Arti Jazakallah

5 min read

arti tulisan jazakallah

Arti JazakallahBismillahir rahmanir rahim salam sejahterah kami ucapkan kepada semua teman-teman, semoga kalian semua dalam lindungan Allah SWT.

Setelah kemarin kita membahas tentang arti biidzillah, maka pada pertemuan kali kita akan membahas arti jazakallah.

Pernah dengar gac teman-teman kalimat jazakallah atau jazakumullah?. Nah betul, mari kita simak artikel tentang arti jazakallah ini sampai tuntas, lest go.

Tulisan Arab Jazakallah

tulisan arab jazakallah
sumber: duniapondok.com

Dalam agama Islam apabila ada seseorang yang berbuat baik kepada kita, maka alangkah baiknya kita membalas dengan ucapan jazakallah. Karna kalimat ini merupakan bentuk terima kasih kita kepada orang tersebut.

Sehingga ungkapan jazakallah menjadi sunah yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad. Adapun tulisan arab jazakallah sebagai berikut.

جَزَا كَ الله

Kalimat ini biasanya digunakan untuk  mendeklarasikan orang laki-laki yang tunggal atau sendiri. Sedangkan untuk para kaum Hawa adalah sebagai berikut.

جَزَاكِ اللّهِ

Lalu bagaimana untuk orang banyak? Adapun kalimat jazakallah yang digunakan untuk orang banyak adalah sebagai berikut.

جَزَا كُمُ الله

Arti Jazakallah

Agama Islam telah mengajarkan kepada kita untuk membangun hubungan yang baik dengan manusia lainnya.

Salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik kepada manusia adalah, mengucapkan rasa terima kasih. Hal ini sebagaimana yang pernah di lakukan oleh sahabat Nabi Usamah bin Zaud.

عَنْ اُسَا مَةَ بِنْ زَيْدٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صُنِعَ اِلَيْهِ مَعْرُوْفٌ فَقَالَ لِقَاعِلِهِ جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِيْ الثَّنَاءِ

Artinya:

Barang siapa yang dibuatkan kebaikan kepadanya, lalu dia mengatakan kepada pelakunya Jazakallahkhairan, maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.

Hadist riwayat Tirmidzi yang di shahihkan oleh Al-Albani di jelaskan di dalam kitab Shahih Al-Jami nomer hadits 6368. Sehingga Hadist tersebut menjadi dasar hukum ucapan jazakallah.

Oleh karena itu, ucapan jazakallah menjadi ucapan yang di kompilasikan oleh orang Islam untuk mendapatkan anugrah atau kebaikan dari orang Islam lainnya. Adapun artinya sebagai berikut.

Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.

Lalu supaya kalian tidak salah faham dalam menggunakan kata jazakallah beserta artinya, maka kami akan memberikan rinciyannya.

  1. Jazakallah, khusus untuk laki-laki ( Semoga Allah membalasmu).
  2. Jazakillah, khusus untuk wanita ( Semoga Allah membalasmu).
  3. Jazakumullah, khusus untuk orang banyak ( Semoga Allah membalasmu).
  4. Jazakallahu khairan ( Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan).
  5. Jazakalluha khairan katsiran ( Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak).

Sudah terlihat sekali betapa pentingnya ucapan jazakallah dalam kehidupan agama Islam. Sehingga kita dapat menyimpulkan, bahwa kita harus membalas kebaikan orang yang lain walaupun dengan ucapan jazakallah.

Karna dalam mengucapkan kalimat jazakallah berarti kita sudah menyertakan kuasa Allah di dalamnya. Sampai sini sudah faham, lest go.

Jawaban Jazakallah

Setelah kita mengetahui tulisan arab jazakallah beserta artinya, maka kita harus mengetahui bagaimana cara menjawabnya. Nah betul, mari simak bersama-sama.

Karna kalimat jazakallah adalah doa, maka pertama yang harus kita jawab adalah dengan mengucapkan amin. Bisa juga dengan mengucapkan syukran atau afwan.

Berhubungan dalam mengucapkan kalimat jazakallah ada yang wanita ada pula yang laki-laki, maka dalam menjawabnya harus di sesuaikan.

Digunakan Untuk

Jawaban Ucapan Jazakallah

Jawaban untuk laki-laki

فَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

Jawaban untuk wanita

فَجَزَاكِ اللهُ خَيْرًا

Jawaban untuk orang banyak

فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Jawaban yang pernah digunakan oleh Nabi Muhammad kepada Usaid bin Hudhair

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Jawaban tersebut bisa kalian gunakan kepada siapa saja yang mengucapkan jazakallah kepada kalian. Maka sekarang kalian tidak usah bingung lagi dalam menjawabnya.

Anjuran Dalam Mengucapkan Jazakallah

Anjuran Dalam Mengucapkan Jazakallah
sumber: pribadi

Al-Imam Al-Khaththaby Rahimahullah pernah berkata bahwa.

Barang siapa yang kebiasaannya adalah ingkar terhadap kebaikan orang lain, maka ia akan ingkar terhadap nikmat Allah, sehingga tidak bersyukur kepadanya.

Selain itu telah dijelaskan dalam kitab Abu Daud bahwa barang siapa yang tidak bersyukur atas kebaikan orang lain, maka Allah tidak akan menerima syukurnya seorang hamba tersebut.

Dari keterangan di atas dapat kita ambil, bahwa bagi umat Islam yang mendapatkan nikmat dari orang lain setidaknya melakukan 4 hal, di antaranya sebagai berikut.

  • Mendoakan orang tersebut.
  • Memuji orang tarsebut.
  • Mengucapkan jazakallah kepadanya.
  • Membalas pemberian tersebut.

Adapun anjuran dalam mengucapkan jazakallah ada di beberapa ketentuan, di antaranya sebagai berikut:

Ketika Membantu Untuk kebutuhan Orang Lain

Berkata Kaum Muhajirin: “Wahai Rasulullah, kaum Anshr pergi dengan (membawa) pahala seluruhnya, kami tidak pernah melihat suatu kaum yang lebih baik pemberiannya dengan sangat banyak, tidak pernah lebih baik tenggang  rasanya dalam perihal yang sedikit dibandingkan mereka, mareka telah mencukupkan kebutuhan kami?”, beliau bersabda: “Bukankah kalian telah memuji mereka atas itu dan berdoa kepada Allah untuk mereka?”, mereka menjawab: “Iya”, beliau berkata: “Maka itu dengan dengan itu.” (HR. An Nasai di dalam Sunan Al Kubra dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih At Taghib Wa At Tarhib, no 977).

Dalam hadits tersebut dapat kita simpulkan, bahwa apabila ada tetangga atau sanak famili yang membantu dalam memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Maka jangan sampai kita lupa mengucapkan kalimat jazakallah kepadanya.

Sebagaimana yang pernah dilakukan oleh kaum Anshar kepada kaum Muhajirin, sehingga Nabi Muhammad berkata:

Apakah kaum Muhajirin sudah memuji serta mendoakan kepada Allah untuk kaum Anshar, lalu kaum Muhajirin menjawab iya.

Ketika Menerima Hadiah Dari Orang Lain

Dari sahabat Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘annhu, bahwa Nabi Muhammad pernah berkata.

Barang siapa yang sudah diberikan sebuah hadiah, kemudia ia mendapatkan kecukupan, maka ia harus membalasnya. Dan apabila tidak mendapatinya, maka pujilah karna barang siapa yang memujinya, maka sungguh telah bersyukur kepadanya. Dan barang siapa yang menyembunyikannya sungguh ia telah kufur. Hadist Riwayat Abu Daud.

Hadits ini menunjukkan bahwa hadiah yang berbentuk apapun dari orang lain yang di berikan kepada kita, maka kita harus memberikan penghargaan kepadanya. Baik hadiah yang bentuknya kecil atau besar.

Ketika Menerima Kebaikan Dari Orang Lain

Telah diriwayatkan dari ummil mukminin Sayyidah Aisyah radiyallahu ‘anha. Bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda dalam haditsnya.

Artinya:

Barangsiapa yang diberikan kepadanya sebuah kebaikan, hendaklah ia membalasnya dan barangsiapa yang tidak sanggup maka sebutlah (kebaikan)nya, dan barangsiapa yang menyebut (kebaikan)nya, maka sungguh ia telah bersyukur kepadanya dan barangsiapa yang puas dengan sesuatu yang tidak ia miliki, maka ia seperti seorang yang memakai pakaian palsu.

Hadit ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan di hasankan oleh Imam Al-Bani dalam Shahih At-Taghib Wa At-Tarhib nomer 974.

Hadist ini menjelaskan kepada kita, bahwa kebaikan apapun bentuknya harus kita syukuri, baik berupa pertolongan dan sebagainya.

Karna kebaikan tidak selalu berbentuk material, bisa juga berbentuk sesuatu yang kita butuhkan seperti tolong menolong serta menjaga persaudaraan sesama manusianya.

Keutamaan Ucapan Jazakallah

keutaman ucapan jazakallah
sumber: umroh.com

Ucpana jazakallah merupakan salah satu bentuk hubungan baik antara sesama manusia ketika mendapatkan pemberian atau perlakuan yang baik. Sebagaimana Nabi Muhammad berkata.

Artinya:

Tidaklah dikatakan bersyukur kepada Allah siapa saja yang tidak tahu berterima kasih terhadap sesama manusia.

Hadist Riwayat Tirmidzi dan Abu Daud dalam hadits shahih. Nah oleh karna itu, ucapan jazakallah mempunyai beberapa keutamaan diantaranya sebagai berikut.

Mendapatkan Doa

Ketika kalaian berterima kasih kepada orang dengan mengucapkan doa, maka kalian akan mendapatkan doa dari para Malaikat. Sebagaimana dalam hadits.

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ.

Artinya:

Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido’akannya [1] adalah do’a yang akan dikabulkan. Malaikat yang menjadi wakilnya. Setiap kali dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah bantuan, maka Malaikat tersebut mengatakan: ‘Aamiin dan ikut punirkan mendapatkan apa yang ia dapatkan.

Ucapan Terima kasih Terbaik

Jika kita bandingkan dengan ucapan thank you, terima kasih, maka ucapan jazakallah adalah yang sangat di anjurkan untuk umat Islam. Sebagaimana dalam hadist Nabi Muhammad.

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

Artinya:

Barang siapa yang di perlakukan baik oleh orang lain, kemudian ia berkata jazakallahu khairan, maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya.

Hadist riwayat Imam Tirmidzi lalu Imam Al-Albani berkata, bahwa Hadist ini adalah Shahih.

Sunah Nabi Muhammad

Nabi Muhammad sudah mengajarkan ucapan jazakallah ini kepada para sahabat dan para sahabat langsung yang mengamalkannya. Sehingga ucapan jazakallah ini menjadi sunah Nabi Muhammad yang tidak boleh di tinggalkan. Adapun Hadistnya sebagai berikut.

إِذَا قَالَ الرَّجُلُ لأَخِيهِ : جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

Artinya:

Apabila ada orang berkata kepada saudaranya jazakallahukhairan, maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya.

Ucapan Doa

Nabi Muhammad juga mengajarkan kepada kita, bahwa apabila kita mendapatkan sebuah hadiah atau kebaikan dari orang lain, maka kita harus membalasnya dengan kebaikan juga.

Lalu apabila kita tidak bisa, maka minimal membalasnya dengan mengucapkan doa atau jazakallah kepadanya. Sebagaimana di dalam Hadits.

وَمَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ

Artinya:

Barang sisapa yang berbuat baik kepadamu, maka balaslah. Jika dia tidak mendapati sesuatu untuk membalasnya, maka doakanlah dia sampai kamu melihat bahwa kamu sudah membalasnya.

Hadist riwayat Imam Abu Daud.

Kesimpulan Yang Bisa Kita Ambil

Anjuran Dalam Mengucapkan Jazakallah
sumber: pribadi

Ada beberapa kesimpulan yang bisa kita ambil tentang ucapan jazakallahukahiran, diantaranya sebagai berikut

  1. Menjadi umat Islam alangkah lebih baiknya kita meninggalkan ucapan terima kasih serta menggantinya dengan ucapan “jazakallahukhairan”. Karna di dalam ucapan tersebut mengandung makna terima kasih.
  2. Arti jazakallah yang terdapat di dalam ucapan jazakallahukhairan mengandung doa (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan).
  3. Dalam penggunaaanya lebih baik cukup dengan ucapan jazakallahu khairan saja, tanpa ada imbalan kastiran. Karna ini yang sesuai di dalam hadits Nabi Muhammad.
  4. Dalam menggunakan ucapan jazakallahu harus di sesuaikan dengan subjek atau lawan bicara. Bisa kalian lihat di atas.
  5. Dalam menjawab ucapan jazakallah bisa juga dengan menggunakan ucapan wa iyyaka (khusus untuk laki-laki). Untuk para kaum Hawa tinggal di كِ.

Demikianlah artikel tentang arti jazakallah, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Saya ucapkan jazakumullahu khairan kepada semua teman-teman yang sudah berkunjug di situs duniapondok.com. Sampi bertemu kembali di artikel selanjutnya.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tulisan Arab Innalillahi

NH_Ariff
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *