√ 5 Cara konsumsi kurma muda Dalam Islam {Praktis}

4 min read

cara konsumsi kurma muda

Cara Konsumsi Kurma Muda– Kurma merupakan salah satu pohon yang berasal dari daerah timur tengah. Sejak zaman Nabi Muhammad hingga sekarang, sudah dibudayakan oleh sebagian orang. Semua dapat kita pelajari dalam Al-Qur’an surat: Ar-Rahman 11, Yasin- 67, Maryam 25-26.

Maka sudah selayaknya buah kurma sangat terkenal dikalangan orang islam, lebih-lebih orang Indonesia. Tetapi tidak semua orang, mengetahui cara konsumsi kurma muda.

Padahal caranya sangat banyak teman-teman. Oleh karna itu, Duniapondok kali ini ingin membahas cara konsumsi kurma muda yang benar.

Sekaligus keutamaan mengkonsumsi kurma muda yang telah disebutkan dalam hadits.

Keutamaan Kurma Muda

keutamaan kurma muda
sumber: cyberspaseandtime.com

Kurma muda biasanya di panen pada bulan suci Ramadhan, sekitar bulan Mei sampai musim haji selesai. Selain kurma muda, air zam-zam sangat baik untuk dikonsumsi setiap harinya.

Jadi apabila teman-teman ingin membeli kurma muda, bisa membelinya pada saat panen. Karna kurma muda beda dengan kurma matang, adanya hanya pada saat musim panen saja.

Walaupun kurma muda sudah terkenal bagus untuk kesehatan tubuh, perlu teman-teman ketahui.

Bahwasanya kurma muda mengandung beberapa vitamin. Diantaranya Vitamin A, C, dan K. Selain Vitamin, kurma muda memiliki kandungan nutrisi seperti, Mineral dan Antioksidan.

Kemudian kurma muda mempunyai rasa yang cenderung sepat, walaupun tidak manis dan belum matang. Kurma muda justru menjadi incaran sebagian orang, karna sudah tidak diragukan lagi khasiatnya.

Keutamaan Kurma Muda Dalam Hadis

keutamaan kurma muda
sumber: umroh.com

Sudah banyak sekali hadis yang membahas tentang keutamaan, dan cara konsumsi kurma muda. Salah satunya yang telah dibahas dalam kitab Sunan Abi Daut.

Bahwa Nabi Muhammad bersabda:

“Barang siapa yang sarapan dengan tujuh biji kurma, maka di hari itu dijauhkan dari bahaya racun dan sihir”

Kemudian dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa kurma yang ada di Madinah bisa dijadikan obat.

Sebagaimana Nabi Muhammad Bersabda:

“Kurma yang ada di kota Madinah itu berasal dari surga, dan bisa dijadikan obat (Penawar) dari racun”

Kemudian diantara keutaman yang sudah saya bahas di atas, ada lagi keutamaan lainnya. Yang telah diriwayatkan dari istri Nabi Muhammad Ummul Mu’minin Siti Aisyah,

Beliau pernah bercerita, bahwa keluarga Nabi pernah tidak memasak nasi selama satu bulan. Yang dikonsumsi hanyalah Kurma muda dan air zam-zam.

Kemudian Nabi bersabda:

Tidak akan pernah kelaparan, bagi penghuni rumah yang di dalamnya terdapat kurma muda

Keutamaan Kurma Dalam Al-Qur’an

keutamaan kurma
sumber: tribunnews.com

Allah yang maha Esa, menyebutkan dalam Al-Qur’an tentang kurma. Yang mana hal tersebut membahas tentang sosok wanita yang tidak punya suami, tetapi mempunyai seorang anak.

Yaitu Siti Maryam, ketika beliau hendak melahirkan seorang bayi yaitu Nabi Isa As.

Maka para Ulama berkomentar tentang hal tersebut. Bahwa kurma muda adalah makanan yang baik, bagi wanita yang hendak bersalin.

Cara Konsumsi Kurma Muda

cara maka kurma muda
sumber: kurmamerah.com

Berdasarkan di dalam Al-Qur’am surat (Marya ayat 22-26). Para Ulama berpendapat, bahwa kurma muda merupakan makanan yang paling baik.

Baik dikonsumsi sehari-hari, atau ketika berbuka puasa.

Karna kurma muda atau kurma kering merupakan makanan para nabi, dan para sahabat. Oleh karna itu, alangkah baiknya kita mengikuti apa yang telah contohkan nabi kepada kita.

Nah, di atas sudah dibahas sebagian tentang sejarah dan keistimewaan kurma muda. Oleh karna itu, mari teman-teman baca artikel ini sampai selesai, apabila ingin tau cara konsumsi kurma muda yang benar.

Dimasak menjadi bubur

kurma muda dijadikan bubur
sumber: klikdokter.com

Cara konsumsi kurma muda yang pertama dijadikan sebagai bubur, sama seperti teman-teman ketika membuat nasi bubur.

Caranya pun gampang buatlah bubur seperti biasa. Kemudian tambahkan dua sendok teh, agar rasa buburnya tidak pahid, lalu masukan bubuk kurma muda. Agar bisa meningkatkan citarasanya.

Dicampur dengan Jus Buah

dijadikan jus buah
sumber: cupseaser.com

Cara yang kedua, teman-teman bisa mengkonsumsi kurma muda dengan dijadikan jus buah. Kombinasi buahnya sesuai dengan seleranya masin-masing. Sekiranya cocok dengan buah kurma muda.

Seperti contoh kurma muda yang ditambahkan tomat dan apel, agar lebih sehat dan mempuyai kaya vitamin.

Selain itu, kurma muda bisa dicampur dengan semangka. Yang mana bagus untuk mengatasi masalah kulit dan buang air besar.

Caranya juga gampang, biasanya kurma muda ketika baru dipanen masih basah. Lalu menjadi mudah ketika dihaluskan dengan blender. Praktis dan gampang.

Teman-teman bisa mengkonsumsinya dua kali sehari secara teratur, terserah mau ambil cara yang mana.

Kurma Muda dijadikan Bubuk

kurma muda dijadikan bubuk
sumber: klikdokter.com

Tak kalah menariknya, ternyata kurma muda bisa dijadikan bubuk juga. Biasanya kurma muda yang digunakan adalah kurma muda yang warna hijau.

Karna mayoritas orang yang hidup di zaman milenial ini, sukanya dengan cara instan. Oleh karna itu, apabila sudah berbentuk bubuk, tentunya akan lebih mudah mengkonsumsinya.

Hanya saja teman-teman, cuma menambahkan bubuk kurma dengan minuman lain. Baik susu ataupun madu.

Kemudian apabila teman-teman kesulitan memiliki bubuk kurma, teman-teman bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya akan saya bahas di bawah ini.

  • Keluarkan bijinya setelah dibelah, kemudian potong-potong buahnya, lalu dijemur dibawah matahari.
  • Jemur perkiraan selama 10 menit (tergantung dengan cuaca di daerah masing-masing). Kemudian kurma muda siap direbus, apabila sudah kering dan hancur ketika ditekan.
  • Masukan kurma muda yang sudah dijemur kedalam mixer. Teman-teman bisa mengatur kecepatan mixer, dalam tingkat rendah. Agar kurma muda tidak mengeluarkan minyak ketika menjadi bubuk.
  • Kemudian bubuk kurma disaring sehingga menjadi halus. Lakukan proses ini beberapa kali apabila bubuk kurma masih kasar. Setelah halus, maka bubuk kurma sudah bisa dikonsumsi.

Dengan Cara Langsung dimakan

cara konsumsi kurma muda
sumber. caratanam.com

Cara paling gampang mengkonsumsi kurma muda, dengan cara langsung dimakan. Walaupun kurma muda belum matang, tetapi tidak akan memberikan efek samping apapun ketika langsung dimakan.

Cara makannya gampang, apabila teman-teman ingin mengikuti sunnnah Nabi Muhamamd. Makanlah dengan hitungan ganjil.

Kemudian, bagi seseorang yang mempunyai pasangan, waktu yang terbaik untuk makannya adalah. Satu jam sebelum berhubungan intim.

Lalu bagi para wanita waktu yang terbaik mengkonsumsi kurma muda adalah, setelah datang haid, atau pada masa-masa subur.

Kurma Muda direbus

kurma muda direbus
sumber. palontaraq.com

Teman-teman sudah sering meminum obat herbal dengan cara direbus. Nah prsoses kurma muda sama seperti obat herbal cara rebusnya, hanya saja beda takaran.

Rebus kurma muda dengan tujuh butir dan 1 gelas air, tambahkan madu agar supaya lebih enak. Kemudian teman-teman bisa langsung minum air rebusan tersebut, gampangkan.

Akhir Kata

Baiklah teman-teman, itulah cara konsumsi kurma muda yang benar, untuk dikonsumsi sehari-hari.

Tak hanya dikonsumsi oran tua, tapi juga boleh dikonsumsi anak-anak, supaya tetap terjaga kesehatanya.

Untuk menjaga kurma muda agar tidak cepat rusak. Maka alangkah baiknya, cuci terlebih dahulu, sebelum dimasukan kedalam freezer.

Itulah pembahasan tentang cara konsumsi kurma muda. Barang kali teman-teman ada yang mau ditanyakan, bisa kirim langsung di bawah kolom komentar ini.

Juga diharapkan dari para teman-teman kritik dan sarannya. Agar Duniapondok bisa berkarya dan menulis lebih baik lagi.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *