Arti Biidznillah

3 min read

arti biidznillah

Arti Biidznillah – Terdapat bayak sekali dalam agama Islam kalimat-kalimat umum yang diucapkan berasal dari bahasa Arab. Sehingga diadaptasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, seperti tulisan arab bismillah yang saat ini sudah sangat populer digunakan oleh orang Indonesia guna menyampaikan bela sungkawa kepada saudaranya yang terkena musibah.

Bagi anda yang belum mengetahui apa arti biidznillah, maka silahkan perhatikan berbagai ulasan mengenai arti biidznillah hingga tuntas. Sebelumnya kami juga telah membahas tulisan arab assalamualaikum, jangan lupa baca juga ya.

Apa Arti Biidznillah

arti biidznillah

Kalimat ini merupakan bentuk permohonan, pengharapan, atau doa yang dipanjatkan kepada Allah dengan mengharapkan bantuan darinya.

Maka orang yang mengucapkan kata biidznillah berarti orang tersebut telah mengajukan pengharapan kepada Allah. Sehingga orang tersebut tidak takabbur. Karna ia yaqin, bahwa semuanya yang terjadi atas izin Allah.

Arti Biidznillah

Kata biidznillah mempunyai arti dengan izin Allah atau atas izin Allah. Sehingga kalimat ini digunakan untuk menunjukan sesuatu hal yang luar biasa di luar batas kemampuan manusia.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) arti kata biidznillah mempunyai dua arti yaitu meluluskan dan meminta. Namun pada hakikatnya kata ini cenderung kepada kehendak Allah, hampir mirip dengan kata insya Allah.

Selain itu kalimat biidznillah mempunyai arti yang sangat spesifik dan tersirat, yaitu sebuah pengharapan yang sangat besar kepada Allah.

Contohnya seperti kalimat ini” jangan lupa ya, nanti sore datang acara aqiqah” Maka kita bisa menjawab dengan kata biidznillah.

Maka definisi dari kalimat biidznillah yang cocok adalah lebih menyangkut kepada suatu pertolongan yang datang dari Allah untuk makhluknya.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa tidak ada sesuatu yang dapat terjadi kecuali dengan izin Allah. Maka dengan itu, kita bisa mendapatkan gambaran tentang arti dari kata biidznillah. Sebab ucapan ini pada dasarnya menyerupai sebuah doa.

Arti Kata Biidznillah

Kalimat biidznillah pada dasarnya berasal dari kata idznillah yang apabila di terjemahkan memiliki arti izin. Sehingga apabila di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki dua definisi:

  1. Meminta
  2. Meluruskan

Namun kalimat biidznillah lebih spesifik kepada kehendak Allah, hampir sama dengan kalimat Insya Allah. Sehingga kalimat ini lebih memperlihatkan pengharapan besar kapada Allah. Sedangkan insyaallah sifatnya lebih umum. Adapun arti dari kalimat biidznillah sebagai berikut.

Dengan izin Allah.

Makna Arti Biidznillah

Sering kali di salah pahami makna kalimat biidznillah, dengan menafsirkan bahwa segala sesuatu yag terjadi memang sudah di ridhai oleh Allah yang terdapat di dalam kalimat biidznillah.

Padahal Allah SWT menciptakan segala sesuatu tidak perlu menggunakan lafad biidznillah, hanya saja kalimat ini sebagai ta’adduban kepada Allah. Bahwa segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini semuanya atas kehendak Allah.

Sehingga dalam hal ini pengertian Idzni adalah bahwa Allah tidak ada urusan dengan kalimat izin berizin dengan tindakan manusia. Tetapi Allahlah yang menciptakan kalimat tersebut. Paham sampai sini makdus kalimat biidznillahh.

Tulisan Arab Biidznillah

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa kalimat ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun meskipun begitu, ternyata masih ada di antara kita yang masih belum tau cara menulis kalimat biidznillah, dengan tulisan arab yang baik.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena di sini telah kami sediakan pembahasan lengkap tentang tulisan arab biidznillah. Adapun tulisannya sebagai berikut.

بِإِذْنِ اللَّهِ

Macam-Macam Tentang Kata Biidznillah

Banyak sekali macam-macam kalimat biidznillah yang sudah familiar di telinga kita. Sehingga kalimat ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat.

Tapi berikut ini cara penggunaan yang benar dalam mengucapkan kalimat biidznillah. Berikut ini di antara contohya.

  • Biidznillah, semua masalah yang kita hadapi bisa terselesaikan.
  • Biidznillah, orang-orang yang ada di sekitar kita bisa terbantu dengan uang yang selama ini kita tabung.
  • Sampai saat ini dia bisa teguh dengan keyakinannya terhadap agama Islam, padahal selama ini dia bekerja di gereja.
  • Biidznillah, segala harapan yang kita cita-citakan bisa tercapai.

Contoh Penggunaan Kalimat Biidznillah

Dalam kitab Al-Qur’an Allah SWT telah menjelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 97. Adapun ayatnya sebagai berikut.

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَىٰ قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

Qul man kaana ‘aduu-wan lijibriila fa-innahu nazzalahu ‘ala qalbika biidznillahi mushaddiqan limaa baina yadaihi wahudan wabusyra lilmu’miniin.

Artinya:

Barang siapa yang menjadi musuh bagi Malaikat Jibril, maka sesungguhnya Malaikat Jibril adalah yang menurunkan Al-Qur’an ke dalam hatimu (Muhammad). Dengan izin Allah (Al-Qur’an) bisa membenarkan kitab-kitab sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gemberi bagi orang-orang yang beriman.

Baca Juga : Arti Jazakallah

Tafsir Perkata Surat Al-Baqarah Ayat 97

Dalam Tafsir  yang di karang oleh Quraih Shihab, bahwa Nabi Muhammad pernah berkata kepada orang-orang yang memusuhi Malaikat Jibril. Adapun ucapannya sebagai berikut.

Barang siapa yang memusuhi Malaikat Jibril, maka dia telah memusuhi Allah. Sebab Malaikat Jibril tidak membawa kitab Al-Qur’an dengan dirinya sendiri, tapi Dia menurunkannya atas adanya perintah Allah untuk membenarkan kitab-kitab terdahulu.

Peristiwa ini terjadi ketika ada sebagian orang yang ingkar dan memusuhi  kitab suci Al-Qur’an. Adapun tafsir perkatanya sebagai berikut.

Arti Perkata Surat Al-Baqarah Ayat 97Tafsir Perkata Surat Al-Baqarah Ayat 97
Katakanlah Muhammadقُلْ
Barangمَنْ
Siapaكَانَ
Yang memusuhiعَدُوًّا
Malaikat Jibrilلِجِبْرِيلَ
Maka Sesungguhnya (Jibril)فَإِنَّهُ
Yang menurunkan Al-Qur’anنَزَّلَهُ
Atasعَلَىٰ
Hati-Mu (Muhammad)قَلْبِكَ
Denganبِإِذْنِ
Izin Allahاللَّهِ
Membenarkanمُصَدِّقًا
Kitab-kitabلِمَا
Yangبَيْنَ
Sebelumnyaيَدَيْهِ
Dan Menjadi petunjkوَهُدًى
Serta berita gembiraوَبُشْرَىٰ
Bagi orang-orang yang berimanلِلْمُؤْمِنِينَ

Kumpulan Tulisan Arab Sejenis Kalimat Biidznillah

Selain tulisan arab biidznillah yang sudah kami tulis di atas, di sini kami juga menyediakan beberapa kumpulan atau koleksi auto koleksi sejenis kalimat biidznillah. Adapun kalimatnya sebagai berikut:

  1. جَاءَ مِنَ اللهِ (Datang dari Allah).
  2. إِرَادَةِ اللهِ (Kehendak Allah).
  3. تَقْدِرْ (ketentuan Allah).
  4. وَعْدُاللهِ (Janji Allah).
  5. بِإِذْنِ اللَّهِ (Dengan izin Allah).

Agar kaliam tidak salah faham dalam menafsirkan kalimat-kalimat tersebut, maka kalian bisa baca di situs majelisdzikirasshalihin. Di sana dijelasakan dengan lengkap tentang 5 kalimat tersebut.

Demikianlah artikel kali ini, semoga artikel ini bisa menjadi manfaat untuk kita semua. Dan apabila ada kesalahan dalam artikel ini, teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Selamat bertemu di artikel selanjutnya iya teman-teman.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Tulisan Arab Innalillahi

NH_Ariff
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *