum online yang berhubungan dengan produk yang akan kamu jual.
  4. Cobalah temukan strategi promosi yang kamu anggap dapat dilakukan.

Bagaimana Agar Sukses di Bisnis Dropship?

Salah satu tips agar sukses di usaha ini adalah dengan mencari produk yang sudah memiliki pasar yang besar. Setelah itu, kamu terapkan strategi promosi yang sekiranya cocok untuk kamu lakukan. Jika belum memahami bagaimana strategi promosi yang baik, kamu dapat belajar secara online. Hal ini mudah untuk ditemukan pada saat ini. Selain itu, kamu juga perlu belajar membaut konten yang menarik sehingga orang lain tertarik untuk datang dan membeli produk kamu.

Jasa Laundry Kiloan

Usaha selanjutnya adalah usaha laundry atau cuci baju kiloan. Usaha ini ternyata berpeluang besar dan cocok untuk dijadikan bisnis yang kamu kelola. Hal ini karena zaman sekarang, semua orang menginginkan kepraktisan. Apalagi, bagi orang-orang yang sibuk bekerja dari pagi hingga malam. Lebih baik lagi usaha ini dilakukan dekat lingkungan pekerja ataupun daerah perkuliahan.

Berapa Modal Awal yang Diperlukan?

Adapun perkiraan modal awal bagi usaha laundry ini, berikut lengkapnya:
  • Mesin cuci + pengering 1 unit sekitar 2,5 juta
  • Timbangan sekitar 150.000
  • Bahan cucian sekitar 450.000
  • Setrika pakaian sekitar 500.000
  • Biaya tak terduga lainnya sekitar 600.000
Jika dijumlahkan, modal awal yang kamu perlukan kurang dari 5 juta. Lumayan terjangkau bukan? Namun, perlu diingat bahwa jasa laundry ini dibutuhkan riset terlebih dahulu pada lingkungan sekitar kamu. Jika lokasi mumpuni (daerah industri dan kuliah), maka usaha ini dapat dijalankan dengan baik.

Berapa Omset yang Didapat?

Jasa laundry sekitar 6 hingga 7 ribu rupiah per KG, tergantung lokasi. Jika sehari Anda bisa menerima pesanan sebesar 30 Kg, Berarti dalam sebulan Anda bisa mendapatkan pendapatan kotor sebesar 30 x 7000 x 30 = 6.300.000.

Bagaimana Cara Sukses di Usaha Laundry Ini?

  • Berikan pelayanan lebih, terutama pada pelanggan setia.
  • Usahakan pelayanan yang diberikan ramah pelanggan.
  • Pekerjaan cepat dan tepat sesuai dengan yang dijanjikan.
  • Promosikan dengan baik dan inovatif.
Produksi Makanan Ringan (Snack) Usaha di bidang camilan atau makanan ringan juga bisa jadi usaha yang kamu rintis. Sudah banyak pengusaha snack yang berhasil meraup keuntungan besar dari usaha ini. Setiap orang pasti suka ngemil, baik itu ketika menonton televisi ataupun tengah bersantai dan waktu-waktu lainnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba berkecimpung di usaha ini.

Apa Kunci Sukses dalam Usaha Ini

Untuk berhasil menarik pasar, pastikan bahwa rasa dari snack yang kamu buat enak dan dapat diterima oleh masyarakat. Selain itu, usahakan produk yang kamu jual pun unik dan memiliki kelebihan dari produk yang sama di pasaran.

Bagaimana Cara Membuat Makanan Ringan, Kan Saya Ga Bisa?

Jika memang kamu belum bisa membuat makanan ringan, kamu dapat mengajak kerjasama teman kamu yang memiliki kemampuan dalam membuat camilan ini. Jika tidak ada, kamu juga dapat belajar melalui internet. Saat ini, mudah sekali untuk mendapatkan resep-resep camilan yang menarik.

Berapa Modal Awalnya?

Modal awal yang dibutuhkan pada usaha makanan ringan ini tidak besar. Kamu dapat meningkatkan produksi sedikit demi sedikit. Ada beberapa camilan yang mudah dan cukup dicari di pasaran, misalnya kerupuk, keripik, bahkan hingga kue kering. Jika belum yakin untuk membuat, kamu juga dapat membeli dari supplier dan dijual kembali oleh kamu. Ini berarti kamu menjadi seorang re-seller.

Membuka Kursus Masakan yang Unik

Kuliner merupakan bidang yang sangat luas. Sehingga banyak sekali orang yang ingin belajar. Nah bagi Anda yang hobi memasak dan jago meracik bumbu masakan, Anda bisa membuka kursus kuliner dirumah. Modal yang diperlukan sangat kecil sekali, hanya beberapa peralatan dapur dan bumbu saja, selanjutnya Anda bisa meraih keuntungan dari usaha kursus Anda. Anda bisa membuka kursus masakan seperti
  • Kursus untuk masakan kue
  • Membuat aneka snack
  • Makanan khas
  • Rumah makan
  • Atau kursus makanan dari luar negeri
Selain membuka kursus, Anda bisa langsung menjual makanan tersebut. Bisnis yang menyenangkan bukan? Setelah usaha Anda terus berkembang, Anda bisa membuka dapur kursus memasak Anda menjadi lebih besar agar terlihat profesional.

Cucian Motor

Jangan salah, ternyata usaha cuci motor juga sangat menjanjikan lho untuk dijalankan. Hal ini karena seiring tahun, sepeda motor yang ada di jalanan makin banyak. Jadi, tak heran jika bisnis ini juga dilirik untuk dilakukan. Apalagi, ketika musim hujan datang. Dijamin banyak motor yang sampai ngantri untuk dicuci.

Berapa Modal Awal yang Diperlukan?

Untuk modal awal, kamu hanya perlu sekitar 6-7 jutaan. Berikut rinciannya.
  • Mesin kompresor 3 jutaan, jika membeli yang bekas maka akan lebih murah.
  • Biaya tak terduga lainnya sekitar 4 jutaan.

Berapa Omsetnya?

Rata-rata jasa cucian motor itu dipatok sekitar 10.000 sampai 15.000. Jika kamu mendapatkan pelanggan 6-10 motor per hari, maka pendapatan kotor kamu bisa mencapai 3 jutaan. Tapi perlu diingat, dalam usaha cuci motor ini kamu memerlukan persediaan air yang banyak. Jadi, jika memang daerah tempat kamu memiliki akses yang mudah pada air, maka usaha ini dapat dilakukan.

Bisnis Affiliate Marketing

Untuk usaha yang satu ini, pendapatan yang didapat berupa passive income. Yakni usaha yang tak perlu kamu tunggu untuk mendapatkan hasilnya. Usaha ini merupakan usaha yang berbasis komisi. Jadi, kamu akan mendapatkan keuntungan jika kamu menjual produk dari supplier. Kamu hanya perlu mempromosikan produk diawal, dan selanjutnya menikmati saja hasil penjualan produk tersebut.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Tak berbeda dengan bisnis dropship, untuk usaha ini kamu tak memerlukan modal yang besar. Cukup memiliki smartphone atau laptop dan juga akses internet. Namun, biasanya agar lebih maksimal dalam mempromosikan barang, kamu juga dapat membangun website yang nantinya berfungsi sebagai media promosi affiliate marketing kamu.

Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan hias juga bisa jadi bahan pertimbangan kamu. Hal ini karena harga ikan hias biasanya bersifat abu-abu. Nilainya tergantung yang menjual. Bahkan, ikan louhan pun bisa mencapai harga hingga ratusan juta. Itupun masih ada yang membelinya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang seperti itu, kamu juga perlu riset pasar ikan hias ini. Kamu perlu tahu jenis ikan yang bagaimana yang mahal dan berpotensi untuk dijual dengan harga yang tinggi. Berikut ini tips sukses budidaya ikan hias :
  • Cari ikan hias yang bernilai tinggi.
  • Kuasai pasar ikan hias tersebut.
  • Pahami juga mengenai budidaya ikan hias tersebut.
  • Jika masih bingung, belajar berkomunikasi dengan para penghobi ikan hias. Ikut gabung dengan komunitas yang berkaitan.
  • Lakukan promosi di internet
Berikut 9 ikan hias termahal yang ada di Indonesia.
  • Ikan Gupy
  • Ikan Arwana
  • Ikan Oscar
  • Ikan Discus
  • Ikan Mas Koki
  • Ikan Angel
  • Ikan Cupang Crowntail
  • Ikan Koi
  • Ikan Neon Tetra

Jasa Desain Grafis

Dengan perkembangan teknologi yang cepat, bisnis desain grafis juga mengalami peningkatan. Berikut beberapa usaha yang bisa dilakukan terkait dengan desain grafis.  
  • Desain gambar Tshirt
  • Desain web atau blog
  • Desain animasi 3D
  • Desain logo, kartu nama, banner iklan
  • Dan lain sebagainya
Usaha ini bisa kamu lakukan hanya dengan duduk depan laptop di rumah dan usaha yang kamu lakukan dilakukan secara online. Tak tanggung-tanggung, jika kamu memang ahli dibidang desain grafis, sekali projek datang bisa mencapai jutaan. Namun, perlu diingat bahwa ini dapat dilakukan jika kamu memang memiliki keahlian di bidang ini. Jika dirasa masih belum mumpuni, kamu perlu belajar terlebih dahulu. Rasanya sekarang sudah banyak kursus-kursus yang diadakan untuk desain grafis. Silahkan cari sendiri.

Menjadi Seorang Penulis Online

Rekomendasi usaha rumahan selanjutnya adalah dengan menjadi penulis konten online. Peluang ini bisa dibilang mudah, terutama bagi kamu yang hobi dalam menulis sebuah artikel. Jika tulisan kamu bagus, kamu dapat dibayar mahal dengan hasil tulisan kamu lho. Untuk saat ini pun sudah ada beberapa website yang menerima penulis paruh waktu untuk menulis di website tersebut. Perhitungan hasil tergantung dari artikel yang kita tulis.

Menjadi Seorang Youtuber

Menjadi youtuber saat ini menjadi cita-cita para anak-anak. Hal ini karena dari platform youtube ini, kita memang mampu meraup keuntungan yang sangat besar. Banyak sekali orang-orang Indonesia yang penghasilannya tergantung dari konten yang ada di channel youtube-nya. Sebut saja Atta Halilintar, Ria Ricis, Arif Muhammad, dan yang lainnya. Mereka mampu mendapatkan hasil yang besar hanya dari channel youtube-nya. Tapi, untuk menjadi sebuah channel yang besar seperti itu tidak mudah. Butuh kreatifitas dalam menciptakan konten yang menarik dan original. Jika kamu memang hobi di bidang pembuatan video, kamu dapat mencoba membuat channel dan mempublikasikan hasil karyamu disana. Guru Private Apakah Anda suka dengan anak kecil atau suka berbagi? Nah peluang usaha rumahan yang satu ini bisa jadi menjadi pilihan Anda. Yaitu menjadi guru les private. Banyak sekali para orang tua yang sibuk dengan pekerjaan sehari hari, sehingga mereka selalu mencari guru les private untuk membimbing anak anak mereka. Selain itu, orang tua juga ingin agar anaknya  mendapatkan pelajaran ekstrakurikuler yang mendukung pendidikan formal mereka. Usaha ini sangat cocok jika dijalankan di lokasi padat penduduk, seperti daerah kompleks karyawan, daerah komplek perusahaan dan lain sebagainya. Tumbuhan Artifisial Tumbuhan artifisial adalah salah satu bentuk dekorasi yang sering digunakan pada acara besar, rumah maupun kantor. Anda dapat mengambil peluang ini dengan baik jika Anda merupakan orang yang hobi seni, suka akan hal detail dan keindahan. Permintaan pasar untuk jasa dekorasi tumbuhan artifisial sangat tinggi lho. Apalagi Anda mampu memberikan desain terbaik. Agen PPOB Peluang usaha rumahan yang juga menjanjikan keuntungan adalah agen pembayaran resmi atau PPOB (Payment Point Online Banking). Apa saja yang bisa dilayani? Dengan menjadi agen PPOB, Anda bisa melayani pembayaran seperti :
  • Pembayaran Listrik
  • Pembayaran tagihan PDAM
  • Tv Berlangganan
  • Tagihan Telepon dan Internet
  • Pembelian Tiket Pesawat hingga Kereta Api
Semua proses pembayaran bisa Anda lakukan dari rumah. Agar bisnis Anda berjalan lancar. Ada baiknya Anda belajar terlebih dahulu apa saja syarat dan tata cara menjalankan usaha PPOB. Membuat Toko Online Memang jualan online bisa menggunakan berbagai cara, misalkan  dengan media sosial pribadi atau blog. Akan tetapi agar terlihat lebih profesional dan serius, tidak ada salahnya Anda membuka toko online. Bisa dikerjakan dari rumah tanpa harus punya kantor besar. Jika ecommerce Anda sudah bertumbuh menjadi besar, barulah Anda membutuhkan kantor untuk para karyawan Anda. Trend belanja sekarang ini sudah berubah. Masyarakat lebih suka belanja online ketimbang belanja offline. Itulah alasan yang kuat mengapa bisnis rumahan yang satu ini sangat menggiurkan dan berpotensi sukses besar. Bisnis Dari Rumah Dengan Model Reseller Ada lagi usaha rumahan yang menjanjikan dibidang jual beli, yaitu bisnis sistem reseller. Anda bisa menerapkan sistem online maupun offline. Reseller merupakan bisnis dengan cara menjual produk yang telah dibeli dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Bisnis reseller mengharuskan kita memiliki stok barang terlebih dahulu. Berbeda dengan sistem dropshop. Jika di sistem dropship stok barang disediakan langsung oleh suplier, sementara jika di sistem reseller, Anda harus punya stok produk untuk dijual kembali. Anda bisa menjalankan bisnis ini dari  rumah atau dari mana saja dan kapan saja. Jualan Produk Sitem Pre order Jika Anda belum punya produk atau produknya belum siap, Anda bisa saja mencoba dagang dengan sistem pre order. Bisnis ini bisa dikatakan sebagai usaha rumahan yang lagi trend lho. Lihat saja beranda media sosial ol shop, rata rata dijalankan oleh ibu rumah tangga. Sistem pre order yaitu barang dipesan terlebih dahulu. Setelah itu baru diproduksi atau didatangkan dari suplier lain. Agar bisnis Anda berjalan lancar, manfaatkan internet untuk promosi. Misalnya gunakan media sosial, blog pribadi atau membuka toko online di marketplace. Produk yang bisa dijual dengan sistem pre order sangat banyak seperti :
  • Produk Fashion
  • Produk Kuliner
  • Produk Kerajinan
  • Produk elektronik
  • Dan lain lain
  Kerajinan Tangan Sebagai Usaha Rumahan Usaha rumahan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang hobi seni, ulet dan tekun. Nah, bagi Anda yang hobi dibidang kerajinan, usaha ini bisa dijalankan dari rumah lho… yang penting Anda bisa menguasai teknik marketing, baik secara ofline maupun online. Kerajinan tangan saat ini terus diburu, terutama bagi turis manca negara. Untuk menemukan ide dan jenis kerajinan tangan, silahkan Anda searching di internet.    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *