Ayat Al-Qur’an Tentang Jodoh

5 min read

ayat tentang jodoh

Ayat Al-Qur’an Tentang Jodoh – Berbicara soal jodoh umat muslim sudah sangat yaqin atas apa yang telah ditetapkan oleh Allah dalam Al-Qur’an. Dalam Al-Qur’an Allah telah menetapkan semua aturan-aturannya, salah satunya dalam hal jodoh.

Manusia akan mendapatkan jodoh sesuai dengan kepribadiannya masing-masing. Misalnya, wanita yang baik, akan mendapatkan laki-laki baik, dan sebaliknya.

Jadi apabila kalian ingin mendapatkan jodoh yang baik, maka perbaikilah diri kalian terlebih dahulu. Jika belum shaleh, maka mulailah dari sekarang, mengapa demikian? Agar kalian bisa mendapatkan jodoh yang shalehah.

Ayat Al-Qur’an Tentang Jodoh

Ayat Al-Qur’an Tentang Jodoh
sumber: sepenggal.info

يٰۤـاَيُّهَا النَّا سُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّا حِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَا لًا كَثِيْرًا وَّنِسَآءً ۚ وَا تَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهٖ وَا لْاَ رْحَا مَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَا نَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Arti Ayat AL-Qur’an tentang jodoh

Wahai manusia bertaqwalah kalian kepada Allah yang telah menciptakan kalian dari diri yang satu yaitu Nabi adam. Dan Allah menciptakan pasangan ibu Hawa dari dirinya, Sehingga dari keduanya Allah memperkembangbiakan laki-laki dan wanita yang banyak.

Bertaqwalah kepada Allah yang dengan namanya kalian saling meminta serta periharalah hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

Ayat Al-Qur’an Tentang Jodoh Cerminan Diri

Menurut mas Alhadiibrahim wanita merupakan insan yang sangat dimuliakan oleh Allah. Dengan itu banyak dalil dari Al-Qur’an dan hadits tentang pujian kepada wanita.

Jodoh adalah cerminan diri kita semua, jadi siapa saja yang akan menjadi jodoh kalian. Itu adalah orang yang kualitasnya sama seperti kalian.

Tapi sangat beruntunglah bagi kalian yang mendapatkan jodoh yang sama-sama baik. Hal tersebut merupakan kenikmatan yang harus disyukuri oleh kalian. Sebagaimana dalam surat An-Nur ayat 26.

اَلْخَبِيْثٰتُ لِلْخَبِيْثِيْنَ وَا لْخَبِيْثُوْنَ لِلْخَبِيْثٰتِ ۚ وَا لطَّيِّبٰتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَا لطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبٰتِ ۚ

Artinya:

Wanita-wanita yang keji hanya untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki keji hanya untuk wanita yang keji pula. Sehingga wanita-wanita yang baik, untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk wanita yang baik pula.

Dari ayat tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ketetapan Allah yang telah menunjukan bagi lali-laki keji akan mendapatkan wanita keji.

Oleh karna itu bagi kalian yang sedang mencari jodoh. Sangatlah penting untuk memperbaiki diri serta berusaha untuk selalu menjadi orang baik.

Ayat Al-Qur’an Tentang Jodoh Ditangan Tuhan

Sebelum manusia dilahirkan ke dunia Allah telah mencatat siapa jodoh orang tersebut. Oleh karna itu jodoh sudah ada di tangan tuhan. Maka kalian semua jangan khawatir, tapi harus berusaha jelas. Sebagaimana dalam surat Ar-Rum ayat 21.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖۤ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَا جًا لِّتَسْكُنُوْۤا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰ يٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya:

Diantara tanda-tanda kebesaran Allah dia telah menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kalian cebderung serta merasa tentram kepadanya. Allah menjadikan diantara kalian rasa kasih sayang. Sungguh dalam hal ini, terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang mau berfikir.

Ayat ini menegaskan bahwa jodoh sudah ditakdirkan oleh Allah, hal ini menunjukan atas kekuasaan Allah. Lalu apa tujuan dari hal tersebut? Untuk mewujudkan ketentraman dan ketenangan dalam kehidupan manusia.

Selain itu, Allah ciptakan para wanita untuk para laki-laki, agar merasa tentram, nyaman, serta menimbulkan rasa kasih sayang kepadanya. Sehingga bisa menjalankan hidup dengan sempurna.

Rasa kasih sayang terhadap keluarga selalu dicontohkan oleh Rasulullah dalam kehidupan rumah tangga. Oleh karna itu, kita sebagai muslim harus mengikuti konesp rumah tangga Rasulullah.

Hadits Tentang Memilih Jodoh

Hadits Tentang Memilih Jodoh
sumber: youtube.com

Agama Islam sudah mengajarkan kepada kita tentang kriteria dalam memilih jodoh, baik itu wanita atau laki-laki. Salah satunya dalam hadits di bawah ini.

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَات الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

Artinya:

Nikahilah wanita karna empat hal, karna hartanya, karna keturunannya, karna kecantikannya, karna agamanya. Maka carilah yang agama Islam, maka engkau akan beruntug

Bacaan Ayat Al-Qur’an Tentang Jodoh

Bacaan Ayat Al-Qur'an Tentang Jodoh
sumber: nasehatqur’an.com
  • Surat An-Nur Ayat 32

وَاَ نْكِحُوا الْاَ يَا مٰى مِنْكُمْ وَا لصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَا دِكُمْ وَاِ مَآئِكُمْ ۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ
Artinya:

Nikahkanlah orang-orang yang masih bujang dari  kalian, dan juga orang-orang yang layak menikah dari hamba-hamba sahayamu, baik lak-laki atau wanita. Apabila mereka miskin, maka Allah akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunianya. Allah maha luas pemberiannya serta maha mengetahui.

  • Surat Ar’Ra’d Ayat 38

وَلَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلًا مِّنْ قَبْلِكَ وَ جَعَلْنَا لَهُمْ اَزْوَا جًا وَّذُرِّيَّةً ۗ وَمَا كَا نَ لِرَسُوْلٍ اَنْ يَّأْتِيَ بِاٰ يَةٍ اِلَّا بِاِ ذْنِ اللّٰهِ ۗ لِكُلِّ اَجَلٍ كِتَا بٌ

Artinya:

Sungguh kami telah mengutus para Rasul sebelum engkau Muhammad serta kami berikan kepad mereka istri-istri dan keturunan.

  • Surat Az-Zariyat Ayat 49

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Artinya:

Dan dari segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan agar kalian mengingat kebesaran Allah.

  • Surat Al-Imran Ayat 14

زُيِّنَ لِلنَّا سِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَآءِ

Artinya:

Telah dijadikan indah dalam pandangan manusia, cinta terhadap apa yang diinginkan berupa wanita-wanita.

  • Surat An-Najm Ayat 45

وَاَ نَّهٗ خَلَقَ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَا لْاُ نْثٰى ۙ
Artinya:

Sesungguhnya Allah telah menciptakan pasangan laki-laki dan wanita

Surat Al-Qur’an Untuk Mendapatkan Jodoh

Surat Al-Qur’an Untuk Mendapatkan Jodoh
sumber: peletputih.com

Bagi kalian yang masih jomblo munkin pernah merasa cemas, khawatir ketika menjelaskan tentang jodoh. Bagaimana tidak setiap hari kalian menemukan informasi tips memilih jodoh yang ideal, tips nikah muda, dan sebagainya.

Lantas apakah usaha yang kalian lakukan belum mendapatkan hasil? Nah, munkin dalam hal ini kalian kurang berdoa. Ini ada tiga doa yang harus kalian amalkan, agar segera bertemu dengan jodohnya, adapun doanya sebagai berikut.

Surat Al-Anbiya’ Ayat 89

وَزَكَرِيَّاۤ اِذْ نَا دٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ

Artinya:

Ketika Zakariya berdoa kepada Allah dengan doa; Ya Allah janganlah engkau biarkan saya hidup seorang diri tanpa keturunan. Sedangkan engkau ahli waris yang terbaik.

Para jomblo yang sering disebut dengan jomblo fisabilillah menjadikan doa ini sebagai senjata ampuh dalam upaya menjemput jodoh idamannya.

Walaupun tanpa melalui pacaran, oleh karna itu kalian harus coba doa ini. Selain itu doa ini menjadi familiar sering digunakan untuk memohon agar didekatkan dengan jodohnya.

Surat Al-furqan Ayat 74

وَا لَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَـنَا مِنْ اَزْوَا جِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّا جْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَا مًا

Artinya:

Dan orang-orang yang berdoa dengan doa; Ya Tuhan kami berikanlah kepada kami pasangan dan keturunan sebagai penyenang hati kami. Kemudian jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa.

Doa ini sering digunakan dalam bacaan setelah shalat, bahkan sebagian orang menjadikan doa ini sebagai wiritan setiap harinya.

Surat Al-Qashas Ayat 24

فَسَقٰى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلّٰۤى اِلَى الظِّلِّ فَقَا لَ رَبِّ اِنِّيْ لِمَاۤ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Artinya:

Ketika Nabi Musa memberi minum ternak kedua wanita itu, kemudia dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa. Ya tuhanku sesungguhnya saya sangat memerlukan sesuatu kebaikan makanan yang engkau turunkan kepadaku.

Kebaikan yang dimaksud dalam ayat ini adalah jodoh, mengapa? Karna jodoh bagian dari kebaikan yang mampu mengantarkan keridhaan Allah.

Tata Cara Mendapatkan Jodoh

Tata Cara Mendapatkan Jodoh
sumber: umroh.com

Berkumpul Bersama Orang Shaleh

Salah satu cara bagi kalian yang ingin mendapatkan jodoh yang baik, maka sering berkumpul bersama orang-orang baik. Hal tersebut potensi untuk mendapatkan jodoh yang baik sangat besar.

Meningkatkan Amal Kebaikan

Hal ini sesuai dengan salah satu ayat tentang jodoh yang sudah kami tulis di atas. Lalu bagaimana caranya, pertama adalah dengan meningkatkan amal shaleh.

Memperbanyak Doa

Berdoa tidak hanya dilakukan sesudah shalat saja. Tapi juga pada waktu-waktu yang lain seperti tengah malam, pada hari jum’at, hari raya. Apalagi ketika melakukan umrah insya Allah mustajab.

Cari ini tidak boleh ditinggalkan ketika sedang mencari jodoh maka rajin-rajinlah berdoa bagi kalian yang belum bertemu dengan jodohnya hehe.

Berhusnudzan Kepada Allah

Cara berbaik sangka kepada Allah adalah dengan menyakinkan serta memantapkan dalam hati bahwa Allah akan memberikan jodoh yang terbaik. Oleh karna itu, bagi kalian yang sedang mencari jodoh harus disertai dengan sikap berprasangka baik kepada Allah.

Jangan Putus Asa

Putus asa merupakan sifat yang tidak disukai oleh Allah. Sehingga manusia harus tetap berusaha dalam meningkatkan taqwa kepada Allah, agar bisa mendapatkan rahmatnya.

Ikhtiar ini tidak boleh ditinggalkan oleh kalian yang sedang mencari jodoh, teruslah berusaha sampai bertemu dengan jodohnya.

Doa Minta jodoh

Doa Minta jodoh
sumber: youtube.com

Setelah kita mengetahui ayat Al-Qur’an tentang jodoh. Maka perlu ketahui juga, bahwa manusia sebelum lahir di dunia telah ditiup oleh Malaikat berupa tiga hal yaitu:

  1. Jumlah rezekinya.
  2. Siapa jodohnya.
  3. Kapan meninggalnya.

Nah, dari sini kita sebagai manusia harusnya menyadari, bahwa dalam berusaha tentu harus di sampingi dengan doa. Adapun doa minta jodoh diantaranya sebagai berikut:

Doa Minta Jodoh Bagi Laki-laki

Mayoritas dari kalangan manusia yang sering mencari jodoh adalah para laki-laki. Tapi alangkah baiknya sebelum mencari jodoh kalian harus melakukan dua hal, yaitu berusaha dan berdoa. Adapun doa minta jodoh bagi laki-laki sebagai berikut.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Artinya:

Wahai Allah berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang saya lamar, istri yang saya nikahi, dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama. Dalam urusan dunia dan akhirat.

Doa Minta Jodoh Bagi Wanita

Doa Minta Jodoh Bagi Wanita
sumber: harmantajang.id

Dalam mencari jodoh bukan hanya laki-laki saja yang antusias, melainkan wanita juga. Namun disisi lain banyak wanita yang tidak menyadari dengan mengumbar-ngumbar dalam memposting fotonya di media sosial. Sehingga hal tersebut menjadi mudhorot bagi dirinya.

Nah, mulai sekarang kalian sebagai wanita haruslah berusaha sesuai dengan ajaran agama Islam dalam mencari jodoh. Serta disertai dengan membaca doa minta jodoh bagi wanita. Adapun doanya sebagai berikut.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Artinya:

Ya Allah, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang menjadi sahabatku dalam urusan agama baik urusan dunia atau akhirat.

Demikianlah penjelasan tentang ayat Al-Qur’an tentang jodoh, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini.

Jangan lupa bantu share.

Keutamaan surat Al-waqiah

NH_Ariff
4 min read

Pengertian Al-Qur’an

NH_Ariff
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *