Doa Qunut

4 min read

Bacaan doa qunut singkat

Doa Qunut – Alhamdulillah, salam sejahterah kami ucapkan kepada semua teman-teman. Alhamdulillah setelah kemarin kita membahas tentang doa iftitah, kali ini kita akan membahas doa qunut.

Doa yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi umat muslim. Karna doa ini telah diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Namun ternyata doa qunut masih banyak yang belum mengetahuinya, terutama arti dan hukum dalam membacanya. Nah duniapondok, kali ini akan membahas secara lengkap mengenai seputar doa yang satu ini. Mari kita simak bersama-sama artikel ini sampai selesai.

Pengertian Doa Qunut

Pengertian Doa Qunut
sumber: youtube.com

Kata qunut diambil dari bahasa arab yaitu قنوت yang memiliki arti ketaatan, kesungguhan, dan kepatuhan. Adapun menurut istilah adalah suatu doa yang dibaca oleh seseorang, ketika menjalankan ibadah shalat.

Jadi doa qunut adalah suatu permohonan kepada Allah yang Maha Esa, yang di awali dengan permintaan petunjuk kepadanya. Salah satu permohonannya adalah agar kita bisa terhindar dari kesesatan.

Selain itu, doa ini berisi permohonan atas keselamatan. Keselamatan yang di maksud di sini, bukan hanya keselamatan secara fisik, melainkan keselamatan di akhirat nanti.

Doa ini juga, berisi keberkahan atas karunia yang diberikan oleh Allah. Sehingga melalui perantara doa ini, kita bisa meminta kepada Allah agar diberikan keberkaha di setiap harta, ilmu, dan keturunan.

Apa Itu Doa Qunut?

Qunut subuh menjadi qunut yang paling familiar di telinga kita. Doa qunut subuh adalah doa yang dibaca oleh Imam atau makmum ketika bangun dari ruku’ yang kedua. Adapun hukum membacanya adalah sunah ab’adh, harus diganti dengan sujud sahwi apabila ditinggalkan menurut Imam Syafi’i.

Namun doa qunut untuk imam, maka tinggal mengganti akhiran ني yang artinya saya menjadi نا yang artinya kami.

Membaca doa qunut hukumnya bersifat sunah tidak wajib. Jadi kita akan mendapatkan pahala apabila melakukannya dan tidak akan mendapatkan dosa apabila meninggalkannya.

Bagi kalian yang masih bingung untuk mengetahui bacaan qunut, maka bisa mencarinya di kitab-kitab atau internet.

Macam-macam Doa Qunut

Macam-macam Doa Qunut
sumber: youtube.com

Doa qunut memiliki berbagai macam, sehingga doa tersebut memiliki berbagai bacaan yang berbeda. Adapun pembagian doa ini, diantaranya sebagai berikut:

Bacaan Doa Qunut Subuh

اللهم اهدني فمن هديت, وعافني فمن عافيت, وتولني فمن توليت, وبارك لي فيما اعطيت, وقني شرما قضيت, فانك تقضي ولا تقضى عليك, وانه لا يذل من وليت, لا يعزمن عاديت, تباركت ربناوتعاليت, فلك الحمد على ما قضيت, استغفرك واتوب اليك, و صلى الله سيدنا محمد النبي الأمي وعلى اله وصحبه وسلم   

Artinya:

  1. Wahai Allah berilah akau petunjuk, sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk.
  2. Dan berikan aku kesehatan, sebagaimana orang-orang yang telah Engkau berikan kesehatan.
  3. Dan pimpinlah aku, sebagaimana orang-orang yang telah Englau pimpin.
  4. Berilah keberkahan terhadap semua apa yang telah Engkau berikan kepadaku.
  5. Dan selamatkanlah aku dari semua bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan.
  6. Karna sesungguhnya Engkaulah yang menentukan hukum, serta tidak ada yang bisa menentukan hukum atas apa yang Engkau izinkan.
  7. Sesungguhnya tidak akan hina orang-orang yang telah Engkau berikan kekuasaan.
  8. Serta tidak akan mulia siapa saja yang telah Engkau musuhi.
  9. Maha suci Engkau wahai tuhan kami serta Maha tinggi Engkau.
  10. Maka segala puji bagimu atas segala apa yang Engkau pastikan.
  11. Hamba mohon ampunan serta taubat kepadamu (Allah).
  12. Shalawat, rahmat, serta berkahmu atas junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluatga dan sahabatnya.

Qunut merupakan doa singkat  yang memiliki banyak keutamaan, yang mana akan kami bahas di bawah ini.

Karna banyaknya keutamaan dalam doa ini, maka tak ada salahnya kita membacanya di setiap shalat subuh.

Doa Qunut Nazilah

Kata nazilah memiliki arti bencana, musibah, atau malapetaka. Sehingga doa ini dibaca untuk kemenangan umat Islam serta kebinasaan untuk musuh-mush Islam.

Qunut nazilah berbeda dengan qunut shalat subuh. Jika qunut subuh hanya boleh dilakukan pada shalat subuh  saja, maka qunut nazilah bisa dilakukan di dalam shalat lima waktu.

Waktunya ketika berdiri dari ruku’ di dalam rakaat yang terakhir. Dari perbedaan tersebut, maka otomatis bacaannya juga berbeda. Adapun bacaannya sebagai berikut.

اللهم اغفر لنا وللمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات, وألف بين قلوبهم, وأصلح ذات بينهم, وانصرهم على عدوك وعدوهم. اللهم العن الكفرة أهل الكتاب اللذين يصدون عن سبيلك ويكذبون رسلك. ويقاتلون أولياءك. اللهم خالف بين كلمهم وزلزل أقدامهم, وانزل بهم بأ سك الذي لا ترده عن القوم المجرمين.

Bacaan Qunut Witir

Qunut witir merupakan doa qunut yang dibaca di dalam shalat witir saja. Biasanya qunut ini dilakukan ketika malam 15 terakhir di bulan ramadhan.

Baca Juga: Doa Belajar

Hukum Membaca Doa Qunut

Hukum Membaca Doa Qunut
sumber: dtberdaya

Hukum membaca doa qunut berbeda pada setiap madzhab. Pertama Imam Hanafiyah berpendapat, bahwa qunut hanya boleh dilakukan di shalat subuh saja. Hal ini sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad.

عن انس بن ملك قال ما زل رسول الله صلى الله عليه وسلم يقتت في الفجر حتى فارق الدنيا

Artinya:

Nabi Muhammad tidak pernah meninggalkan sekalipun qunut, sampai beliau meninggal dunia

Dari hadits tersebut kita dianjurkan agar selalu membaca qunut secara terus menerus, ketika melakukan shalat subuh. Sementara untuk shalat lainnya tidak boleh.

Sementara menurut Imam Hambali beliau berpendapat, bahwa qunut hanya boleh dilakukan pada shalat witir saja. Sehingga di shalat-shalat lainnya tidak ada.

Adapun menurut Imam Syafi’i berpendapat, bahwa qunut hanya boleh dilakukan pada shalat subuh saja. Juga pada shalat witir ketika malam 15 terakhir bulan Ramadhan.

Malikiyah berpendapat, bahwa qunut tidak ada hanya pada shalat subuh saja. Sehingga pada shalat-shalat lainnya termasuk witir tidak disertai qunut.

Keutamaan Doa Qunut

Keutamaan Doa Qunut
sumber: islamkaffah.com

Doa qunut bukan hanya sekedar doa yang dibaca untuk memohon kepada Allah saja. Tetapi doa ini memiliki banyak keutamaan, diantaranya sebagai berikut:

Memberikan Berkah Terhadap Nikmat yang Diberikan

Sedikit atau banyaknya jumlah nikmat yang Allah berikan kepada kita, insya Allah akan menjadi berkah bagi hambanya yang selalu bersyukur.

Dalam doa qunut terdapat kalimat وبازك لي فيما اعطيت yang artinya berilah keberkahan kepadaku terhadap apa yang telah Engkau karuniakan.

Kalimat ini menunjukan serta menjelaskan bahwa Allah yang Maha Esa senantiasa memberikan kebaikan kepada hambanya berbentuk keberkahan.

Memberikan Petunjuk

Dalam bacaan doa qunut terdapat kalimat اللهم اهدني فمن هديت yang memiliki arti. “Wahai Allah berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk”.

Kalimat ini bisa dianggap sebagai kata-kata tawasul yang bisa dibaca di setiap keadaan. Agar Allah selalu mengasihan petunjuk kepada kita semua.

Bisa Menghindari Dari Penyakit

Selain itu doa qunut bisa membuat manusia terhindar dari berbagai tipu daya dunia, seperti hawa nafsu, tahta, dan harta.

Karna dalam doa qunut terdapat kalimat وعافني فمن عافيت yang artinya. “Wahai Allah berikanlah aku kesehatan, sebaimana orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan”

Lewat kalimat tersebut, ternyata bisa memberikan keselamatan kepada setiap orang yang membacanya, seperti mencegah dari penyakit. Baik itu penyakit hati, rohani, dan jasmani.

Baca Juga: Doa Nabi Yusuf

Solusi Doa Qunut Saat Berjamaah

Solusi Doa Qunut Saat Berjamaah
sumber: youtube.com

Sebagai salah satu anjuran ketika kita melakukan shalat subuh berjamaah dengan berbagai macam orang. Diantaranya ada yang tidak membaca qunut, ada pula yang membacanya.

Dari itu, kalian harus tetap menghargainya. Adapun cara mengahadapi bacaan qunut, baik itu menjadi Imam atau makmum sebagai berikutr:

Ketika Menjadi Makmum

Ketika kalian menjadi sebagai makmum, maka jalan alternatifnya ada tiga cara yang bisa kalian lakukan, diantaranya sebagai berikut:

  • Boleh mufarraqah.
  • Boleh membaca qunutnya secara ringkas dengan doa yang mengandung pujian.
  • Boleh qunut serta sujud sahwi.

Ketika Menjadi Imam

Tetap disunahkan bagi kalian yang menjadi imam untuk membaca qunut, karna qunut termasuk sunah ab’ad. Sedangkan i’tidal sunah hai’at.

Demikianlah informasi tentang doa qunut serta keutamaanya. Semoga penjelasn yang sesuai dengan sunah Nabi ini ,bisa menjadi manfaat untuk kita semua. Apabila ada kesalahan dalam artikel ini teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini, sekian terima kasih.

Jangan lupa bantu share.

Doa Belajar

NH_Ariff
4 min read

Doa Nabi Yusuf

NH_Ariff
7 min read

Doa Ketika Marah

NH_Ariff
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *