Arti Astagfirullah

5 min read

arti astagfirullah

Arti Astagfirullah – Bacaan astagfirullah sering dibaca ketika selesai melaksanakan ibadah shalat. Kebiasaan tersebut sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Dalam ajaran agama Islam bacaan astagfirullah menjadi bacaan yang amat mulia. Karna inti dari bacaan tersebut adalah meminta permohonan ampun atas dosa yang pernah dilakukan.

Walaupun bacaan astagfirullah sering kita ucapkan setiap hari, amun masih banyak diantara kita yang masih belum mengetahui artinya. Dengan itu, dunia pondok kali ini akan membahas tuntas arti astagfirullah.

Tulisan Arab Astagfirullah

tulisan arab astagfirullah
sumber: qazwa.id

Bacaan astagfirullah menjadi sarana dalam membersihkan jiwa dan raga kita. Sehingga dalam ajaran agama Islam, bacaan astagfirullah memiliki arti yang sangat besar.

Bacaan astagfirullah tidak hanya terletak pada ucapan di mulut saja. Tapi harapannya adalah bisa selalu ingat kepada Allah. Karna terkadang kita tergoda untuk melakukan maksiat atau dosa.

Apabila kita sudah terlanjur melakukan maksiat, maka segeralah munkin sadar serta memohon ampun kepada Allah dengan memperbanyak membaca astagfirullah.

Apa Arti Astagfirullah

Syaitan selalu menggoda anak cucu Adam, dengan tujuan agar mereka ada temannya di dalam neraka. Sehingga visi dan misi mereka adalah tidak ingin dari keturunan anak adam yang masuk ke surga.

Memang kita sebagai manusia tidak luput dari yang namanya dosa atau salah. Karna syaitan selalu menggoda kita agar selalu berbuat kesalahan dan dosa.

Dengan itu, salah satu amalan agar kita selalu bebas dari godaan syaitan adalah dengan memperbanyak membaca astagfirullah. Karna dengan membaca astagfirullah kita menjadi ingat kepada Allah yang Maha Kuasa.

Namun masih banyak orang yang salah dalam mengucapkan lafad astagfirullah. Ketika seseorang salah mengucapkan bahasa Arab, maka otomastis akan memiliki arti yang berbeda.

Oleh karna itu, mari kita ketahui dulu tulisan astagfirullah yang akan kami jelaskan semuanya di bawah ini. Apabila bacaan astagfirullah kita sudah benar, maka artinya juga akan benar.

Arti Astagfirullah Hal Adzim

Bacaan astagfirullah merupakan bacaan yang dapat diamalkan dengan mudah, hanya dengan menggunakan lisan. Dengan harapan memohon ampunan kepada Allah.

Adapun arti astagfirullah hal adzim adalah sebagai berikut.

“Aku memohon ampun kepada Allah, Tuhan yang Maha Agung”

Arti Astagfirullah Robbal Baroya

Bacaan astagfirullah rabbal baroya bisa menjadikan hati yang gelisah menjadi hati yang tenang. Adapun astagfirullah robbal baroya huruf arab, sebagai berikut.

 أ َ سـْــتـَـغـْـفـِـرُ الله، رَبَّ الـْــبـَرَايـَـا أ َ سـْــتـَـغـْـفـِـرُ الله، مِــنَ الـْــخـَــطَايـَــا رَبِّ ز ِدْنـِى عـِــلـْــمًـا نـَــافـِــعـًــا وَوَفـِّــقـْــنـِــى عـَــمـَــلاً مـَــقـْــبـُــولاً وَهَــبْ لـِــى ر ِزْقـًــا وَاسِــعـًــا وَتـُــبْ عـَــلـَــيـْـنـَــا تـَــوبـَــة ً نـَــسـُــوحـًــا 
  1. Aku memohon ampun kepada Allah tuhan seluruh mahluk.
  2. Aku memohon ampun kepada Allah dari pada segala dosaku.
  3. Ya Allah ya Tuhanku tambahkan lah Ilmu yang bermanfaat kepadaku.
  4. Serta bimbinglah aku pada amalan yang diterima.
  5. Berikanlah aku rizqi yang luas.
  6. Serta terimalah taubatku dengan taubat Nasukha.

Itulah arti astagfirullah robbal baroya beserta teksnya yang bisa kalian ketahui.

Kekuatan Bacaan Astagfirullah

kekuatan bacaan astagfirullah
sumber: hafiziazmi.com

Membaca astagfirullah pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad semasa hidupnya. Beliau membaca astagfirullah setiap harinya 70 kali, bahkan sampai 100 kali. Hal ini sebagaimana di dalam hadist.

Artinya:

Barang siapa yang membaca istigfar dengan rajin, maka Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap kesusahan serta kesempitan hidupnya. Juga Allah akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.”

Karna dosa bisa menjadi penghalang datangnya reseki. Hal ini sebagaimana di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah.

Artinya:

Seseorang di haramkan dari reseki, karna dosa yang dilakukan.

Memang hidup kita tidak terlepas dari dosa dan salah, oleh karna itu, bacalah astagfirullah dengan sebanyak-banyaknya. Karna Allah akan senantiasa menerima taubat seorang hamba selama nyawanya sampai pada ujung tenggorokan.

Mari kita amalkan serta basihi bibir kita dengan memperbanyak membaca astagfirullah rabbal baroya di dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Membaca Astagfirullah

manfaat bacaan astagfirullah
sumber: mbahnasir.com

Apabila kita selalu membaca astagfirullah setiap hari, baik pagi atau sore, maka kita akan mendapatkan beberapa manfaat. Diantaranya sebagai berikut.

  • Akan mendapatkan ampunan dari Allah.
  • Akan diajuhkan dari godaaan syaitan yang terkutuk.
  • Akan mendapatkan rahmad dari Allah.
  • Akan dipermudah segala urusannya.
  • Akan dilapangkan resekinya.
  • Akan menolak berbagai bencana dan musibah.
  • Akan diberi kenikmatan secara terus-menerus.

Perintah Bacaan Astagfirullah

Perintah Bacaan Astagfirullah
sumber: ngelmu.co

Melakukan Shalat

Telah dijelaskan di dalam surat Ali-Imran ayat 17. Bahwa bacaan astagfirullah menjelaskan tentang permohonan ampun ketika melakukan ibadah shalat pada sepertiga malam. Adapun ayatnya sebagai berikut.

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

Artinya:

Orang-orang yang sabar, yang benar, yang taat, serta menafkahkan hartanya dijalan Allah. Kemudian memohon ampun di waktu sahur.

Ayat di atas hampir sama dengan firman Allah yang ada di dalam surat Adz-Dzariyat ayat 18 yang menjelaskan tentang meminta ampun di waktu shubuh.

Memohon Ampun Dari Dosa yang Dilakukan

Ketika terungkapnya apa yang terjadi kepada Zulaikha istri dari seorang raja mesir. Dimana Zulaikha berusaha ingin menggoda Nabi Yusuf.

Maka Raja tersebut merintahkan istrinya agar memohon ampun kepada Allah atas dosa yang telah di lakukan. Hal ini sebagaimana di dalam surat Yusuf Ayat 29.

يُوسُفُ أَعْرِضْ عَنْ هَٰذَا ۚ وَٱسْتَغْفِرِى لِذَنۢبِكِ ۖ إِنَّكِ كُنتِ مِنَ ٱلْخَاطِـِٔينَ

Artinya:

Wahai Yusuf berpalinglah dari ini. Dan wahai istriku memohon ampunlah kamu dari dosa-dosanya, karna sesungguhnya kamu termasuk orang yang berbuat salah.

Memohon Ampun Atas Kesyirikan

Nabi Syua’ib pernah memerintahkan kaumnya untuk memohon ampun kepada Allah atas perbuatan dosa yang pernah mereka lakukan dalam kesyirikan. Hal ini sebagaimana dalam surat Hud ayat 90.

وَٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوٓا۟ إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّى رَحِيمٌ وَدُودٌ

Artinya:

Dan mohonlah ampun kepada tuhanmu, kemudian bertaubatlah kepadanya. Karna sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha pengasih.

Selain itu ada juga ayat tentang bacaan astagfirullah yang mengisahkan tentang Nabi Nuh. ketika Beliau menyeru kepada kaumnya agar segera memohon ampun kepada Allah.

Karna kebanyakan kaumnya tidak ada yang mau mengikuti dakwah Nabi Nuh untuk beriman kepada Allah. Hal ini sebagaimana di dalam surat Nuh ayat 10.

فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا

Artinya:

Maka aku katakan kepada mereka, mohonlah ampun kepada Allah, karna sesungguhnya Dia Maha Pengampun.

Macam-macam Bacaan Astagfirullah

sumber: youtube.com

Bacaan astagfirullah menjadi suatu alat untuk kita dalam membersihkan kotoran yang ada di dalam jiwa kita. Walaupun sudah banyak amal sholeh yang kita lakukan, tapi terkadang kita melakukan dosa yang tidak disadari.

Terdapat beberapa macam bacaan Astagfirullah yang harus kalian ketahui. Diantaranya sebagai berikut.

bacaan astagfirullah

astagfirullah wa atubu ilaihi

astagfirullah lengkap

astagfirullah dan artinya

sayyidul istigfar

Itulah macam-macam bacaan astagfirullah yang harus kalian ketahui, salah satunya tulisan arab astagfirullah wa atubu ilaih. Perintah memohon ampun kepada Allah sudah tercantum di dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 110.

Artinya:

Barang siapa yang melakukan kejahatan serta menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampun kepada Allah. Maka niscaya dia akan mendapatkan Allah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Demikianlah artikel tentang arti astagfirullah, semoga artikel ini bisa menjadi manfaat untuk kita semua. Sehingga kita bisa mengamalkannya setiap hari.

Apabila ada kesalahan di dalam artikel ini, maka teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Jangan lupa bantu share.

Arti Ahlan Wa Sahlan

NH_Ariff
4 min read

Arti Masya Allah

NH_Ariff
4 min read

Arti Fii Amanillah

NH_Ariff
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *