Surat Al-Anfal Ayat 72

3 min read

asbabun nuzul surat al-anfal ayat 72

Asbabun Nuzul Surat Al Anfal Ayat 72 – Sikap sejati seorang muslm dapat terceminkan dari perilakunya terhadap sesama manusia. Ayat ini menjelaskan serta mengajarkan, cara menjadi seorang muslim yang sejati.

Dalam surat ini menceritakan tentang sahabat anshar yang sering membantu, menolong, serta menyediakan segala keperluan kaum muhajirin. Seperti menyiadakan tempat bermuqim, bahkan rela berbagi sebagian hartanya kepada sahabat muhajirin.

Sahabat muhajirin ketika hijrah ke madinah, mereka tidak membawa bekal apa-apa. Tempat tinggal, harta, bahkan ternaknya semua ditinggalkan di kota Mekkah. Agar kalian tidak penasaran tentang asbabun nuzul surat Al-Anfal ayat 72, mari baca sampai selesai.

Asbabun Nuzul Surat An-Anfal Ayat 72

Asbabun Nuzul Surat An-Anfal Ayat 72
sumber: conten.com

 

Dari kisah sahabat anshar dan muhajirin, umat muslim dapat meneladani prilaku mereka dalam kehidupan masyarakat.

Sesama umat muslim harus saling bahu membahu, agar bisa meringankan beban saudara muslim lainnya

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَا جَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَ مْوَا لِهِمْ وَاَ نْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَا لَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْۤا اُولٰٓئِكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَآءُ بَعْضٍ ۗ وَا لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَا جِرُوْا مَا لَـكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَا جِرُوْا ۚ وَاِ نِ اسْتَـنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَا قٌ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

Sahabat muhajirin membela serta mendukung agama Allah dengan ikhlas, demi berkembangnya dan tegaknya agama Islam.

Ketika mereka tida di kota Madinah atas rasa persaudaraan yang kuat, sahabat muhajirin dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dibantu sahabat anshar. Mereka saling memberikan dorongan material, moral, serta berjuang dengan ikhlas dalam mendukung dakwah Nabi Muhammad.

Karna adanya ikatan yang kuat antara dua kelompok ini, seperti layaknya saudara kandung. Maka Allah meyiapkan surga sebagai bentuk balasan atas apa yang telah mereka kerjakan di dunia.

Mereka dijulukan dalam Al-Qur’an sebagai ba’duhum auliya’u ba’diin, saling mengasihi antara satu dengan yang lainnya.

Surat An-Anfal Ayat 72 Latin

Innalladziina aamanu wa haajaru wajaahadu biamwaalidin wa anfusihim fii sabiilillah walladziina aawaw wa nasaru.

Ulaa’ika ba’duhum auliya’u ba’d walladzina aamanu walam yuhaajiruu maa lakum miw walaayatihim ming syai’in. Hatta yuhaajiruu wa inistansaruukum fiddin, fa ‘alaikumun nasru illa ‘ala qaumim bainakum wa bainahum miisyaq. Wallahu bimaa ta’maluuna basyiir.

Arti Surat An-Anfal Ayat 72

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, berhijrah, serta berjihad dengan harta dan jiwanya dijalan Allah. Serta orang-orang yang memberikan tempat tinggal dan memberikan pertolongan kepada orang muhajirin.

Mereka itu satu sama lainnya saling melindungi, terhadap orang-orang yang beriman walaupun belum berhijrah. Maka tidak ada kewajiban sedikitpun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah.

Tapi apabila mereka meminta pertolongan kepadamu dalam urusan agama, maka wajib kamu memberikan pertolongan. Kecuali orang-orang yang sudah terikat perjanjian antara kamu dengannya, Allah maha melihat apa yang kerjakan.

Manfaat Surat Al-Anfal Ayat 72

Kita sebagai orang muslim tentunya harus saling membantu satu dengan yang lainnya, mengapa? Karna kepada orang kafir saja kita diperintahkan untuk saling tolong menolong, apalagi sesama muslimnya. Insya Allah kalian semua sudah faham penjelasnnya ini hehe. Adapun manfaatnya diantaranya sebagai berikut:

  • Bisa mendapatkan hidayah yang sempurna dari Allah
  • Bisa dicintai sesama manusianya, lebih-lebih dicintai oleh Allah
  • Akan mendapatkan kemudahan dalam setiap mengerjakan amal kebaikan
  • Mendapatkan kebahagiaan, baik lahir ataupun batin
  • Hati akan semakin tenang, bersih, serta tentram
  • Akan dijauhkan dari sifat-sifat tercela

Kandungan Surat An-Anfal Ayat 72

Kandungan Surat An-Anfal Ayat 72
sumber: bangbangwetan.org

Isi kandungan di dalam ayat ini banyak sekali, hanya saja kami akan menjelaskan beberapa saja, diantaranya sebagai berikut:

  • Kaum Muhajirin dan Anshar telah memberikan teladan dalam mujahadah nafs. Oleh karna itu hubungan antara mereka di Kota Madinah tidak bisa disamakan dengan masyarakat Islam lainnya.
  • Hubungan antara sesama muslim di Madinah sangat erat, bahkan seperti satu keturunan, sehingga tidak lagi membedakan kewajiban dan haknya. Hubungan antara mereka dengan kaum muslim di Madinah hanya karna diikat atas dasar keimanan saja.
  • Kaum Muhajirin mengalami penyiksaan, kekejaman, kekerasan yang dilakukan oleh kaum kafir, tapi mereka tetap sabar dalam iman.
  • Kaum Ansar berjanji kepada Nabi Muhammad untuk bersama-sama berjuang, serta bersedia untuk menolong baik dari harta, jiwa, dan sebagainya. Demi keberhasilan perjuangan Islam.
  • Saling tolong menolong, saling melindungi, serta hidup berdampingan antar kaum anshar dan kaum muhajirin.
  • Semua apa yang dikerjakan oleh hambanya di dunia, Allah mengetahui serta melihatnya.
  • Kaum anshar dan muhajirin sama-sama berjihad dengan jiwa dan hartanya atas dorongan keimanan kepada Allah.
  • Ada peristiwa menarik ketika hijrah, antara orang muslim Mekah dan Madinah diantaranya. Kaum muhajirin ikut hijrah bersama Nabi Muhammad ke Madinah, sedangkan kaum anshar menyambut serta menolong kaum muhajirin.

Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 72

Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 72
doc.pribadi

Ayat ini cukup panjang sehingga hukum bacaan tajwidnya cukup banyak, adapun hukum tajwidnya sebagai berikut:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَا جَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَ مْوَا لِهِمْ وَاَ نْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَا لَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْۤا اُولٰٓئِكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَآءُ بَعْضٍ ۗ وَا لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَا جِرُوْا مَا لَـكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَا جِرُوْا ۚ وَاِ نِ اسْتَـنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَا قٌ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

  1. اِنَّ Bacaan ghunnah karna terdapat huruf nun yang bertasydid, adapun cara bacanya dengan berdengung serta ditahan sesaat.
  2. الَّذِيْنَ Bacaan Al- Qamariyah karna terdapat huruf alif lam bertemu dengan huruf Al-Qamariyah yaitu ذ. Adapun cara bacanya dengan memasukan ke dalam huruf lam.
  3. اٰمَنُوْا Bacaan mad badal karna huruf mad berupa و bertemu hamzah dalam satu kalimat. Sedangkan posisi hamzah lebih awal dari huruf mad. Adapun cara bacanya dengan membaca panjang dua harakat satu alif.
  4. وَهَا جَرُوْا Bacaan mad asli, karna huruf ha’ bertemu alif, adapun cara bacanya dua harakat atau satu alif.
  5. وَجَاهَدُوْا  Bacaan mad asli juga hukum bacaanya sama dengan di atas.
  6. بِاَ مْوَا لِهِمْ Bacaan idzhar syafawi karna huruf mim bertemu dengan huruf wau dalam satu kalimat. Adapun cara bacaanya harus jelas.
  7. وَاَ نْفُسِهِمْ Bacaan ikhfa’ haqiqi karna nun mati bertemu dengan huruf fa’ dalam satu kalimat. Adapun cara bacanya samar dan dengung serta menahan selama tiga harakat.
  8. فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ Bacaan Tarqiq karna lafat jalalah diawali oleh huruf hijaiyah lam yang berharakat kasrah, cara bacanya dengan tipis.
  9. وَا لَّذِيْنَ Bacaan mas asli cara bacanya sama dengan yang di atas.
  10. اٰوَوْا Bacaan mad badal karna huruf mad bertemu hamzah dalam satu kalimat, cara bacanya sama dengan di atas.
  11. وَّنَصَرُوْۤا Bacaan mad jaiz munfasil karna huruf mad bertemu hamzah di lain kalimat. Adapun cara bacanya dibaca panjang kira-kira 4 atau 6 harakat.

Info lengkapnya mengenai hukum bacaan tajwid surat Al-Anfal ayat 72 teman-teman bisa lihat di situs kajianmuslim.net di link tersebut.

Akhir Kata

Nah itulah teman-teman penjelasan singkat asbabun nuzul surat Al-Anfal ayat 72, semoga bisa bermanfaat kepada teman-teman semua. Sebelum kita menutup artikel ini, maka alangkah baiknya baca dulu kandungan surat Al-Humazah sebagai tambahan ilmu.

Apabila ada kesalahan atau keliruan dalam artikel ini, teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Agar nanti bisa direvisi kembalim, sekian terima kasih.

Jangan lupa bantu share.

Keutamaan surat Al-waqiah

NH_Ariff
4 min read

Pengertian Al-Qur’an

NH_Ariff
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *