Arti Alhamdulillah

3 min read

arti alhamdulillah

Arti Alhamdulillah – Kata alhamdulillah sering kita ucapkan ketika kita mendapatkan nikmat dari Allah. Tujuannya hanya ingin berterima kasih, serta bersyukur atas nikmat yang Allah berikan.

Tapi walaupun kalimat alhamdulillah ini sering kita ucapkan setiap hari, apakah kita sudah mengetahui artinya?. Atau kita mengucapkannya begitu saja tanpa mengetahui artinya.

Dengan itu. Maka alangkah baiknya kalian harus mengetahui dulu arti alhamdulillah, sebelum mengucapkan kalimat ini. Nah, disini dunia pondok akan membahas tuntas tentang seputar arti alhamdulilah. Mari kita simak bersama-sama.

Tulisan Arab Alhamdulillah

Tulisan Arab Alhamdulillah
sumber: alhayyan.com

الحمد لله رب العالمين

Artinya:

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

الحمد لله على كل حال

Artinya:

Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan.

الحمد لله والشكر لله

Artinya:

Segala puji bagi Allah serta syukur bagi Allah juga.

Arti Alhamdulillah

Setiap kali kita mendapatkan pujian dari salah satu teman, maka kita pasti mengucapkan kalimat alhamdulillah. Kita lupa akan arti alhamdulillah yang sebenarnya, sehingga kita bangga dengan pujian itu.

Apakah kalimat alhamdulillah hanya sebatas ungkapan rasa syukur saja? Coba kita renungkan sejenak, tanyakan pada diri kita.

Seharusnya kita merasa malu ketika mendapatkan pujian, mengapa? Karna yang pantas mendapatkan pujian, bukan kita melainkan Allah. Adapun arti kalimat alhamdulillah sebagai berikut.

Ucapan kalimat alhamdulillah adalah mengembalikan segala bentuk pujian kepada Allah, sehingga kita bisa menetralisir perasaan sombong yang ada dalam hati.

Alhamdulillah Artinya

Penulisan kalimat alhamdulillah dalam bahasa arab terdiri dari kalimat yaitu الحمد dan لله. Sehingga kalimat ini menjadi serapan dalam bahasa arab.

Kalimat الحمد mempunyai arti pujian, karna dalam kalimat ini ada tambahan huruf ال yang mana artinya segala hal. Jadi apabila digabung dengan kalimat لله, maka artinya menjadi segala puji bagi Allah.

Apa Arti Alhamdulillah

makna alhamdulillah
sumber; desingdakwah.com

Orang kafir juga bisa menggunakan kalimat alhamdulillah ketika mendapatkan kenikmatan. Namun dalam hal ini ada pergeseran dalam arti alhamdulillah. Memang artinya serupa, tapi tujuannya berbeda.

Ada empat hal yang mengandung arti dalam kalimat alhamdulillah, yang mana hal ini ada pada kalimat segala puji. Lalu apa saja sih empat hal tersebut? Nah, berikut ini penjelasannya.

Pujian Allah Kepada Makhluk

Telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Qalam ayat 4. Bahwa Allah yang Maha Esa telah memuji hambanya yang mulia, yaitu Nabi Muhammad.

وَاِ نَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمٍ

Artinya:

Sesungguhnya Engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur
Baca Juga: Arti Barakallah

Pujian Makhluk Kepada Allah

Kita sebagai makhluk sering memuji keagungan Allah. Sebagaimana yang ada dalam surat Al-Fatihah ayat 2 yang sudah kami tulis di atas.

Pujian Allah Kepada Dirinya

Selain itu, Allah juga memuji dirinya, hal ini sebagaimana yang ada dalam surat At-Thaha ayat 14.

اِنَّنِيْۤ اَنَا اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنَا فَا عْبُدْنِيْ  ۙ وَاَ قِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ

Artinya:

Sungguh Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain aku, maka sembahlah Aku, serta laksanakan shalat untuk mengingat Aku

Pujian Makhluk Kepada Makhluk

Nabi Muhammad telah mengajarkan kepada hambanya, bahwa ketika kita mendapatkan kebaikan dari orang lain. Maka kita harus mengucapkan jazakallah khairi جزاك الله الخير, pujian tersebut untuk mendoakan seseorang yang telah berbuat baik.

Macam-macam pujian seperti ini merupakan salah satu inti dari arti kalimat alhamdulillah.

Alhamdulillah Dalam Al-Qur’an

Alhamdulillah Dalam Al-Qur’an
sumber: akamaized.net

Dalam penggunaan tulisan arab alhamdulillah sering terdapat tambahan kata, sehingga kalimat ini disebutkan sebanyak 22 kali dalam Al-Qur’an. Diantaranya sebagai berikut.

Surat Saba’ Ayat 1

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَ رْضِ وَلَـهُ الْحَمْدُ فِى الْاٰ خِرَةِ ُ

Artinya:

Segala puji bagi Allah yang memiliki apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan segala puji di akhirat bagi Allah.

Dalam ayat ini Allah telah mengisayaratkan, bahwa karunia Allah bukan hanya di dunia saja, tapi berlanjut sampai hari kiamat.

Karna Allah sudah mengatur seluruhnya serta menciptakan segala kelengkapan yang diperlukan untuk tegaknya sistem yang ada di dunia.

Dengan itu, tidaklah pantas pujian diberikan kepada manusia. Karna apapun bentuk kekaguman manusia pada sesuatu, maka selayaknya manusia mengagumi Allah.

Surat Al-Isra’ Ayat 111

وَقُلِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَّلَمْ يَكُنْ لَّهٗ شَرِيْكٌ فِى الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ وَلِيٌّ مِّنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيْرًا

Artinya:

Dan Katakalah Muhammad, segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak da tidak pula mempunya sekutu dalam kerajaannya. Dan tidak memerlukan penolong dari kehinaan, maka agunglah Dia dengan seangung-angungnya.

Kekuasaan Allah berbeda dengan kekuasaan raja yang berada dalam serba kerelatifan. Kekuasaan Allah tidak ada yang bisa menandinginya.

Jadi, jika ada manusia yang memuji seorang raja karna kekuasaannya, maka seharusnya mereka lebih memuji Allah karna kekuasaannya.

Surat Al-An’am Ayat 1

Pada ayat ini Allah telah mengungkapkan kenikmatannya berupa fasilitas kehidupan sesuai dengan potensi masing-masing.

Jadi, seharusnya manusia memuji Allah, karna Allah telah memberikan fasilitas manusia sesuai dengan potensinya masing-masing. Dengan itu, janganlah kita memuji manusia karna kedermawananya.

Pujian dalam ayat ini bisa juga kita gunakan ketika terlepas dari berbagai macam bahaya.

Surat Al-Kahfi Ayat 1

Pujian kepada Allah dalam ayat ini telah diucapkan juga oleh para penghuni surga. Oleh karna itu, pujilah Allah yang telah menerangi kehidupan dunia tanpa adanya paksaan.

Keutamaan Alhamdulillah

Keutamaan Alhamdulillah
sumber: faktualnews.co
  1. Bahwasannya Allah akan ridha kepada hambanya apabila makan dan minum kemudian memuji Allah.
  2. Sebaik-baiknya doa Adalah kalimat الحمد لله.
  3. Mendapatkan surga yang bernama rumah pujian. Apabila ada seorang hamba meninggal dengan memuji Allah dan mengucapkan kalimat انا لله وانا اليه راجعون.

Penggunaan Kalimat Ahamdulillah

penggunaan kata alhamdulillah
sumber: dutaislam.com

Sangat dianjurkan oleh sebagian para ulama, bahwa kalimat alhamdulillah bisa digunakan ketika memulai sesuatu, diantaranya sebagai.

  1. Ketika berdoa, maka harus diawali dengan bacaan alhamdulillah dan di akhiri dengan alhamdulillah.
  2. Ketika akad nikah, maka harus dimulai dengan bacaan alhamdulillah.
  3. Ketika bersin, maka disunahkan membaca alhamdullah.
  4. Selesai makan dan minum, maka disunahkan membaca alhamdulillah.
  5. Ketika keluar dari kamar mandi, maka disunahkan membaca alhamdulillah.
  6. Ketika bubar dari majlis ilmu, maka disunahkan membaca alhamdulillah.
  7. Ketika menulis. Oleh karna itu, para ulama ketika mengarang kitab pasti diawali dengan bacaan alhamdulillah.
  8. Ketika ceramah, pasti diawali dengan bacaan alhamdulillah.
  9. Ketika mendapatkan nikmat dari Allah, nikmat yang tidak di sangka-sangka.

Demikianlah pembahasan tentang arti alhamdulillah, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sehingga kita bisa mengamal serta mengajarkannya kepada anak-anak kita.

Sebelum teman-teman mengakhiri artikel ini, maka alangkah baiknya baca juga arti fii amanillah sebagai tambahan ilmu kepada teman-teman.

Apabila ada kesalahan dalam artikel ini, teman-teman bisa kirim komentar di kolom di bawah. Terima kasih telah berkunjung di situs dunia pondok.

Jangan lupa bantu share.

Arti Kaifa Haluk

Arti Kaifa Haluk – Salah satu bahasa yang populer di Negara Indonesia adalah bahasa Arab. Tahukah kalian kenapa bahasa Arab menjadi populer di Negara...
NH_Ariff
2 min read

Arti Jazakallah

NH_Ariff
5 min read

Arti Biidznillah

NH_Ariff
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *