Arti Subhanallah

4 min read

arti subhanallah

Arti Subhanallah – Alhamdulillah setelah kemarin membahas tentang arti manjadda wajada, kali ini dunia pondok akan membahas tentang arti subhanallah.

Lafad subhanallah kerap diucapkan oleh umat muslim, ketika melihat atau mendengar suatu yang indah dan menakjubkan.

Nah, walaupun lafad ini sering diucapkan oleh umat muslim, tapi masih banyak dari mereka yang belum mengetahui arti subhanallah. Oleh karna itu, dunia pondok akan membahas dengan tuntas arti subhanallah. Mari kita simak bersama-sama.

Tulisan Subhanallah Arab

tulisan arab subhanallah
sumber: pinimg.com

Kalimat subhanallah sudah menjadi makanan sehari-hari dalam kehidupan masyarakat, sehingga dianjurkan membaca subhanallah ketika pagi dan petang. Hal tersebut sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad.

Artinya:

Dua kalimat yang ringan diucapkan, namun berat di atas timbangan.

Sehingga dua kalimat tersebut disukai oleh yang Maha Pemurah, adapun bacaannya sebagai berikut. سبحان الله و بحمده سبحان الله العظيم

Subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil ‘adzim.

Bacaan tersebut bisa kita ucapkan ketika melihat sesuatu yang bisa mengguncangkan hati. Hal tersebut sebagaimana yang pernah dikisahkan oleh Nabi Muhammad.

Ketika Nabi Muhammad memikirkan tentang fitnah yang melanda terhadap istrinya. Beliau bangun malam-malam seraya berkata subhanallah fitnah apalagi yang Allah turunkan.

Arti Subhanallah

Dalam bahasa aslinya lafad subhanallah terdiri dari dua kalimat yaitu subhana dan Allah. Kata subhana berasal dari kata sabaha yasbahu subhan yang artinya berenang atau menjauh.

Karna orang yang berenang itu akan menjauh dari satu tepi ke tepi yang lain. Dari satu titik ke titik yang lain, dan seterusnya.

Sehingga kemudian hari artinya menjadi suci, sesuatu yang suci pasti jauh dari sesuatu yang najis dan kotor. Seperti bulan Ramadhan disebut dengan bulan yang suci, karna dibulan ini kita diperintahkan untuk menjauhkan diri dari syahwat.

Selain itu, lafad subhanallah sering diucapkan ketika membaca tasbih. Karna bacaan ini juga memiliki arti menyucikan. Sehingga orang yang ingin menyucikan diri kepada Allah, maka harus membaca lafad subhanallah.

Apa Arti Subhanallah

Pada hakikatnya arti subahanallah adalah mengandung arti, bahwa Allah pasti jauh dari hal-hal yang negatif atau buruk.

Seperti ketika kita melihat awan yang indah di langit berbentuk satu jari. Lalu kemudian kita mengasosiasikan bentuk itu sebagai tanda kebesaran Allah. Maka kita terburu-buru membaca lafad subahanallah. Hal tersebut terjadi ketika pilpres 2019.

Namun pada kejadian tersebut manusia menafsirkan, bahwa kejadian tersebut ada kaitannya dengan pemilihan presiden. Padahal hal tersebut tidak ada kaitannya pada paslon nomer satu atau dua. Namun mengucapkan lafad subhanallah hanya sebagai ungkapan, bahwa Allah Maha Suci.

Arti tersebut sudah dijelaskan dengan banyak sekali dalam Al-Qur’an. Seperti orang-orang kafir yang berpandangan, bahwa Allah adalah satu dari sekian banyak Tuhan. Maka Allah menegaskan dalam Al-Qur’an…………………………………….

Artinya:

Maha Suci Allah dari apa-apa yang mereka bayangkan, asosiasikan, dan gambarkan tentang tuhan.

Dari ayat tersebut sangat jelaslah, bahwa yang mereka pikirkan menganggap Tuhan itu banyak. Padahal tuhan hanyalah satu yaitu Allah yang Maha Esa.

Arti Subhanallah Walhamdulillah

Arti Subhanallah Walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar secara garis besar bisa diartikan sebagai kalimat tasbih.

Bahwa Allah merupakan dzat yang suci, tahmid maksudnya memuji Allah, tahlil maksudnya, bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Dan takbir maksunya adalah menyatakan atas kebesaran Allah.

Dalam sebuah hadits telah dijelaskan. Bahwa kalimat berurutan yang menggabungkan kalimat tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir mempunyai keutamaan lebih baik dari pada dunia dan seisinya.

Coba kita pikirkan arti subhanallah agar kita menjadi tahu hakikat empat kalimat tersebut. Setelah kita mengetahui arti dan maksud kalimat subhanallah walhamdulillah..

Secara mendalam arti subhanallah mengajak kepada manusia. Agar selalu menyadari sifat-sifat Allah sebagai Tuhan yang menciptakan dan memelihara alam semesta ini. Adapun tulisan arab subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wal lahu akbar, sebagai berikut.

سبحان الله والحمد لله ولااله الا الله و الله اكبر

Diharapkan kepada semua teman-teman untuk membaca dzikir ini setiap hari sebanyak 100 kali. Agar bisa mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Arti Subhanallah Wabihamdihi

Arti subhanallah wabihamdihi mengandung pilar agung di antara pilar tauhid, sehingga pilar ini menjadi pilar rukun iman kepada Allah. Yaitu membersihkan angan-angan yang rusak, aib, dan sebagainya.

Jika orang Arab berkata سبحان من كذا, maka maksudnya adalah sangat jauh sekali dia dari hal tersebut. Namun terkadang orang Arab berkata سبحان من القما الفخير apabila datang kepadanya berita bohong.

Adapun arti wabihamdihi secara ringkas adalah ungkapan bertasbih kepada Allah dalam kondisi memuji kepadanya.

Al-Imam Ibnu Hajar mengatakan, bahwa ucapan wabihamdihi takdirnya adalah saya bertasbih kepada Allah serta di iringi dengan sebuah pujian kepadanya. Maksudnya adalah menjaga serta berpegang teguh kepadanya. Sebagaimana dalam hadits.

سبجانك اللهم ربنا و بحمدك

Artinya:

Maha suci Allah, ya Allah Engkau Tuhan kami dan dengan pujian kepadamu.

Maksud dari hadist tersebut, bahwa semua bentuk kekuatan adalah milik Allah. Oleh karna itu kita seharusnya mensucikan serta memuji kepadanya.

Makna Kalimat Subhanallah

arti subhanallah
sumber: mbahnasir.com

Makna Pertama Kalimat Subhanallah

Makna pertama yang terdapat dalam kalimat subhanallah, bahwa kita harus selalu mengingat atas kebesaran Allah. Dengan cara melihat apa yang telah Allah ciptakan seperti bumi, partikel kecil, langit, galaksi, dan sebagainya.

Makna Kedua Kalimat Subhanallah

Kalimat subhanallah merupakan ucapan yang sering diucapkan ketika melihat hal-hal yang menakjubkan. Karna dalam kalimat ini terdapat nikmat yang diberikan Allah, sehinga bisa menjadi kunci dari keberkahan tersebut.

Makna Ketiga Kalimat Subhanallah

Kita harus sadar, bahwa Allah merupakan dzat yang Maha Suci. Sehingga dari kesucian tersebut kita dituntut untuk selalu mensucikan diri apabila ingin dekat dengan Allah.

Dengan itu, tanpa kesucian seorang hamba tidak akan bisa dekat dengan Allah. Karna suci yang dimaksud adalah suci fari perbuatan maksiat.

Makna Keempat Kalimat Subhanallah

Pada zaman sekarang ini sudah banyak orang yang mengucapkan kalimat subhanallah. Tapi dalam hatinya masih menyimpan keyakinan kepada selain Allah.

Oleh karna itu, kita sebagai muslim harus sepenuhnya sadar betul, bahwa tidak ada tuhan yang wajib disembah kecuali Allah.

Dalil Lafad Subhanallah

dalil subhanallah
sumber: umroh.comr:

Surat Al-Mukminun ayat 91

Telah diriwayatkan oleh Imam Abdullah bin Buraidah beliau telah memberitahukan. Bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Ali tentang kalimat subhanallah. Maka Beliau menjawah, bahwa kalimat tersebut mengagungkan kebesaran Allah.

Surat As-Shofat Ayat 158

Imam At-Thabrani mengatakan, bahwa Beliau di beri tahu oleh Fadhl bin Habbah kalau orang Arab mengingkari suatu serta mengagungkannya. Maka mereka berkata subhanallah seakan-akan mensucikan Allah dari segala kejelekan yang tidak layak diberi sifat kepadanya.

Al-Imam Ibnu Taimiyah berkomentar perintah dengan bertasbih kepadanya mengandung makna, bahwa kita harus mensucikan Allah serta menetapkan sifat kesempurnaan kepadanya.

Karna penetapan pujian yang dipuji kepadanya mengandung pensucian, takbir, dan tauhid kepadanya.

Perbedaan Subhanallah dan Masya Allah

arti subhanallah
sumber: islami.co

Kalimat tersebut sering diucapkan oleh seseorang yang sedang melihat suatu yang indah. Akan tetapi sekarang ini umat Islam masih sering salah dalam menempatkan ucapan subhanallah. Bahkan bisa terbalik penempatanya.

Padahal kata masya Allah diucapkan ketika mendengarkan suatu yang baik. Sedangkan kata subhanallah diucapkan ketika melihat suatu yang indah dan penuh rasa kagum. Sebagaimana yang terjadi kepada sahabat Abu Hurairah.

Ketika Abu Hurairah dengan keadaan junub, Beliau melihat Nabi Muhammad bersama para sahabat lainnya. Maka Beliau menjauhi mereka serta pulang untuk mandi junub.

Setelah itu Beliau menemui Nabi Muhammad, Maka Nabi berkata kepadanya, wahai Abu Hurairah mengapa kamu pergi ketika kami muncul?. Wahai Nabi aku kotor dalam keadaan junub, sehingga aku tidak nyaman untuk bertemu kalian dalam keadaam junub.

Dari sinilah Nabi Muhammad berkata, bahwa sesungguhnya orang mukmin itu tidak najis. Cerita tersebut diriwayatkan oleh Imam At-Thirmidzi.

Demikianlah artikel tentang arti subhanallah, semoga artikel ini bisa menjadi manfaat untuk kita semua. Sehingga kita bisa mengamalkannya di dalam kehidupan kita. Namun sebelum mengakhiri artikel ini, maka baca juga arti astaggfirullah sebagai tambahan ilmu kepada teman-teman.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, maka teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Terima kasih sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *