Yuk,Pahami Pengertian dan Jenis-Jenis Asuransi

3 min read

 

Kata “asuransi” tentunya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Meski istilah “asuransi” populer, mayoritas masyarakat Indonesia masih belum memiliki asuransi.
Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pemahaman masyarakat Indonesia tentang asuransi dan penggunaannya masih minim.
Hal ini tercermin dari tingkat penetrasi atau kepemilikan asuransi masyarakat Indonesia.

Sesuai data OJK Juli 2021 yang dikutip Bisnis Indonesia, tingkat penetrasi asuransi mencapai 2,81% pada 2019. Angka ini akan meningkat menjadi 2,92% pada 2020 dan 3,11% pada Juni 2021.
Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat tentang proses pembelian polis dan klaim asuransi. Alasan lainnya juga disebabkan oleh perbedaan jenis polis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Akibatnya, banyak orang, terutama yang baru mengenal industri asuransi, bingung ketika mencoba memahami manfaat dari setiap jenis asuransi yang ditawarkan.
Sebelum mengetahui manfaat asuransi, mari kita pahami bersama tentang asuransi.

Terkait dengan situs OJK, asuransi adalah perjanjian antara penyedia jasa asuransi (selaku penanggung) dan masyarakat (selaku pemegang polis).
Hak dan kewajiban antara penyedia jasa asuransi dan pemegang polis telah diselesaikan. Pemegang polis berhak atas penggantian kerugian, kerusakan hingga dan termasuk kematian dari penyedia jasa asuransi. Namun, hak timbul ketika pemegang polis memenuhi kewajiban membayar premi kepada perusahaan asuransi.
Pada prinsipnya, asuransi menawarkan keuntungan yang baik untuk meminimalkan risiko ketidakpastian yang tidak terduga.

Setidaknya ada lima manfaat asuransi yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

  • Lindungi penghasilan Anda dari risiko mendadak.
  • Melindungi uang yang disimpan untuk mewujudkan rencana masa depan.
  • Melindungi masa depan keluarga saat kematian datang.
  • Perlindungan kesehatan fisik dan mental jika terjadi kecelakaan.
  • Memberikan perlindungan investasi masa depan.
  • Untuk memastikan bahwa manfaat asuransi sesuai dengan harapan Anda, Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis asuransi apa yang Anda butuhkan sebelum memilih dan membayar polis

Anda dapat memilih dari polis asuransi berikut

1. Asuransi Jiwa

Asuransi ini memberikan manfaat finansial apabila terjadi kematian, sakit mendadak atau cacat tetap total atau sebagian karena kecelakaan atau sakit.

Sebelum memilih polis asuransi jiwa, Anda perlu memahami sistem dan metode yang ditawarkan. Ada layanan dari asuransi yang menggunakan sistem pembayaran setelah kematian. Namun, ada juga yang memperbolehkan pemegang polis untuk mengklaim uang sebelum kematiannya.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang paling banyak diminati. Asuransi kesehatan menangani masalah kesehatan dan melindungi Anda secara finansial dengan menanggung biayanya, dimulai dengan pengobatan penyakit yang Anda derita dan berlanjut hingga pemulihan Anda. Kondisi kesehatan yang dapat ditanggung oleh asuransi ini pada umumnya adalah cacat, sakit dan kematian.

Untuk memilih jenis polis yang ingin Anda ambil, Anda dapat menyesuaikannya dengan kemungkinan keuangan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengambil asuransi kesehatan, Anda dapat memilih polis asuransi kesehatan yang hanya menanggung rawat inap atau rawat jalan saja.

3. Asuransi Pendidikan

Mendirikan dana pendidikan sejak dini adalah salah satu cara untuk mengamankan masa depan anak Anda. Asuransi pendidikan merupakan salah satu pilihan yang memberikan perlindungan terhadap pendidikan.

Ada dua jenis asuransi pendidikan, yaitu asuransi dwiguna dan asuransi unit link. Asuransi dwiguna merupakan produk yang menggabungkan asuransi jiwa dengan instrumen pasar seperti deposito. Asuransi ini melindungi biaya sekolah anak jika salah satu orang tua meninggal mendadak atau tidak mampu lagi menghidupi karena cacat total.

Asuransi pendidikan unit link merupakan gabungan dari asuransi jiwa dan investasi modal. Hasil dari komponen investasi didistribusikan sesuai dengan tingkat pendidikan anak.

4. Asuransi investasi

Anda dapat membeli asuransi dan investasi, juga dikenal sebagai asuransi unit link. Sesuai dengan namanya, Asuransi Unit Link memberikan manfaat berupa perlindungan dan nilai tunai sebagai hasil pengembangan reksa dana sesuai pilihan investasi yang tersedia.

Seperti namanya, asuransi unit link memberikan dua keuntungan, yaitu proteksi dan nilai tunai yang diperoleh dari pengembangan reksa dana. Misalnya, dari total premi yang dibayarkan pemegang polis, sebagian dialokasikan untuk biaya proteksi dan sebagian lagi untuk investasi.

Asuransi Unit Link memberikan perlindungan berupa perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan dan penyakit kritis. Sementara itu, nilai tunai pada asuransi unit link nantinya dapat digunakan untuk membayar premi asuransi saat pemegang polis pensiun atau tidak memiliki penghasilan. Oleh karena itu asuransi tetap aktif. Selain itu, nilai tunai polis asuransi unit link juga dapat digunakan untuk keperluan keuangan lainnya.

5. Asuransi Kendaraan

Kendaraan juga perlu dilindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan atau kerusakan. Keuntungan membeli premi asuransi mobil adalah memberikan perlindungan dan keamanan finansial saat kita menghadapi resiko kerusakan mobil.

Selain itu, asuransi mobil juga membuat harga jual mobil Anda menjadi lebih kompetitif.

6. Asuransi Kecelakaan

Biasanya sedikit perhatian diberikan pada asuransi kecelakaan karena diyakini perusahaan tempat Anda bekerja sudah menawarkan perlindungan terhadap kecelakaan kerja.

Tapi coba lihat kembali aktivitas dan kondisi kerja Anda. Jika pekerjaan Anda termasuk dalam kategori risiko kecelakaan, Anda harus mengambil asuransi kecelakaan. Karena risiko bisa muncul kapan saja dan di mana saja, baik di jalan maupun di tempat kerja.

7. Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis adalah asuransi kumpulan yang menawarkan perlindungan kepada karyawan suatu perusahaan. Perusahaan umumnya menawarkan asuransi bisnis untuk mempertahankan karyawan sebagai aset berharga untuk kelangsungan bisnis.

8. Asuransi Pensiun

Asuransi hari tua adalah produk asuransi yang menawarkan perlindungan dan jaminan kepada pemegang polis di usia pensiun. Usia pensiun adalah saat Anda tidak lagi produktif dan tidak mampu menghasilkan uang.

Mengambil rencana pensiun lebih awal dapat membantu Anda mempersiapkan masa pensiun, terutama bagi Anda yang tidak menerima tunjangan pensiun dari tempat kerja Anda.

Jadi apa perbedaan antara tabungan pensiun dan tabungan pensiun? Ketentuan pensiun menawarkan lebih banyak keuntungan daripada tabungan biasa. Perencanaan pensiun memungkinkan Anda untuk merencanakan pensiun Anda. Anda juga dapat memilih jumlah premi berdasarkan kemungkinan keuangan Anda.

Nonton Film Open B.O,Di Angkat Dari Kisah Seorang Wanita…

        Buat kamu yang sedang mencari serial Indonesia 2023 untuk menghibur, serial berjudul Open BO ini mungkin perlu ada di daftar...
admin1
1 min read

Watch Butterfly Night HD Full Episode, Hot Drama About…

      Usually synonymous with the role of a cute girl in romantic comedy films, Michelle Ziudith now sees the young actress dare...
admin1
1 min read

Link dan Sinopsis Film Drama 18+ True Love Never…

      Sesuai dengan judulnya, film ini bercerita tentang percintaan dan persahabatan antara remaja berusia 18 tahun. Raka (Samuel Zyglwyn), Typhoon (Duke), Chanisa...
admin1
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *