Do’a Minum Air Zam-zam {Lengkap} Beserta cara minum-Nya

4 min read

Do'a minum air zam-zam

Do’a Minum Air Zam-zam– Air zam-zam merupakan suatu hal yang perlu kita ketahui. Karna air zam-zam, menjadi satu-satunya air, yang hanya dikonsumsi oleh nabi Muhammad.

Seperti yang sudah kita lihat, para jamaah haji dan umroh. Mereka semua berbondong-bondong untuk meminum air zam-zam. Hanya untuk mengambil barokah dari nabi Muhammad.

Tetapi ada sebagian orang yang meminum air zam-zam tidak membaca Do’a. Padahal membaca do’a ketika meminum air zam-zam, sangatlah penting.

Oleh karna itu, Duniapondok kali ini ingin membahas Do’a Minum Air Zam-zam sesuai sunnah. Beserta kandungan. Dan asal usulnya air zam-zam, di bawah ini.

Kumpulan Do’a Minum Air Zam-zam

kumpulan do'a minum air zam-zam
sumber: hasanahtour.com

Berdo’a ketika minum air zam-zam sesuai dengan apa yang kita niatkan. Maka apabila kita berniat ingin mendapatkan keberkahan, maka insyaallah akan dapat keberkahan.

Sebagaimana Nabi bersabda:

“Khasiat air zam-zam sesuai dengan apa yang diniatkan”

Dikisahkan dari Ibnu Mubarak, bahwa beliau mendatangi air zam-zam ketika berada di Mekkah. Kemudian beliau meminumnya, dan membaca do’a di bawah ini.

Ibnu Mubarak meminum air zam-zam, dengan tujuan agar nanti tidak kehausan ketika hari kiamat.

Karna do’a minum air zam-zam sangat pendek. Maka alangkah baiknya kita, apabila minum air zam-zam, membaca do’a terlebih dahulu, agar mendapat keberkahan darinya.

Do’a Minum Air Zam-zam dari Nabi Muhammad

do'a minum air zam-zam
sumber: amalanonhand.com

Do’a minum air zam-zam ini, bisa kita baca ketika minum air zam-zam. Yang mana do’a ini sudah dicontohkan, oleh  para sahabat dan ulama.

Kemudian nabi Muhammad bersabda:

“Air zam-zam adalah air yang diberkahi, makanan (minuman) yang mengenyangkan”

Dalam riwayat lain ada tambahan:

“Zam-zam juga menjadi penyembuh, bagi semua penyakit”

Kandungan Air Zam-zam

Melihat kandungan yang ada dalam air zam-zam. Bahwa air zam-zam, merupakan salah satu air mineral yang menyehatkan. Dan tidak memiliki kandungan Amonia dan nitrit di dalamnya.

Adapun kandungannya sebagai berikut:

  • Chlorine (250mg) per liter
  • Florin Alami
  • Alkalin
  • Sodium
  • Hidrogen (8mg) per liter
  • Garam Magnesium
  • Kalsium (130mg) pe rliter
  • Sulfat (500mg) per liter

Oleh karna itu, air zam-zam memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh mata air selainnya.

Do’a Minum Air Zam-zam dari Sahabat:

do'a minum air zam-zam
sumber: travelsunnah.co.id

Do’a minum air zam-zam dari sahabat Ibnu Abbas, ketika minum air zam-zam beliau bedo’a:

Ya Allah, sesungguhnya saya memohon kepadamu. Ilmu yang bermanfaat, dan rizki yang luas, dan obat dari segala penyakit.

Manfaat Air Zam-zam

Manfaat air zam-zam sudah dijelaskan oleh nabi Muhammad dibanyak hadits. Tetapi masih ada sebagian orang, yang belum mengetahi manfaa air zam-zam.

Oleh karna itu, Duniapondok akan menjelaskan sebagian saja manfaat minum air zam-zam.

Diantaranya:

  1. Dapat mewujudkan segala sesuatu, sesuai dengan yang diniatkan (scroll ke atas lagi do’a)
  2. Dapat menyembuhkan segala penyakit
  3. Dapat menghilangkan kemunafikan
  4. Dapat membedakan, antara orang islam dengan orang munafik
  5. Terdapat banyak keberkahan di dalamnya
  6. Bisa menghapus dosa dan kesalahan

Selain itu, manfaat air zam-zam dapat juga menguatkan hati, dan memadamkan api kesedihan yang ada dalam hati. Menghilangkan haus bagi semua orang yang meminumnya.

Do’a Minum Air Zam-zam dari Para Ulama

do'a minum air zam-zam dari para ulama
sumber: youtube.com

Sudah banyak yang mempraktekan oleh para Ulama, tentang do’a minum air zam-zam. Diantaranya saya akan jelaskan sebagian di bawah ini.

Ibnu Mubarak seorang Ulama yang ahli hadits, dan merupakan seorang Thabi’iin. Beliau ketika minum air zam-zam beliau berdo’a.

“Ya Allah, sesungguhnya nabi Muhammad bersabda. Air zam-zam berhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. oleh karna itu, saya minum agar tidak kehausan di hari kiamat”

Selain Ibnu Mubarok, ada lagi ulama penulis kitab Mustadrak. Yaitu Imam Hakim An-Naisaburi berdoa’ dengan do’a di bawah ini ketika minum air zam-zam.

“Saya minum air zam-zam lalu saya memohon kepada Allah, agar Allah memberikan saya, bisa menghasilkan karya-karya yang bagus”

Lalu setelah berdo’a Imam An-Naisaburi. Allah mengkabulkan permintaan beliau, dengan diberi banyak karya, diantaranya kitab Al-Mustadrak.

Juga tak ketinggalan pula Al-Hafidz Ibnu Hajar beliau juga termotifasi, agar bisa memiliki hafalan seperti Imam Ad-Dzahabi.

Al-Imam As-Sayuti menceritakan bahwa Imam Ibnu Hajar pernah mengatakan.

Saya minum air zam-zam agar supaya bisa memiliki hafalan, sama seperti Imam Ad-Dzahabi

Kemudian do’a Ibnu Hajar, dikabulkan oleh Allah dan ditulis dalam kitab (Thabaqat Al-Huffadz).

Bahwa Ibnu Hajar memiliki tingkat hafalan seperti itu, dan ditambah lagi oleh Allah. Karna beliau berdo’ lewat minum air zam-zam

Adab minum Air Zam-zam

adab minum air zam-zam
sumber: youtube.com

Agama Islam merupakan agama yang sempurna. Karna setiap sisi kehidupan, semua ada aturan dan bimbingannya.

Diantara aturan dan bimbingan yang diajarkan oleh agama islam, yaitu ketika minum air zam-zam. Adapun aturannya, akan saya bahas di bawah ini.

Oleh karna itu, apabila kita ingin mendapatkan berkah ketika minum air zam-zam. Maka ikuti cara di bawah ini.

Membaca Basmalah dan Hamdalah

do'a minum air zam-zam
sumber: kuliyahislam.com

Agama islam sudah mengajarkan kepada kita. Apabila kita hendak melakukan sesuatu, maka seharusnya diawali dengan bacaaan basmalah. Kemudian ditutup dengan bacaan hamdalah.

Begitu juga disaat kita minum air zam-zam, maka jangan lupa membaca basmalah terlebih dahulu. Sebagaimana nabi Muhammad bersabda:

“Jika kamu hendak makan maka bacalah basmalah, dan makanlah dengan tangan tannganmu”

Kemudian apabila kita lupa, tidak membaca basmalah disaat minum. Maka seharusnya kita membaca do’a di bawah ini. Karna semua masalah dalam agama islam, ada solusinya.

Sebagaimana nabi Muhammad bersabda:

“Maka apabila kamu lupa membaca basmalah di awal, maka bacalah basmalah di awal dan di akhir”

Lalu ditutup dengan bacaan hamdalah. Karna ucapan hamdalah merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita, kepada Allah yang maha Esa.

Bernafas Tiga Kali

do'a minum air zam-zam
sumber: twitter.com

Ketika minum air zam-zam, maka hindarilah dengan sekali teguk hingga habis. Tetapi minumlah dengan cara bernafas, sampai tiga kali nafas.

Sebagaimana nabi Muhammad bersabda:

“Minumlah dengan tiga kali nafas karna hal itu, lebih segar, lebih enak, dan lebih nikmat”

Minum dengan tiga kali nafas merupakan salah satu perbedaan, antara orang islam dan orang-orang munafik.

Dan perlu kita ketahui juga bahwa yang dimaksud bernafas dalam hadits ini, adalah bernafas di luar wadah. Karna apabila kita bernafas dalam wadah air, maka hal tersebut dilarang oleh nabi Muhammad.

Minum Dengan Posisi Duduk

adab minum air zam-zam
sumber: youtube.com

Hal ini sudah diajarkan oleh nabi Muhammad, apabila kita hendak minum maka seharusnya dengan cara duduk.

Sebagaimana nabi Muhammad bersabda:

Janganlah kalian minum air sambil berdiri. Barang siapa lupa minum sambil berdiri, maka hendaklah berusaha untuk mengeluarkannya.

Akhir Kata

Alhadulillah teman-teman sudah membaca ringkasan artikel ini sampai akhir. Semoga apa yang saya tulis di artikel ini, bisa bermanfaat bagi semua orang yang membacanya.

Sekarang teman-teman sudah mengetahui tentang do’a minum air zam-zam. Beserta tata cara minum dan kandungan yang ada di dalamnya.

Maka alangkah baiknya teman-teman yang mempunyai hajat ingin pergi haji atau umroh, untuk bisa menghafal do’a tersebut. Dan jangan lupa sambil mengingat semua informasi yang sudah ditulis di artikel ini.

Kemudian apabila teman-teman ada yang sakit, maka berobatlah dengan air zam-zam. Insya Allah akan sembuh dengan izin Allah. Karna sudah terbukti, banyak orang yang berhasil, tetapi tidak sedikit juga yang gagal.

Terakhir dari saya, barang kali ada yang mau ditanyakan dari teman-teman. Tentang Do’a Minum Air Zam-zam bisa kirim langsung lewat kolom komentar di bawah ini.

Juga diharapkan kritik dan sarannya dari teman-teman. Tentang masalah Do’a Minum Air Zam- zam, agar Duniapondok bisa berkarya dan menulis lebih baik lagi. Apabila teman-teman suka dengan tulisan ini, bantu share iya teman-teman.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *