Arti Barakallah

4 min read

arti barakallah

Arti Barakallah – Assalamualaikum, salam sejahterah kami ucapkan kepada  semua teman-teman dunia pondok. Semoga kalian semua tetap dalam lindungan Allah yang Maha Esa.

Kata barakallah sudah menjadi sarapan dalam kehidupan kita, sehingga kata ini menjadi familiar di telinga kita. Walaupun sudah kita dengar setiap, tapi kita masih bingung apa arti kalimat barakallah.

Oleh karna itu, dunia pondok kali ini akan membahas tuntas tentang seputar arti barakallah. Agar kalian tidak salah faham dalam menggunakan kata barakallah mari simak benar-benar.

Arti Barakallah

doa di hari ulan tahun
sumber: youtube

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya melalui ucapan “Baarakallaahu fiikum” sebagaimana yang diajarkan oleh sahabat nabi dahulu. Diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’i melalui perkataan ibunda Aisyah RA sebagaimana berikut ini:

أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا

Artinya:

Aku hadiahkan seekor domba kepada Nabi Muhammad. Maka Beliau memerintahkan, bagi dua-lah domba tersebut untuk di sedekahkan. Maka pembantu Beliau mengirimkan daging domba tersebut serta menjadi kebiasaan bagi bunda Aisyah. Apabila pembantunya telah pulang dari perbuataanya, maka Dia akan menanyakan. Apa yang mereka katakan setelah kita beri, pembantunya menjawab barakallahu fikum. Maka Aisyah mengatakan Wa fiihiim barakallah. Kita telah membalas doa mereka dengan doa yang semisal. Sehingga tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan.

Barakallah Arabic

tulisan arab barakallah
sumber: ajaranislam.com

Kata barakallah berasal dari kata bahasa Arab yaitu ُبَرِكَ الله yang artinya semoga Allah meberkahimu. Pengucapan kata barakallah, biasanya diiringi dengan kata tambahan ْفِيْكَ, فِيْكُم. Ucapan ini yang sering digunakan oleh para sahabat Nabi. Ucapan barakallah sama seperti “Good bless you” Adapun doanya sebagai berikut, ُبَرَكَ الله.

Namun ada perbedaan antara laki-laki dan wanita dalam ucapan barakallah. Khusus untuk laki-laki ada tambahan kata َفِيك (fiika) dan khusus wanita ada tambahan ِفِيك (fiiki). Adapun untuk banyak orang ada tambahan ْفِيْكُم bisa digunakan untuk laki-laki dan wanita. Untuk lebih jelasnya bisa lihat table di bawah ini.

Kata Barakallah

Harus di digunakan

بَرَكَ اللهُ  فِيكَ

   Untuk orang laki-laki

بَرَكَ اللهُ فِيكِ

Untuk para wanita

                              بَرَكَ اللهُ فِيْكُمْ

    Untuk orang banyak

Saat menghadiri undangan pernikahan, kata Barakallah (بَرَك الله  ) sering kali disebutkan oleh para undangan atau tamu.

Ada yang tau mengapa kata barakallah sering diucapkan kepada pengantin baru?. Nah betul, karna dalam kata barakallah ini, terdapat magna semoga mendapatkan berkah dari Allah. Ada juga yang mengartikan semoga diberkahi Allah.

Apalagi ketika pernikahan kita mendengarkan lagu barakallah yang dibawa oleh penyanyi muslim Internasional, yaitu Maher Zain. Dalam lagu tersebut terdapat hadits Nabi Muhammad yang bertujuan untuk mendoakan kedua pasangan mempelai.

Pada dasarnya kata barakallah merupakan doa untuk seseorang agar diberikan limpahan hidayah dan rahmat dari Allah yang Maha Esa.

Waktu yang Tepat Mengucapkan Barakalah

hari milad
sumber: taldebrooklyn.com

Kata barakallah sering kali disebutkan dikalangan orang muslim, sehingga kata ini sangatlah familiar di telinga anak muda zaman sekarang. Terutama di kelompok muda Islam, ormas Islam, dan grup pengajian.

Namun terkadang kata barakallah disebutkan pada momen-momen yang kurang tepat. Sehingga kurang pantas kata barakallah disebutkan kepada hal yang kurang bersyari.

Oleh karna itu, bagi kalian yang belum mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengucapkan kata barakallah. Diantaranya sebagai berikut:

Orang yang Baru Masuk Islam

Ketika ada seseorang yang baru masuk agama Islam, maka pantaslah untuk mendapatkan doa barakallah dari kita. Tujuannya, agar dia selalu mendapatkan berkah dari Allah, sehingga taubat dan amalannya bisa diterima disisi.

Hari Milad (ulan tahun)

Hari milad merupakan waktu yang cocok untuk mengucapkan kata barakallah. Karna dengan bertambahnya usia, maka akan semakin pendek waktu untuk hidup di dunia.

Namun pada hari milad ini terkadang manusia tidak menyadari, bahwa umurnya semakin dekat dengan kematian.

Dengan memberikan doa barakallah kepadanya, maka insya Allah akan mendapatkan berkah dalam kehidupannya. Adapun bacaan barakallah fii umrik arabic sebagai berikut.

  • بَرَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِكَ ( Untuk laki-laki )
  • بَرَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِكِ ( Untuk wanita )
  •  بَرَكَ اللهُ فِيْكُمْ      ( Untuk orang banyak )

Sehingga pada moment ini, kita bisa intropeksi diri, merenungi apa-apa yang sudah dilakukan di masa lalunya. Dengan itu, kita akan bisa memperbaiki diri kedepannya.

Ketika Pernikahan

Pernikahan merupakan sejarah bagi seseorang yang memulai dunia percintaan. Sehingga dengan mendapatkan pendamping hidup, maka perlu doa agar rumah tangganya berjalan dengan lancar. Adapu bacaannya sebagai berikut.

بَرَكَ اللهُ لَكُمَا وَبَرَكَ عَلَيْكُمَا وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْر

Barakallahu lakuma wa baraka ‘alaikum wa jama’a bainakuma fii khairiin.

Artinya:

Semoga Allah memberikan keberkahan kepada keduanya, memberikan keberkahan atas keduanya. Dan semoga Allah mengumpulkan di antara keduanya  dalam kebaikan

Kata barakallah ini bisa kalian gunakan ketika mengahdiri acara pernikahan, agar bisa mendoakan kepada kedua mempelai. Sehingga kedua mempelai bisa menjalankan rumah tangganya sesuai dengan syariat Islam.

Penggunaan Kata Barakallah Yang Benar

arti barakallah
sumber: informazone.com

Dalam kehidupan sekarang, kata bahasa Arab sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karna bahasa ini sering diucapkan oleh kalangan masyarakat.

Salah satunya kata barakallah yang sudah familiar di telinga kita. Sering kali masyarakat mengucapkan kata barakallah kepada orang yang diajak bicara, dengan tujuan ingin mendoakan.

Padahal ucapan yang tepat sebagai doa untuk orang yang diajak bicara, sebenarnya tidak cukup dengan kata barakallah. Seharusnya ada lanjutannya. Adapun penggunaan kata barakallah yang benar sebagai berikut.

Barakallah Fiik Arabic

Kata ini merupakan kata yang umum yang bisa kalian gunakan ketika sedang berkomonikas dengan seseorang. Karna dalam ucapan ini terdapat sebuah doa. Adapun doanya sebagai berikut.

  1. َبَرَكَ اللهُ فِيْك (Khusus untuk laki-laki)
  2. َبَرَكَ اللهُ فِيْك  (Khusus untuk wanita).
  3. ْبَرَكَ اللهُ فِيْكُم (Khusus orang banyak).

Arti Barakallah Fiik

Kata barakallah ini, bisa kalian gunakan dalam kondisi apapun. Tujuannya hanya ingin mendoakan seseorang, agar senantiasa diberkahi oleh Allah. Sehingga ucapan ini lebih baik dari pada ucapan selamat atau sejenisnya. Adapun arti kata barakallah fiik sebagai berikut.

Artinya:

  • Semoga Allah memberkahimu” (Khusus untuk laki-laki).
  • Semoga Allah memberkahimu” (Khusus untuk wanita).
  • Semoga  Allah memberkahi kalian semua (Arti barakallahu fiikum).

Namun tidak ada perbedaan dalam pengucapan kata barakallah, baik yang menggunakan akhiran fiika atau fiiki. Karna dalam pengucapannya sama-sama dibaca fiik.

Barakallahu Laka Arabic

Kata ini bisa juga digunakan kepada orang yang sedang berkomunikasi denga kalian. Tujuan sama, yaitu ingin mendoakan keberkahan kepada orang yang diajak bicara.

Namun, kata ini khusus atas kenikmatan ata anugerah yang dimiliki atau yang diterima. Adapun bacaanya sebagai berikut.

َبَرَكَ اللهُ لَك Barakallah laka (Khusus untuk laki-laki).

ِبَرَكَ اللهُ لَك Barakallahu laki (Khusus untuk wanita).

ْبَرَكَ اللهُ لَكَم Barakallahu lakum (Khusus orang banyak).

َبَرَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِك Barakallahu laka fii ahlika wa maalika (Khusus untuk keluarga dan harta).

Doa yang paling akhir ini pernah digunakan oleh sahabat Abdurrahman bin Auf kepada sahabat Said bin Rabi’al Al-Anshari.

Arti Barakallahu Laka

Kata ini bisa kalian gunakan kepada orang yang ada dihadapanmu, agar mereka senantiasa dalam lindungan Allah. Adapun arti barakallahu laka, sebagai berikut.

  1. Semoga Allah memberkahimu’ (Khusus untuk laki-laki).
  2. semoga Allah memberkahimu” (Khusus untuk wanita).
  3. Semoga Allah memberkahi kalian semua” (Arti barakallahu lakum).

Semoga Allah memberkahi kepadamu, memberkahi kepada keluargamu, dan hartamu” (Khusus untuk keluarga dan harta).

Tidak ada perbedaan kata yang berakhiran laka (لك ) dan laki لك)) dalam pengucapannya. Karna keduanya sama-sama dibaca lak.

Jawaban Barakallah

jawaban barakallah
sumber: youtube.com

Terkadang kita bingung dalam menanggapi kata bahasa barakallah ini. Kadang hanya mengucapkan amin, tersenyum, dan sebagainya.

Lalu bagaimana jawaban atau balasan jika kita mendapatkan ucapan barakallah, baik berupa barakallah fik atau barakallah lak?. Nah betul, ini dia jawabannya yang benar.

  • ُوَفِيْكَ بَارَكَ الله Wa fiika baarakallah (Jawaban khusus untuk lak-laki).
  • ُوَفِيْكَِ بَارَكَ الله Wa fiiki baarakallah (Jawaban khusus untuk wanita).
  • ُوَفِيْكُمْ بَارَكَ الله Wa fiikum baarakallah (Jawaban untuk orang banyak).

Demikianlah artikel tentang arti barakallah sudah selesai, semoga artikel ini bisa bermanfaat kepada kita semua. Sehingga kita bisa mengamalnya setiap hari.

Sebelum teman-teman mengakhiri artikel ini, maka alangkah baiknya teman-teman baca juga arti alhamdulillah sebagai tambahan ilmu.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, kalian bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Sekian dari kami, terima kasih sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya di dunia pondok.

Jangan Lupa Bantu Share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *