Ayat Tentang Sabar

5 min read

ayat tentang sabar

Ayat Tentang Sabar – kemampuan diri untuk menahan dari segala hal yang tidak disukai sebab bertujuan untuk mengharap ridho dari Allah.

Sabar merupakan salah satu dari sekian banyak sifat terpuji yang sangat disenangi Allah, dan Rasulullah. Sebelum mengetahui lebih dalam tentang ayat sabar, alangkah baiknya baca dulu asbabun nuzul surat Al-Kaustar sebagai tambahan ilmu.

Sabar salah satu kemampuan dalam menahan diri dari suatu yang tidak disukai karan mengharap ridho Allah.

Dalam Al-Qur’an terdapat banyak ayat yang mengajarkan tentang kesabaran. Sering kali dikaitkan dengan sifat mulia seperti keimanan, syukur, ikhlas, tawakal, dan sebagainya.

Untuk mengetahui ayat apa saja yang berhubungan dengan sabar, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Ayat Tentang Sabar dan Ikhlas

ayat tentang ikhlas
sumber: kajianislamarnis.blogspot.com

Ayat tentang sabar dalam Al-Qur’an sudah banyak dijelaskan oleh Allah yang maha Esa, salah satunya dalam surah AL-Ahqaf ayat 35.

Semua para Nabi dan Rasul mempunyai hati yang teguh, mereka tidak pernah meminta adzab kepada Allah. Dengan itu kita sebagai manusia juga diharapkan untuk selalu bersabar seperti para Rasul dalam melakukan perbuatan.

Sebagaimana dalam AL-Qur’an:

Artinya:

Maka bersabarlah kamu sebagaimana orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari para Rasul yang telah bersabar.

Juga janganlah kamu meminta azab bagi mereka pada saat melihat azab yang diancam kepadanya. Maka seakan-akan mereka tidak tinggal di dunia melainkan mereka sesat di siang hari.

Sabar dan ikhlas merupakan dua sifat yang sulit dimiliki oleh manusia. Karna tidak ada manusia di dunia yang ingin merakan kegagalan.

Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar

sabar dalam Al-Qur'an
sumber: pictame.com

Ayat Al-Qur’an tentang sabar menghadapi musibah. Dengan rasa sabar kita akan memperoleh hidup yang bahagia, dengan tujuan mendapatkan ridha dari Allah. Maka hendaknya kita bersabar, apabila kita mendapatkan musibah dalam bentuk apapun.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 155-156:

وَلَـنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَـوْفِ وَا لْجُـوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَ مْوَا لِ وَا لْاَ نْفُسِ وَا لثَّمَرٰتِ ۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ ۙ

Artinya:

Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, ketkurangan harta jiwa, serta buah-buahan. Kemudian sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.

الَّذِيْنَ اِذَاۤ اَصَا بَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۙ قَا لُوْۤا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِ نَّـاۤ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَ ۗ

Artinya:

Yaitu orang-orang apabila tertimpa musibah ia berkata. “Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’un” (sesungguhnya kita milik Allah dan kepada Allah kita kembali).

Memang sejatinya hidup merupakan ujian dari Allah, karna ujian memang suatu hal yang wajar terjadi kepada setiap manusia.

Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar dan Taqwa

ayat tentang taqwa
sumber:mesjidui.ui.ac.id

Sesungguhnya Allah sudah mengetahui dengan jelas apa yang terjadi kepada manusia. Dengan itu perbuatan sabar dan taqwa, merupakan salah satu cara untuk menghilangkan berbagai tipu daya yang ada di dunia.

Karna manusia yang selalu sabar dan tawakal dalam menjalani seluruh permasalahan dalam hidup ini, merupakan manusia yang disayangi Allah. Sebab Allah sayang terhadap manusia yang sabar.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Al-Imran ayat 146:

وَكَاَ يِّنْ مِّنْ نَّبِيٍّ قٰتَلَ ۙ مَعَهٗ رِبِّيُّوْنَ كَثِيْرٌ ۚ فَمَا وَهَنُوْا لِمَاۤ اَصَا بَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَمَا ضَعُفُوْا وَمَا اسْتَكَا نُوْا ۗ وَا للّٰهُ يُحِبُّ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya:

Berapa banyak para Nabi yang berperang bersama mereka sejumlah dari pengikutnya yang bertaqwa

Mereka tidak pernah menjadi lemah karna bencana yang menimpa mereka di jalan Allah. Kemudian mereka tidak pernah menyerah kepada musuh, karan Allah menyukai orang-orang yang sabar.

Kamu jauh lebih mudah mengubah dirinya sendiri dari pada mengubah orang lain. Tadabbur ayat tentang sabar ini memotifasi untuk mengubah diri kita.

Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar Menunggu

sabar dalam menunggu
sumber: sarapanpagi.com

Ketika menunggu teman sering kali kita mendapatkan suatu yang tidak disukai seperti marah, sedih, kecewa, dan sebagainya. Padahal bisa jadi apa yang kita tunggu malah baik baginya.

Seperti Rasulullah Menunggu turunya wahyu dari Allah melalui malaikat Jibril. Sebelum Al-Qur’an ditrunkan kepada Rasulullah ada banyak berbagai berita gaib yang sebelumnya sudah hadir dengan sikap sabar dalam menunngu.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an Surah Huud ayat 49:

تِلْكَ مِنْ اَنْۢبَآءِ الْغَيْبِ نُوْحِيْهَاۤ اِلَيْكَ ۚ مَا كُنْتَ تَعْلَمُهَاۤ اَنْتَ وَلَا قَوْمُكَ مِنْ قَبْلِ هٰذَا ۖ فَا صْبِرْ ۖ اِنَّ الْعَا قِبَةَ لِلْمُتَّقِيْنَ

Artinya:

Itu merupakan berita-berita penting tentang yang gaib yang Allah wahyukan kepada Rasulullah. Tidak pernah kamu mengetahui dan tidak pula kaummu. Maka bersabarlah sesungguhnya sabar bagi orang-orang yang bertaqwa.

Dalil Ayat Tentang Sabar

dalil tentang ayat sabar
sumber: youtube.com

Surat Al-Imran ayat 200:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اصْبِرُوْا وَصَا بِرُوْا وَرَا بِطُوْا ۗ وَا تَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman bersabarlah kamu, kuatkanlah kesabaranmu kemudian tetaplah bersiap-siaga dalam bertaqwa kepada Allah. Agar kamu beruntung.

Surah Al-Imran ayat 186:

لَـتُبْلَوُنَّ فِيْۤ اَمْوَا لِكُمْ وَاَ نْفُسِكُمْ ۗ وَلَـتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْۤا اَذًى كَثِيْـرًا ۗ وَاِ نْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا فَاِ نَّ ذٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْاُ مُوْرِ

Artinya:

Kamu pasti akan diuji dengan hartamu dan dirimu, sehingga kamu akan mendengar banyak hal yang sangat menyakitkan hati. Dari orang-orang yang telah diberi kitab sebelum kamu dan orang musyrik. Apabila kamu bersabar dan bertaqwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.

Berbagai perbuatan menyakiti dan menyenangkan, yang sudah sepatutnya dihadapi dengan rasa sabar. Ini merupakan sebab pertama dalam agama Islam, karna semua ujian yang berhubungan dengan harta, anak, dan sebagainya datangnya dari Allah.

Surat Al-Hud ayat 115:

وَا صْبِرْ فَاِ نَّ اللّٰهَ لَا يُضِيْعُ اَجْرَ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya:

Bersabarlah karna sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan

Surah An-Nahl ayat 96:

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ بَا قٍ ۗ وَلَـنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْۤا اَجْرَهُمْ بِاَ حْسَنِ مَا كَا نُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya:

Apa yang ada disisimu akan lenyap, sementara apa yang ada di sisi Allah akan tetap kekal. Sesungguhnya kita akan memberikan balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Surah Al-Mukminun ayat 111:

اِنِّيْ جَزَيْتُهُمُ الْيَوْمَ بِمَا صَبَرُوْۤا ۙ اَنَّهُمْ هُمُ الْفَآئِزُوْنَ

Artinya:

Sesungguhnya pada hari ini saya memberikan balasan kepada mereka karna sebab kesabaran mereka. Sungguh mereka adalah orang-orang yang mendapatkan kemenangan

Tafsir Ayat Tentang Sabar

Tafsir Ayat Tentang Sabar
sumber: initu.id

Dalam surah Al-Baqarah ayat 155:

Artinyanya:

Sungguh kita akan berikan kepadamu cobaan dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, buah-buahan. Kemudian berikan kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.

Tafsir dari ayat tersebut bahwa Allah benar-benar akan menguji manusia dengan sedikit ketakutan dari lapar, kurangnya harta, dan sebagainya.

Dengan kurangnya buha-buahan seperti anggur, kurma, biji-bijian, karna sedikitnya hasil panen.

Kemudian Allah memberikan kabar gembira melalui para Nabi kepada manusia yang sabar dalam menghadapi masalah.

Dalam surah Al-Baqarah ayat 45:

وَا سْتَعِيْنُوْا بِا لصَّبْرِ وَا لصَّلٰوةِ ۗ وَاِ نَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَ ۙ
Artinya;

mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat, dan shalat itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusuk

Tafsir dari ayat tersebut bahwa minta pertolongan atas segala urusan melalui kesabaran  kepada Allah. Karna hal tersebut sangat berat kecuali orang yang sabar.

Allah akan menolong dalam mengatasi setiap kesulitan yang dialami hambanya, dengan itu mintalah tolong kepada Allah.

Serta merasa yaqin bahwa orang yang sabar akan bertemu Allah setelah kematian, penjelasan lengkapnya klik di link tersebut

Saling tolong menolong kamu dengan kesabaran dalam ketaatan kepada Allah, baik dari menahan nafsu syahwat. Kemudian lakukanlah shalat pada waktunya dengan khusu’. Agar bisa menjauhkan kamu dari berbuat buruk.

Ciri-ciri Orang Yang sabar

Dari beberapa ayat Al-Qur’an yang sudah kami jelaskan di atas, tentunya teman-teman sudah memahami tentang sabar. Lalu bagaimana ciri-ciri orang yang sabar menurut Al-Qur’an? Nah betul, mari kita simak bersama-sama diantaranya sebagai berikut.

  • Tidak lemah mental atau tidak pengecut

Ciri pertama orang yang sabar adalah mereka selalu mengontrol dirinya saat menghadapi kesulitan hidup. Sehingga bisa menstabilkan emosinya sebelum orang lain mengingatkannya.

  • Tidak lesu dari segi penampilan

Ciri kedua orang yang sabar adalah mereka tidak pernah menampilkan kesedihannya kepada orang lain. Karna mereka sadar bahwa semua manusia yang ada di dunia tidak ada yang luput dari problem.

Walaupun secanggih apapun seorang pakar ahli psikologi ketika menangani masalah orang lain. Niscaya dia juga tidak lepas dari bebanan masalah juga.

Namun orang yang sabar selalu menampilkan kelemahan dirinya kepada Allah di setiap kesunyian malam melalui shalat tahajud.

  • Tidak pernah menyerah

Seorang yang sabar tidak pernah kenal perkataan putus asa, mereka selalu senantiasa memelihara ketekunannya. Sehingga mereka gigih dalam usahanya, agar bisa mencapai apa yang diinginkan.

Apabila menemukan kegagalan di hari ini, maka mereka mencobanya di esok harinya lagi. Karna mereka tidak mudah patah semangat apabila berhadapan dengan kegagalan.

Keutamaan Ayat Tentang Sabar

keuataman sabar
sumber: flickr.com

Berikut ini beberapa ayat AL-Qur’an tentang sabar yang bisa dijadikan sebagai bahan kajian dan renungan. Bagaimana Al-Qur’an menjelaskan tentang kesabaran.

Banyak sekali ayat dalam Al-Qur’an yeng menjelaskan tentang sabar diantaranya  sudah dijelaskan di atas. Adapun keutamaan ayat tentang sabar diantaranya sebagi berikut:

Mengalahkan Kejahatan

Sikap sabar akan sanggup mengalahkan berbagai kejahatan yang dilakukan para orang kafir. Namun dengan sabar bukan berarti orang yang lemah.

Sebagaimana dalam surah Al-Anfall ayat 65:

يٰۤـاَيُّهَا النَّبِيُّ حَرِّضِ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلَى الْقِتَا لِ ۗ اِنْ يَّكُنْ مِّنْكُمْ عِشْرُوْنَ صَا بِرُوْنَ يَغْلِبُوْا مِائَتَيْنِ ۚ وَاِ نْ يَّكُنْ مِّنْكُمْ مِّائَةٌ يَّغْلِبُوْۤا اَ لْفًا مِّنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِاَ نَّهُمْ قَوْمٌ لَّا يَفْقَهُوْنَ

Artinya:

Wahai para Nabi kobarkanlah semangat para orang Islam untuk berperang, apabila ada dua puluh orang yang sabar di anatar kamu. Niscaya mereka akan mengalahkan dua ratus orang musuh.

Apabila ada seratus orang yang sabar di antara kamu, maka mereka akan mengalahkan seribu dari orang-orang kafir. Sebab orang kafir itu merupakan orang yang tidak mengerti.

Menjadi Pemisah

Seluruh orang Islam bisa menjadi pemisah antara orang yang iman dan yang tidak iman saat hari penghakiman nanti. Dengan itu kesabaran merupakan salah satu sikap yang sangat dicintai Allah.

Sebagaimana dalam Surah Al-A’raf ayat 87:

وَاِ نْ كَا نَ طَآئِفَةٌ مِّنْكُمْ اٰمَنُوْا بِا لَّذِيْۤ اُرْسِلْتُ بِهٖ وَطَآئِفَةٌ لَّمْ يُؤْمِنُوْا فَا صْبِرُوْا حَتّٰى يَحْكُمَ اللّٰهُ بَيْنَنَا ۚ وَهُوَ خَيْرُ الْحٰكِمِيْنَ

Artinya:

Apabila ada dari kamu orang yang beriman kepada apa yang saya diutus untuk menyampaikan dan ada pula yang tidak beriman. Maka bersabarlah, sehingga Allah menetapkan hukuman di antara kita dengan sebaik-baiknya hukum.

Memperlancar Rezeki

Perbuatan sabar juga bisa menjadi sebab lancarnya rezeki yang Allah berikan kepada kepada orang-orang yang bertaqwa dan sabar.

Sebagaimana dalam surah Thaha ayat 132:

وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِا لصَّلٰوةِ وَا صْطَبِرْ عَلَيْهَا ۗ لَا نَسْــئَلُكَ رِزْقًا ۗ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَا لْعَا قِبَةُ لِلتَّقْوٰى

Artinya:

Perintahkanlah kepada keluargamu agar mendirikan shalat, kemudian bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kitatidak meminta rezeki kepadamu, tetapi kitalah yang memberikan rezeki kepadamu

Kesimpulan

kesimpulan dari ayat sabar
sumber: youtube.com

Sifat sabar menunjukan kedudukan yang sangat tinggi dalam Islam. Dengan itu orang-orang yang sabar memiliki kedudukan yang sangat istimewa di mata Allah.

Dalam Al-Qur’an sifat sabar dijelaskan sebanyak 103, baik dari potongan ayat tentang sabar, atau beserta turunya.

Penjelasan ayat sabar yang sangat banyak itu menunjukan bahwa sabar merupakan suatu yang sangat penting.

Selain itu sabar merupakan sifat yang seharusnya dimiliki oleh manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. baik moral, mental, atau spiritual.

Kesabaran ini harus diarahkan dalam rangka ketaatan kepada Allah, yang meliputi dalam menjalankan perintah Allah. Baik menghadapi ujian, dan sebagainya.

Kesabaran seperti inilah yang akan menjadi pilar kebahagiaan bagi seorang manusia dalam menjalani kehidupan. Sebagai tambahan ilmu kepada teman-teman baca dulu asbabun nuzul surat Al-Kafirun di link tersebut.

Demikianlah penjelasan ayat tentang sabar dalam Al-Qur’an yang mengajarkan kepada kita. Walaupun masih banyak lagi ayat tentang sabar yang masih belum ditulis di artikel ini.

Semoga beberapa ayat yang sudah ditulis di artike ini bisa menambah keimanan, sekaligus sebagai sarana dalam kehidupan ini.

Jangan lupa bantu share.

Keutamaan surat Al-waqiah

NH_Ariff
4 min read

Pengertian Al-Qur’an

NH_Ariff
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *