Doa Belajar

6 min read

doa sebelum belajar

Doa Belajar – Belajar merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan oleh orang Islam. Maka dengan itu, kita harus mengetahui doa belajar sebelum belajar ilmu.

Membaca doa sebelum belajar telah dianjurkan dalam agama Islam, agar ilmu yang kita dapatkan menjadi ilmu yang bermanfaat.

Nah, bagi kalian yang belum mengetahui tentang doa. Duniapondok disini akan mengupas semua kumpulan-kumpulan  doa sebelum dan belajar  lengkap dengan arab dan artinya. Dengan itu, mari simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Belajar

Doa belajar
sumber: made-blog.com/

Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan pengetahuan, serta perubahan sikap dan  nilai positif. Dengan itu, proses belajar bisa mengantarkan seseorang yang tidak faham bisa menjadi faham,

Doa Belajar

Doa setelah belajar
sumber: bersedekahtahfidz.com

Tujuan kita membaca doa supaya dipermudah dalam proses belajar, sehingga ilmu yang kita pelajari bisa masuk kedalam pikiran.

Membaca doa bisa menjadi permohonan kepada Allah, agar kegiatan belajar dapat diperoleh dengan hasil yang optimal.

Nah, mulai sekarang kalian harus membiasakan membaca doa sebelum belajar atau sesudah belajar. Serta ajarkanlah amalan ini  kepada anak-anak kita.

Sangat dianjurkan bagi kalian yang menjadi seorang guru dalam membingbing muridnya, agar selalu membaca doa belajar sebelum memulai kegiatan. Adapun doanya sebagai berikut.

أللهم اني أسألك علما نافعا, وزرقا طيبا, وعملامتقبلا

Doa Belajar Latin

Allahumma inni as aluka ‘ilmaan naafi’an, wa risqaan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalaa.

Arti Doa Belajar

Wahai Allah, sesungguhnya saya memohon ilmu yang bermanfaat, rizki yang yang baik, dan amal yang diterima”

Doa Masuk Kelas

أللهم أخرجنا من ظلمات الوهم واكرمنا بنور الفهم وافتح علينا بمعرفتك و سهل لنا ابواب فضلك ياارحم الراحمين

Allahuma akhrijna min dzulumaatil wahmi binuuril fahmi, waftah ‘alaina bima’ bimagrifatika. Wa sahhil lanaa abwaaba fadlika yaa arhamar raahimiin.

Artinya:

Wahai Allah, bebaskanlah kami dari segala kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kehaman, bukakanlah pengertian ilmu kepada kami. Serta bukankanlah untuk kami pintu-pintu anugrah-Mu, Wahai Dzat yang Maha Penyayang.

Doa Sesudah Belajar

Setelah kita melalukan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), maka kita dianjurkan untuk membaca doa sebelum pulang. Tujuan dari membaca doa sebelum pulang ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Adapun doanya sebagai berikut.

ربنا انفعنابما علمتنا الذي ينفعنا وزدنا علما والحمدلله على كل حال

Rabbanan fa’na bimaa ‘allamtanaa alladzi yan fa’una wazidnaa ‘ilmaan wal hamdulillahi ‘ala kulli haaliin.

Artinya:

Wahai Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkanlah kami apa-apa yang bisa bermanfaat bagi kami. Serta tambahkanlah ilmu bagi kami, dan segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

Doa ini bisa kalian baca bersama-sama di dalam kelas ketika sudah belajar. Agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat untuk semua umat.

Kumpulan Doa Belajar

doa sebelum belajar
sumber: sunahsantriblogspot.com

Selain doa di atas masih banyak lagi macam-macam doa yang bisa kalian amalkan setiap belajar.  Selain doa Robbisrohli sodri di bawah ini ada bacaan doa yang harus kalian ketahui juga, diantaranya sebagai berikut.

Doa Belajar Anak Tk

ربي زدني علما ورزقني فهما وجعلني من الصالحين

Rabbii zidnii ‘ilmaan war zuknii fahmaa waj ‘alnii minas shaalihin

Artinya:

Wahai Allah tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku kemampuan dalam memahaminya, dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang shaleh.
Baca Juga: Doa Iftitah

Doa Belajar dan Mengajar

رب اشرح لي صدري ويسرلي امري واحلل عقدة من لساني يفقهو قولي

Rabbis rahlii shodrii wa yassirli amri wah lul ‘uqdhatam mil lasyaanii yaqqahu qauli

Artinya:

Wahai Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, serta lepaskanlah ikatan pada lidahku, agar mereka memahami perkataanku.

Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunah

أللهم إنا نعوذبك من علم لا ينفع ومن قلب لا يخشع ومن دعوات لا يستجاب لها

Allahumma inna na’uudzubika min ‘ilmin laa yanfa’ wa min qalbin laa yakhsya’ wa min da’wati laa yustajaabu lahaa.

Artinya:

Wahai Allah, kami berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat. Dari hati yang tidak khusyuk, dan dari doa-doa yang tidak dikabulkan.

Doa Belajar Panjang

اللهم أرناالحق حقا ورزقنا اتباعه و ارنا الباطل باطلا ورزقنااجتنابه

Allahumma arinal khaqqa khaqqaa war zuknat tibaa’ahu wa arinal baa tila baatilaa war zuknaj tibaa’ahu.

Artinya:

Wahai Allah, tunjukanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukanlah kepada kami kejelekan, sehingga kami dapat menjauhinya.

اللهم صل على سيد نا محمد صلاة تخرجني من ظلمات الوهم و تكرمني بنور الفهم وتوضح لي ما أشكل حتى يفهم إنك انت تعلم ولا أغلم إنك أنت غلام الغيوب

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammad shalaatan thukrijuni min dzulumaatil wahmi, wa thukrimuni binuuril fajmi. Wa thudzihuli maa askala hatta yufhama innaka ta’lamu wa laa a’qlamu innaka anta ‘allamul guyub.

Doa Belajar Ketika Ujian

Kalian bisa membaca doa terlebih dahulu sebelum memulai ujian, insya Allah kalian akan dimudahkan dalam menjawab soal.

Karna ketika mengahadapi ujian dalam berbagai bidang pelajaran, kalian akan ditunjukan dengan jawaban yang tepat. Adapun doanya sebagai berikut.

اللهم اني استودعك ما علمتني فاردده الي عند حاجتي ولا تنسني يا رب العالمين

Allahumma innii astawdi’ukamaa ‘allamtani fardhudhu ‘indha haajati walaa thumsini ya rabbal ‘aalamin.

Artinya:

Wahai Allah, Saya titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku. Namun kembalikanlah dia  kepadaku di saat saya membutuhkannya. Dan jangan buat saya lupa kepadanya, wahai Tuhan pencipta alam semesta.

Doa Belajar di Sekolah

رضيت باالله رباوبالإسلام دينا وبمحمد نبيا ورسول ربي زدني علما ورزقني فهما

Radiitu billahi rabbaa wa bil islami dziina wa bimuhammadin nabiiya rasuula rabbii zidnii ‘ilmaa war zuknii fahmaa.

Artinya:

Saya ridha Allah sebagai tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Rasulku. Wahai Allah tambahkanlah kepadaku ilmu serta berikanlah kepadaku kemampuan memahaminya.
Baca Juga: Doa Nabi Yusuf

Manfaat Doa Sebelum Belajar

doa belajar latin
sumber: nupinggiran.com/

Ketika belajar diawali dengan membaca doa, maka ilmu yang akan didapatkan insya Allah menjadi ilmu yang barakah. Namun apa saja manfaat doa ini, adapun manfaatnya sebagai berikut:

Melatih Kesabaran

Segala sesuatu tentu membutuhkan waktu, proses, dan tatanan, agar bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Karna tidak ada yang instan dalam mendapatkan sesuatu, salah satunya dalam proses belajar.

Susunan belajar yang baik dalam agama Islam adalah berdoa, action, dan tinggal menunggu hasilnya. Lalukan hal yang terbaik yang bisa kalian lakukan dan hasilnya tinggal pasrahkan kepada Allah.

Karna dengan berdoa, seseorang telah belajar arti dari sebuah kesabaran, karna Allah sangat sayang kepada orang-orang yang sabar.

Terhindar Dari Berbagai Masalah

Mempelajari sebuah ilmu, tentu akan dihadapi dengan berbagai macam masalah, masalah yang dihadapi sangat bervariasi. Maka awaliyah dengan membaca doa ketika belajar, agar terhindar dari berbagai masalah.

Dengan membaca doa, insyaallah proses belajar kalian akan berjalan dengan lancar, serta ilmu yang didapatkan menjadi ilmu yang barokah.

Lebih Percaya Diri

Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha, untuk urusan hasil yang akan didapatkan Allah yang akan menentukan. Dengan itu, pasrahkan semua hal yang terjadi kepada Allah. Salah satu membaca doa adalah bisa membuat kalian lebih percaya diri.

Tujuan Menjadi Jelas

Berdoa bisa menjadi bukti bahwa kalian telah pasrah, sehingga tujuan kalian akan menjadi mudah untuk dicapai. Juga dengan adanya tujuan yang jelas, kalian akan terhindar dari keraguan-keraguan dalam belajar.

Karna dalam proses belajar, semua orang tentu memiliki tujuan yang jelas. Nah, engan berdoa tujuan kalian dalam belajar akan semakin jelas.

Bermanfaat Dalam Kehidupan

Selain poin-poin diatas ada satu lagi manfaat dari membaca doa, yaitu bisa bermanfaat dalam kehidupan. Baik di dunia atau di akhirat.

Sehingga kalian akan mendapatkan pahala dari Allah yang Maha Esa, serta mendapatkan kemuliaan di dunia dan akhirat.

Alhamdulillah artikel tentang doa belajar sudah selesai, semoga artikel ini bisa bermanfaat kepada kita semua. Semoga kita bisa mengamalkan serta mengajarkannya kepada anak-anak kita. Namun sebelum mengakhiri artikel ini, maka alangkah baiknya teman-teman baca juga Doa qunut, di link tersebut.

Apabila ada kesalahan dalam artkel ini, teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Sekian dari kami, terima kasih sudah mampir di web dunia pondok.

Jangan lupa bantu share.

Doa Nabi Yusuf

NH_Ariff
9 min read

Doa Ketika Marah

NH_Ariff
6 min read

Doa Qunut

NH_Ariff
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *