Arti Masya Allah

4 min read

arti masya Allah

Arti Masya Allah – Berbicara tentang masya Allah sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karma kata ini sering digunakan oleh sebagian besar umat Islam Indonesia.

Masya Allah merupakan ungkapan dari bahasa Arab, ungkapan ini terdiri dari tiga kalimat. Dalam bahasa aslinya, masya Allah mengandung arti yang sangat luar biasa. Namun sebelum teman-teman melanjuti artikel ini, maka alangkah baiknya baca dulu arti subhanallah.

Namun pada kenyataannya, masih banyak yang belum mengetahui arti masya Allah. Dengan itu, dunia pondok kali ini akan membahas tuntas apa arti masya Allah. Mari kita simak bersama-sana.

A. Tulisan Arab Masya Allah

tulisan arab masya Allah
sumber: mujahiddakwah.com

Selain bacaan subhanallah, lafad masya Allah juga sering digunakan ketika melihat sesuatu yang menakjubkan dalam konteks positif.

Menurut Syaikh Aziz bin Bas mengucapkan masya Allah telah dianjurkan untuk umat Muslim. Hal ini sebagaiman dalam surat Al-Kahfi ayat 39.

وَلَوْلَا إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Artinya:

Dan mengapa kamu tidak mengucapkan Masya Allah laa quwwata illa billah ketika masuk kebunnya.

Dalam ayat ini dikisahkan, bahwa ada seorang pemilik kebun yang dinasehati oleh temannya yang mukmin. Agar ketika masuk kebun mengucapkan lafad Masya Allah. Dengan tujuan, kebunnya dijauhi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sehingga ayat di atas dijadikan sebuah dalil oleh sebagian ulama, terkait kapan kita menggunakan lafad Masya Alah.

Seorang ulama bernama Imam Ibnu Utsmani menjelaskan dalam tafsirnya, bahwa ketika kita merasa kagum dengan sesuatu. Maka hendaknya membaca lafad Masya Allah la quwwata illaa billah.

Karna kita sebagai manusia jangan bangga dengan kemampuan kita, melainkan kita harus mengembalikan semuanya kepada Allah yang Maha Esa. Adapun tulisannya sebagai berikut.

ماَشَاءَ اللهُ

B. Apa Arti Masya Allah

arti masya allah
sumber: youtube.com

 

Kata Masya Allah digunakan sebagai ekspresi penghargaan kepada seorang mukmin. Juga sebagai pengingat, bahwa semua pencapaian bisa terjadi karna ada kehendak Allah.

Agar orang yang mendapatkan kenikmatan tersebut terhindar dari penyakit ain. Penyakit ini datang ketika pandangan mata seseorang dibumbui oleh ketakjuban.

Penyakit ini sangat berbahaya, akan tetapi masih banyak diantara kita yang masih belum mengetahui. Dengan itu, ucapkanlah lafad masya Allah ketika melihat ketakjuban yang dimiliki oleh orang lain. Sebagaimana dalam hadits.

مَنْ  رَأَى شَيْاُ فَاَعْجَبَهُ فقَالَ مَاشَاءَ الله لاَقُوَّةَ إِلاَّ باِللهِ لَمْ تُصِبْهُ أَلْعَيْنُ

Artinya:

Barang siapa yang melihat sesuatu yang membuatnya menjadi heran, maka ucapkanlah lafad masya Allah la quwwata illa billah. Maka sesuatu yang dilihat itu tidak akan tertimpa penyakit Ain.

Dari hadits tersebut kita bisa menyimpulkan, bahwa penyakit Ain sangat berbahaya yang bisa menimpa kepada kepada kita semua.

Sehingga rumah tangga bisa hancur, usaha bisa bangkrut, dan kondisi tubuh bisa berubah karna adanya penyakit Ain. Dengan itu kami pertegas lagi. Bahwa ketika kita melihat ketakjuban yang dimiliki oleh orang lain, maka harus diawali dengan ucapan masya Allah.

C. Arti Masya Allah Kana

Arti Masya Allah Kana
sumber: ultrahdwall.com

Arti masya Allah kana adalah, jika diartikan kedalam bahasa Indonesia yaitu” apa yang dikehendaki Allah, maka itulah yang akan terjadi.

Secara ringkasnya arti masya Allah adalah bisa kita terjemahkan dengan dua terjemahan. Arti yang pertama adalah” apa yang dikehendaki oleh Allah, sedangkan yang kedua inilah yang diinginkan oleh Allah.

Sehingga ketika kita melihat sesuatu yang menakjubkan, kemudian kita mengucapkan lafad masya Allah. Maka kita menyadari serta menetapkan, bahwa hal yang menakjubkan tersebut terjadi semata-mata karna Allah.

D. Manfaat Bacaan Masya Allah

Manfaat Bacaan Masya Allah
sumber: pinimg.com

Ada seorang penelitian dari Belanda yang bernama Van Der Hoven (VDH). Beliau mengadakan sebuah survei terhadap semua pasiennya selama tiga tahun.

Dalam penelitian tersebut VHD melatih semua pasiennya untuk mengucapkan lafad Allah secara berulang-ulang.

Hasil dari penelitian tersebut sangat mengejutkan, bahwa lafad tersebut bisa menyembuhkan macam-macam penyakit. Terutama penyakit yang berhubungan dengan hati.

Dengan itu, manfaat bacaan masya Allah tidak bisa kita abaikan lagi. Beliau menekankan, bahwa manfaat bacaan masya Allah sebagai berikut.

  1. Huruf A yang ada dalam lafad Allah bisa melancarkan atau melonggarkan pada jalur pernafasan, sehingga kita bisa mengontrol keluarnya nafas.
  2. Huruf L yang ada dalam lafad Allah bisa memberikan efek relaksasi. Karna dalam pengucapan huruf L lidah kita menyentuh bagian atas rahang.
  3. Adapun huruf H yang ada dalam lafad Allah, bisa menghubungkan antara jantung dan paru-paru. Sehingga kita bisa mengontrol sistem denyut jantung.

Masya Allah sungguh sangat luar biasa kebesaran Allah, ternyata ada makna tersirat dalam lafad masya Allah. Sehingga kita bisa membuat lebih dekat lagi kepada Allah.

E. Jawaban Dari Masya Allah

Jawaban Dari Masya Allah
sumber: bukalapak.com

Menjawab masya Allah tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, karna lafad ini sudah sering diucapkan oleh masyarakat.

Jadi apabila ada orang yang mengucapkan masya Allah kepada kita, maka menjawab masya allah dengan masya Allah tabarakallah. Dengan mengucapkan dua lafad tersebut. Maka kita akan teringat, bahwa sesuatu yang terjadi itu datang dari Allah.

Ketika kita melihat sesuatu yang indah, maka Nabi Muhammad merintahkan untuk mengucapkan masya Allah dan tabarakallah. Dengan tujuan agar kita selalu mendapatkan keberkahan dari Allah.

F. Kesimpulan Yang Bisa Diambil

Sebagian orang, ada yang mempermasalahkan penullisan masya Allah, masha Allah, maasyaa Allah, dan masyaallah. Munkin bagi mereka yang benar adalah maa syaa Allah. Namun sebenarnya hal ini tidak perlu dipermasalahkan.

Dengan itu, semuanya bisa kita gunakan. Karna tulisan latin tidak bisa mengakomodasi bahasa Arab dengan sempurna. Namun yang terpenting adalah pengucapan lisannya.

Bahkan dalam tulisan formal hendaknya kita harus mengikuti surat keputusan menteri Agama  dan menteri P nomer 158 tahun 1987. Untuk info lebih jelasnya bisa kalian lihat di link tersebut.

Apabila kita mengikuti kaidah transliterasi yang berdasarkan surat keputusan, maka penulisan yang baku adalah māsyā-a Allāhu. Namun perlu dipertegas lagi, bahwa ini bukan menjadi masalah selama tidak terlalu jauh dari pengucapan bahasa Arabnya.

Demikianlah artikel tentang arti masya Allah, semoga artikel ini bisa menjadi tambahan ilmu kepada semua teman-teman. Sebelum kalian mengakhiri artikel ini, maka alangkah baiknya baca juga arti astagfirullah di link tersebut.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, maka teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Supaya dunia pondok bisa berkarya lebih baik lagi kedepannya.

Jangan lupa bantu share.

Tulisan Arab Innalillahi

NH_Ariff
5 min read

Tulisan Arab Bismillah

NH_Ariff
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *