Arti Fii Amanillah

2 min read

arti fii amanillah

Arti Fii Amanillah – Alhamdulillah setelah kemarin kita membahas tentang arti syafakallah. Kali ini kita akan membahas tentang arti fii amanillah.

Kata fii amanillah biasanya sering digunakan untuk orang yang sedang bepergian. Karna di dalam ucapan ini terdapat doa yang luar biasa. Namun terkadang masih banya diantara kita yang masih belum mengetahui arti dari lafadz fii amanillah ini.

Dengan itu, pada kesempatan kali ini dunia pondok akan membahas tuntas tentang apa arti fii amanillah. Apa jawaban fii amanillah, dan bagaimana penggunaan lafadz fii amanillah.

Dengan itu, mari kita simak bersama-sama artikel ini sampai tuntas.

Arti Fii Amanillah

arti fii amanillah
sumber: headtopics.com

Arti fii amanillah dalam bahasa Arab adalah semoga kamu dalam lindungan Allah. Sehingga kata ini biasanya diucapkan kepada orang yang sedang bepergian. Karna dalam lafadz ini terdapat doa kebaikan, agar yang bepergian selalu dalam lindungan Allah dalam perjalannya.

Sehingga orang yang meneriman doa ini juga pasti sangat senang mendengarnya, karna kita telah mendoakan keselamatan baginya.

Insya Allah apabila kita ikhlas dalam mengucapkannya, maka Allah akan mengabulkan doa tersebut bagi sauadara yang sedang bepergian. Itulah arti amanillah dalam bahasa arab.

Arti Fii Amanillah Untuk Laki-laki

Tidak ada perbedaan arti fii amanillah untuk perempuan dan untuk laki-laki. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu semoga kamu berada dalam lindungan Allah.

Lalu bagaimana ucapan fii amanillah untuk orang banyak?. Nah betul, ucapan fii amanillah tetap bisa digunakan walaupun untuk dua atau banyak orang. Karna mereka akan langsung mengerti, bahwa yang dimaksud untuk mereka masing-masing.

Penggunaan Ucapan Fii Amanillah

Penggunaan Ucapan Fii Amanillah
sumber: youtube.com

Seperti yang sudah kita ketahui di atas, bahwa doa ini sering diucapkan kepada orang yang sedang bepergian. Namun ternyata doa ini juga bisa digunakan dalam kondisi dan situasi lainnya. Mengapa? dilihat dari artinya, maka doa ini bisa kita gunakan dalam situasi sebagai berikut.

  1. Diucapkan kepada orang yang sedang melakukan pekerjaan yang berbahaya.
  2. Berjumpa bersama orang yang sedang terkena musibah.
  3. Sebagai penutup pembicaraan ketika nelvon, sebelum salam.
  4. Diucapkan kepada orang yang mendapatkan musibah.
  5. Diucapkan kepada orang yang menduduki jabatan.

Cara Mengucapkan Fii Amanillah

Dalam mengucapkan doa ini juga perlu diperhatikan. Karna dalam ucapan bahasa Arab apabila salah dalam ucapannya, maka akan salah artinya.

Oleh karna itu, ucapkanlah doa ini sesuai dengan apa yang tertulis di dalam lafadnya. Tidak boleh merubah huruf, bacaan, dan sebagainya. Agar doa artinya nanti sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jawaban Buat Kata Fii Amanillah

Setelah kita mengetahui arti fii amanillah, lalu bagaimana jawaban yang pantas untuk ucapan fii amanillah ini?. Nah betul, ini dia jawaban yang tepat untuk kalian yang mendapatkan doa fii amanillah.

Jawabannya cukup sederhana yaitu مع السلام إلى اللقاء yang artinya semoga keselamatan selalu menyertaimu, sampai jumpa kembali. Balasan ini juga doa untuk orang yang mengucapkan fii amanillah, sehingga kita sama-sama mendapatkan doa keselamatan.

Karna dalam ajaran agama Islam, kita telah dianjurkan memberikan balasan kebaikan kepada orang yang memberikan kebaikan. Hal ini sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad.

Barang siapa yang berbuat baik kepada kalian, maka balaslah dengan kebaikan yang setimpal. Dan apabila kalian tidak mendapatkan sesuatu untuk membalas kebaikannya. Maka berdoalah untuknya, agar kalian merasa sudah membalas kebaikannya

Makna Fii Amanillah

Makna Fii Amanillah
sumber: .pinimg.com

Mengapa kita sangat dianjurkan untuk membaca doa fii amanillah kepada orang yang hendak bepergian?. Karna ternyata dalam doa ini ada bebarapa makna, diantaranya sebagai berikut.

Bukti Cinta Sesama Muslim

Salah satu makna yang ada dalam doa fii amanillah adalah adanya rasa cinta sesama muslim. Dengan cinta inilah, kita memiliki rasa kepedulian kepada saudara yang akan bepergian.

Dengan harapan, semoga tidak mendapatkan hal-hal buruk yang menimpanya. Karna kita sebagai muslim tidak ingin ada musibah yang menimpa kepada saudara kita.

Ada Rasa Kepedulian

Dengan mengucapkan doa fii amanillah kepada saudara yang ingin bepergian, maka hal tersebut itu menandakan adanya kepedulian kita kepadanya.

Sangat dianjurkan menumbuhkan dan membangun kepedulian antara sesama umat Muslim. Karna dengan hal tersebut, kita bisa mengokohkan persatuan umat.

Mendoakan Keselamatan

Karna di dalam doa fii amanillah terdapat doa, maka kita memohon perlindungan kepada Allah. Agar yang melakukan perjalanan dijauhkan dari musibah. Karna sebaik-baiknya perlindungan adalah perlindungan dari Allah yang Maha Esa.

Demikianlah artikel arti fii amanillah, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat kepada kita semua. Sehingga kita bisa mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

Sebelum teman-teman mengakhiri artikel ini, maka alangkah baiknya baca juga arti barakallah sebagai tambahan ilmu untuk teman-teman.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, maka teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung di situs dunia pondok.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *