Ayat Tentang Zina

3 min read

Ayat Tentang Zina – Zina adalah suatu perbuatan yang sangat terlarang dalam agama Islam. Dalam KBBI zina adalah melakukan hubungan badan antara laki-laki dan wanita di luar akad nikah

Selain itu, zina merupakan perbuatan yang sangat dilaknat oleh Allah, walaupun hanya mendekati saja.

Oleh karna itu, bagi setiap orang yang mendekati atau melakukan zina akan mendapat adzab dari Allah. Dengan adzab yang sangat pedih.

Selain itu, zina merupakan perbuatan yang sangat dilaknat oleh Allah, walaupun hanya mendekati saja. Lalu apakah kalian semua sudah mengetahui tentang ayat zina? Nah, benar mari kita sama-sama simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Zina

pengertian zina
sumber: hasmi.com

Ayat Tentang Zina

Ada beberapa ayat Al-Qur’an tentang larangan zina salah satunya akan  kami jelaskan di bawah ini. Sebagaimaa dalam surat Al-Isra’ ayat 32:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰۤى اِنَّهٗ كَا نَ فَا حِشَةً ۗ وَسَآءَ سَبِيْلًا
Artinya:

Janganlah kamu mendekati (zina) zina itu sungguh suatu perbuatan yang keji serta suatu jalan yang buruk

Ayat Tentang Zina Mata

Pandangan mata ibarat sebuah panah beracun yang sedang keluar dari busur panah iblis. Nabi Isa As telah mengingatkan, jangalah mata kalian karan ia akan menabur benih nafsu ke dalam hati. Selain itu pandangan mata serta berangan-angan merupakan salah satu sumber zina.

Salah satu fitnah yang paling besar dari umat Nabi Muhammad adalah fitnah dunia dan wanita. Sebagaiman dalam surat An-Nur ayat 30.

قُلْ لِّـلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُـضُّوْا مِنْ اَبْصَا رِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْ ۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ بِۢمَا يَصْنَـعُوْنَ
Artinya:

Katakanlah Muhammad kepada laki-laki dan wanita yang beriman, agar senantiasa menjaga pandangannya serta memelihara kemaluannya. Yang seperti itu lebih suci bagi mereka, sungguh Allah maha mengetahui terhadap apa yang mereka kerjakan.

Dari ayat tersebut kita bisa mengambil pelajaran, bahwa kita selaku seorang laki-laki harus benar-benar menjaga pandangan mata kita.

Ayat Tentang Zina Pacaran

hadist tentang pacaran
sumber: glosarium.org

Pada zaman sekarang pacaran menjadi suatu hal yang biasa, bahkan menjadi suatu yang dibangga-banggakan. Seakan-akan pacaran menjadi suatu yang umum Astawfirullah.

Salah satu penyebab adanya perbuatan zina adalah pacaran, berikut beberapa ayat tentang pacaran yang ada dalam Al-Qur’an.

Surat Al-Ahzab ayat 35

وَمَا كَا نَ لِمُؤْمِنٍ وَّلَا مُؤْمِنَةٍ اِذَا قَضَى اللّٰهُ وَرَسُوْلُهٗۤ اَمْرًا اَنْ يَّكُوْنَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ اَمْرِهِمْ ۗ وَمَنْ يَّعْصِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا مُّبِيْنًا
Artinya:

Tidaklah pantas bagi orang laki-laki yang beriman dan wanita yang beriman, apabila Allah dan Rasul telah menetapkan suatu ketetapan. Akan ada pilihan yang lain bagi mereka tentang urusan mereka, maka barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasul. Maka sungguh mereka telah sesat, dengan kesesatan yang nyata.

Surat Al-Baqarah Ayat 169

اِنَّمَا يَأْمُرُكُمْ بِا لسُّوْٓءِ وَا لْفَحْشَآءِ وَاَ نْ تَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ
Artinya:

Sesungguhnya setan itu hanya menyuruh manusia agar selalu berbuat jahat dan keji. Serta mengatakan apa yang tidak kamu ketahui tentang Allah.

Surat Al-An’am Ayat 120

وَذَرُوْا ظَاهِرَ الْاِ ثْمِ وَبَا طِنَهٗ ۗ اِنَّ الَّذِيْنَ یَکْسِبُوْنَ الْاِ ثْمَ سَيُجْزَوْنَ بِمَا كَا نُوْا يَقْتَرِفُوْنَ
Artinya:

Tinggalkanlah dosa baik yang terlihat atau yang tersembunyi. Sungguh orang-orang yang melakukan perbuatan dosa, kelak akan diberi balasan sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.

Pacaran merupakan perbuatan orang pada zaman jahiliyah sebelum Nabi Muhammad datang. Jadi orang yang sedang menjalankan pacaran termasuk orang yang rugi, karna tidak ada dalam syariat Islam

Surat Al-Maidah Ayat 77

قُلْ يٰۤـاَهْلَ الْـكِتٰبِ لَا تَغْلُوْا فِيْ دِيْـنِكُمْ غَيْرَ الْحَـقِّ وَلَا تَتَّبِعُوْۤا اَهْوَآءَ قَوْمٍ قَدْ ضَلُّوْا مِنْ قَبْلُ وَاَ ضَلُّوْا كَثِيْرًا وَّضَلُّوْا عَنْ سَوَآءِ السَّبِيْلِ
Artinya;

Katakanlah (Muhammad) Kepada ahli kitab! Janganlah berlebih-lebihan dengan cara yang tidak benar dalam agamanya. Janganlah kamu mengikuti keinginan orang yang telah sesat serta menyesatkan banyak orang. Sehingga mereka sendiri yang tersesat dari jalan yang lurus.

Pada zaman dahulu wanita hanya digunakan sebagai pelayan dan penghias bagi seorang laki-laki. Banyak wanita yang menderita, sehingga wanita tidak mendapatkan penghormatan sama sekali.

Sekedar mengingatkan kepada teman-teman. Bahwa pacaran bukan suatu jalan untuk meresmikan suatu hubungan, tapi pacaran terdapat ketidak pastian di dalamnya. Hubungan yang serius adalah hubungan yang dibuktikan dengan sebuah pernikahan.

Orang yang baik tentu akan mendapatkan jodoh yang baik insya Allah, pasti

Ayat Tentang Menuduh Zina

Ayat Tentang Menuduh Zina
sumber: youtube.com

Islam merupakan agama yang rahmat bagi seluruh makhluknya, oleh karna itu, agama Islam mengangkat kedudukan pemeluknya.

Sehinga kehormatannya tidak boleh diganggu, termasuk merusak kehormatan orang Islam adalah menuduhnya berzina tanpa bukti. Adapun dalil bagi orang yang menuduh zina diantaranya sebagai berikut.

  • Surat An-Nur Ayat 6-7

وَا لَّذِيْنَ يَرْمُوْنَ اَزْوَا جَهُمْ وَلَمْ يَكُنْ لَّهُمْ شُهَدَآءُ اِلَّاۤ اَنْفُسُهُمْ فَشَهَا دَةُ اَحَدِهِمْ اَرْبَعُ شَهٰدٰتٍ بِۢا للّٰهِ ۙ اِنَّهٗ لَمِنَ الصّٰدِقِيْنَ
Artinya:

Bagi orang-orang yang menuduh istrinya berzina, padahal mereka tidak mempunyai saksi-saksi selain dirinya sendiri. Maka kesaksian masing-masing orang itu ialah empat kali bersumpah dengan nama Allah, bahwa sesungguhnya dia termasuk orang yang berkata benar.

وَا لْخَـامِسَةُ اَنَّ لَـعْنَتَ اللّٰهِ عَلَيْهِ اِنْ كَا نَ مِنَ الْكٰذِبِيْنَ

Sumpah yang nomer lima bahwa laknat Allah akan menimpanya, jika dia termasuk orang yang berdusta
  • Surat An-Nur Ayat 23

اِنَّ الَّذِيْنَ يَرْمُوْنَ الْمُحْصَنٰتِ الْغٰفِلٰتِ الْمُؤْمِنٰتِ لُعِنُوْا فِى الدُّنْيَا وَا لْاٰ خِرَةِ ۖ وَلَهُمْ عَذَا بٌ عَظِيْمٌ ۙ
Artinya:

Sungguh bagi orang-orang yang menuduh wanita-wanita baik, lemah, serta beriman dengan tuduhan berzina. Maka mereka akan dilaknat di dunia dan di akhirat, sehingga mereka akan mendapatkan azab yang besar.

Dari ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa setiap orang yang sering lancang dengan menuduh zina. Berhak mendapatkan hukum cambuk sebanyak 80 kali. Kecuali apabila bisa mendatangkan bukti yaitu. Empat orang laki-laki yang melihat langsung perbuatan zina tersebut, dengan mata kepadanya sendiri sampai sini sudah jelas.

  • Surat An-Nur Ayat 4

وَا لَّذِيْنَ يَرْمُوْنَ الْمُحْصَنٰتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوْا بِاَ رْبَعَةِ شُهَدَآءَ فَا جْلِدُوْهُمْ ثَمٰنِيْنَ جَلْدَةً وَّلَا تَقْبَلُوْا لَهُمْ شَهَا دَةً اَبَدًا ۚ وَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ ۙ
Artinya:

Bagi orang-orang yang menuduh wanita-wanita baik berzina, sedangkan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi. Maka cambuklah mereka delapan puluh kali, serta jangan kamu terima kesaksian mereka untuk selama-lamanya, karna mereka termasuk orang-orang fasik.

Ayat Tentang Zina Muhsan

Dalam kitab Tausyikh perbuatan zina dibagi menjadi dua. Zina muhsan yaitu zina yang dilakukan oleh seorang laki-laki dan wanita yang sudah menikah. Zina ghairu muhsan, yaitu zina yang dilakukan oleh laki-laki dan wanita yang belum menikah. Adapun dalilnya sebagai berikut.

Artinya:

Dalam ayat tersebut dapat kita simpulkan  bahwa pelaku zina wajib mendapatkan hukuman hadd, dengan cara dicambuk sebanyak seratus kali. Bagi pelaku zina yang belum menikah.

Ayat Tentang Zina Ghairu Muhsan

Hukuman bagi pelaku zina ghairu muhsan adalah diranjam sampai mati, ini merupakan pendapat mayoritas ulama hukum ini masih dipakai di Negara Brunai Darussalam. Adapun dalil zina ghairu muhsan sebagai berikut.

Artinya:

Laki-laki dan wanita tua apabila mereka berzina, maka hendaknya kalian rajam keduanya.

Walaupun ayat ini sudah dihapus dalam Al-Qur’an, tapi hukumnya tetap berlaku, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Imam Nawawi. Sesungguhnya ayat ini termasuk ayat yang dihapus bacaannya, tapi tetap berjalan hukumnya

Setiap amal kebaikan yang kamu kerjakan pasti akan mendapatkan balasan dari Allah yang maha Esa. Seperti halnya kamu aurat dan kemaluannya.

Demikianlah penjelasan singkat ayat tentang zina, semoga bisa bermanfaat kepada kita semua. Sehingga menjadi tambahan ilmu bagi semua teman-teman Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, teman-teman bisa kirim kirim langsung di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bantu share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *