√ Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Dengan artinya {Lengkap}

4 min read

kumpulan doa naik kendaran

Doa Naik Kendaraan –  Dalam agama Islam kita diajarkan membaca doa sebelum melakukan kegiatan sehari-hari. Salah satunya ketika kita akan naik kendaraan, baik kendaraan darat, kendaraan laut, kendaraan udara, dll.

Hadirnya kendaraan di zaman sekarang ini perlu kita syukuri. Karna hal tersebut merupakan hikmah terbesar yang Allah berikan kepada kita, mengapa? karna dengan kendaraan kita bisa pergi ke masjid.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang doa naik kendaraan. Mulai dari bacaan arab, latin, dan arti dari doa tersebut. Serta cara mengamalkannya.

Macam Doa Naik Kendaraan

macam doa naik kendaraan
sumber: doc.pribadi

Sebelum kita melakukan perjalanan maka alangkah baiknya kita berdoa dulu, baik perjalanan jauh atau dekat. Agar kita selalu dalam lindungan Allah.

Mengapa kita dianjurkan membaca doa? Karna kita tidak mengetahui bahaya apa yang terjadi kepada kita ketika sedang perjalanan.

Selain membaca doa kita dianjurkan juga berhati-hati dalam perjalanan. Adapun macam-macam doa ketika naik kendaraan diantaranya:

Ketika Naik Kendaraan Darat

 naik kendaraan darat
sumber: suzuiki.co.id

Pada zaman sekarang sudah banyak kendaraan darat yang bisa gunakan. Diantaranya, mobil sepeda motor,dll.

Walaupun hanya naik sepeda ontel kita tetap dianjurkan membaca doa tersebut. Karna sepeda ontel juga termasuk kendaraan darat. Berikut adalah doa ketika naik kendaraan darat yang tercantum dalam Hadits.

doa naik kendaraa darat
sumber: poskajian.blogspot.com

Hikmah dalam membaca doa ini. Merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah, yang telah memberikan nikmatnya kepada kita berbentuk kendaraan.

“Dengan menaiki kendaraan tersebut, kita bisa sampai ke tujuan”

Ketika Naik Kendaraan Laut

naik kendaraan laut
sumber: phinemo.com

Ketika menaiki kendaraan laut, bisa juga kita menggunakan doa di atas, karna doa di atas merupakan doa yang umum.

Tetapi ada doa khusus ketika kita menaiki kendaraan laut, yang datang langsung dari Nabi Muhammad Saw. Berikut adalah Doa ketika Naik Kendaraan Laut.

Doa naik kendaraan laut
sumber: poskajian.blogspot.com

Doa khusus naik kendaraan laut ini, merupakan doa yang pernah dibaca oleh Nabi Nuh As ketika menaiki kendaraan laut (kapal).

Ketika Naik Kendaraan Udara

naik kendaraan udara
sumber: pinterpolitik.com

Membaca doa ketika naik kendaraan udara, sama seperti doa di atas. Karna perjalanan udara belum pernah dilakukan Nabi Muhammad Saw. Tetapi, tujuannya sama-sama meminta perlindungan kepada Allah.

Jika masih belum hafal doa tersebut, kamu bisa menggantinya dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Falaq.

Tujuan membaca Al-Fatihah, agar kita bisa mendekatkan diri kepada Allah. Sedangkan surat Al-Falaq dengan tujuan meminta perlindungan  dari berbagai macam-macam gangguan. Baik jin dan manusia.

Doa Ketika Naik kendaraan latin

dao naik kendaraan latin
sumber: doc.pribadi

Berikut merupakan cara membaca doa ketika naik kendaraan darat, laut dan udara latin. Agar kita selalu diberikan kelancaran selama perjalanan.

“Subhaanalladzi sakhkhara lanaa hadza wamaa kunnaa lahuu muqrinin, wainnaa ilaa rabbina lamunkkolibun”

Arti Doa Ketika Naik Kendaraan

arti doa
sumber: muslimn.id

Arti dari doa tersebut adalah sebagai berikut ini:

“Maha suci Allah yang telah menundukan semua ini terhadap kami. Padahal sebelumnya kami tidak bisa menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah kami akan kembali”

Doa ini memiliki arti yang indah bukan? Tak hanya artinya, manfaat dari doa ini juga sangat besar yang sudah saya jelaskan di atas.

Doa yang singkat ini sangat mudah dihafal oleh semua teman-teman, dan bisa mengamalkannya ketika sedang naik kendaraan.

Cara Mengamalkan Doa Naik Kendaraan

tata cara mengamalkan doa
sumber: doc.pribadi

Alangkah baiknya jika kita mengetahui dulu tentang tata cara membaca doa naik tersebut, sebelum kita mengetahui bacaannya.

Pada dasarnya semua doa itu penting, salah satunya membaca doa ketika naik kendaraan. Oleh karna itu, bagaimana cara kita agar bisa mengamalkan doa tersebut? Berikut ini merupakan cara mengamalkan doa tersebut.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Az-Zukhruf ayat 13-14:

Artinya:

“Agar kamu duduk di atas punggungnya, kemudian kamu ingat terhadap nikmat Allah. Maka apabila kamu telah duduk di atasnya kemudian kamu membaca. Maka suci Allah yang telah menundukan semua ini terhadap kami. Padahal kami sebelumnya tidak bisa menguasi, dan kami akan kembali kepada Allah”

Sesuai dengan petunjuk yang sudah diajarkan oleh para ulama Salaf. Maka ketika kita akan naik kendaraan, alangkah baiknya membaca amalan-amalan dibawah ini:

Membaca Bismillah

membaca basmalah
sumber: bimbinganislam.com

Membaca bismillah merupakan amaliyah yang dilakukan Nabi Muhamad sebelum menaiki punggung unta.

Sebagaimana dalam Hadits:

Artinya:

“Setiap punggung unta itu terdapat setan, maka ketika menaiki hendaknya menyebut nama Allah”

Dalam hadits tersebut ada hikmah yang mengandung arti. Bahwa manusia ketika naik alat transportasi itu bisa memiliki sifat-sifat sombong, ujub apabila tidak diawali dengan bacaan bismillah

Membaca Alhamdulillah

membaca alhamdulillah
sumber: hafiziazmi.com

Membaca alhamdulillah dilakukan ketika kita sudah ada di atas kendaraan dengan tujuan, sebagai wujud rasa syukur kepada Allah.

Karna dengan bersyukur kita selalu ingat kepada Allah di setiap nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Membaca Tasbih

membaca tasbih
sumber: madaninews.id

Membaca tasbih dilakukan ketika kita sudah membaca alhamdulillah, dengan tujuan mengungkapkan sebuah peristiwa yang sangat mengagumkan.

Hal yang dibaca ketika kita melihat suatu yang menakjubkan adalah bacaan tasbih. Seperti peristiwa isra’ mi’raj Alah mengawali dengan bacaan tasbih.

Perlu kita ketahui bahwa disaat kita menaiki kendaraan, baik kendaraan tersebut berbentuk hewan dan binatang.

Maka ketahuilah bahwa yang menundukan hewan tersebut adalah Allah yang maha Esa. Kita sebagai manusia tidak memiliki kekuatan sedikit apapun.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an, surat Al-Jaatsiyah ayat 13:

Artinya:

“Dan hanyalah Allah yang bisa menundukan apa yang ada di langit, dan apa yang ada di bumi semuanya”

Hikmah dari ayat tersebut bahwa apa yang ada di bumi dan di langit, baik yang hidup dan juga yang mati. Semuanya ditundukan oleh Allah, dan hanya diberikan kepada manusia sebagai nikmat dan karunia dari Allah yang maha Esa.

Mambaca Istighfar

membaca istigfar
sumber: islami.com

Membaca istigfar dianjurka dibaca sepanjang perjalanan, agar senantiasa mendapat pengampunan dari Allah. Mulai bacaan istigfar yang pendek, sampai bacaan istigfar yang panjang.

Mengapa harus membaca istigfar? Karna dengan bacaan istigfar kita dapat mensucikan diri, dari dosa-dosa yang sudah kita dilakukan.

Membaca Surat Al-Ikhlas

tata cara mengamalkan doa
sumber: doc.pribadi

Berdasarkan riwayat yang dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar. Bahwa kita dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas ketika dalam perjalanan.

Manfaat Doa Naik kendaraan

manfaat doa
sumber: doc.pribadi

Sering kita lihat kejadian kecelakaan setiap hari di sepanjang jalan. Salah satu cara menghindari dari kecelakaan adalah dengan membaca doa di atas.

Karna Allah selalu memberikan keselamatan kepada kita setelah membaca do’a di atas. Kecelakaan merupakan suatu yang tidak diinginkan oleh siapapun.

Demikian penjelasan tentang doa naik kendaraan semoga menjadi manfaat kepada teman-teman semua.

Barang kali dari teman-teman ada yang mau ditanyakan tentang masalah doa tersebut, bisa kirim langsung di kolom komentar di bawah ini.

Juga diharapkan dari teman-teman kritik dan sarannya, agar Duniapondok bisa berkarya lebih baik lagi.

Jangan lupa bantu share teman-teman agar bisa menjadi amal jariyah.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *